• Home
  • Berita
  • Programming adalah Istilah Populer yang Perlu Kamu Tahu

Programming adalah Istilah Populer yang Perlu Kamu Tahu

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Belakangan ini tentu kamu sering mendengar istilah programming. Apalagi buat kamu yang bekerja di sebuah startup. Lalu apa itu programming? Secara sederhana, programming adalah sebuah proses membuat program di komputer. Saat ini, salah satu bidang pekerjaan yang paling banyak diminati di Indonesia adalah pekerjaan dibidang programming. Artikel ini akan mengajakmu untuk mengetahui lebih lanjut mengenai programming. 

Kupas Tuntas Programming

Programming adalah

Apa itu programming? Jika melansir website Coursera, programming mengacu pada proses teknologi untuk memberi tahu komputer tugas apa yang harus dilakukan untuk memecahkan masalah. Kamu dapat menganggap programming sebagai kolaborasi antara manusia dan komputer, di mana manusia membuat instruksi untuk diikuti komputer (melalui kode) dalam bahasa yang dapat dimengerti komputer.

programming adalah
Sumber: Freepik

Di Indonesia sendiri, istilah programming erat kaitannya disebut sebagai coding. Apa itu coding? Tentu ini memiliki pengertian yang sama dengan penjelasan di paragraf pertama. Programming memungkinkan banyak hal dalam hidup. Berikut beberapa contohnya: 

  • Saat kamu menelusuri situs web untuk mencari informasi, menghubungi penyedia layanan, atau melakukan pembelian, programming memungkinkan kamu berinteraksi dengan elemen di halaman situs, seperti tombol daftar atau beli, form  kontak, dan menu yang ada. 
  • Programming di balik aplikasi seluler memungkinkan kamu memesan makanan, memesan layanan, melacak kebugaran, mengakses media, dan lainnya dengan mudah. 
  • Programming membantu bisnis beroperasi lebih efisien melalui berbagai perangkat lunak untuk penyimpanan file dan otomatisasi serta alat konferensi video untuk menghubungkan orang secara global.

Mungkin kamu masih bertanya-tanya, bagaimana cara programming atau coding itu bekerja? Pada dasarnya, programming adalah memberitahu komputer apa yang harus dilakukan. Pertama, seorang programmer menulis kode yaitu satu set huruf, angka, dan karakter lainnya. Selanjutnya, kompiler mengubah setiap baris kode menjadi bahasa yang dapat dimengerti oleh komputer. Kemudian, komputer memindai kode dan mengeksekusinya sehingga melakukan tugas atau rangkaian tugas. 

Lalu bagaimana cara belajar coding bagi pemula? Eits, sebelum membahas itu, kamu perlu membaca lebih banyak lagi mengenai programming. 

Keuntungan Belajar Programming

Mengasah Kemampuan Logika dan Problem Solving

Keuntungan belajar programming adalah mengasah kemampuan logika dan problem solving. Logika adalah penalaran manusia yang dilakukan menurut prinsip atau aturan yang ketat. Logika pemrograman adalah seperangkat prinsip yang menggambarkan bagaimana elemen harus diatur sehingga komputer dapat melakukan tugas tertentu.

programming adalah
Sumber: Freepik

Pemikiran logis, apakah pemrograman atau formal, berarti menerapkan prinsip secara disiplin untuk mencapai hasil yang dapat diterima. Keterampilan berpikir logis menggunakan analisis progresif untuk memastikan opsi yang tersedia dan memutuskan solusi terbaik setelah mempertimbangkan semua pro dan kontra. 

Selanjutnya, pemikiran logis adalah keterampilan yang meningkat seiring penggunaan. Semakin banyak kesempatan yang kamu miliki untuk menerapkan keterampilan tersebut, semakin baik keterampilan berpikir kritis kamu. Itu berlaku tidak hanya untuk pemikiran logis secara umum tetapi juga untuk pemikiran logis dalam ilmu komputer.

Prospek Kerja Bagus

Bidang programming adalah salah satu bidang dengan prospek pekerjaan yang bagus. Bahkan menurut data, prospek kerja pada bidang ini meningkat pada range tahun 2016-2030. Semua keterampilan teknologi, baik lanjutan maupun dasar, akan mengalami pertumbuhan permintaan yang substansial. Teknologi canggih membutuhkan orang yang memahami cara kerjanya dan dapat berinovasi, mengembangkan, dan mengadaptasinya.

Contoh Bahasa Pemrograman Paling Sering Digunakan

Bahasa pemrograman yang berbeda memungkinkan programmer untuk menulis kode yang dimengerti komputer. Menurut survei, lima bahasa pemrograman teratas yang digunakan developer (tahun 2022) adalah: 

  • JavaScript, digunakan sebesar 65,36%
  • HTML/CSS, digunakan sebesar 55,08%
  • SQL, digunakan sebesar 49,43%
  • Python, digunakan sebesar 48,07%
  • TypeScript, digunakan oleh 34,83%

Javascript

Bahasa ini digunakan di setiap browser web utama. JavaScript memungkinkan kamu menambahkan fitur kompleks ke halaman web, seperti pembaruan konten, peta interaktif, dan grafik animasi, mengembangkan game, dan banyak lagi.

Phyton

Pemrograman Python paling banyak digunakan dalam pembelajaran mesin, pengembangan web, dan aplikasi desktop. Python adalah bahasa yang populer di kalangan pemula, karena sintaksnya relatif mudah dipelajari. Ini dikenal sebagai bahasa pemrograman berorientasi objek.

SQL

SQL adalah singkatan dari Structured Query Language dan digunakan untuk berkomunikasi dengan database, termasuk memperbarui dan mengambil data.

programming adalah
Sumber: Freepik

HTML/CSS

Ini digunakan untuk membuat halaman web dan aplikasi web. Kamu akan menggunakan HTML (HyperText Markup Language) untuk membangun struktur halaman web, sedangkan CSS (Cascading Style Sheets) akan memungkinkan kamu menentukan gaya atau style halaman.

TypeScript

TypeScript adalah bahasa pemrograman open source yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai superset dari JavaScript. Ini digunakan untuk mengembangkan aplikasi besar.

Tips Belajar Programming

Setelah memahami penjelasan diatas, kamu pasti makin penasaran untuk mengetahui tips belajar programming. Belajar programming adalah hal yang cukup menantang. Ikuti langkah-langkah ini untuk memulai perjalanan di bidang programming.

Menentukan Fokus Dalam Programming

Tips pertama dalam belajar programming adalah menentukan fokus. Langkah pertama yang penting adalah merenungkan tujuan dan motivasi kamu. Dengan kejelasan tentang apa yang ingin kamu capai dan alasannya, kamu dapat menyelaraskan tindakan dengan hasil yang kamu inginkan. 

Mengikuti Kelas Atau Kursus

Setelah kamu mengetahui tujuan, merupakan ide bagus untuk menemukan kursus pemrograman untuk memperkenalkan Anda ke bahasa pemrograman populer dan tentu yang kamu butuhkan. 

Bangun Keterampilan Programming Yang Penting

Saat kamu mengambil kursus, kamu pasti ingin memastikan bahwa kamu dapat mengembangkan keterampilan pemrograman yang penting dan populer, terutama jika tujuan kamu adalah untuk mengejar karir baru atau meningkatkan karir saat ini. Meskipun kursus yang kamu ikuti dapat memberikan ikhtisar keterampilan pemrograman yang penting atau populer dan kemudian menyusun pengalaman belajar yang sesuai, kamu mungkin merasa terbantu untuk mengetahui apa yang dicari pemberi kerja. 

Membuat Koneksi Dengan Programmer Lain

Tips belajar programming adalah dengan membuat koneksi dengan programmer lain. Saat kamu membangun jaringan dan terhubung dengan programmer lain, kamu dapat memperoleh exposure ke tren pemrograman, peluang, dan solusi untuk tantangan yang lebih besar. Cara untuk terhubung dengan programmer lain meliputi: 

  • Menghadiri konferensi teknologi dan acara networking 
  • Mendaftar untuk bootcamp pemrograman 
  • Bergabung dengan komunitas online

Berlatih Membuat Program

Menyelesaikan proyek adalah cara yang bagus untuk menerapkan keterampilan kamu dan menemukan potensi pemrograman. Temukan tutorial online untuk menyelesaikan proyek pemula seperti: 

  • Membuat aplikasi seluler sederhana 
  • Membuat aplikasi kalkulator 
  • Membuat game sederhana 
  • Membangun situs web dasar dari awal dan lain sebagainya

    programming adalah
    Sumber: Freepik

Kuasai Programming Untuk Peluang Kerja Di Masa Depan 

Programming adalah peluang masa depan yang terbuka lebar. Apa itu programming? Programming adalah proses teknologi untuk memberi tahu komputer tugas apa yang harus dilakukan untuk memecahkan masalah. Bidang programming adalah salah satu bidang dengan prospek pekerjaan yang bagus. Prospek kerja pada bidang ini meningkat pada range tahun 2016-2030. Semua keterampilan teknologi, baik lanjutan maupun dasar, akan mengalami pertumbuhan permintaan yang substansial. Yuk, mulai belajar programming untuk mengambil peluang di masa depan.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds