• Home
  • Berita
  • Workshop Hosting Aplikasi Web Google Developer Group (GDG) Jogjakarta di DomaiNesia

Workshop Hosting Aplikasi Web Google Developer Group (GDG) Jogjakarta di DomaiNesia

Oleh Bimo Hutomo
No ratings yet.

Google Developer Group (GDG) Jogjakarta adalah komunitas nirlaba yang digerakkan oleh para penggemar pengembang (developer enthusiast) yang aktif menggunakan produk-produk Google. Komunitas ini memiliki tujuan utama untuk berbagi pengetahuan dan memberikan ruang aman bagi semua pengembang dalam menjalani perjalanan mereka, serta menjadi wadah bagi pengembang umum.

Pada acara Google Developer Group Jogjakarta (GDG Jogjakarta) yang baru-baru ini berlangsung, komunitas ini kembali menghadirkan serangkaian kegiatan yang inspiratif dan bermanfaat bagi para pengembang di Jogjakarta dan sekitarnya. Acara ini didukung oleh DomaiNesia sebagai sponsor yang tidak hanya menyediakan venue yang nyaman, dan juga menyediakan logistik untuk peserta acara.

gdg jogjakarta
Chaisar Ahmad, Chapter Manager at GDG Jogjakarta memberikan sambutan

DomaiNesia: Sponsor dan Penyedia Layanan Hosting

DomaiNesia, perusahaan web hosting terkemuka, telah berperan sebagai sponsor dalam acara GDG Jogjakarta. Selain menyediakan venue yang nyaman, DomaiNesia juga memberikan sponsor berupa paket layanan hosting yang bernilai untuk peserta acara.

Setiap peserta acara GDG Jogjakarta diberikan sponsor berupa Domain .CLOUD dengan masa berlaku selama 1 tahun dan paket Hosting Super 5 GB Cloud SSD dengan masa berlaku selama 1 bulan. Sponsor ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk menggunakan layanan hosting berkualitas dari DomaiNesia dalam mengembangkan dan mempublikasikan aplikasi web mereka.

Dukungan dari DomaiNesia sebagai sponsor tidak hanya memfasilitasi kelancaran acara, tetapi juga memberikan manfaat konkret kepada peserta. Dengan memiliki domain dan paket hosting yang diberikan oleh DomaiNesia, peserta dapat dengan mudah memulai dan mengembangkan proyek-proyek mereka di dunia digital.

gdg jogjakarta
Rayi Hamungkasi, Community Specialist DomaiNesia memberikan sambutan

Workshop Mengenai Hosting Aplikasi Web di Google Cloud

Salah satu sesi menarik yang diselenggarakan dalam acara GDG Jogjakarta adalah workshop mengenai Hosting Aplikasi Web di Google Cloud. Workshop ini difasilitatori oleh Ananda Dwi Rahmawati, seorang Cloud Engineer di Btech yang memiliki pengalaman dan keahlian dalam pengembangan aplikasi web.

Pada sesi pertama workshop ini, Ananda Dwi Rahmawati menjelaskan dengan detail materi mengenai Hosting Aplikasi Web di Google Cloud menggunakan Google Engine. Peserta workshop diberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana cara meng-hosting aplikasi web dengan efisien dan optimal menggunakan layanan yang disediakan oleh Google Cloud.

Setelah sesi pertama selesai, para peserta diberikan waktu istirahat untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan ke sesi berikutnya. Suasana workshop penuh dengan semangat dan antusiasme, karena para peserta dapat langsung mempraktikkan apa yang telah mereka pelajari.

gdg jogjakarta
Ananda Dwi Rahmawati (Senior Cloud Engineer at Btech) sebagai fasilitator workshop memberikan mentoring dengan topik Hosting A Web App on Google Cloud Using Engine

Tantangan Membangun Website di Google Cloud

Sesi kedua dari workshop ini merupakan tantangan bagi peserta untuk membangun sebuah website menggunakan Google Cloud. Tantangan ini bertujuan untuk menguji kemampuan peserta dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka peroleh dalam sesi sebelumnya.

Dalam sesi ini, para peserta diberikan tugas untuk membuat website dengan memanfaatkan layanan yang disediakan oleh Google Cloud. Mereka harus menerapkan pengetahuan tentang hosting aplikasi web dan menggunakan fitur-fitur yang ada dalam Google Cloud untuk membangun website yang fungsional dan menarik.

Keseruan Acara Workshop Offline Season 9 #JuaraGCP

Event workshop offline Season 9 #JuaraGCP yang diadakan oleh GDG Jogjakarta ini sukses besar. Lebih dari 50 orang peserta hadir dalam acara ini, yang terdiri dari para pengembang, mahasiswa, dan individu yang tertarik dalam pengembangan aplikasi web.

Rayi Hamungkasi, Community Specialist dari DomaiNesia, membuka acara dengan sambutan yang hangat dan memberikan semangat kepada semua peserta. Chaisar Ahmad, selaku Chapter Manager di GDG Jogjakarta, juga memberikan sambutan dan pembukaan workshop ini dengan penuh semangat.

gdg jogjakarta
Peserta pada sesi kedua melaksanakan Challenge Lab dengan objective: Build a Website on Google Cloud

Ananda Dwi Rahmawati, seorang Senior Cloud Engineer di Btech, tidak hanya bertindak sebagai fasilitator dalam workshop ini, tetapi juga memberikan mentoring kepada para peserta. Dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, Ananda memberikan panduan dan bimbingan kepada peserta terkait Hosting Aplikasi Web di Google Cloud menggunakan Google Engine.

gdg jogjakarta
Peserta melakukan sesi foto bersama GDG Jogjakarta dan DomaiNesia

Seru dan Menyenangkan di Waktu Luang

Selain rangkaian workshop yang informatif, acara GDG Jogjakarta juga menyediakan waktu luang bagi para peserta dan panitia. Pada waktu luang ini, mereka dapat bermain dart dan golf di venue DomaiNesia. Aktivitas ini tidak hanya memberikan kesempatan untuk bersantai, tetapi juga untuk mempererat hubungan sosial antara para peserta dan panitia acara.

Acara Google Developer Group Jogjakarta (GDG Jogjakarta) kali ini memberikan pengalaman yang berharga bagi semua peserta. Dengan adanya workshop, tantangan, dan kesempatan untuk bersosialisasi, acara ini berhasil menciptakan suasana yang inspiratif dan bermanfaat bagi para pengembang di Jogjakarta dan sekitarnya.

Bimo Hutomo

As a marketer at DomaiNesia, I'm a fan of lego. Electrical engineer but a bit obsessed about marketing and business.


3titik
September 2, 2023

Postingannya sangat membantu saya, sebagai pemula

Manyus
September 1, 2023

Artikelnya sangat bermanfaat

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds