• Home
  • Berita
  • Metaverse adalah Dunia Virtual yang Makin Populer, Yuk Cari Tau!

Metaverse adalah Dunia Virtual yang Makin Populer, Yuk Cari Tau!

Oleh Ratna Patria

Metaverse adalah topik yang sedang hangat diperbincangkan dan menjadi buah bibir dunia. Tidak hanya dunia IT saja, namun dunia marketing juga sedang hangat memperbincangkannya. Tidak lain dan tidak bukan karena metaverse digadang-gadang sebagai inovasi kemudahan di masa depan. Metaverse semakin meroket popularitasnya semenjak CEO Facebook yaitu Mark Zuckerberg yang mengganti nama perusahaannya menjadi Meta Platforms Inc pada 29 Oktober 2021.

Hal itu dibarengi dengan inovasi baru yang sangat futuristik yaitu metaverse. Lalu apa itu metaverse dan cara kerjanya seperti apa? Sebenarnya metaverse adalah sebuah konsep untuk kemudahan di masa depan. Penasaran apa itu metaverse dan bagaimana contoh metaverse itu? Kamu sudah menemukan artikel yang tepat karena kita akan mengupas tuntas seputar metaverse disini. Jadi simak terus ya supaya pengetahuanmu semakin meluas!

metaverse adalah
Sumber: Envato

Apa itu Metaverse?

Meskipun kebanyakan orang baru mendengar istilah metaverse, namun sebenarnya istilah ini sudah ada lama loh! Bahkan dari tahun 1992 yang dikenalkan Neal Stephenson sebagai penulis melalui bukunya yang berjudul Snow Crash. Seperti yang sudah DomaiNesia paparkan, bahwa istilah ini meroket saat diperkenalkan kembali oleh pemilik Facebook yaitu Mark Zuckerberg. Apa itu Metaverse sebenarnya? Metaverse adalah sebuah dunia virtual yang didalamnya dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berkomunikasi, bermain game, bekerja, hingga bertransaksi layaknya di dunia sebenarnya.

Metaverse adalah dunia virtual yang memungkinkan kamu dan pengguna lainnya dapat saling terhubung dan melakukan aktivitas bersama tanpa mengenal lokasi. Pada dasarnya, belum ada arti sebenarnya apa itu metaverse. Sederhananya metaverse adalah konsep dunia maya yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas yang didukung oleh teknologi seperti augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan juga aplikasi penunjang khusus yang tersedia pada smartphone.

Dengan menggunakan metaverse, kamu bahkan bisa menemukan komunitas baru, mengembangkan bisnis mu dengan menggandeng pengguna lain secara virtual, dan masih banyak lagi hal yang bisa kamu lakukan. Contoh Metaverse yang pernah terjadi yaitu pada 18 November 2021 yaitu Justin Bieber yang menjadi penyanyi pertama yang menggelar konser metaverse. Wah menarik ya!

Bagaimana Cara Kerja Metaverse?

Dari pemaparan di atas mengenai apa itu metaverse dan DomaiNesia juga sudah membahas mengenai metaverse lebih jauh. Apakah kamu penasaran bagaimana cara kerja metaverse ini? Seperti yang kita tahu sebelumnya, bahwa metaverse adalah dunia virtual yang nantinya kamu bisa melakukan berbagai macam kegiatan layak nya dunia nyata.

Tentu dengan penjelasan seperti itu, kamu sudah terbayang kan apa saja yang kamu butuhkan jika ingin terjun kesana? Yups, hal pertama dan yang pasti adalah internet karena tanpa keberadaannya kamu tidak bisa terhubung ke jaringan apalagi ke dunia metaverse. Selain internet yang memadai, kamu juga membutuhkan berbagai teknologi buatan yang sudah canggih seperti AR, headset VR, dan smartphone. Selain itu semua, biasanya juga ada beberapa ketentuan yang sifatnya tambahan yaitu memiliki karya seni NFT.

metaverse adalah
Sumber: Envato

Kegiatan Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Metaverse?

DomaiNesia sudah memaparkan berbagai informasi seperti apa itu metaverse dan cara kerjanya. Nah pada poin kali ini, DomaiNesia akan mengajak kamu membahas lebih detail lagi mengenai berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan apabila menggunakan Metaverse. Apa saja ya kira-kira? Ini dia beberapa aktivitasnya.

1. Bermain game

Bagi kebanyakan orang jika kita membahas mengenai dunia virtual, maka hal pertama kali yang dipikirkan yaitu game. Bagi kamu yang menyukai game, metaverse ini bisa kamu jadikan pilihan sebagai platform di masa depan yang digunakan untuk bermain game. Jadi kamu bisa bermain game dan merasakan kehadiran game tersebut di dunia nyata. Pasti makin seru deh! Game apa aja sih yang sudah mendukung teknologi ini? Ada beberapa game seperti Sandbox, Gala, Chromia, Axie Infinity, Decentraland, dan juga Mines of Dalarnia. Mau mencoba salah satunya?

2. Konser

Sudah tahu kan jika metaverse bisa dimanfaatkan untuk kegiatan konser? Yup, seperti penjelasan di atas mengenai contoh metaverse yang pernah dilakukan dan masih jarang yaitu konser. Khusus untuk kamu penggemar berat artis ataupun penyanyi namun kamu terhalang oleh lokasi maka metaverse adalah solusinya. Alasannya karena pada tahun 2021 itu Justin Bieber yang pertama kali menggelar konser di metaverse. Jadi siapa tau artis atau penyanyi favoritmu akan mengadakan konser di metaverse juga!

3. Melihat berbagai karya seni

Seiring dengan perkembangan teknologi, sekarang karya seni juga bisa dinikmati melalui dunia virtual. Metaverse adalah dunia virtual yang bisa kamu gunakan untuk melihat karya seni dari banyak seniman. Yups betul, kumpulan karya seni ini bisa kamu nikmati berupa gambar atau lukisan yang biasa disebut sebagai NFT (Non-Fungible Token) atau aset digital.

Apa lagi itu NFT? NFT adalah aset digital yang saat ini lagi naik daun karena nilai jualnya bisa sangat tinggi hingga milyaran rupiah. Dimana kamu bisa melihat berbagai NFT yang ada? Kamu bisa melihatnya melalui SandBox, OpenSea, Binance, dan AirNFTs. Selain melihat koleksi itu, kamu juga bisa melakukan jual beli loh! Nah peluang ini cocok banget buat kamu yang jago dalam hal desain.

4. Perjalanan virtual

Selanjutnya, kegiatan yang bisa kamu lakukan di metaverse adalah perjalanan virtual. Kamu butuh liburan tapi tidak punya banyak waktu? Yuk cobain liburan virtual dengan memanfaatkan metaverse! Kegiatan ini pasti perlu beberapa dukungan teknologi seperti smartphone, PC, dan tidak ketinggalan AR atau VR. 

5. Rapat virtual

Ini menjadi bagian paling menarik dari metaverse karena kamu bisa melakukan rapat virtual yang lain daripada biasanya. Bagi kamu yang bekerja full Work From Home (WFH) pasti ingin dong merasakan rapat dari kantor secara langsung? Nah untuk mewujudkan itu, pada bulan Agustus 2021, Meta menghadirkan terobosan yaitu Horizon Workrooms. Apa itu? Horizon Workrooms adalah ruang kerja yang diusung dalam dunia virtual.

Sehingga kamu bisa melakukan komunikasi, berkolaborasi, bahkan menghadiri rapat online dengan bergabung secara langsung pada kantor virtual metaverse. Wah bisa jadi terobosan baru nih buat berbagai perusahaan yang menerapkan sistem full WFH. Ternyata Metaverse adalah solusi yang tepat untuk kehidupan perusahaan di masa depan.

metaverse adalah
Sumber: Envato

3+ Contoh Metaverse

Dari Metaverse Microsoft (Mesh) hingga The Sandbox dan Axie Infinity, perusahaan-perusahaan ini mendorong batas-batas dunia virtual. Contoh-contoh bagaimana perusahaan memanfaatkan potensi Metaverse mencakup permainan, sosialisasi, pendidikan, hiburan, dan banyak lagi. Dengan menciptakan pengalaman imersif dan memberi pengguna kendali atas kehadiran digital mereka, platform ini telah menjadi bagian integral dari budaya digital. Dengan begitu banyak kemungkinan untuk inovasi, tidak heran mengapa begitu banyak perusahaan berinvestasi di Metaverse. Berikut ini adalah 4 contoh metaverse dan perusahaan yang sudah menerapkan teknologi keren ini.

1. Meta

Pertama, contoh metaverse adalah perusahaan Meta. Meta adalah perusahaan milik CEO Facebook yaitu Mark Zuckerberg yang sebenarnya sudah didirikan pada tahun 2004 dan diganti nama pada tahun 2021. Meta mengembangkan game dan juga kantor virtual yang bisa menghadirkan pengalaman baru dan unik bagi penggunanya. 

2. Microsoft Metaverse (Mesh)

Microsoft adalah perusahaan milik Bill Gates yang kita kenal dengan sistem operasi Windows yang digunakan oleh banyak orang di berbagai penjuru dunia. Menjadi salah satu perusahaan raksasa di dunia ini juga tidak mau ketinggalan untuk mengembangkan metaverse dalam perusahaanya. Dengan begitu Microsoft menjadi perusahaan dengan contoh metaverse berikutnya.

Kabarnya Microsoft sudah menggunakan hologram untuk melakukan rapat dan juga presentasi. Seperti rumor yang beredar bahwa Microsoft akan membuat Power Point dan Excel dapat dioperasikan secara virtual. Tidak itu saja, Microsoft Teams juga akan mengadaptasi konsep metaverse dengan VR dan AR untuk mendukung rapat virtual.  

3. The Sandbox

The Sandbox adalah contoh metaverse dalam bentuk game. Konsep yang digunakan oleh game ini yaitu play to earn. Sehingga siapapun yang memainkan game ini bisa membeli tanah virtual, membangun gedung pada tanah yang sudah dibeli, dan bahkan kamu bisa menjualnya dalam bentuk NFT pada OpenSea. Pemain game The Sandbox ini bisa mengembangkan dunia metaveersenya sendiri. Selain itu, kamu juga bisa ikut bermain dan berpartisipasi pada dunia metaverse yang diciptakan pemain yang lain. Jadi bisa disimpulkan bahwa setiap pemain memiliki hak digital atas apa yang sudah diciptakan. 

4. Axie Infinity

Terakhir contoh metaverse adalah game Axie Infinity. Game ini memiliki konsep yang sama dengan The Sandbox yaitu kamu bisa bermain untuk menghasilkan uang. Terinspirasi dari game Pokemon yang mengharuskan penggunanya untuk mengumpulkan, memelihara, dan mengembangkan karakter yang bernama Axies.

Nantinya kamu akan bertempur dengan Axies yang lain untuk menemukan siapa pemenangnya. Poin adalah tujuan utama permainan ini karena semakin banyak koin yang kamu punya dari hasil memenangkan pertempuran tadi maka level kamu juga akan semakin tinggi. Saat level permainanmu sudah tinggi, itu lah peluang untuk kamu menjualnya dan mendapatkan cryptocurrency.

metaverse adalah
Sumber: Envato

Tertarik Mencoba Metaverse?

Metaverse adalah dunia virtual yang mirip dengan dunia asli karena kamu bisa melakukan banyak kegiatan yang bahkan menjadi pengalaman baru bagi penggunanya, seperti rapat virtual, perjalanan online, konser, melihat karya seni, dan juga bermain game. Metaverse digadang-gadang menjadi pintu kemudahan untuk masa depan.

Pembahasan Domainesia sudah cukup lengkap kan? Mulai dari apa itu metaverse dan cara kerjanya. Bahkan sudah ada beberapa contoh metaverse dalam bentuk game seperti The Sandbox dan Axie Infinity. Selain game juga ada contoh perusahaan yang mulai menerapkan metaverse yaitu Meta dan Microsoft Metaverse. Jika kamu tertarik kamu harus menyiapkan beberapa kebutuhan seperti Internet, Smartphone, PC, AR, dan VR. Bagaimana? Ingin mencobanya?

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah