• Home
  • Berita
  • OpenStack & OpenInfra Indonesia Meetup Implementasi Openstack Sebagai IaaS

OpenStack & OpenInfra Indonesia Meetup Implementasi Openstack Sebagai IaaS

Oleh Bimo Hutomo
No ratings yet.

Pada Minggu, 17 Desember 2023, telah dilaksanakan OpenStack & OpenInfra Indonesia Meetup ke-17 di Deneva Hub, Yogyakarta. Acara ini merupakan hasil kolaborasi antara OpenStack & OpenInfra Indonesia User Group dan DomaiNesia, yang memiliki tujuan memberikan kontribusi berbagi ilmu kepada tech enthusiast, khususnya para pegiat teknologi OpenStack dan OpenInfra di Yogyakarta.

DomaiNesia berperan aktif dalam mendukung kesuksesan acara ini dengan menyediakan venue yang tidak hanya nyaman tetapi juga kondusif. Keberadaan dukungan ini diharapkan dapat memungkinkan para peserta untuk mengambil peran secara lebih intensif dan fokus dalam menjelajahi topik-topik menarik seputar proyek dan layanan OpenStack & OpenInfra.

OpenInfra Indonesia
Okta Arif Cahyawan, membahas DIY Cloud Playground: Exploring OpenStack with DevStack and Ngrok in Your Homelab

OpenStack sebagai Infrastructure as a Service (IaaS)

OpenStack & OpenInfra Indonesia Meetup #17 berhasil membangun momentum kebersamaan dengan melibatkan partisipasi aktif dari anggota komunitas. Dengan fokus memperkaya pengetahuan seputar implementasi OpenStack sebagai Infrastructure as a Service (IaaS) pada berbagai model cloud, seperti privat, publik, komunitas, atau hybrid, acara ini menghadirkan pandangan mendalam yang bermanfaat bagi para peserta.

OpenInfra Indonesia
Fadilah Riczky, membahas tentang An Easy Way to Install Kubernetes with k3s for Beginners

Dua pembicara ahli dalam teknologi cloud turut berkontribusi dalam acara ini melalui sesi diskusi interaktif. Pembicara pertama, Okta Arif Cahyawan, membahas DIY Cloud Playground: Exploring OpenStack with DevStack and Ngrok in Your Homelab. Dalam presentasinya, Ia menjelaskan kepada peserta bagaimana menjelajahi OpenStack menggunakan DevStack dan Ngrok di lingkungan Homelab sendiri. Hal Ini memberikan kesempatan yang luar biasa bagi para pengembang dan praktisi IT untuk dapat memahami secara mendalam tentang penggunaan OpenStack dalam konteks pengembangan dan pengujian.

Install Kubernetes with k3s for Beginners

Tidak kalah menarik, pembicara kedua, Fadilah Riczky, membagikan pengetahuannya melalui sebuah presentasi berjudul An Easy Way to Install Kubernetes with k3s for Beginners. Dimana dalam era yang terus berkembang ini, Kubernetes telah menjadi fondasi utama untuk mengelola kontainer dan aplikasi terdistribusi. Fadilah menjelaskan kepada para peserta melalui proses instalasi Kubernetes menggunakan k3s, menyediakan pendekatan yang mudah dipahami khususnya bagi pemula yang ingin memulai perjalanan mereka dalam ekosistem Kubernetes.

OpenInfra Indonesia
Peserta dan Panitia melakukan foto bersama setelah sesi

Menggali lebih dalam ke dunia cloud, OpenStack & OpenInfra Indonesia Meetup #17 menjadi kesempatan emas untuk menjalin hubungan, berbagi pengetahuan, dan memperkuat komunitas teknologi di Yogyakarta. Momentum positif ini memberikan dorongan bagi para pelaku industri teknologi untuk terus berkembang dan berinovasi, menciptakan lingkungan yang dinamis dan progresif di Yogyakarta dan sekitarnya.

Bimo Hutomo

As a marketer at DomaiNesia, I'm a fan of lego. Electrical engineer but a bit obsessed about marketing and business.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds