• Home
  • Berita
  • Tools Backlink Checker: 10+ Cara untuk Mengetahui Backlink Mudah

Tools Backlink Checker: 10+ Cara untuk Mengetahui Backlink Mudah

Oleh Ayoni Sulthon

Sebelum mulai mempelajari cara mengetahui backlink checker ada baiknya memahami pengertian backlink dahulu. Sebab tidak mungkin Anda bisa mengoptimasi sebuah website jika tidak memengetahui apa itu backlink.

Apa itu Backlink?

Backlink adalah link dari sebuah website untuk masuk ke halaman website lainnya. Backlink juga bisa disebut dengan inbound link atau one way link. Backlink bisa menjadi pertanda apakah website itu berkualitas atau tidak.

Inbound backlink atau link adalah kumpulan link yang ada di dalam sebuah website, seperti link dari halaman utama sebuah website yang terhubung dengan halaman lain yang ada di website tersebut, atau bahkan link yang akan menghubungkan sebuah website ke website lainnya.

Mesin pencari umumnya menggunakan backlink sebagai salah satu faktor yang digunakan dalam memberikan ranking pada sebuah website, dan Google adalah salah satu mesin pencari yang menggunakan metode ini.

Baca ini sebelum kamu mengikuti kursus SEO : Rahasia Kursus SEO

Google akan menetapkan halaman website dengan jumlah backlink yang paling banyak akan mendapatkan ranking yang lebih tinggi dibandingkan dengan website yang memiliki sedikit backlink.

Dengan begitu website yang memiliki backlink yang banyak, dan berkualitas akan lebih mudah ditemukan pada mesin pencari yang dapat meningkatkan SEO pada website tersebut. Kemudian kamu yang sudah memahami tentang definisi backlink, perlu memahami pembahasan lainnya yang nanti akan berkaitan dengan cara mengetahui backlink.

Mengapa Backlink Sangat Penting Sebelum Mempelajari Cara Mengetahui Backlink Checker?

Backlink memegang peranan yang sangat penting di dalam algoritma sebuah mesin pencari, dapat mempengaruhi SEO, dan merupakan strategi untuk mengembangkan website kamu.

Menggunakan link sebagai faktor dalam penilaian sebuah website bukanlah hal yang baru. Sebab backlink sudah menjadi pondasi awal terbentuknya algoritma dalam mesin pencari Google yang dikenal dengan nama page rank.

Tools Backlink Checker: 10+ Cara untuk Mengetahui Backlink Mudah

Walaupun Google sudah membuat perubahan terhadap algoritmanya, backlink tetap menjadi kunci utama dalam pemberian ranking sebuah website. Google juga telah mengkonfirmasi bahwa backlink adalah salah satu dari 3 faktor utama dalam standar penilaian yang mereka punya. Di sinilah pentingnya mempelajari cara mengetahui backlink.

Baca Juga : Apa itu SEO ? 100% paham tentang SEO

Bagaimana Cara Kerja Backlink?

Backlink akan menghubungkan atau mengarahkan secara langsung sebuah website ke website lainnya dengan link, dan berfungsi sebagai bentuk dukungan positif (upvote) resmi dari halaman sebuah website yang telah menerima backlink tersebut.

Semakin banyak website yang memiliki backlink maka website tersebut dianggap sebagai sebuah website yang resmi.

Itulah mengapa setiap SEO spesialis perlu paham cara mengetahui backlink checker. Hal ini disebabkan karena dengan banyaknya backlink maka transfer backlink akan lebih berarti dan dengan banyaknya backlink yang terhubung akan meningkatkan nilai sebuah website sehingga website tersebut akan memiliki ranking yang baik di dalam mesin pencari.

Bagaimana Cara Mengetahui Backlink Website?

Cara mengetehui backlink yaitu dengan tools SEO, beberapa tools / alat yang paling bagus adalah Ahrefs, Semrush, Smallseotools.com, Moz, Webmaster tools.

Namun, bagaimana jika kamu tidak mengetahui siapa saja kompetitor? Ada sebuah website yang akan memberitahu kamu cara mengetahui backlink checker yang dipakai oleh kompetitor. Setelah menemukan cara mengetahui backlink checker maka tugas kamu hanya tinggal mereplikasi backlink tersebut.

Lalu, bagaimana menemukan cara mengetahui backlink checker yang dipakai oleh kompetitor? Kamu dapat melihat laporan competing domain pada site explorer, dan dari situ kamu dapat mengetahui website mana yang sedang berkompetisi dengan website kamu di SERP. Untuk lebih memahaminya, dibawah ini ada 3 langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk mengetahui data backlink dari kompetitor kamu:

  • Kamu harus masuk website site explorer terlebih dahulu pada tahap awal cara mengetahui backlink checker
  • Tahap kedua dari masukkan nama domain kamu.
  • Langkah terakhir adalah pilih reffering domain.
  • Selanjutnya semua data domain yang menjadi backlink akan muncul.

Begitulah bagaimana kamu menemukan cara mengetahui backlink dengan ahrefs yang dipakai oleh kompetitor. Lalu, bagaimana kamu menemukan cara mengetahui backlink kompetitormu yang bisa menghubungkan halaman antar sebuah website atau bahkan menghubungkan sebuah website dengan website lainnya.

Dibawah ini ada beberapa langkah untuk menemukan backlink yang dapat menghubungkan halaman antar sebuah website atau bahkan menghubungkan sebuah website dengan website lainnya:

  1. Kamu harus masuk ke halaman site explorer terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, masukkan alamat URL atau domain pada tahap.
  3. Lalu, pilih mode “exact URL” (untuk halaman sebuah website) atau “*.domain/*” (untuk sebuah website).
  4. Terakhir, masuk ke laporan backlink yang tersedia di sebelah kiri menu.
  5. Kamu akan mendapatkan data backlink dari kompetitor mu dengan mudah.

Kamu akan melihat banyak backlink dan data yang mengarah kepada website atau halaman sebuah website yang kamu tuju, seperti:

  • Referring page : asal mula sebuah link.
  • Anchor text : kata-kata yang dapat di klik yang terhubung dengan halaman target.
  • Traffic : traffic yang sudah diperkirakan Google untuk sebuah halaman yang terhubung.
  • First seen : link yang kamu lihat pertama kalinya.

Data-data tersebut berasal dari database backlink yang terkemuka Ahrefs, yang memiliki 212 milyar halaman. Semua backlink dibuat, dan diperbaharui setiap 15-30 menit. Ahrefs juga memantau semua backlink setiap menitnya dalam 4,1 juta website.

Kesimpulannya adalah kamu dapat menggunakan backlink dari laporan site explorer. Sehingga jika kamu memasuki halaman website kompetitor, kamu akan mampu mengetahui backlink mereka. Hal ini dapat memberikan keuntungan bagi kamu karena link dari kompetitor akan membantu menaikkan ranking website.

 

Bagaimana Menemukan Backlink yang Dapat Anda Pakai?

Setelah kamu menemukan cara mengetahui backlink checker, kamu harus mampu menemukan backlink yang dapat direplikasi untuk website. Kamu harus selalu mencari tahu backlink dari halaman-halaman sebuah website di dalam sebuah website kompetitor. Lalu, bagaimana kamu harus memilih halaman yang harus kamu cari tahu backlink nya? semua itu tergantung tujuan, dan kondisi kamu sendiri, maksudnya adalah:

  • Jika kamu ingin membangun link yang sudah ada dalam konten untuk website kamu, maka kamu harus memulai menemukan konten yang sama yang sudah memiliki backlink.
  • Jika kamu ingin membuat konten baru kamu dengan link yang lebih menarik, maka kamu harus memulai belajar dari hasil kerja kompetitor kamu.

Cara mengetahui backlink kompetitor

  1. Kamu harus menemukan halaman yang relevan dengan halaman yang memiliki banyak backlink : kamu dapat mencari halaman-halaman tersebut pada site explorer dan kilik laporan best by links yang ada di site explorer. Langkah-langkahnya seperti berikut: site explorer > masukkan nama domain kompetitor > pilih pages > pilih best by links > terakhir, pilih add a HTTP 200 filter.
  2. Pilih, dan seleksi backlink : filter pilihan kamu dengan menggunakan fitur language(English), link type(Dofollow), dan platform(Blogs).
  3. Temukan link yang dapat kamu replikasi : kamu harus melihat konteks dari link, dan memahami asal mula link tersebut (kamu dapat melihat pada bagian “referring page”, dan “anchor and blacklink”). Setelah kamu mengetahuinya, kamu dapat menambahkan, dan menukar nama pada link yang kamu gunakan untuk menghubungkannya dengan website kamu. Namun, perlu kamu ketahui bahwa semuanya itu harus berdasarkan persetujuan dari orang yang telah menulis, dan memiliki backlink yang ingin kamu replikasi.

Cara Mendapatkan backlink?

Setelah kamu menemukan cara mengetahui backlink checker, kamu perlu melakukan langkah terakhir untuk menambahkan backlink tersebut pada website kamu. 7 langkah untuk menambahkan backlink berkualitas pada website kamu:

  1. Tambahkan link pada profil media sosial kamu.
  2. Lakukan riset pada Google untuk memperbaiki ranking website kamu.
  3. Buatlah daftar post yang memiliki kata seperti “how to”, dan “why” dengan menambahkan sebuah video, karena umumnya post seperti ini akan memiliki lebih banyak backlink dibandingkan dengan post
  4. Buatlah sebuah post utama yang berisi panduan. Ini adalah post yang umumnya memiliki isi yang panjang (beberapa ribu kata), dan mencakup semua aspek dalam tema.
  5. Buatlah guest post pada blog, atau website lainnya.
  6. Bekerja sama dengan influencer yang memiliki jenis niche yang sama dengan industri yang kamu miliki, dan tunjukkan kepada mereka link artikel website kamu jika mereka ingin menghubungkan link tersebut dengan link artikel pada website influencer
  7. Melakukan interview dengan influencer
Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.

Artikel

Lainnya


zaenal
October 22, 2021

sayangnya halaman website domainesia tidak menyediakan "back to Top" jadi klo udah baca sampe bawah, pengen kembali ke atas, musti manjat yang agak panjang, apalagi klo artikelnya panjang-panjang, pegel juga.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!