• Home
  • Berita
  • Apa itu Backlink? Pengertian, Jenis dan Cara Mendapatkannya!

Apa itu Backlink? Pengertian, Jenis dan Cara Mendapatkannya!

Oleh Ratna Patria

Pada artikel apa itu SEO, kami sudah menyinggung tentang apa itu backlink. Namun, rasanya terlalu singkat dan belum menjelaskan bahwa backlink adalah salah satu faktor utama dari upaya SEO.

Tak perlu khawatir, kali ini kami akan melengkapi penjelasan tersebut meliputi fungsi backlink, manfaat backlink dan berbagai contoh backlink yang perlu kamu ketahui. Tanpa berlama lama, mari simak penjelasan lengkapnya.

Backlink adalah
Sumber: Envato

Pengertian Backlink

Backlink adalah link yang didapatkan sebuah website dari website lainnya. Karena website kamu menerima link tersebut, maka backlink juga sering disebut sebagai incoming link atau inbound link.

Backlink menjadi bahasan utama dalam SEO karena sering dianggap vital dalam membantu meningkatkan peringkat website di hasil pencarian Google atau Search Engine Result Page (SERP).

Contoh backlink adalah ketika kamu menulis sebuah artikel riset tentang “pengguna website di Indonesia”. Kemudian, banyak website lain menggunakan data kamu untuk menjelaskan topik di website mereka.

Nah, link yang mereka gunakan untuk merujuk ke website kamu merupakan backlink dengan anchor teks tertentu. Biasanya anchor teks ini merupakan sebuah kata kunci khusus.

Baca juga: Cara Membuat Link Website Untuk Tingkatkan SEO

Secara sederhana backlink adalah sinyal yang dipakai Google untuk mengukur relevansi sebuah website dengan topik tertentu. Hal ini dijelaskan dalam konsep mereka tentang PageRank pada tahun 1996. Makin banyak backlink yang dimiliki sebuah website, makin baguslah website itu.

Pada akhirnya, website dengan jumlah backlink banyak dan berkualitas akan lebih mudah berada di urutan atas hasil pencarian.

Sebagai tambahan, banyak sumber yang menyebutkan backlink terbagi menjadi internal backlink dan eksternal backlink. Internal backlink mengacu ke link yang menghubungkan dua halaman dari website sama. Sedangkan external backlink menghubungkan dua halaman website yang berbeda.

Penjelasan tadi kurang sepenuhnya tepat. Sebab, pengertian backlink selayaknya dipahami sebagai link dari website lain, bukan website sendiri. Berbeda halnya dengan istilah internal link. Lalu, apa saja jenis backlink sebenarnya?

Jenis Backlink

Berikut ini adalah beberapa jenis backlink yang bisa kamu dapatkan untuk website kamu:

1. Dofollow Backlinks

Kalau kamu ingin mendapatkan backlink, maka inilah jenis backlink yang harus kamu optimalkan.

Dofollow backlink adalah sebuah backlink yang memberikan informasi kepada mesin pencari untuk memberikan link juice karena kredibilitas pada website tujuan itu.

Link juice artinya website yang mendapatkan backlink akan mendapatkan nilai SEO oleh Google karena dipercaya oleh website lain yang memberikan tautan.

Ibaratnya, kamu mengatakan ke Google: “Halo, Google. Saya percaya dengan situs ini, kok. Kamu sebaiknya juga begitu dan berkunjung ke sana sesuai link yang saya berikan tadi!”. Itulah kenapa nama backlink ini adalah Dofollow.

2. Nofollow Backlinks

Sesuai namanya, Nofollow backlink adalah link yang merujuk ke sebuah website tertentu, tapi pemilik website tidak sekaligus merekomendasikan Google untuk melakukan hal yang sama.

Dengan kondisi ini, maka jenis backlink ini tidak meneruskan link juice ke website tujuan. Jangan sedih kalau kamu mendapatkan backlink Nofollow. Toh, pada akhirnya kamu tetap mendapatkan backlink, bukan?

Backlink adalah
Sumber: Envato

3. Natural Backlinks

Kalau kamu mendapatkan backlink tanpa melakukan upaya khusus, itu disebut sebagai natural backlink. Ini merupakan jenis backlink yang diinginkan setiap pemilik situs web, apalagi kalau sifatnya Dofollow.

Secara sederhana, natural backlink adalah backlink dari website lain tanpa adanya upaya langsung atau tidak langsung dari pemilik website untuk mendapatkannya. Jadi, backlink itu diterima murni karena konten berkualitas dan relevan yang kamu miliki.

Jenis backlink seperti ini juga yang paling dihargai oleh Google karena mereka suka dengan koneksi antar link dengan dasar kualitas konten yang baik.

4. Manual Backlinks

Bisa kamu tebak kalau manual backlink adalah tipe backlink yang diupayakan oleh pemilik website. Caranya, bisa dengan menghubungi blogger tertentu untuk menulis tentang produk kamu dan memberikan link ke website kamu.

Kondisi lain adalah ketika dua orang blogger saling bekerja sama untuk bertukar backlink karena merasa topik di blog mereka saling terkait atau relevan. Backlink manual adalah strategi yang cukup sering dipakai di dunia SEO bagi yang ingin menggenjot peringkat website mereka.

Beli Cloud Hosting

5. Contextual Backlinks

Jenis backlink ini terkait dengan penggunaan pada konten yang berada di sebuah website. Contextual backlink ditempatkan secara alami dalam teks sebuah halaman web. Artinya, penggunaan mengikuti konteks dari penjelasan di dalam konten.

Sebagai contoh ketika kamu sedang menjelaskan tentang “sepatu terbaik”, dan kamu memberikan link ke artikel yang membahas “daftar sepatu terbaik”, itu disebut contextual backlink

Penggunaan kontekstual backlink sangat membantu website tujuan karena jenis backlink tidak termasuk dalam kategori spam. Perlu diingat bahwa banyaknya backlink spam yang kamu terima akan membuat kualitas backlink profile kamu menjadi turun.

6. Anchor Text Backlinks

Jenis backlink ini juga terkait bagaimana penggunaan link untuk menuju ke website tujuan. Nah, karena setiap backlink selalu menggunakan anchor text tertentu, maka akan lebih baik kalau teks yang digunakan sesuai dengan topik di website kamu.

Contohnya, kalau website kamu menjual sepatu, dan kata kunci “Jualan Sepatu” yang kamu gunakan sebagai keyword utama, akan pas kalau anchor text dari backlink berupa “sepatu” atau “beli sepatu”. Itu akan lebih relevan dan deskriptif dibanding “klik di sini” atau “kunjungi website ini”.

7. Directory Backlinks

Kamu pernah melihat sebuah website yang memiliki daftar link yang merujuk ke website lainnya? Kamu bisa membayangkan sebuah Yellow Pages sebagai directory alamat. Namun, Google My Business juga termasuk dari jenis ini.

Memang sih jenis backlink ini biasanya dianggap berkualitas rendah. Namun, bagi pemula tetap penting untuk mendapatkan directory backlink, terutama dari website yang terpercaya. Tujuannya, untuk membangun profil backlink yang kredibel.

Backlink adalah
Sumber: Envato

8. Social Media Backlinks

Bukan hanya Google My Business atau Bing Places yang bisa memberikan backlink. Berbagai platform media sosial, seperti Twitter, Facebook, dan LinkedIn juga bisa menjadi sumber backlink.

Jenis backlink ini bisa berasal dari halaman profil kamu yang merujuk ke website kamu. Bisa juga berasal dari postingan pengguna media sosial atas konten yang ada di website atau blog kamu. Social media backlink dianggap cukup berkualitas dan bisa didapatkan dalam jumlah banyak.

Pun begitu, Google sendiri tidak menganggap backlink dari media sosial sebagai ranking factor. Maksudnya tidak otomatis adanya postingan viral dari website kamu akan menaikkan rankingnya. Meskipun tentu pengunjungnya akan langsung banyak.

Dengan memanfaatkan semua jenis backlink di atas, bukan tidak mungkin kamu bisa membuat backlink profile yang baik.

Manfaat Backlink

Sudah mendapat gambaran apa saja manfaat backlink sesuai dengan jenis backlink di atas, bukan?

1. Meningkatkan Peringkat Website di Google

Kalau ini sudah pasti, ya. Backlink adalah salah satu faktor paling penting agar peringkat website bisa makin baik. Meskipun era PageRank sudah berlalu di mana semua hal diukur dengan jumlah backlink, tapi faktor ini masih cukup penting.

Kapankah sebuah backlink akan memberikan keuntungan bagi peringkat website? Di saat backlink dan anchor text yang diberikan sesuai dengan konten dan website tujuan.

Ibaratnya, kalau blog kamu tentang kuliner dan backlink berasal dari banyak blog kuliner, maka itulah yang akan membuat blog kamu makin naik di kata kunci tertentu.

2. Meningkatkan Trafik Website

Sudah tahu belum bahwa posisi satu di hasil pencarian Google mendapatkan klik hingga 28,75% dari total pencarian? Itu artinya semakin tinggi peringkat website kamu, akan semakin banyak potensi trafik yang akan didapatkan.

Seperti dijelaskan di atas bahwa peringkat website bisa dipengaruhi oleh banyaknya backlink yang diterima. Namun itu adalah dampak secara tidak langsung.

Dampak langsungnya adalah ketika orang mengklik backlink yang menuju ke website kamu, tentu saja itu trafik kamu akan naik. Semakin banyak orang yang memberikan backlink, secara otomatis semakin besar pula potensi trafik yang akan didapatkan.

3. Meningkatkan Authority

Saat ini authority menjadi hal yang paling diutamakan oleh Google. Semakin baik Verity dari sebuah blog atau website untuk topik tertentu, maka semakin Google akan mempercayai sumber tersebut. Alhasil, tak heran untuk memberikan peringkat utama di hasil pencarian.

Bagaimana cara mendapatkan authority yang baik dari backlink? Semakin banyak backlink dari berbagai website yang relevan dengan topik utama website kamu, akan memberikan sinyal atas kualitas dan kepercayaan mereka. Ibaratnya, kamu akan dianggap ahli dibidang tersebut.

4. Proses Index Lebih Cepat

Masih terkait dengan peringkat di hasil pencarian, backlink berkualitas yang dimiliki oleh sebuah website akan ikut membantu proses index Google lebih cepat. Apalagi kalau sebagian besar dari backlink tersebut merupakan DoFollow.

Yang terjadi adalah bot Google akan mengikuti backlink tersebut. Artinya, backlink akan membantu mesin pencari menemukan dan mencatat halaman website kamu lebih cepat. Pada akhirnya akan meningkatkan visibilitas.

5. Mengungguli Kompetitor

Adanya backlink bisa memberikan keuntungan bagi kamu dalam persaingan dengan kompetitor. Bukan hanya pada jumlah backlink yang dimiliki akan tetapi juga kualitasnya. Itu artinya, apabila kamu berada pada niche yang sama dengan kompetitor dan memiliki konten dengan kualitas yang mirip, backlink profile website kamu bisa jadi penentu kemenangan.

Backlink adalah
Sumber: Envato

Baca juga: Tools Backlink Checker: 10+ Cara untuk Mengetahui Backlink Mudah

6. Membangun Hubungan Jangka Panjang

Kamu tentu masih ingat bahwa ada jenis backlink natural dan manual, bukan? Nah jenis backlink manual sering melibatkan proses menjalin hubungan dengan bisnis dan influencer lain. Utamanya yang khusus di lingkup industri kamu.

Awalnya mungkin hanya terkait dengan penggunaan backlink. Namun, hubungan tersebut dapat ditingkatkan pada berbagai kesepakatan atau project yang berbeda di masa depan. Hubungan ini dapat membuka peluang kolaborasi, hingga membangun usaha bersama.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Setelah mengetahui apa itu backlink dan pengaruh backlink terhadap SEO, kamu tentu ingin tahu juga cara mendapatkan backlink berkualitas dengan benar. Inilah yang bisa kamu lakukan:

1. Ciptakan Konten Luar Biasa

Ini merupakan langkah paling dasar cara mendapatkan backlink berkualitas. Kamu perlu terus membuat konten yang informatif, unik dan relevan dengan bisnis atau niche blog kamu.

Ketika memiliki artikel unik dan informatif yang tidak ditemukan di website lain, kamu akan menjadi satu-satunya rujukan untuk informasi tersebut. Artinya, kamu akan mendapatkan backlink dari berbagai website yang membutuhkan informasi tersebut.

Sebuah konten yang baik akan mengacu pada intent pencarian. Jadi, kamu perlu melakukan riset keyword untuk kata kunci tersebut terlebih dahulu.

2. Lakukan Guest Blogging

Guest blogging adalah cara untuk mendapatkan backlink khususnya dari jenis manual backlink. Intinya, kamu akan menulis untuk salah satu blog dan lalu menautkannya ke website atau blog kamu sendiri.

Langkah guest blogging bisa berasal dari artikel yang kamu tulis sendiri. Beberapa website membuka kesempatan untuk itu. Carilah website yang memiliki menu atau halaman Write for Us. Intinya kamu bertindak sebagai penulis tamu di website tersebut.

Tak perlu khawatir di Indonesia praktik ini juga banyak ditemukan, kok. Pun begitu, kamu harus memastikan kalau website tempat guest blogging itu punya authority yang baik, ya.

3. Bangun Hubungan dengan Komunitas

Terutama kalau kamu blogger, penting untuk bergabung ke komunitas blogger dan membangun hubungan baik dengan blogger lain. Ini akan menjadi cara mendapatkan backlink yang cukup efektif.

Apabila kamu seorang pebisnis atau mengelola website perusahaan, bangunlah komunikasi dengan pakar di industri yang kamu jalankan. Mereka bisa membantu kamu dalam memberikan konten berkualitas dan mendukung upaya link building kamu.

Komunikasi yang kamu lakukan bisa melalui pertemuan langsung ataupun hubungan dekat lewat media sosial.

4. Manfaatkan Media Sosial

Bukan hanya untuk membangun hubungan baik dengan blogger lain, media sosial juga cukup mumpuni untuk mendapatkan backlink dalam jumlah banyak.

Kamu bisa melakukan upaya manual dengan membagikan konten kamu di Twitter atau Facebook. Nantinya, like dan share di platform tersebut akan membantu orang lain mengetahuinya. Hal ini bisa membantu meningkatkan potensi adanya backlink.

Yang tak kalah penting adalah memastikan kamu memberikan kemudahan bagi pembaca blog atau pengunjung website untuk membagikan konten.

Kamu bisa memanfaatkan plugin media sosial di WordPress atau platform lain. Tujuannya dengan adanya tombol share, makin mudah pengunjung membagikan konten manapun yang menurut mereka bagus.

5. Daftarkan Websitemu ke Platform Direktori

Meskipun langkah ini memberikan backlink dengan kualitas rendah, kamu perlu tetap melakukannya. Pilihlah direktori yang punya kredibilitas tinggi seperti Google My Business. Hindari website direktori dengan kualitas rendah yang akan berdampak negatif pada upaya SEO yang kamu lakukan.

Masukkan informasi yang akurat dan lengkap tentang website atau bisnis kamu. Ini penting untuk menjaga backlink yang kamu berikan tidak bersifat spammy.

Backlink adalah
Sumber: Envato

6. Berikan Testimonial atau Ulasan

Kamu mungkin tidak menyangka kalau memberikan ulasan pada sebuah produk, bisa menjadi cara mendapatkan backlink. Nyatanya, hal itu sering terjadi, terutama pada website yang memiliki konten Study Case.

Yang perlu kamu lakukan adalah ceritakan pengalaman kamu saat menggunakan produk tersebut. Jelaskan bagaimana produk yang digunakan bisa membantu kamu. Nantinya, pihak mereka bisa saja mengangkat cerita kamu dalam sebuah Study Case dan mencantumkan backlink yang mengarahkan ke website kamu.

Katakanlah kamu memiliki bisnis digital marketing dan setelah menggunakan salah satu tools SEO produktivitas kamu meningkat. Maka, ulasan kamu bisa saja dimunculkan di blog tools SEO tersebut sebagai “Happy Customer”.

7. Jawab Pertanyaan di Forum

Hampir mirip dengan cara di atas, menjawab pertanyaan di forum seperti Quora juga bisa menjadi sumber backlink. Meskipun nantinya bisa saja perhitungan berdasarkan Link Root Domain, di mana hanya dihitung satu kali backlink, langkah ini penting untuk membangun authority.

Cara mendapatkan backlink dari forum adalah dengan mencari pertanyaan yang terkait bisnis atau niche kamu. Berikan jawaban singkat dan tautkan link yang mengacu ke salah satu artikel blog kamu dengan jawaban lebih lengkap.

8. Buat Konten Infografis

Kadang kamu hanya perlu sedikit kreatif sebagai cara mendapatkan backlink berkualitas. Kamu tak perlu melakukan riset sendiri untuk menghasilkan konten yang unik. Kamu cukup membuat sebuah infografis yang berasal dari berbagai sumber.

Salah satu konten infografis paling umum adalah tentang statistik dari bidang atau industri tertentu. Kamu bisa merangkum semua informasi penting yang dibutuhkan pembaca dalam sebuah infografis.

Nantinya, apabila ada website yang ingin menggunakan data sama, tak perlu membuat sendiri. Mereka cukup merujuk ke informasi dari infografis kamu. Tentunya, dengan menyertakan backlink sumber, yaitu website kamu.

Cara Cek Backlink

Setelah mengupayakan semua upaya cara mendapatkan backlink, bagaimana cara cek backlink? Secara umum, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Moz Link Explorer — Dengan memiliki akun Moz, kamu bisa mengakses Moz Link Explorer,  lalu masukkan URL website kamu. Di sana, kamu akan menemukan informasi backlink-nya.
  • Ahrefs — Ahrefs bisa memberikan data backlink website kamu lewat Site Explorer. Kamu akan melihat jumlah total backlink, domain asal, peringkat domain, dan lainnya.
  • SEMRush — Menggunakan SEMRush Backlink Analytics merupakan cara cek backlink yang juga bagus. Dari dashboard, kamu bisa memasukkan URL website dan mendapatkan informasi backlink lengkap.
  • Google Search Console — Ingin cara cek backlink gratis? Gunakan Google Search Console. Setelah website kamu terverifikasi, buka bagian Link. Kamu akan menemukan website yang memberikan backlink, halaman website kamu dengan backlink terbanyak, dan anchor text yang digunakan.
  • Ubersuggest — Ubersuggest tak ketinggalan menjadi tool untuk mengecek backlink. Caranya, masukkan domain kamu dan klik bagian Backlinks di sidebar kiri dari dashboard Ubersuggest.
  • BuzzSumo — Kalau kamu pengguna BuzzSumo, kamu cukup ketikkan nama domain, klik menu Backlinks yang ada di dashboard.

    Backlink adalah
    Sumber: Envato

Siap Mendapatkan Backlink yang Sehat untuk Websitemu?

Backlink adalah tautan yang datang ke website kamu dari website lain. Dengan adanya backlink, ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan, baik dari sisi SEO maupun dari trafik website.

Kamu sudah belajar berbagai tipe backlink yang bisa menjadi sumber dari link juice yang kamu dapatkan. Pun begitu, tidak semua backlink itu baik. Jadi, kamu harus terus mengupayakan backlink dari sumber yang terpercaya dan berkualitas.

Kalau kamu menjalankan upaya backlink, kami sudah menjelaskan berbagai pilihan. Semua itu merupakan upaya untuk jenis backlink natural ataupun manual. Kami bahkan sudah menjelaskan cara cek backlink untuk mengetahui siapa saja yang sudah memberikan tautan ke website kamu.

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat. Sampai ketemu di artikel lain, ya!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds