• Home
  • Berita
  • 6 Elemen Penting dalam Design User Interface (UI)

6 Elemen Penting dalam Design User Interface (UI)

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Saat ini para pemilik website berlomba-lomba berinovasi untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya. Jika kamu pernah membuka sebuah situs dan kamu merasa tidak mengerti dengan apa yang mereka tawarkan atau kamu mendapat banyak error pada saat mengeksplor situs tersebut kemungkinan besar situs tersebut tidak memiliki Desain User Interface yang baik .

Untuk membuat sebuah User Interface (UI) yang baik kamu perlu memenuhi beberapa elemen penting. Artikel ini akan membahas lebih jauh mengenai elemen-elemen penting dalam membangun desain User Interface. Namun sebelum itu kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu User Interface.

User Interface adalah Sebuah Tampilan Perangkat

User Interface atau yang disingkat dengan UI adalah sebuah tampilan yang digunakan untuk berinteraksi melalui komputer, tablet, smartphone ataupun perangkat elektronik lainnya. UI sendiri adalah bagian visual dari website untuk memastikan interaksi yang terjadi di website atau aplikasi dapat ditampilkan dengan baik.

User Interface
Sumber: Freepik

User Interface menggabungkan beberapa konsep desain yakni desain interaksi, design visual dan infrastruktur penunjang informasi. Tujuan dari User Interface tentunya untuk meningkatkan user experience dan juga usability.

UI merupakan salah satu faktor yang menentukan peningkatan traffic website kamu. Selain itu UI juga berperan penting dalam membuat para pengguna merasa tertarik dan betah berlama-lama berada dalam website kamu. Jika website kamu memiliki tampilan User Interface yang baik maka kemungkinan besar pera pengunjung website kamu akan kembali lagi.

Elemen Penting Dalam Membangun User Interface

Untuk membuat tampilan User Interface yang baik dan menarik tentu kamu perlu mengetahui hal-hal penting yang berkaitan dengan User Interface.

Pengetahuan Tentang Pengguna

Untuk membuat desain User Interface yang baik tentu kamu perlu mengetahui tentang karakteristik dari para pengguna website seperti pengalaman dan keahlian yang mereka punya serta apa yang mereka butuhkan.

Karena UI memiliki tujuan agar para pengguna website merasa mendapatkan kemudahan dalam mencari informasi di website tersebut. Kamu tidak perlu terlalu mengkhawatirkan soal trend cukup fokus kepada apa yang dibutuhkan oleh pengguna.

User Interface
Sumber: Freepik

Perhatikan Pattern Penting

Saat ini orang lebih cenderung menyukai menggunakan aplikasi dibanding harus membuka situs secara langsung melalui browser. Hal tersebut selain praktis, juga karena pattern-pattern yang ditampilkan di aplikasi-aplikasi pada umumnya dapat dengan mudah dimengerti oleh para penggunanya. Maka dari itu coba gunakanlah pattern-pattern yang simple sehingga mudah dimengerti oleh para pengguna.

Konsistensi

Para pengguna website membutuhkan konsistensi dari pemilik website tersebut. Konsistensi yang dimaksud adalah dalam elemen-elemen interface seperti bahasa, layout dan design website.

Dengan Interface yang konsisten akan membuat para pengguna lebih mudah mengerti fungsi dari tools-tools yang ada di website tersebut sehingga dapat meningkatkan efisiensi mereka.

Feedback

Salah satu kriteria User Interface yang baik adalah dapat memberitahu pengguna untuk setiap action yang terjadi seperti loading, error dan lain-lain.

Forgiving

Seberapa baik User Interface yang kamu buat pasti para pengguna akan melakukan kesalahan pada saat mengeksplor website tersebut. User Interface harus bisa mentolerir setiap kesalah yang dilakukan pengguna. Desain yang baik juga harus memberikan kesempatan bagi para pengguna untuk melakukan undo action. Serta memberitahu apabila terjadi kesalahan action dari para pengguna.

Empower Your User

Kamu bisa memberikan tutorial penggunaan untuk bagian-bagian yang dianggap lebih kompleks sehingga pengguna tidak bingung dalam melakukan action. Lalu kamu juga bisa menambahkan beberapa shortcut keyboard untuk beberapa action khusus.

User Interface
Sumber: Freepik

User Interface Penting untuk Perkembangan Bisnis

Dalam membuat desain User Interface mungkin kamu akan menemukan kesalahan-kesalahan dalam prosesnya. Namun, kamu harus terus melakukannya karena Design User Interface termasuk sesuatu yang penting untuk perkembangan bisnis kamu.

Kenyaman pelanggan dalam mengeksplorasi atau bertransaksi di website dan aplikasi yang kamu miliki adalah sesuatu yang penting untuk dipenuhi. Kamu bisa coba mulai membangun User Interface dengan elemen-elemen penting yang telah kami sampaikan.

Ratna Patria

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!