• Home
  • Berita
  • Yuk, Intip Rekomendasi Situs Belajar Javascript Lengkap Untuk Kamu!

Yuk, Intip Rekomendasi Situs Belajar Javascript Lengkap Untuk Kamu!

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Programming menjadi salah satu bidang yang diminati banyak orang khususnya kaum milenial. Berbagai perusahaan maupun pemilik bisnis saat ini sudah semakin sadar akan pentingnya memiliki website profesional dan juga aplikasi sendiri. 

Untuk itu, permintaan untuk professional programmer pun semakin meningkat. Namun kita semua diuntungkan dengan hidup di dunia teknologi dimana kita bisa memiliki akses untuk belajar ke banyak sumber seperti tutorial gratis, situs khursus gratis, dan juga buku gratis yang sudah tersebar di internet. 

Sumber-sumber tersebut bisa kita akses dimana saja dan kapan saja sehingga memudahkan kita dalam proses pembelajaran. Kamu pernah berpikiran untuk belajar coding? Salah satu bahasa yang paling populer dan memiliki banyak peminat yaitu Javascript.

belajar javascript
Sumber: Envato

Tertarik untuk belajar Javascript? Jika kamu tertarik untuk belajar Javascript, DomaiNesia memiliki beberapa rekomendasi situs belajar javascript lengkap yang bisa kamu manfaatkan.

Baca juga: Kamu Developer? Javascript adalah Hal Wajib yang Harus Kamu Tahu

Rekomendasi Situs Belajar Javascript Online

Untuk mempelajari Javascript, kamu bisa membuka beberapa situs atau khursus gratis yang bisa kamu gunakan. 

DomaiNesia akan merekomendasikan situs belajar javascript lengkap yang bisa kamu gunakan sesuai dengan tingkatannya mulai dari belajar javasctipt pemula, menengah, dan lanjutan.

Situs Belajar Javascript Pemula

1. Introduction to Javascript dari Codecademy

Codecademy merupakan salah satu startup yang berfokus untuk mengajarkan bagaimana caranya melakukan coding dan juga mmenciptakan pembelajaran yang lebih baik dan interaktif. 

Codecademy menjadi situs terbaik jika kamu ingin belajar javacript dari awal, bisa dilihat dari jumlah pengguna yang mengikuti course ini yaitu sekitar 5 juta lebih. Beberapa keunggulan yang dimiliki Codecademy yaitu:

  • Memiliki konten yang sederhana dan mudah dipahami karena mereka memecah konten menjadi segmen pendek yang membuat kamu fokus dengan materi yang ada.
  • Dibekali dengan fitur interactive code editor dan console pada browser yang bisa kamu gunakan untuk mempraktikan materi yang diberikan secara langsung sehingga kamu tidak hanya mengkonsumsi materi saja yang bisa membuat bosan.
  • Gamification dimana kamu akan mendapatkan badges setiap kali menyelesaikan bagian course yang pastinya akan membuat kamu lebih tertantang.

2. Free Javascript Tutorial dari Udemy

Udemy adalah salah satu platform belajar dengan banyak kategori mulai dari kategori desain, marketing, hingga kursus coding. 

Udemy menjadi platform yang mengusung kursus online dengan kategori yang sangat beragam. 

Salah satu keunggulannya yaitu mendukung pengajar untuk berbagi pengetahuan dan membuat materi yang bisa dipublikasikan secara online setelah melewati pemeriksaan kualitas. Kelebihan Udemy yang lain yaitu:

  • Memiliki banyak kode promo yang bisa kamu gunakan untuk membeli kelas online.
  • Memungkinkan pengajar dan siswa untuk berinteraksi secara langsung meskipun online.
  • Khursus yang dapat dibuka selamanya.
  • Belajar javascript lebih menarik dengan interactive code yang disediakan.

    belajar javascript
    Sumber: Envato

3. Javascript Guide dari Freecodecamp.org

Menjadi salah satu situs komunitas yang mengagumkan karena membantu kamu dalam belajar coding secara gratis, membangun proyek, dan bahkan kamu bisa mendapatkan pekerjaan sebagai developer. 

Banyak memiliki koleksi materi seperti Javascript, pemrograman frontend, algoritma, dan lain sebagainya. 

Kelebihan yang dimiliki situs ini yaitu memiliki grup facebook yang besar sehingga kamu bisa melakukan tanya jawab jika merasa kesusahan dan berbagi pengalaman belajar. 

Selain itu juga memiliki akun youtube yang memiliki ratusan video kursus gratis dengan berbagai macam topik. 

4. Programming Foundations with Javascript dari Coursera

Coursera adalah situs pembelajaran yang tidak hanya membahas mengenai javascript saja, namun masih ada banyak topik lain di dalamnya seperti HTML, CSS, dan masih banyak lagi. 

Selain mendapatkan pembelajaran gratis, kamu juga bisa mendapatkan sertifikat gratis yang bisa kamu manfaatkan. 

Kamu akan mendapatkan beberapa manfaat jika kamu dapat menyelesaikan course tersebut seperti kamu dapat membuat web interkatif dengan perintah Javascript, berpikir kritis dalam memecahkan masalah pemrograman, dan bahkan kamu juga bisa mendapatkan sertifikat secara gratis. 

5. Kursus JavaScript Pluralsight

Menjadi salah satu situs web yang bisa dimanfaatkan untuk mempelajari banyak teknologi seperti untuk pengembangan website, mobile, dan desktop. 

Memiliki beberapa materi dengan membahas berbagai macam bahasa oemrograman dan juga framweork seperti React Js, Javascript, Java, Angular, dan masih banyak alinnya.

