• Home
  • Berita
  • Belajar C++ Dasar: Sumber Belajar dan Tutorial Lengkap

Belajar C++ Dasar: Sumber Belajar dan Tutorial Lengkap

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Bagaimana tidak, banyak website, aplikasi desktop dan mobile, dan bahkan game yang sering kamu gunakan dibangun dengan pondasi bahasa C++.

Dengan begitu, kamu punya peluang untuk membuat aplikasi atau website sendiri hanya dengan belajar C++ sebagai bahasa pemrograman multifungsi andalan programmer profesional, lho.

Eits, jangan takut duluan untuk belajar C++! Bahasa pemrograman C++ adalah salah satu bahasa yang punya konsep dasar dan penggunaan yang jelas.

Bahasa komputer ini juga tak terlalu sulit untuk dipelajari pemula seperti saudaranya, C.

belajar C++
Sumber: Envato

Dan juga, jika kamu sudah yakin dan memutuskan belajar C++ secara mendalam, kamu akan difasilitasi berbagai macam fungsi fitur yang mendukung proses pengembangan aplikasi atau web secara optimal.

Penasaran apa saja yang harus kamu lakukan untuk belajar C++ dari dasar?

Makanya simak artikel berikut ini yang akan membahas dengan lengkap konsep dasar C++ beserta sumber belajar untuk tutorial belajar C++ sehingga kamu dapat menyimpulkan bahwa belajar bahasa pemrograman C++ adalah hal yang menyenangkan.

Belajar C++: Semua Hal Dasar Tentang C++

C++ adalah bahasa pemrograman berorientasi objek (OOP) yang digunakan untuk pemrograman tujuan umum.

Kamu bisa belajar C++ berkat seorang pria bernama Bjarne Stroustrup di Bell Labs sekitar tahun 1983.

Bahasa pemrograman C++ adalah versi bahasa pemrograman yang disempurnakan dari bahasa C.

Maka tak heran jika bahasa pemrograman C++ memiliki kemiripan struktur kode dan sintaks dengan bahasa C yang ditemukan oleh Dennis Ritchie pada awal 1970-an.

Hanya saja, keuntungan belajar C++ adalah kamu bisa mengetahui bahasa yang terstruktur dengan lebih baik dan lebih aman daripada C karena C++ berbasis OOP.

Sedangkan bahasa C adalah bahasa pemrograman prosedural.

Bahasa pemrograman ini menjadi bahasa standar produk digital terkenal yang pasti kamu semua tahu.

Google, Facebook (yang baru saja ganti nama menjadi Meta), dan Amazon adalah salah tiga dari sekian banyak aplikasi yang menggunakan bahasa C++.

5 Konsep Dasar Untuk Belajar C++

  1. Variabel

Variabel adalah bagaikan “tulang punggung” dari setiap bahasa pemrograman. Variabel berguna sebagai cara untuk menyimpan beberapa informasi untuk sintaks lain gunakan nantinya.

Kamu dapat mengambil nilai atau data yang ingin dideklarasikan dengan mengacu pada “kata” yang akan menjelaskan informasi yang dituju.

Dalam proses pendeklarasian, setiap variabel harus memiliki tipe data.

Contoh variabel pada bahasa pemrograman C++ adalah seperti ini:

int x;

int x, y, z; // banyak deklarasi

Setelah dideklarasikan, variabel perlu di inisialisasi atau pemberian nilai pada variabel.

Misalnya:

int x = 10 // 10 adalah nilai inisialisasi

Setelah dideklarasikan dan diinisialisasi, variabel dapat digunakan berkali-kali dalam lingkup pemrograman di mana mereka dideklarasikan.

  1. Struktur Kontrol

Ketika sebuah program dijalankan, kode dibaca oleh kompiler baris demi baris (dari atas ke bawah, atau dari kiri ke kanan). Ini dikenal sebagai “code flow”.

Ketika kode sedang dibaca dari atas ke bawah, code flow mungkin akan menemui titik di mana ia perlu membuat keputusan.

Apakah seleksi atau perulangan kode. Berdasarkan keputusan tersebut, program dapat memproses bagian kode yang berbeda.

Dengan struktur kontrol pada bahasa C++, sebuah program komputer memiliki seperangkat aturan ketat untuk memutuskan alur eksekusi program.

Struktur kontrol C++ untuk proses seleksi hampir mirip dengan konsep yang bahasa Java miliki, yaitu statement if dan if else. Demikian halnya untuk proses perulangan, yaitu while do-while, dan for.

  1. Struktur Data

Struktur data berfungsi dalam pendeklarasian sekelompok variabel yang memiliki tipe data berbeda-beda.

Belajar C++ membuat kamu mengerti banyak jenis struktur data bawaan yang dapat digunakan dalam pembuatan objek.

Struktur data C++ terdiri dari struct, variable, dan object. Struct adalah identitas struktur data yang akan dibuat.

Object adalah konsep pendeklarasian struktur menjadi tipe data. Contoh struktur data pada bahasa pemrograman C++ adalah seperti berikut:

struct Alamat {

        char Jalan[50];

        char Kelurahan[25];

        char Kecamatan[25];

        char Kota[25];

};

  1. Syntax

Sintaks adalah susunan kata, ekspresi, dan simbol yang pasti dimiliki setiap bahasa pemrograman, tak terkecuali bahasa C++.

Sintaks terdiri dari beberapa kombinasi huruf, angka, dan simbol tertentu. Dengan sintaks, kamu bisa membuat beberapa bagian kode pemrograman yang berfungsi dengan baik.

Tapi, jika kamu tidak menulis sintaks sesuai susunannya atau typo, maka kode program akan mendapatkan pesan error.

Adapun contoh sintaks pada program bahasa C++ adalah sebagai berikut.

#include --> include

using namespace std; --> namespace

int main(){ --> fungsi

       cout << “Hello World” <<endl;

        return 0;

}

Struktur sintaks dasar C++ terdiri dari tiga bagian, yaitu include, namespace, dan fungsi. Bagian include mendefinisikan library yang digunakan dalam C++.

Ibarat kata, library seperti program lain yang kamu gunakan dalam program buatanmu.

Sejatinya library include tidak hanya iostream, tapi ada library berekstensi .h (header file program C atau C++), .hpp (header file program C++), .c (header file program C), .cc (header file program C), dan .cpp (source code program C++). Misalnya:

#include <people.h>

#include “first.h”

Bagian sintaks include yang menggunakan kurung lancip (<…>) berfungsi untuk mengakses library di sistem komputer.

Sedangkan sintaks include yang menggunakan tanda petik dua ("…") berfungsi untuk mencari lokasi library ke direktori.

Lanjut ke bagian namespace. Namespace berfungsi sebagai “pembungkus” fungsi-fungsi yang ada di iostream.

Dan terakhir adalah fungsi. Bagian sintaks inilah yang paling penting karena dieksekusi program pertama kali saat digunakan user.

Bagian sintaks ini terdiri dari kode-kode komputer yang program kamu butuhkan untuk bisa berfungsi dengan baik.

  1. Tools

Tools dalam konsep bahasa pemrograman C++ adalah beberapa bagian dari perangkat lunak yang bila kamu gunakan dengan kode memungkinkan kamu untuk membangun program dengan lebih cepat.

Tools yang paling penting dalam bahasa pemrograman C++ yakni IDE atau Integrated Development Environment.

IDE adalah perangkat lunak yang akan membuat urusan ngoding jauh lebih mudah.

Sebab, IDE memastikan file dan folder program kamu diatur dengan rapi dan lebih bagus. Contoh IDE yang bisa kamu coba adalah NetBeans dan Eclipse.

belajar C++
Sumber: Envato

Sumber Tutorial Belajar C++

Bagaimana, apakah kamu sudah paham dengan penjelasan tentang bahasa pemrograman C++ di atas?

Jika belum, tenang saja karena kami berikan beberapa rekomendasi website belajar C++ online yang gratis. Simak selengkapnya di bawah ini.

Buat yang belum tahu, Udemy adalah penyedia kursus teknikal online yang menawarkan berbagai kursus dan tutorial untuk setiap bahasa pemrograman.

Daftar kursus C++ ini juga diisi dengan beberapa tutorial, kelas, dan program lain yang diajar oleh instruktur berpengalaman di pemrograman C++.

Materi belajar C++ di Udemy terdiri dari konsep dasar hingga materi C++ mendalam yang bisa diikuti dari kalangan developer pemula hingga ahli.

Hebatnya, semua kursus di sana terintegrasi dengan program sertifikasi profesional, yang berarti kamu akan menerima sertifikasi penyelesaian setiap kursus dengan proyek yang diberikan.

Jika kamu berencana menjadi programmer profesional tapi masih perlu belajar coding dari awal, program spesialisasi dari University of California Santa Cruz ini bisa kamu coba.

Dalam kursus spesialisasi ini, kamu akan belajar cara membuat kode bahasa C dan C++ dari awal.

Kamu juga akan mendapatkan pemahaman tentang pemrograman komputer dengan belajar membuat kode, men-debug, dan memecahkan masalah program yang kompleks.

Kursus yang diselenggarakan di platform Coursera ini mencakup empat kursus yang ditujukan untuk semua golongan programmer, mulai dari pemula hingga expert.

Jika kamu telah mempelajari dasar-dasar C++ dan berharap untuk naik ke level berikutnya, maka bisa coba belajar C++ advanced di Udacity.

Di sana kamu akan diajar oleh banyak ahli C++ dengan membahas topik C++ intermediate.

Alih-alih hanya menjelaskan sebatas teori, Udacity mengajarkan konsep praktikal C++ yang dikemas lebih menarik dengan kuis interaktif dan projek nyata.

Udacity juga menawarkan kelas tutorial mandiri yang memungkinkan kamu untuk bisa mengatur jadwal belajar sesuai kondisi saat itu.

Apalagi kamu juga bisa mengakses semua materi dan video belajar bahasa pemrograman C++ secara gratis.

Codecademy adalah lembaga kursus pemrograman online yang dirancang oleh Sonny Li, seorang developer dan tutor profesional.

Di Codecademy, kamu akan belajar dan membahas banyak topik tentang dasar-dasar C++ (misalnya konsep Loops, Vector, Function, Classes, Objects, dan lain-lain) yang dijelaskan melalui berbagai contoh kasus, seperti cara menulis, mengkompilasi, dan menjalankan program C++.

Selain itu, Codecademy juga menyediakan fasilitas pembelajaran video berkualitas tinggi, kuis latihan, dan tugas pemrograman di akhir setiap sesi.

Setelah menyelesaikan kursus, kamu akan mendapatkan sertifikat digital terstandar.

Kursus-kursus C++ di edX dibuat oleh beberapa institusi dan universitas terbaik di seluruh dunia, contohny New York University, IIT Bombay, University of California, Stanford University, dan universitas terkemuka lainnya.

Mendaftar di edX untuk belajar bahasa pemrograman C++ adalah keputusan bagus.

Sebab, edX mengajarkan secara lengkap terkait sintaks C++, C++ Library, fungsi virtual, dasar-dasar bahasa C++, dan materi lainnya.

Selain itu, setiap kursus akan menyediakan bantuan berkelanjutan dari instruktur untuk membantu kamu sepanjang perjalanan belajar C++.

Setelah setiap penyelesaian kursus, kamu akan mendapatkan sertifikasi dengan sertifikat kelulusan digital.

LearnCpp.com adalah platform gratis yang menawarkan banyak tutorial kepada individu untuk belajar dan memperluas pengetahuan mereka dalam C++.

Tutorial dibuat oleh para profesional industri berpengalaman yang telah lama bekerja di bidang C++.

Dengan , mendaftar tutorial ini, kamu akan mempelajari cara memprogram dalam C++ dengan mudah, walaupun kamu belum memiliki pengalaman pemrograman sebelumnya.

Bagian terbaik dari tutorial C++ adalah Learncpp ideal untuk setiap tingkatan programmer, mulai dari pemula hingga expert.

Kelas tutorialnya dibagi menjadi beberapa bagian dengan pendekatan langkah demi langkah, seperti pengenalan C++, tipe data dasar, variabel, dan teori lainnya.

Pluralsight mengklaim bahwa mereka bisa membuat kamu percaya diri kalau belajar bahasa pemrograman C++ adalah mudah dan tidak ada kata terlambat untuk memulainya.

Materi yang diajarkan pun juga materi dasar pada umumnya yang dikemas dengan cara menarik.

Setelah membahas dasar-dasarnya, instruktur akan mengajarkan teori dari kemampuan fungsional bahasa C++.

Kursus terakhir mencakup beberapa topik paling kompleks yang dapat digunakan dalam industri dan proyek profesional.

Google sebagai salah satu perusahaan terkemuka yang menggunakan C++ adalah sumber belajar terakhir yang wajib kamu coba.

Kelas kursus Google ini menyajikan pandangannya tentang C++ dengan resource dan kelasnya sendiri yang unik, misalnya penambahan visualisasi gambar yang menarik pelajar untuk memahami materi.

Kelas ini mencakup materi tertulis, video ceramah, contoh penerapan C++, dan latihan untuk berlatih coding.

Kursus ini menjelaskan setiap konsep dengan variasi kode dan visualisasi. Selain itu, topik seperti unit testing, manual referensi, dan tutorial Linux juga dibahas.

belajar C++
Sumber: Envato

Bahasa Pemrograman C++ Adalah Pondasi Dasar Aplikasi Berkualitas

Bagaimana, belajar C++ tak seseram itu bukan? Apalagi sekarang sudah ada banyak tempat atau sumber belajar yang bisa kamu akses dengan mudah dan bahkan gratis.

Selain itu, kamu juga tak butuh banyak “alat tempur” atau aplikasi pendukung untuk bisa memulai pemrograman pertamamu dengan bahasa C++.

Belajar bahasa pemrograman C++ adalah pilihan yang tepat agar kamu punya kesempatan berkarir yang luas di industri IT yang sekarang lagi ngehits banget.

Tapi ingat, kamu harus berkomitmen untuk selalu mau belajar hal baru dan pantang menyerah ya.

Sebab, bahasa pemrograman C++ adalah bahasa program komputer yang luas, baik fungi hingga jenis-jenis kode program yang harus dipahami secara mendalam.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!