• Home
  • Tips
  • Apa Itu Blogspot (Blogger) dan Cara Membuat Blog dengan Blogger!

Apa Itu Blogspot (Blogger) dan Cara Membuat Blog dengan Blogger!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Saat ini, banyak orang ingin memiliki blog. Tujuannya bermacam-macam mulai dari untuk keperluan pribadi, maupun untuk keperluan bisnis. Nah, blogspot adalah platform yang bisa kamu gunakan untuk membuat blog semacam ini dengan sangat mudah!

Agar lebih memahaminya, simak pengertiannya berikut ini!

Apa itu Blogspot (Blogger)?

Sebuah blog bisa kamu bangun dengan menggunakan bahasa pemrograman dari nol. Awalnya, kamu perlu mendesain tampilan blog menggunakan coding terlebih dahulu. Kemudian membuat back end untuk menampilkan, membuat dan mengubah postingan, dan lain sebagainya.

Hal ini tentunya sangat rumit dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk melakukannya. Nah, blogger atau blogspot adalah solusi praktis untuk permasalahan tersebut!

Blogger merupakan platform yang bisa kamu gunakan untuk membangun sebuah blog meskipun kamu tidak memiliki pengetahuan bahasa pemrograman apapun sebelumnya.

Di sana, kamu hanya perlu memilih template tampilan yang ada, kemudian mulai membuat dan memanajemen postingan untuk blog milik kamu. Jadi, kamu bisa benar-benar fokus untuk mengelola blog mu tanpa harus pusing memikirkan pengelolaan website blog milik kamu ini.

Setelah mengetahui bahwa blogger adalah platform untuk membuat sebuah blog, tentunya kamu bertanya-tanya terkait bagaimana cara membuat blog menggunakan platform yang satu ini.

Banyak orang yang menganggap bahwa blogger dan blogspot itu merupakan hal yang sama. Sebenarnya tidak masalah, hal ini karena blogspot adalah bagian dari platform blogger.

Nah, jika kamu sudah berhasil membuat blog menggunakan blogger, nanti URL atau nama domain yang akan diakses oleh orang lain menggunakan ekstensi .blogspot.com.

Misalnya kamu ingin membuat blog dengan konten travelling. Kamu membuat nama blog nya adalah Yumm’s Journal, maka nanti URL atau nama domain yang akan diakses yaitu yummsjournal.blogspot.com.

Jadi platform pembuat blog nya bernama blogger, sedangkan blogspot adalah ekstensi yang digunakan pada blog khusus platform blogger.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui beberapa hal yang harus kamu siapkan sebelum membuat blog yang kamu inginkan. Dengan mengetahuinya, tentu kamu bisa lebih mudah saat ingin membangun sebuah blog menggunakan platform blog yang satu ini.

Untuk itu, langsung saja simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Cara Membuat Blog Menggunakan Blogspot (Blogger)

Sekarang saatnya masuk ke pembahasan utama yaitu cara membuat blog menggunakan blogger. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, blogger adalah platform blog maker yang sangat mudah untuk digunakan. Simak caranya berikut ini!

1. Mengakses Blogger

Pertama- tama kamu bisa mengakses Blogger terlebih dahulu.

Blogger atau Blogspot adalah platform yang terintegrasi dengan akun Google. Untuk itu, pastikan kamu memiliki akun Google beserta Gmail agar bisa membuat blog dengan Blogger.

Setelah itu, kamu bisa klik Buat Blog Anda atau Create Your Blog.

blogspot

Kemudian, silakan pilih alamat Gmail yang akan kamu gunakan untuk akun Blogger.

2. Mulai Membuat Blog dengan Blogspot

Blogger atau Blogspot adalah memang platform yang dikhususkan untuk membuat blog. Inilah kenapa setelah halaman blogger terbuka, kamu akan melihat tombol Buat Blog Anda atau Create Your Blog di sana. Nah, silahkan tekan tombol tersebut untuk mulai membuat blog milik kamu sekarang.

Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan nama tampilan yang akan dilihat oleh orang saat membaca blog milik kamu. Silahkan masukkan nama yang ingin kamu gunakan. Kamu tidak harus menggunakan nama asli mu saat mengisi nama tampilan ini. Selain itu, kamu juga masih bisa mengubahnya nanti jika diperlukan.

Jika kamu sudah selesai mengisi namanya, kamu bisa langsung menekan tombol Next dan melakukan konfirmasi terhadap profil blogger milik kamu. Setelah itu, kamu akan diarahkan ke halaman dashboard Blogger akun kamu.

Di dashboard tersebut kamu bisa mengelola blog mulai dari memilih tema, membuat konten, hingga menambahkan widget, dan masih banyak lagi.

3. Saatnya Membuat Blog Baru

Di tahap ini, kamu akan melihat sebuah tombol untuk membuat blog baru di blogger. Kamu hanya perlu menekan tombol tersebut sehingga blogspot akan membuatkan blog baru yang masih bersih untuk kamu kreasikan nantinya.

Hal yang selanjutnya yang harus kamu lengkapi adalah informasi tentang blog yang ingin kamu buat. Setelah kamu menekan tombol tersebut, kamu akan diminta untuk mengisi informasi terkait judul, alamat dan juga tema yang akan digunakan untuk blog milik kamu.

Judul yang akan diisikan ini nantinya menjadi nama yang akan ditampilkan di blog. Kemudian alamat akan menjadi alamat url untuk blog milik kamu dan untuk tema akan menjadi tata letak dan tampilan desain untuk blog milikmu.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, alamat blog atau URL tidak bisa kamu isikan secara sembarangan. Hal ini karena Blogger menetapkan aturan URL yang menggunakan ekstensi .blogspot.com. Untuk itu, kamu harus menambahkan akhiran .blogspot.com setelah alamat utama blog milikmu. Biasanya, blogger akan memberikan opsi alamat yang tersedia setelah kamu mengetikkan alamat utama. Misalnya seperti blogsaya.blogspot.com.

Hal yang menarik dari pengalamatan blogspot adalah kamu akan mendapatkan notifikasi jika kamu memasukkan nama blog yang sudah dipakai orang lain. Dengan begitu, alamat blog milikmu tidak akan sama dengan alamat blog lain yang sudah ada sehingga pengunjung tidak kebingungan saat ingin mengunjungi blog milikmu.

Setelah itu, Google akan memberikan tawaran kepada kamu untuk melakukan personalisasi terkait domain yang kamu gunakan. Nah, kamu bisa mengabaikan tawaran ini. Jika suatu saat kamu ingin melakukan personalisasi, kamu tetap bisa mengubahnya kapanpun di waktu yang akan datang.

Sekarang, kamu sudah memiliki blog baru dan saatnya masuk ke bagaimana cara membuat post di blog!

4. Menambahkan Posting Baru

Salah satu fitur yang akan memudahkanmu di blogspot adalah mudahnya dalam mengakses tombol untuk membuat posting baru. Kamu hanya perlu menekan tombol Posting Baru atau New Post untuk menulis konten di blog milik kamu dan menerbitkannya.

Setelah menekan tombol tersebut, kamu akan diminta untuk memasukkan judul dari postingan milik kamu serta isi konten yang ingin kamu bagikan di blog milikmu. Kamu juga bisa melampirkan media di postingan ini agar posting yang kamu terbitkan akan menjadi lebih menarik.

Kemudian, jika kamu sudah selesai menentukan judul dan menulis konten dari posting tersebut, kamu bisa langsung menekan tombol Terbitkan atau Publish sehingga postingan tersebut akan muncul di blog milik kamu dan bisa dilihat serta ditemukan oleh siapa saja yang ada di internet.

Untuk melihatnya bagaimana bentuk blog yang akan dilihat oleh orang lain nantinya, kamu bisa klik Preview disebelah tombol Publish atau Terbitkan. Setelah itu, kamu akan melihat postingan pertama yang baru saja kamu terbitkan berada di halaman tersebut.

Perlu kamu ketahui bahwa postingan di blogspot adalah postingan yang pasti akan muncul di mesin pencarian Google. Namun, jika kamu mencoba melakukan pencarian sesaat setelah menerbitkan posting dan tidak menemukannya di Google, maka kamu tidak perlu khawatir.

Biasanya, diperlukan waktu paling lama 1×24 jam agar blog serta posting tersebut dapat muncul di mesin pencarian.

Jika kamu menginginkan peningkatan jumlah pengunjung secara cepat di saat itu juga, kamu bisa mempromosikan blog milikmu melalui berbagai media sosial yang kamu miliki. Hal ini bisa kamu lakukan sambil menunggu blog milikmu bisa ditemukan di mesin pencarian.

5. Melakukan Penyesuaian Blog

Setelah selesai dengan penambahan posting baru, kamu juga bisa melakukan penyesuaian terhadap blog milik kamu. Blogger atau Blogspot adalah platform yang menawarkan fitur untuk mengubah judul, alamat, dan juga tema dari blog yang kamu miliki. Ini berguna ketika kamu ingin mengubah ide dari blog yang akan kamu kembangkan.

Untuk mengubahnya, kamu bisa pergi mengunjungi menu pengaturan di bagian backend dari blog milikmu.

Di sana, kamu akan melihat opsi di sebelah pojok atas. Opsi tersebut bisa digunakan untuk mengubah judul dan alamat dari blog yang kamu miliki. Usahakan untuk tidak terlalu sering mengubah kedua hal ini agar kamu blog milik kamu bisa berfokus pada suatu bidang dengan pengunjung yang sudah tepat.

Saat melakukan penggantian alamat, kamu perlu berhati-hati karena alamat yang sebelumnya tidak akan bisa dikunjungi lagi oleh pengunjung blog saat ini. Hal ini akan menjadi masalah saat kamu sudah memiliki banyak postingan dan tiba-tiba kamu mengubah alamat dari blog tersebut.

Pengunjung yang sudah menyimpan postingan kamu, akan mengalami error pada saat mereka membuka alamat yang lama. Untuk itu, perubahan alamat ini harus kamu lakukan sebisa mungkin hanya di awal pembuatan blog saja.

Sumber : Elements Envato

Selain itu, fitur menarik lain dari blogspot adalah tersedianya opsi untuk mengubah tema blog. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengganti tema hanya dengan sekali klik saja tanpa harus mengalami kesulitan dalam mengubah kode program.

Di sana sudah tersedia banyak pilihan tema yang bisa kamu sesuaikan dengan topik yang ingin kamu bawakan di blog milik kamu itu. Satu tema akan memiliki tata letak dan juga skema warna yang berbeda satu sama lain.

Setelah menemukan tema yang dirasa pas, kamu juga bisa melakukan penyesuaian terhadap tema tersebut. Nah, menariknya, kamu bisa bebas berkreasi saat melakukan penyesuaian ini. Dengan begitu, tampilan blog yang kamu miliki, bisa kamu ubah sedemikian rupa agar terlihat lebih menarik dari blog lainnya.

Siap Membangun Blog Menggunakan Blogspot (Blogger)?

Bagaimana? Pembuatan blog menggunakan blogger ini sangat mudah, bukan?

Blogger atau Blogspot adalah platform yang dirancang untuk memudahkan kamu dalam membangun sebuah blog. Untuk itu, ikuti langkah-langkah di atas dan buatlah blog menggunakan blogger sekarang juga!

Sudah punya blog Blogger dan ingin upgrade jadi blog yang Lebih Professional? Lakukan Custom Domain dan ikuti langkahnya di Panduan Custom Domain ke Blogspot di cPanel Hosting

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!