 Jika kamu ingin belajar javascript untuk pemula, kamu bisa mencoba menggunakan situs ini dengan uji coba gratis selama 10 hari.

6. W3School

Pasti banyak kamu tidak asing dengan salah satu situs pembelajaran satu ini. Memiliki beberapa topik bahasan seperti HTML, CSS, Javascript dan masih banyak lagi. 

Memiliki ribuan contoh code yang bisa kamu run secara langsung untuk melihat hasilnya selain itu juga dilengkapi dengan penjelasan yang mudah dipahami dan cukup lengkap membuat situs ini cukup digemari banyak orang. 

7. JavaScript tutorials dari Mozilla Developer Network

Tidak seperti Codecademy dan juga Udemy yang interaktif dalam menyampaikan materi, MDC lebih mengarah pada dokumentasi yang membahas Javascript secara terperinci dan teori yang disampaikan hanya berupa tulisan-tulisan saja. 

Namun jangan salah, MDC menjadi situs dokumentasi yang lengkap dan menjadi situs yang cocok bagi kamu yang serius dan mencoba hal yang kamu pelajari secara mandiri.

8. Khan Academy

Khan Academy adalah sebuah organisasi yang menyediakan kursus belajar Javascript pemula secara gratis. Tidak hanya belajar javascript saja, kamu juga bisa mempelajari banyak materi yang lain seperti matematika, seni, ekonomi, dan keuangan. 

Dengan tutorial untuk belajar javascript lengkap kamu dapat mempelajari DOM dan juga membuat animasi dan efek yang bisa kamu terapkan pada halaman website kamu sehingga bisa tampil lebih menarik.

Baca juga: Belajar C++ Dasar: Sumber Belajar dan Tutorial Lengkap

belajar javascript
Sumber: Envato

Situs Belajar Javascript Tingkat Menengah

1. CoderByte

CoderByte adalah situs dengan tantangan yang cocok untuk kamu yang memiliki kemampuan menangah dalam hal Javascript. Situs ini memiliki lebih dari 200 tantangan yang mencakup lebih dari 10 bahasa pemrograman. 

Dengan adanya editor online yang bisa kamu gunakan untuk mengetik solusi menurut pandanganmu. 

Situs ini juga menyediakan solusi resmi yang bertujuan untuk meningkatkan akurasi. 

Tantangan yang ada dalam CoderByte tersebut sangat ideal untuk persiapan wawancara kerja dan kursus pemrograman pendek yang dapat digunakan untuk mempertajam keterampilan coding kamu.

2. Bootcamp Prep Online

Kursus ini memiliki 40 konten yang membahas dasar javascript yang dilengkapi dengan berbagai tantangan dengan tingkat kesulitan kelas menangah yang bisa kamu selesaikan tetap dan juga tutorial dari instruktur yang bisa kamu manfaatkan juga. 

Jika kamu mencari tutorial Javascript lebih dalam, kamu harus berkomitmen untuk mengikuti Fullstack Academy lebih lanjut.

3. Eloquent Javascript dari Marijn Haverbeke

Eloquent Javascript bukan merupakan tutorial dalam bentuk situs website, melainkan tutorial dalam bentuk buku yang membahas Javascript. 

Pembahasannya meliputi sintaksis Javascript, fungsionalitas, loop dan array, dan yang tak kalah pentingnya yaitu struktur data yang digunakan seperti angka, boolean, dan string. 

Pada bab berikutnya kamu akan mempelajari Javascript tingkat menengah karena akan membahas mengenai beberapa method yang digunakan seperti POST, GET, PUT, dan DELETE yang digunakan untuk meminta data, mengubah data, mengirimkan data, serta menghapusnya. 

Dengan pembahasan lebih lenjut mengenai Node.JS dan juga teknologi backend dan server yang lain.

Situs Belajar Javascript Tingkat Lanjut

1. Udemy

Udemy ternyata juga memiliki kelas online belajar Javascript tingkat lanjut loh! Namun untuk kelas online tingkat lanjut ini kamu harus mengeluarkan uang dan tidak gratis seperti di tingkatan pemula. Dengan materi yang lengkap dan juga pembelajaran interaktif yang akan mempermudah kamu dalam belajar.

2. Egghead.io

Sebuah website pembelajaran yang memiliki slogan “Life’s too short for any of those other resources on the internet—just watch these videos”

Website ini menyediakan berbagai macam video pembelajaran Javascript tingkat lanjut untuk meningkatkan skill yang kamu miliki. Kamu dapat mengakses beberapa video secara gratis atau kamu juga bisa berlangganan untuk mendapatkan video yang lebih lengkap lagi.

belajar javascript
Sumber: Envato

3. Video dari Douglas Crockford

Saat menjadi karyawan di Yahoo, Douglas Crockford membuat seri pembelajaran Javascript lengkap mengenai pembuatan website, implementasi Javascsript, dan juga bagaimana meningkatkan kepopuleran website yang kamu miliki.

Baca juga: Begini Tips Terbaik Belajar Python Dasar Untuk Pemula

Tinggal Pilih Aja Mana Yang Cocok Buat Kamu!

Dari beberapa rekomendasi yang DomaiNesia berikan mengenai situs belajar javascript lengkap. Kamu bisa memilih situs mana yang akan kamu gunakan sesuai dengan tingkatan skill dan pemahaman mengenai Javascript yang sudah kamu miliki. 

Jika kamu belajar javascript pemula maka DomaiNesia merekomendasikan situs Codecademy dan juga Udemy karena memiliki berbagai materi yang interaktif dan lengkap. Selamat mencoba rekomendasi dari kami!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!