• Home
  • Berita
  • User Experience adalah Rahasia Sukses Bisnis Online

User Experience adalah Rahasia Sukses Bisnis Online

Oleh Ratna Patria

Penggunaan internet yang besar membuat banyaknya bermunculan situs-situs online. Saat ini hampir semua orang mencari informasi menggunakan search engine dan hampir semua informasi yang kamu perlukan bisa kamu temui di internet. Setiap bisnis online memiliki cara yang menarik untuk memicu respon dari setiap pengunjung yang menjadi target mereka.

Apa Itu Tingkat Konversi?

User Experience adalah hal yang banyak dibahas dan dipakai di kalangan web developer. User experience adalah salah satu hal penting dalam dunia digital marketing. Sebenarnya seberapa penting penggunaan User experience untuk meningkatkan jumlah pengunjung sebuah website? Sebelum kami memberikan informasi seputar User experience kamu perlu tahu apa itu tingkat konversi.

Dalam dunia digital marketing tingkat konversi bisa diartikan sebagai rasio total dari setiap pengunjung yang mengambil suatu tindakan. Sebagai contoh: jika landing page website kamu menerima 200 pengunjung per bulan dan 20 dari pengunjung tersebut menuntaskan tujuannya, tingkat konversi website kamu menjadi 10%. Meningkatkan angka tingkat konversi bukanlah hal yang tidak mungkin, salah satunya dengan mengoptimalkan user experience.

User Experience adalah
Sumber: Pixabay

Apa Itu User Experience?

Jika kamu tidak memiliki tingkat konversi pada website kamu maka dapat dikatakan bahwa website tersebut tidaklah efektif. Tingkat konversi berjalan beriringan dengan tingkat pendapatan sebuah perusahaan. Untuk meningkatkan pengunjung pada sebuah website banyak sekali cara yang bisa dilakukan. Salah satu cara yang mungkin bisa kamu coba adalah dengan mengoptimalkan User Experience.

Dalam menjalankan berbagai aktivitas di internet, user experience adalah hal yang dianggap memegang peranan yang sangat penting. User experience adalah pengalaman dari seorang pengguna internet dalam mengakses atau mengeksplor semua fitur yang dimiliki sebuah website sampai berhasil melakukan transaksi pembelian pada website tersebut. Dalam Bahasa Indonesia User experience adalah pengalaman pengguna.

User experience atau biasa disebut UX dianggap ideal jika mampu memberikan pengalaman navigasi yang mudah, dengan proses transaksi yang simple, konten yang mudah dicerna, tampilan website yang simple dan menarik serta kompatibel dengan semua perangkat mobile.

Hampir 80% pengguna internet memilih untuk berpindah website jika website yang mereka buka tidak dapat memenuhi ekspektasi nya terutama dalam segi UX. Hal ini berarti sebagai pemilik website kamu harus mengoptimasi UX demi tercapainya kesuksesan dalam digital marketing.

Mengoptimalkan UX

Seperti yang telah kami sampaikan bahwa UX adalah salah satu bidang yang sedang berkembang dengan sangat pesat seiring dengan pertumbuhan industri e-commerce. Beberapa bidang yang terkait dengan User experience adalah hal yang mungkin perlu kamu kembangkan untuk mengoptimalkan User experience.

Project Management

Bidang ini berfokus pada perencanaan dan pengorganisasian sebuah sumber daya dari sebuah proyek termasuk juga mengidentifikasi dan mengelola siklus yang akan digunakan nantinya. Project management sangat dibutuhkan dalam mengoptimalkan UX yang berpusat pada kepuasan dan pelayanan pelanggan.

User Research

User Research adalah riset yang berfokus pada pemahaman perilaku pengguna. Seperti mencari tahu apa saja yang dibutuhkan dan apa motivasinya. Metode ini dilakukan dengan teknik observasi, analisis dan metodologi serta mencari feedback dan lain sebagainya.

User Experience adalah
Sumber: Pixabay

Usability Evaluation

Evaluasi ini berfokus pada seberapa baik pengguna bisa memahami dengan cepat dalam mengoptimalkan semua fitur yang terdapat pada sebuah website demi mencapai tujuannya. Hal ini mengacu kepada seberapa puas pengguna selama proses pemakaian website tersebut.

Information Architecture

Information Architecture berfokus pada bagaimana membuat sebuah informasi yang terstruktur untuk disajikan kepada para pengguna website.

Interaction Design

Interaction Design berhubungan dengan proses pembuatan sistem website yang menarik dan interaktif bagi si pengguna website tersebut. Tentu saja dengan suatu konsep interaksi yang telah dibentuk secara matang.

Visual Design

Visual design salah satu elemen penting untuk mengoptimalkan UX . Visual design disini berarti memastikan interface website tersebut terlihat bukan hanya menarik namun artistic dan sesuai dengan konsep bisnisnya.

Content Strategy

Strategi konten berfokus kepada kurasi dan penulisan konten yang bermanfaat bagi si pengguna. Seperti informasi produk yang jelas dan ringkas, tips dan trik yang berhubungan dengan penggunaan produk tersebut. Strategi ini dilakukan dengan merencanakan pembuatan, penyampaian dan tata kelola yang ingin dibuat.

Jika kamu memiliki website dan website kamu belum mendapatkan kunjungan yang sesuai dengan ekspektasi. Mungkin kamu bisa mencoba dengan mengoptimalkan user experience. Kamu bisa mulai mengoptimalkan beberapa bidang yang kamu anggap penting.

User Experience adalah
Sumber: Pixabay

Perlu kamu catat bahwa ada jutaan pemilik website dan mungkin sekian persennya memiliki konten atau produk yang sama dengan website kamu. Maka kamu perlu mencari cara agar website kamu tetap menjadi pilihan utama bagi para pengguna dalam mencari informasi yang dibutuhkan.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Venna Aziza
September 30, 2020

Di dalam materi marketing mix sangat jelas jadi pemahaman bisa langsung jelas

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!