• Home
  • Tips
  • Intip Rahasia Penggunaan Facebook Ads Library untuk Bisnismu!

Intip Rahasia Penggunaan Facebook Ads Library untuk Bisnismu!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Apakah kamu pelaku bisnis yang merasa kesulitan dalam melakukan pengembangan bisnis yang sudah kamu lakukan? Mungkin menggunakan facebook ads library bisa menjadi salah satu solusi yang bisa kamu terapkan.

Lalu apakah dengan menggunakan Facebook Ads Library ini bisa membuka peluang agar calon pelanggan bisa tertarik?

Memang Ads library Facebook ini bisa membuat banyak pelanggan mengetahui produkmu namun perlu diingat untuk membuat mereka tertarik untuk membeli yaitu dengan menyajikan iklan yang menarik.

Bagaimana caranya? Kamu bisa memanfaatkan ads library Facebook dengan mencari inspirasi bagaimana kompetitor mu melakukan iklan yang menarik.

Sebelum membahas lebih jauh, apakah kamu sudah paham apa itu facebook ads library? Bagaimana cara penggunaanya agar optimal? Tenang karena semua pertanyaan tersebut akan DomaiNesia jawab dengan lengkap. Sudah siap membahasnya? Ikuti artikel ini hingga tuntas ya!

Apa itu Facebook Ads Library?

Sebelumnya, apakah kamu pernah mendengar atau bahkan sudah pernah menggunakan Facebook Ads Library?

Bagi kamu yang belum mengenalnya, Facebook Ads Library adalah fitur gratis milik Facebook yang digunakan untuk melihat semua iklan yang terpasang dari berbagai situs seperti Instagram, Audience Network, Messenger, dan juga situs Facebook itu sendiri.

Jadi kamu bisa melihat ribuan iklan yang terpasang di beberapa situs di atas dan bisa kamu jadikan inspirasi untuk membuat iklan dan juga mengembangkan bisnis.

Ada dua jenis iklan yang bisa kamu lihat yaitu jenis iklan politik dan juga iklan untuk pemasaran produk.

Jenis iklan pemasaran produk hanya bisa kamu lihat ketika statusnya masih aktif, sedangkan jika iklan politik kamu bisa mengaksesnya kapan saja meskipun statusnya sudah tidak aktif lagi. 

Kamu tidak memiliki akun Facebook? Tenang karena semua orang bebas untuk mengaksesnya meskipun tidak memiliki akun Facebook.

Disana kamu bisa melihat berbagai informasi seputar iklan yang terpasang mulai dari perusahaan pemilik iklan, gambar, video, teks, dimana saja iklan tersebut ditayangkan, kapan iklan tersebut pertama dipublikasikan, dan beberapa informasi yang lain.

Hmm apakah kamu berpikir bahwa bisa dengan mudah kompetitor bisnismu bisa melihat dan mempelajari iklan milikmu? Jawabannya iya karena Facebook menerapkan sistem transparansi.

Namun hal tersebut dapat memudahkan kamu untuk mencari dan mengidentifikasi banyak iklan kompetitor yang bahkan nantinya bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan bisnismu.

Sepenting apa sih melakukan identifikasi terhadap iklan kompetitor? Simak penjelasannya pada poin selanjutnya.

Mengapa Perlu Mengidentifikasi Iklan Kompetitor?

Pertanyaan ini pasti muncul dari beberapa orang yang terjun ke dunia bisnis. Berikut beberapa alasan mengapa kamu perlu mengidentifikasi iklan kompetitor melalui Facebook Ads Library.

Mendapatkan referensi iklan

Ketika kamu akan melakukan suatu aktivitas, mencari referensi menjadi hal yang penting dan harus dilakukan, pun demikian dengan pemasangan iklan.

Kamu bisa mendapatkan banyak referensi melalui Facebook Ads Library baik dari kompetitor bisnis maupun bukan.

Apa saja yang bisa kamu jadikan sebagai referensi? Mulai dari gaya bahasa, pemilihan kata, gambar, video yang digunakan, platform, dan banyak lagi.

Dari banyaknya referensi yang disediakan oleh Ads Library Facebook, diharapkan kamu bisa menciptakan iklan yang menarik dengan sedikit sentuhan keunikan agar iklan mu lebih baik dan beda daripada yang lain.

Lebih mengenal dan mengetahui kompetitor

Kehadiran Facebook Ads Library ini juga bisa membantu kamu untuk memetakan dan mengenal siapa saja kompetitor dari brand mu.

Dari sana kamu bisa mengintip strategi yang digunakan oleh kompetitor. Apabila strategi yang mereka pilih sangat efektif dan berdampak positif, maka kamu bisa mempelajari strategi, memodifikasinya, dan menerapkan dalam bisnis mu.

Sebaliknya, jika strategi yang mereka lakukan gagal maka bisa menjadi pembelajaran untuk kamu. 

Facebook Ads Library
Sumber : elements envato

Untuk menyusun strategi bisnis dan memenangkan persaingan

Setelah kamu sudah mengetahui strategi bisnis yang banyak diterapkan oleh kompetitor mu tadi, maka kamu bisa menerapkan strategi mana yang sekiranya cocok dengan bisnismu.

Dengan begitu kamu bisa menyusun strategi yang pas dan bahkan kamu bisa memenangkan persaingan juga loh DomaiNesian!

Selain itu kamu juga bisa memperhatikan cara mendapatkan uang dari Facebook agar kamu bisa menghasilkan lebih banyak cuan lagi! Lalu apa saja yang harus diperhatikan saat melakukan riset kompetitor? Temukan jawabannya pada poin selanjutnya ini.

Apa yang Harus Kamu Perhatikan Saat Melakukan Riset Iklan?

Ada beberapa hal yang benar-benar harus kamu perhatikan dalam melakukan riset iklan pada Facebook Ads Library. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

Memilih iklan yang berstatus aktif

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa iklan umum seperti pemasaran produk, hanya bisa kamu lihat saat memiliki status aktif.

Nah biasanya, iklan yang masih aktif dan waktu penayangan yang lama, berarti iklan tersebut sukses mendatangkan konversi produk.

Sebaliknya, jika iklan sudah tidak aktif biasanya iklan tersebut sudah ditutup oleh pemiliknya.

Tanggal iklan ditayangkan

Hal kedua yang harus kamu perhatikan saat akan melakukan riset iklan pada Facebook Ads Library yaitu tanggal penayangan iklan.

Sebab hal tersebut bisa menghindarkan kamu dari persaingan yang ketat yang bisa berdampak terhadap kerugian.

Contoh kasusnya seperti ini, kompetitor kamu sedang memasang iklan promo potongan harga, lalu diwaktu yang bersamaan kamu juga ingin memasang promo tersebut. Maka kamu bisa memundurkan waktu promosi kamu sehingga kamu tidak bersaing di satu waktu yang sama dengan kompetitor mu yang bisa berpengaruh terhadap penjualan produk. 

Platform dan jenis iklan

Selanjutnya, kamu harus memperhatikan jenis iklan yang digunakan kompetitor mu. Dari sekian banyak iklan yang muncul pada Facebook Ads Library, kamu bisa menentukan jenis iklan mana yang efektif, apakah dalam bentuk gambar, video, atau meme sekalipun.

Dengan mengetahui banyak variasi iklan tersebut, bisa kamu jadikan referensi untuk iklan yang akan kamu buat. Yang tidak kalah penting selanjutnya yaitu mencari tahu di platform mana saja kompetitor mu memasang iklan.

Sebab, tidak semua jenis iklan cocok untuk semua jenis platform. Misalnya saja untuk jenis carousel yang cocok untuk platform Instagram, video atau gambar yang berbentuk vertikal cocok diunggah pada Instagram Story, dan juga jenis meme yang cocok diunggah pada Facebook Feeds.

Sumber : elements envato

Tampilan visual dari iklan

Setelah berhasil mengidentifikasi platform dan jenis iklan, yang tidak kalah penting berikutnya yaitu mengidentifikasi tampilan visual.

Di dalam Facebook Ads Library memuat banyak iklan dengan berbagai visual yang ditampilkan. Visual tersebut biasanya menggambarkan perusahaan atau brand yang diusung.

Dengan mengetahui tampilan visual yang digunakan maka kamu bisa mengetahui visual seperti apa yang paling menarik bagi calon pelanggan.

Ada banyak jenis visual seperti meme, foto before dan after, video detail produk, dan penjelasan terperinci.

Pola visual yang dipilih kompetitor tadi bisa kamu jadikan sebagai referensi dan juga memperbaiki metode yang digunakan agar iklan yang kamu hasilkan tepat sasaran dan tampil lebih menarik.

Copywriting yang digunakan

Bagian terakhir yang harus kamu perhatikan dalam Facebook Ads Library yaitu copywriting yang digunakan kompetitor.

Setelah mengecek visual dari iklan, maka saat ini kamu harus fokus terhadap gaya bahasa, cara penulisan, pembuatan headline yang ciamik, hingga penjelasan yang dituliskan.

Copywriting ini sangat penting sebab dapat menjelaskan maksud dan tujuan dari iklan yang ditayangkan. Ada banyak hal yang bisa kamu perhatikan dengan seksama salah satunya penggunaan kata persuasif yang bisa menarik calon pelanggan.

Semakin banyak kamu berhasil meriset copywriting pada Ads Library Facebook maka semakin banyak juga referensi yang akan kamu dapatkan. Intinya copywriting ini membantu kamu untuk memahami strategi marketing yang bisa kamu terapkan.

Dari penjelasan ini, bisa kita lihat bahwa banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila kamu melakukan riset iklan melalui Facebook Ads Library.

Namun apakah kamu sudah tahu bagaimana cara penggunaannya? 

Langkah Mudah Menggunakan Facebook Ads Library

Bagian yang kamu tunggu-tunggu akan kita bahas sekarang yaitu cara menggunakan Facebook Ads Library. Berikut langkah mudah yang bisa kamu ikuti.

Akses laman Facebook Ads Library

Langkah pertama yang pasti kamu lakukan yaitu mengakses halaman Ads Library Facebook. Kamu bisa memanfaatkan Facebook Ads ini tanpa login terlebih dahulu atau lebih baik kamu melakukan login Facebook.

Sebab, jika kamu melakukan login maka kamu bisa melakukan pelaporan iklan yang tidak pantas untuk ditampilkan.

Selain itu, login akun lebih direkomendasikan agar kamu bisa dengan mudah mengakses dan tidak menemui kesulitan saat menggunakannya. 

Manfaatkan pencarian

Pada bagian pencarian, ada tiga pencarian yang bisa kamu lihat seperti negara, kategori iklan, dan juga kolom pencarian. 

Nah pada poin ini kita akan berfokus pada kategori dan juga kolom pencarian saja ya. Bagian kategori iklan akan menampilkan dua pilihan jenis iklan seperti Semua Iklan yang berarti akan menampilkan semua kategori iklan.

Selanjutnya ada Isu, Pemilu, dan Politik yang bisa kamu manfaatkan jika ingin mencari iklan yang berbau politik.

Di sebelahnya terdapat kolom pencarian yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari berdasarkan keyword atau nama perusahaan yang melakukan pengiklanan.

Fitur pencarian ini sangat membantu kamu untuk mengetahui siapa saja kompetitor di bidang bisnis yang akan kamu arungi nantinya.

Pilih target lokasi dan juga bahasa

Fitur berikutnya yaitu kamu bisa memilih lokasi yang berada di sebelah kategori iklan. Kamu bisa memilih lokasi di Indonesia.

Nah jika yang kamu cari berhasil, maka akan muncul banyak hasil pencarian iklan yang berada di Indonesia.

Namun apabila kamu ingin mempersempit jangkauan iklan lagi kamu bisa klik Filter dan pilih bahasa yang akan ditampilkan dan klik Terapkan.

Dengan begitu maka iklan yang ditampilkan pada Ads Library Facebook berdasarkan lokasi dan juga bahasa yang sudah kamu terapkan. Ingin mencoba pilihan filter yang lain? Simak di poin-poin berikutnya. 

Lakukan filter berdasarkan platform

Masih di pembahasan dari Filter yang tersedia, kamu akan melihat pilihan platform yang bisa kamu coba. Seperti platform Instagram, Facebook, Audience Network, Messenger, atau semua platform.

Dari opsi tersebut kamu bisa memilih beberapa pilihan platform yang tersedia, maka iklan yang tampil sesuai dengan pilihan platform mu tadi.

Untuk saat ini hanya tersedia 4 platform saja ya! Jadi untuk platform yang lain memang belum di support oleh Facebook Ads Library.

Terapkan filter berdasarkan media

Selain platform, Ads Library Facebook juga menyediakan opsi jenis media. Mulai dari gambar, video, meme, gambar dan meme, serta tanpa gambar dan video.

Dalam opsi tersebut terdapat penjelasan pada masing-masing pilihannya. Kerennya dari filter media ini, jika kamu memilih jenis video berarti kamu bisa mencari keyword berdasarkan transkrip di dalamnya. Wow canggih kan!

Filter iklan berdasarkan tanggal penayangan

Ads Library Facebook juga menyediakan filter tanggal penayangan yang kamu butuhkan.

Dalam filter tanggal akan disediakan kolom tanggal dengan jangkauan dari tanggal dimulai penayangan hingga tanggal berakhirnya.

Dengan begitu, kamu bisa melihat iklan mana saja yang tersedia pada periode yang sudah kamu filter, sehingga jika kamu memundurkan campaign yang akan kamu lakukan apabila penawarannya sama.

Bandingkan beberapa iklan kompetitor

Setelah semua filter sudah kamu coba, maka kamu bisa membandingkan beberapa iklan kompetitor yang berhasil ditampilkan oleh Facebook Ads Library.

Iklan yang ditampilkan tadi sudah sesuai dengan filter yang kamu terapkan sehingga kamu bisa fokus terhadap satu lingkup saja.

Bila kamu perhatikan lagi, mungkin kamu akan menemukan iklan yang tertulis This ad has multiple versions. Maksudnya yaitu dalam satu iklan terdapat beberapa variasi video dan gambar.

Metode tersebut dikenal dengan A/B testing yang berarti menampilkan beberapa variasi produk di dalam satu iklan yang sama  dengan tujuan untuk mengetahui iklan mana yang lebih disukai oleh calon pelanggan.

Tidak ada salahnya kamu juga memanfaatkan metode ini agar iklan yang kamu tampilkan lebih efektif lagi.

Mulai Gunakan Facebook Ads Library Agar Iklanmu Makin Sukses!

Banyak fitur pada Facebook Ads Library yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan kualitas iklan yang akan kamu bangun.

Dengan iklan yang berkualitas, otomatis hal tersebut akan berpengaruh terhadap penjualan dan pengenalan produk yang kamu tawarkan.

Cara mendapatkan uang dari Facebook ini bisa kamu terapkan juga ya DomaiNesian! Dengan mengintip banyak iklan milik kompetitor kamu bisa mengambil banyak pelajaran di dari sana sehingga kamu bisa menyusun strategi yang lebih efektif untuk menarik calon pelanggan.

Yuk mulai manfaatkan penggunaan Ads Library Facebook sekarang!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah