• Home
  • Tips
  • Tips SEO Copywriting dan Cara Membuatnya Dalam Sebuah Artikel

Tips SEO Copywriting dan Cara Membuatnya Dalam Sebuah Artikel

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Pernahkah kamu mendengar kata SEO? Apabila belum, kamu bisa pahami apa itu SEO terlebih dahulu. Mudahnya SEO adalah strategi untuk mengoptimalkan sebuah blog atau website agar berada di posisi utama pencarian Google.

Ketika user melakukan pencarian sesuatu dengan kata kunci tertentu, maka website atau blog yang kamu buat akan berada pada posisi pertama hasil pencarian.

Lalu bagaimana caranya membuat konten atau artikel dengan memikirkan SEO? Nah itulah yang akan dibahas pada artikel ini, yaitu SEO Copywriting.

Saat kamu menulis konten atau artikel dengan kaidah SEO Copywriting, maka artikel atau konten yang kamu buat akan berpotensi berada posisi pertama pada pencarian Google.

Yuk, simak lebih lanjut tips membuat artikel dengan SEO Copywriting!

Pengertian SEO Copywriting

SEO copywriting adalah proses membuat artikel atau konten dengan tujuan agar muncul di peringkat atas search engine menggunakan keyword yang relevan. Hal ini dilakukan supaya artikel tersebut mudah dipahami oleh search engine seperti Google, dan menarik untuk dibaca manusia.

Seorang penulis SEO harus memahami cara kerja search engine dan menggunakan pengetahuannya saat membuat artikel.

Selain itu, tujuan dari SEO copywriting adalah memberikan edukasi dan informasi berharga kepada pembaca agar artikel tersebut mendapatkan peringkat tinggi di Google dan menarik lebih banyak pembaca.

Selain mendapatkan peringkat tinggi, tujuan lain dari SEO copywriting adalah mendorong pembaca untuk melakukan tindakan tertentu, seperti transaksi, sehingga traffic pengunjung berubah menjadi leads dan akhirnya menjadi sales.

seo copywriting
Sumber : envato

Dalam mencapai hal ini, SEO copywriting melibatkan pembuatan cerita yang menghubungkan pembaca dengan merek atau perusahaan dan menciptakan ikatan yang kuat.

Setelah ikatan terbentuk, pembaca akan lebih tertarik dengan merek atau bisnis kamu. Ketika pembaca melihat iklan di media sosial atau platform lainnya setelah ikatan terbentuk, diharapkan terjadi transaksi.

SEO copywriting merupakan bagian penting dalam perjalanan seorang calon pembeli. Artikel yang ditulis harus mampu mengubah pengetahuan calon pembeli dari yang awalnya tidak tahu apa-apa tentang produk atau merek menjadi keputusan untuk menggunakan produk yang ditawarkan.

Inilah yang membedakan SEO copywriting dari konten SEO biasa, yaitu tujuannya. Konten SEO bertujuan memberikan informasi kepada pengguna dan meningkatkan lalu lintas, sedangkan tujuan utama copywriting adalah mendorong pembaca untuk mengambil tindakan seperti mengunduh, berlangganan, atau melakukan pembelian.

Hal Penting Dalam SEO Copywriting

SEO copywriting sangat penting karena memiliki beberapa alasan yang mendasar. Berikut adalah penjelasan mengapa SEO copywriting menjadi penting:

Menarik trafik berkualitas berdasarkan keyword yang dipilih

SEO copywriting sangat penting karena memiliki beberapa manfaat, salah satunya adalah kemampuannya untuk menarik trafik berkualitas berdasarkan keyword yang dipilih.

Jika kamu melakukan penelitian keyword yang tepat, SEO copywriting dapat membantu menciptakan konten yang dioptimalkan untuk keyword yang banyak dicari oleh audiens target.

Penggunaan keyword yang relevan ini akan membuat konten kamu lebih mungkin muncul di hasil pencarian yang relevan dengan topik yang dibahas. Hal ini akan membantu menarik trafik yang tepat, yaitu pengunjung yang memiliki minat dan kebutuhan yang relevan dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

Mendapat trust dengan menyediakan jawaban yang paling banyak dicari visitors

SEO copywriting sangat penting dalam memperoleh kepercayaan (trust) pengunjung dengan menyediakan jawaban yang paling banyak dicari oleh mereka.

Ketika pengunjung mencari informasi atau jawaban tertentu, mereka memiliki kebutuhan yang ingin dipenuhi. SEO copywriting membantu kamu dalam menyajikan konten yang relevan dengan kebutuhan pengunjung.

Jika kamu mengoptimalkan konten untuk keyword yang relevan, maka kamu akan dapat memberikan jawaban yang tepat dan memadai untuk pertanyaan atau pencarian mereka.

Hal ini meningkatkan kepuasan pengunjung dan membangun kepercayaan mereka terhadap konten kamu. Selain itu, kamu juga dapat memperkuat reputasi kamu sebagai sumber informasi yang otoritatif dan terpercaya.

Mendorong pembaca mengambil tindakan seperti men-download aplikasi, subscribe, atau bertransaksi

SEO copywriting penting dalam mendorong pembaca untuk mengambil tindakan seperti men-download aplikasi, subscribe, atau bertransaksi. Jika kamu menggunakan teknik SEO copywriting yang tepat, kamu dapat menarik perhatian pembaca dan mempertahankan minat mereka.

Konten yang menarik dan informatif dapat membangun keinginan pembaca untuk melakukan tindakan tertentu, seperti men-download aplikasi, subscribe, atau bertransaksi.

SEO copywriting membantu menyampaikan pesan dengan jelas dan meyakinkan, sehingga pembaca merasa terdorong untuk mengambil tindakan yang diinginkan. Pada SEO copywriting, kamu dapat menyoroti manfaat atau nilai yang diberikan oleh produk atau layanan yang ditawarkan.

Dengan menggambarkan secara jelas dan meyakinkan bagaimana produk atau layanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan atau masalah pembaca, kamu membantu mereka melihat nilai yang mereka dapatkan dengan mengambil tindakan.

Tips Melakukan SEO Copywriting

Berikut ini tips-tips melakukan SEO Copywriting yang bisa kamu lakukan antara lain :

Mengenali diri sebagai seorang copywriter

Jika kamu ingin menjadi seorang copywriter yang efektif, penting bagi kamu untuk memahami psikologi manusia dan teori komunikasi massa. Hal ini akan membantu kamu dalam menyampaikan pesan dengan cara yang tepat.

Pengunjung hanya tertarik pada informasi yang relevan dengan kebutuhan atau keinginan mereka. Oleh karena itu, penting untuk memasarkan diri secara halus dan tidak terlalu langsung.

Membangun hubungan personal dengan pembaca akan membantu membangun kepercayaan dan kenyamanan. Selain itu, penting untuk menyesuaikan gaya bahasa yang kamu gunakan dengan audiens yang dituju, menghindari penggunaan bahasa yang terlalu formal atau teknis yang dapat membuat pembaca kehilangan minat.

Dengan menggunakan pendekatan yang tepat, copywriter dapat menciptakan konten yang menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.

Menerapkan teknik yang baik dan benar dalam copywriting

Pada copywriting, teknik AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) adalah kunci keberhasilan yang harus kamu pahami. Pada tahap Attention, copywriter harus memikat pembaca dengan judul yang relevan dan menarik.

Tahap Interest memerlukan konten yang dapat mempertahankan minat pembaca dengan menyajikan informasi yang berguna, fakta yang menarik, statistik yang meyakinkan, studi kasus, dan contoh-contoh yang relevan.

Pada tahap Desire, copywriter perlu menginspirasi hasrat pembaca untuk memiliki apa yang ditawarkan dengan menyoroti manfaat yang diberikan. Tahap Action mengarahkan pembaca untuk mengambil tindakan, seperti melakukan transaksi.

Jika kamu mengikuti langkah-langkah ini, maka pembaca akan sepenuhnya menerima konten dan berpotensi mengambil tindakan yang diinginkan. Penggunaan teknik AIDA secara efektif akan membuat copywriter dapat menciptakan pengalaman yang memikat dan mendorong pembaca untuk berinteraksi dengan konten secara aktif.

Baca Juga : 8 Contoh Copywriting Kreatif dan Menarik + Tips Membuatnya

Kenali audiens

Tips selanjutnya yang penting dalam copywriting adalah memahami audiens kamu. Tanpa informasi yang memadai tentang audiens, kamu akan kesulitan untuk mempengaruhi mereka melalui tulisan kamu karena kamu tidak mengenal siapa mereka dan bagaimana cara menarik minat mereka.

Pada copywriting SEO, proses menemukan audiens mirip dengan membuat kampanye pemasaran yang terfokus atau jenis konten lainnya yang akan kamu buat untuk bisnis kamu yaitu dengan melakukan riset persona pembeli.

Sumber : envato

Persona pembeli adalah gambaran khayalan tentang pelanggan ideal kamu berdasarkan riset pasar, data bisnis, dan profil pelanggan yang telah ada.

Alat seperti Make My Persona dari HubSpot dapat membantu kamu dalam proses ini dengan panduan langkah demi langkah untuk mengidentifikasi siapa audiens kamu, mengungkap poin masalah utama yang audiens hadapi, serta solusi yang audiens cari berdasarkan kebutuhan audiens.

Jika kamu dapat memahami audiens kamu dengan baik, maka kamu dapat menciptakan konten yang lebih relevan dan efektif dalam mencapai tujuan copywriting kamu.

Tulis untuk audiens

Tujuan copywriting adalah membujuk audiens agar mengambil tindakan. Oleh karena itu, penting untuk selalu menulis dengan memikirkan audiens. Pembeli kamu sedang mencari solusi, jadi tulislah untuk memberi tahu mereka mengapa kamu menjadi solusi yang tepat bagi audiens kamu.

Misalnya, jika kamu menawarkan alat pemasaran all-in-one, penelitian persona dan keyword kamu menunjukkan bahwa audiens target kamu sering mencari “alat pemasaran yang mudah digunakan”.

Kamu harus menyertakan istilah pencarian tersebut dalam teks kamu untuk berbicara langsung dengan pengguna yang dimaksud dan mendorong mereka untuk melakukan tindakan yang diinginkan, yaitu membeli produk kamu, karena kamu telah meyakinkan mereka bahwa kamu adalah solusi terbaik untuk kebutuhan mereka.

Ringkas dan lugas

Semakin sulit untuk memahami artikel kamu, maka semakin kecil kemungkinan kamu mencapai tujuan akhir untuk mengubah pengguna menjadi pelanggan. Jika audiens harus berusaha keras untuk memahami apa yang kamu tawarkan, kemungkinan besar kamu akan kehilangan audiens kamu.

Penting untuk menghindari penggunaan jargon dan kata-kata yang tidak relevan dengan tujuan kamu dalam artikel kamu.

Mengembangkan keterampilan ini bisa menjadi tugas yang sulit, namun sangat membantu jika kamu mempertimbangkan preferensi dan harapan pengguna saat mencari solusi untuk masalah yang mereka hadapi dan menggunakan itu sebagai landasan strategi kamu.

Pengujian berkelanjutan

Kadang-kadang, apa yang kamu anggap efektif mungkin tidak sejalan dengan apa yang sebenarnya diinginkan oleh audiens kamu. Melalui pengujian berkelanjutan, kamu dapat memastikan karya kamu dapat memenuhi kebutuhan audiens.

Pengujian ini juga memastikan bahwa kamu memaksimalkan efektivitas artikel kamu. Artikel kamu harus membantu audiens dengan mudah menemukan solusi yang kamu tawarkan tanpa usaha tambahan karena semua informasi telah dijelaskan dalam salinan tersebut.

Sebagai contoh, pengujian berkelanjutan dapat melibatkan menciptakan beberapa versi Call-to-Action (CTA) dengan artikel yang berbeda, yang ditempatkan di halaman web yang berbeda untuk melihat mana yang menghasilkan hasil yang lebih baik.

Secara keseluruhan, SEO copywriting memiliki dua komponen penting: aspek SEO berfokus pada kata kunci yang relevan dengan niat pengguna audiens kamu dan memiliki lalu lintas yang tinggi, sementara elemen copywriting menulis dengan mempertimbangkan tujuan pengguna di balik kata kunci tersebut.

Dengan menggunakan strategi ini, kamu secara langsung menunjukkan kepada audiens bagaimana kamu akan memecahkan masalah mereka dan membujuk mereka untuk menjadi pelanggan kamu.

Cara Membuat Artikel Dengan SEO Copywriting

Nah buat kamu yang ingin membuat artikel dengan SEO Copywriting, yuk langsung saja ikuti hal-hal di bawah ini :

Temukan keyword yang sesuai

Keyword adalah kata atau frasa yang menjadi kunci utama saat mencari informasi atau produk pada search engine. Menemukan keyword yang tepat akan membantu kamu menciptakan konten yang dapat mendapatkan peringkat tinggi di Google dan meningkatkan jumlah pengunjung ke situs kamu.

Untuk memulainya, fokuslah pada keyword spesifik yang relevan dengan niche atau topik kamu, dan pastikan persaingannya rendah. Salah satu alat yang dapat kamu gunakan untuk penelitian keyword adalah Semrush’s Keyword Magic Tool.

Di dalam alat tersebut, kamu cukup memasukkan keyword utama atau keyword awal, pilih negara kamu, dan klik tombol “Cari”. Ketika hasilnya muncul, kamu akan melihat daftar keyword terkait yang diurutkan berdasarkan volume pencarian bulanan.

Selain itu, informasi lain seperti tujuan pencarian, tingkat kesulitan keyword, dan sebagainya juga akan tersedia. Kamu dapat menggunakan filter berdasarkan tingkat kesulitan keyword dengan mengklik opsi “KD%” yang tersedia.

Sumber : envato

Perlu dicatat bahwa KD% mengindikasikan seberapa sulitnya untuk mendapatkan peringkat di halaman pertama Google untuk keyword tertentu.

Untuk memulai, disarankan untuk membuat konten berdasarkan keyword dengan tingkat kesulitan “Memungkinkan,” “Mudah,” dan “Sangat Mudah” terlebih dahulu. Dengan demikian, kamu dapat membangun fondasi yang kuat untuk strategi SEO konten kamu.

Cari pertanyaan yang banyak dicari

Menghubungkan orang dengan informasi yang bermanfaat adalah prioritas utama bagi search engine. Oleh karena itu, Google terus mengembangkan fitur SERP, yang merupakan elemen pada Search Engine Result Page (SERP) yang membantu pencari menemukan apa yang pengguna cari dengan cepat.

Salah satu fitur yang menonjol adalah blok “People Also Ask” yang menyajikan pertanyaan tambahan yang terkait dengan pencarian pengguna, beserta jawaban singkatnya.

Menjelajahi fitur pencarian ini adalah cara yang bagus untuk menemukan pertanyaan tambahan yang sering ditanyakan orang tentang suatu topik. Dengan demikian, kamu dapat membuat konten yang secara langsung menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Selain itu, ada beberapa alat yang dapat membantu kamu dalam menemukan pertanyaan yang terkait dengan keyword kamu, seperti AlsoAsked, AnswerThePublic, dan Quora.

Tentukan search intent dari keyword

Mengidentifikasi tujuan dari pencarian pengguna sangat penting karena dapat membantu dalam membuat konten yang lebih relevan dan bermanfaat bagi pengguna. Terdapat empat jenis tujuan pencarian pengguna, yaitu:

  1. Informasional: pengguna ingin mempelajari lebih lanjut tentang topik tertentu, produk, industri, dan lain sebagainya. Contoh keyword-nya adalah: “laptop ringan terbaik”.
  2. Navigational: pengguna ingin menemukan situs atau halaman tertentu. Contoh keyword-nya: “daftar laptop ringan Lenovo”.
  3. Komersial: pengguna ingin melakukan riset sebelum melakukan pembelian. Contoh keyword-nya: “perbandingan laptop ringan Asus dan Lenovo”.
  4. Transaksional: pengguna ingin membeli produk atau layanan. Contoh keyword-nya: “beli laptop Asus”.

Review artikel milik kompetitor

Melakukan review artikel pesaing dapat membantu kamu dalam menentukan keyword yang tepat dan membuat konten yang lebih baik daripada pesaing. Beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam proses ini adalah:

  1. Identifikasi keyword target yang ingin digunakan dalam konten SEO copywriting.
  2. Cari artikel pesaing yang menggunakan keyword target tersebut.
  3. Analisis artikel pesaing untuk mengetahui bagaimana mereka menggunakan keyword target tersebut dalam konten mereka.
  4. Buat konten yang lebih baik daripada pesaing dengan menggunakan keyword target tersebut.Selain itu, kamu dapat memanfaatkan Semrush’s Keyword Gap tool dengan memasukkan domain kamu di kolom “Root domain” dan empat domain pesaing teratas kamu di bawahnya. Kemudian, tekan tombol “Compare”. Setelah itu, Gulir ke bawah untuk melihat daftar keyword. Klik “Missing” untuk memfilter keyword yang saat ini diperingkat oleh semua pesaing kamu namun tidak oleh kamu. Gunakan kolom KD% (kesulitan keyword) untuk mengurutkan keyword dengan volume tinggi yang juga mudah untuk di peringkat.
Sumber : envato

Kumpulkan dan gunakan data yang orisinil

Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan ketertarikan pembaca dan engagement adalah dengan menghadirkan data dan studi kasus yang orisinal. Dengan menggunakan data eksklusif, kamu dapat memperkuat posisi bisnis kamu sebagai pemimpin di industri tersebut. Ketika data eksklusif ini dipublikasikan, peluang untuk mendapatkan backlink juga meningkat, yang dapat berkontribusi pada peningkatan otoritas dan visibilitas situs kamu.

Namun, terkadang dalam proses menulis sebuah artikel, kamu dapat mengalami kendala dalam mendapatkan data yang diperlukan. Ini bisa menjadi tantangan yang nyata, tetapi bukan berarti kamu harus menyerah. Ada beberapa cara untuk mengatasi kekurangan data tersebut:

Gunakan media sosial

Media sosial memberikan kesempatan yang besar untuk melakukan survei atau polling guna mengetahui minat, gaya hidup, dan berbagai hal lainnya. Dengan menggunakan media sosial sebagai alat survei, kamu dapat mengumpulkan data yang berharga dan orisinil.

Hasil survei ini dapat digunakan sebagai sumber data yang dapat dipercaya dan dijadikan referensi dalam topik yang serupa. Melalui media sosial, kamu dapat memanfaatkan fitur-fitur seperti polling, pertanyaan terbuka, atau bahkan mengadakan diskusi dengan audiens kamu.

Hal ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan wawasan langsung dari mereka mengenai preferensi, kebiasaan, tren, atau pandangan terkait topik yang ingin kamu bahas. Dengan menggunakan data orisinil ini, kamu dapat memberikan nilai tambah pada konten kamu dan memperkuat posisi kamu sebagai sumber informasi yang dapat dipercaya.

Selain itu, menggabungkan data survei dari media sosial dengan sumber data lainnya dapat memberikan perspektif yang lebih lengkap dan mendalam pada topik yang dibahas.

Memanfaatkan potensi survei melalui media sosial juga dapat membantu kamu menghasilkan konten yang lebih sesuai dengan minat dan kebutuhan audiens kamu. Selain itu, kamu juga dapat membangun keterlibatan yang lebih baik dengan audiens kamu karena melibatkan mereka secara langsung dalam proses pembuatan konten.

Analisis data yang dimiliki

Konten dapat diperkaya dengan menggunakan data yang sudah ada, seperti data traffic pada suatu website. Data ini dapat memberikan wawasan yang berharga tentang pola dan tren yang terjadi dalam pengunjung website.

Jika kamu menganalisis data ini secara mendalam, kamu dapat memberikan penjelasan yang informatif serta insight yang berharga mengenai pola dari data tersebut.

Penjelasan dan insight ini dapat menjadi referensi yang berharga bagi bisnis di industri yang sama ketika mereka menghadapi perubahan tiba-tiba. Dengan membagikan pengetahuan tentang pola dan tren lalu lintas website, kamu dapat memberikan panduan praktis tentang apa yang bekerja atau tidak bekerja dalam strategi pemasaran online.

Bisnis lain dapat menggunakan informasi ini untuk mengoptimalkan kehadiran mereka secara digital dan mengambil langkah-langkah yang tepat dalam merespons perubahan dalam perilaku konsumen atau pasar.

Sumber : envato

Gunakan konten yang dibuat oleh pengguna

Konten yang dihasilkan oleh pengguna merupakan aset berharga untuk mempromosikan bisnis kamu. Biasanya, konten yang dihasilkan oleh pengguna berupa testimonial, insight, atau komentar mereka tentang pengalaman menggunakan produk atau layanan bisnis kamu.

Konten ini memiliki kekuatan yang luar biasa dalam membangun kepercayaan, menginspirasi, dan mempengaruhi calon pelanggan. Namun, perlu diingat bahwa ketika mempekerjakan freelance writer atau mengandalkan konten dari pengguna, mereka mungkin tidak memiliki akses langsung ke data atau informasi orisinal dari website atau bisnis kamu.

Oleh karena itu, penting untuk memberikan beberapa informasi atau petunjuk kepada mereka sebagai bahan dasar untuk konten yang akan dibuat.

Memberikan informasi yang relevan dan jelas kepada freelance writer atau pengguna yang berkontribusi dalam membuat konten dapat membantu mereka memahami tujuan, pesan, dan nilai-nilai yang ingin disampaikan oleh bisnis kamu.

Hal ini juga membantu memastikan bahwa konten yang dihasilkan sesuai dengan visi dan misi bisnis kamu. Sebagai contoh, kamu dapat memberikan latar belakang tentang produk atau layanan, manfaat yang dihadirkan, target audiens yang ingin dituju, atau cerita sukses pelanggan yang bisa dijadikan inspirasi.

Semakin spesifik dan terperinci informasi yang kamu berikan, semakin besar peluang konten yang dihasilkan akan sesuai dengan harapan kamu.

Optimasi judul, header dan metadata

Saat melihat Search Engine Result Page (SERP), perhatian pertama pengguna akan tertuju pada judul halaman dan deskripsi meta. Begitu mereka masuk ke halaman, mereka mungkin akan melihat secara sekilas bagian header sebelum membaca konten.

Oleh sebab itu, mengoptimalkan elemen SEO pada halaman ini sangat penting untuk meningkatkan Click-Through Rate (CRT) organik dan meningkatkan pengalaman pengguna kamu.

Perlu dicatat bahwa Google dapat mengubah judul atau deskripsi meta kamu di SERP tergantung pada kueri pengguna atau memotongnya jika terlalu panjang. Namun, tetap penting untuk mengoptimalkan keduanya karena keduanya memiliki potensi untuk mempengaruhi pengguna dalam meng klik hasil pencarian kamu.

Dengan mengoptimalkan judul halaman dan deskripsi meta, kamu dapat menarik perhatian pengguna, memberikan gambaran yang jelas tentang konten yang ditawarkan, dan mempengaruhi keputusan mereka untuk meng klik hasil pencarian kamu.

Sehingga, penting untuk memastikan pengoptimalan judul dan deskripsi meta kamu dengan keyword yang relevan, menarik, dan informatif agar dapat memaksimalkan potensi CTR organik dan meningkatkan interaksi pengguna dengan situs kamu. Berikut adalah beberapa praktik yang dapat kamu ikuti untuk melakukan optimasi judul, header dan metadata :

Tag Judul 

  • Pastikan setiap halaman memiliki tag judul unik yang menyertakan keyword target.
  • Hindari tag judul yang melebihi 55 sampai 60 karakter. (Google akan memotong yang lebih panjang.)
  • Deskripsikan konten secara akurat untuk memenuhi maksud pencarian. Pengguna akan menghindar jika konten tidak sesuai harapan mereka.

Deskripsi Meta

  • Selalu sertakan keyword target halaman. Deskripsi meta tidak secara langsung mempengaruhi peringkat, tetapi dapat mempengaruhi keputusan pengguna untuk mengklik.
  • Sertakan Call-to-action (CTA) untuk menarik pengguna agar mengklik.
  • Pertahankan deskripsi meta di bawah 120 karakter. 
  • Deskripsikan halaman web secara akurat. 
  • Deskripsi meta setiap halaman harus unik.

Header

  • Menulis tag H1 deskriptif. Mereka membantu mesin telusur (dan pengguna) mempelajari tentang halaman kamu dan kontennya.
  • Pastikan setiap halaman penting memiliki tag H1 yang unik
  • Gunakan judul kamu untuk membuat hierarki dan struktur

Buat konten yang mudah untuk dibaca

Mayoritas pengguna search engine memiliki niat untuk mendapatkan informasi dengan cepat. Oleh karena itu, penting untuk menyajikan konten atau artikel yang dapat memberikan informasi dengan mudah dan efisien. Berikut adalah beberapa cara untuk mencapai hal tersebut:

Struktur artikel yang baik:

Pastikan artikel memiliki struktur yang jelas dengan mengoptimalkan penggunaan header seperti H2, H3, H4, dan seterusnya. Jika kamu menggunakan header yang tepat, maka pembaca dapat dengan mudah memahami hierarki informasi dalam artikel.

Subjudul yang mudah di-skimming:

Kebanyakan pembaca cenderung melakukan skimming atau membaca sekilas sebelum membaca secara lengkap. Oleh karena itu, penting untuk menyajikan subjudul yang mudah dibaca dan dapat memberikan gambaran cepat tentang konten artikel. Dengan memiliki sub judul yang jelas, artikel akan memiliki performa yang lebih baik dalam menarik perhatian pembaca.

Paragraf dengan informasi yang jelas:

Pastikan setiap paragraf dalam artikel memberikan informasi yang jelas dan langsung ke intinya. Hindari penggunaan kata-kata yang bertele-tele atau tidak relevan. Jika diperlukan, berikan ruang yang cukup antara paragraf untuk meningkatkan kemudahan membaca. Penggunaan poin atau nomor juga dapat membantu dalam menyampaikan informasi dengan lebih jelas dan terstruktur.

Sumber : envato

Gunakan kalimat pendek:

Kalimat yang pendek membantu proses membaca menjadi lebih cepat dan memudahkan pemahaman. Usahakan untuk menghindari kalimat yang terlalu panjang dan rumit. Gunakan kalimat yang sederhana dan langsung ke point.

Gunakan kosakata yang mudah dipahami:

Pilihlah kosakata yang mudah dipahami oleh pembaca. Hindari penggunaan terminologi atau frasa yang terlalu teknis, kecuali jika konten ditujukan untuk audiens yang ahli dalam bidang tersebut. Dengan menggunakan kosakata yang mudah dicerna, tingkat kejelasan dan keterbacaan konten akan meningkat.

Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, konten atau artikel kamu akan lebih mudah dipahami dan memberikan pengalaman membaca yang baik bagi pembaca. Penting untuk menyampaikan informasi dengan cara yang sederhana dan efektif agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh pembaca.

Gunakan gambar

Keberadaan elemen visual seperti gambar, grafik, video, dan elemen lainnya memiliki peran penting dalam meningkatkan engagement pembaca dan waktu yang dihabiskan dalam membaca konten.

Elemen visual ini memiliki daya tarik yang kuat dan mampu memikat perhatian pembaca, sehingga membantu menciptakan pengalaman yang lebih menarik dan memikat.

Selain meningkatkan engagement, keberadaan elemen visual juga dapat memicu pembaca untuk berbagi artikel melalui media sosial atau platform lainnya. Jika artikel kamu memiliki visual yang menarik, pembaca cenderung merasa lebih terhubung dengan konten tersebut dan merasa terdorong untuk membagikannya kepada orang lain.

Hal ini membantu meningkatkan jangkauan konten kamu dan membawa lebih banyak lalu lintas ke situs atau platform kamu.

Masukkan CTA

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, salah satu fungsi copywriting adalah untuk mengajak atau mengarahkan pembaca agar melakukan transaksi. Untuk memberikan ajakan yang lebih jelas dan tegas, penggunaan CTA atau call-to-action sangatlah penting.

Adanya CTA dapat membantu kamu untuk memberikan instruksi kepada pembaca mengenai langkah yang seharusnya mereka ambil selanjutnya. Hal ini dapat dilakukan dengan mengarahkan mereka ke artikel lain yang relevan, atau bahkan menuju halaman produk yang ingin kamu promosikan.

CTA biasanya berupa tautan, tombol, gambar, atau elemen visual lainnya yang menarik perhatian pembaca dan mendorong mereka untuk melakukan tindakan yang kamu inginkan.

Penggunaan CTA yang efektif akan membantu menciptakan pengalaman pengguna yang terarah dan memudahkan pembaca dalam mengambil langkah selanjutnya.

Kamu dapat memberikan arahan yang spesifik kepada pembaca tentang apa yang sebaiknya mereka lakukan, seperti “Baca Artikel Selanjutnya,” “Beli Sekarang,” “Daftar Sekarang,” atau frase lainnya yang relevan dengan tujuan bisnis kamu.

Penting untuk memilih kata-kata dan desain CTA yang sesuai dengan tujuan kamu, sehingga dapat membangkitkan minat pembaca dan mendorong mereka untuk berinteraksi lebih lanjut dengan konten atau produk kamu.

Beri link untuk menghubungkan artikel

Menyematkan hyperlink dari sebuah halaman menuju halaman artikel lainnya, dapat memungkinkan kamu untuk membantu pembaca dalam menavigasi dan mengetahui halaman mana yang sebaiknya mereka kunjungi selanjutnya.

Selain itu, keberadaan tautan menuju halaman lain di dalam website kamu juga dapat meningkatkan struktur website yang pada gilirannya akan mendukung performa SEO.

Hal ini berlaku ketika tautan yang disematkan adalah URL yang berasal dari domain yang sama dengan website tersebut. Namun, jika kamu menyematkan tautan menuju website eksternal, kamu juga dapat membangun kepercayaan pada website kamu dengan memberikan pengakuan kepada website lain tersebut.

Jika kamu menyediakan tautan yang relevan dan bermanfaat ke sumber daya eksternal yang terpercaya, kamu dapat menunjukkan bahwa kamu memiliki pengetahuan luas dan memberikan nilai tambah bagi pembaca.

Hal ini juga membantu dalam membangun hubungan dengan pemilik website lainnya dan meningkatkan reputasi serta otoritas website kamu di mata pengguna dan search engine.

Jika kamu memasukkan tautan eksternal, penting untuk memilih sumber yang kredibel dan relevan dengan konten yang kamu sajikan. Selain itu, memberikan kredit pada website lain dengan memberikan sumber atau mengutip informasi yang digunakan juga merupakan tindakan yang etis dan dapat memperkuat posisi kamu sebagai sumber informasi yang terpercaya.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds