• Home
  • Berita
  • Cara Mendapatkan Uang dari Internet Paling Mudah

Cara Mendapatkan Uang dari Internet Paling Mudah

Oleh Ayoni Sulthon
4.11/5 (27)

Zaman sekarang, mencari uang sangat lebih mudah karena banyak sekali peluang diluar sana yang dengan mudah mendapatkan uang dari internet. Hanya berbekal informasi yang cukup, mencari uang dari internet akan sangat mudah kalau kalian tahu caranya.

Di Indonesia, banyak sekali jutawan yang mencari uang hanya bermodalkan koneksi internet, Sekarang di era digital yang semakin maju ini, ternyata ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menghasilkan uang melalui internet.

Mulai dari menjadi seorang content creator, menjual produk atau jasa secara online, hingga melakukan investasi di bidang finansial. Jika kalian penasaran, simak tutorial cara mendapatkan uang dari internet berikut ini.

Bagaimana Mendapatkan Uang dari Internet

Agar bisa mendapatkan uang dari internet, tentu bukanlah hal yang mudah, namun jika kamu mau belajar dan berdoa, tentu hal ini tidaklah mustahil.

Sebab saat ini adalah era teknologi, dimana teknologi menjadikan hidup menjadi lebih mudah dan lebih produktif.  Nah apabila kamu ingin mendapatkan uang dari internet itu artinya kamu akan bertransaksi dengan klien tidak secara langsung.

Untuk itu tentu kamu harus memiliki keahlian baik softskill maupun hardskill.

Keahlian softskill yang biasa kamu temukan seperti Communication, Leadership, Critical thinking , Creative thinking, Innovation, Problem solving, dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang memiliki jiwa dan ide-ide yang kreatif tentu bisa mendapatkan uang dengan keahlian tersebut. Misalnya seperti menjadi konten kreator di TikTok.

Selain softskill, kamu juga memanfaatkan hardskill kamu untuk mendapatkan uang dari internet. Misalnya kamu berkeahlian dalam mendesain grafis, tentu kamu bisa menjadi freelancer untuk mendapatkan uang.

Nah kira-kira apa saja dan bagaimana cara mendapatkan uang dari internet? Berikut ini adalah banyak cara mendapatkan uang dari internet yang bisa kamu lakukan antara lain :cara mendapatkan uang dari google adsenseGoogle adsense 

Program yang dibuat oleh Google ini adalah yang paling sering dipakai, dimana kamu sebagai pemilik website atau blog untuk menampilkan iklan dari Google dan mendapatkan penghasilan setiap kali iklan tersebut diklik oleh pengunjung website, untuk membuat website tentu kamu membutuhkan domain murah dan hosting murah selanjutnya kamu bisa membaca tutorial cara membuat website berikut.

Berikut ini adalah cara mendapatkan uang dari internet malalui Google AdSense:

  1. Buat website dan buat konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengunjung. Pastikan juga bahwa website yang kamu  buat memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Google yaitu memiliki halaman disclaimer, about us, contact dll.
  2. Daftarkan website ke Google AdSense dengan mengikuti langkah-langkah yang disediakan di situs resmi Google AdSense.
  3. Setelah akun Anda disetujui, tambahkan kode iklan Google AdSense ke website pada tempat yang tepat agar iklan dapat terlihat dengan jelas oleh pengunjung.
  4. Tunggu sampai iklan tayang dan diklik oleh pengunjung. Setiap kali iklan yang tayang diklik, maka kamu akan mendapatkan sejumlah uang yang telah ditentukan oleh Google.

Anda dapat melakukan penarikan uang yang telah Anda dapatkan melalui Google AdSense setelah jumlah tersebut mencapai batas minimal penarikan yang ditetapkan oleh Google yaitu $100. Itulah cara mendapatkan uang dari internet melalui media website yang di iklankan ke Google.

Beli Domain Murah

Baca Juga: Inilah 8 Cara Mendapatkan Uang Dari Google

YouTuber

YouTube adalah platform video sharing yang sangat populer di dunia. Selain gratis, kamu bisa menonton video yang upload oleh pengguna lain, Anda juga dapat menghasilkan uang dari YouTube dengan cara berikut:

  1. Buat channel YouTube dan mulai upload video yang berkualitas dan memiliki isi konten yang bermanfaat bagi pengunjung. Agar bisa mendapatkan penghasilan Pastikan juga bahwa channel Anda memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh YouTube yaitu 1000 subscriber dan 100.000 jam tayang. mendapatkan uang dari youtube
  2. Aktifkan Monetisasi di channel Anda. Monetisasi merupakan fitur yang memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan di video yang kamu upload, kamu akan mendapatkanuang setiap kali iklan tersebut ditonton oleh pengunjung.
  3. Tambah jumlah subscribers dan viewer YouTube sebab semakin banyak subscribers dan views yang Anda miliki, maka semakin tinggi juga kemungkinan mendapatkan penghasilan dari YouTube.
  4. Promosikan channel YouTube Anda melalui jaringan sosial seperti facebook dan instagram supaya video Anda dapat dilihat oleh banyak orang.
  5. Dapatkan uang dari YouTube setiap bulannya melalui metode pembayaran yang telah ditentukan oleh YouTube.

Menjadi Internet marketer

Internet marketing adalah yang paling banyak dilakukan para pencari cuan dari Indonesia.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghasilkan uang sebagai internet marketer:

  1. Jual produk sendiri: Anda dapat membuat atau menjual produk sendiri, seperti produk fisik atau digital, melalui toko online atau platform seperti shopee, tokopedia, bukalapak dan masih banyak lagi
  2. Jual produk orang lain: Anda dapat bekerja sama dengan perusahaan atau pemilik produk untuk menjual produk mereka melalui website atau blog Anda dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang terjadi.
  3. Jual jasa: Anda dapat menawarkan jasa yang Anda miliki, seperti layanan pemasaran, pembuatan website, atau desain grafis, melalui website atau platform seperti Upwork atau Fiverr.
  4. Afiliasi marketing: Anda dapat mengikuti program afiliasi marketing yang tersedia di internet dan mendapatkan komisi setiap kali ada penjualan yang terjadi melalui link afiliasi yang Anda promosikan.
  5. Email marketing: Anda dapat membangun daftar email dari pengunjung website atau blog Anda dan kemudian mengirimkan promosi atau tawaran produk kepada mereka melalui email.

Baca Juga: Cari Tahu Cara Menghasilkan Uang dari Hp Doang! Emang Bisa?

CPM (Cost Per Million)

Apa itu CPM? CPM adalah singkatan dari Cost Per Million, yang artinya kamu akan dibayar jika ada ribuan orang melihat platform kamu. Apakah kamu masih bingung? baiklah akan kami jelaskan lebih detailnya? Tentu kamu sudah sangat mengenal dengan platform Youtube kan, Ya, Youtube merupakan salah tempat untuk mendapatkan CPM. Jadi kamu nanti akan menghasilkan dollar jika video yang kamu upload ditonton per seribu orang.

Melakukan Jual Beli Online

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Salah satu cara mendapatkan uang di internet tanpa modal yang paling mudah dilakukan oleh siapa saja adalah dengan melakukan jual beli online. kamu sudah bisa menjalankan bisnis online hanya dengan bermodalkan jaringan internet melalui smartphone.

Untuk produknya, kamu bisa menjual produk fashion, produk makanan, produk elektronik, produk olahraga dan produk kecantikan.

Namun, jika kamu belum memiliki modal yang cukup banyak, kamu bisa memulainya dengan dropship. Bagi yang belum mengetahui dropshipping, ini adalah istilah sistem kerja untuk menjual produk milik orang lain tanpa harus kita membeli terlebih dahulu.

Di era online shop yang semakin banyak ini, kamu bisa membuka toko tanpa harus men stock barang yang akan dijual. Jadi nantinya kamu mempromosikan barang milik toko lain di akun sosial media kamu, atau di website kamu sendiri. Jika kebingung tentang cara mambut website toko online? kamu bisa melihatnya disini cara membuat toko online

Selanjutnya, jika ada pembeli yang membeli produk kamu, kamu hanya tingal menghubungi pemilik produk agar mengirimkan barang ke pembeli tadi. Mudah, bukan? Melakukan dropshipping sama saja dengan kamu menjadi broker atau makelar dari produk yang ingin kamu jual.

Menawarkan Jasa Di Internet

Jasa adalah salah satu bisnis yang paling menguntungkan sepanjang masa, Jika kamu ingin mengetahui cara cari uang di internet namum tidak mau mencoba 2 hal yang sudah kami jelaskan tadi, maka kamu bisa mencoba mencari uang dengan menawarkan jasa, di dunia ini banyak sekali jasa yang dihasilkan karena adanya internet.

Saat ini sudah banyak sekali platform atau marketplace yang menyediakan penawaran jasa di seluruh dunia. Diantaranya adalah p-store, fiver, freelancer.com, sribulancer, 99desaindan masih banyak lagi.

mencari uang dari internet dengan menawarkan jasa

kamu bisa melakukan menawarkan jasa kamu sendiri mulai dari jasa menulis artikel, jasa desain, pembuatan website, jasa SEO, dan masih banyak lagi.

Selanjutnya akan kami perjelas di artikel dibawah, tentang apa saja jasa yang bisa kamu geluti untuk mendapatkan rupiah ataupun dolar. itulah cara untuk Cara Mendapatkan Uang dari Internet  melalui jasa.

Menjadi Konten Kreator Tiktok

Siapa sih sekarang yang tidak kenal TikTok? Hulalaa, dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa pun banyak yang menggunakan sosial media yang satu ini.

Tidak hanya itu, dari kepentingan personal hingga bisnis juga banyak dipromosikan di TikTok.

Mengapa begitu? Alasan pertama karena TikTok menyajikan visual yang menarik dalam bentuk video. Dengan mengemas konten dalam bentuk video tentu saja lebih banyak peminatnya baik yang membuat ataupun yang menonton.

Kedua, dalam proses membuat konten video, TikTok menyediakan berbagai tools atau fitur yang memudahkan pengguna untuk mengekspresikan ide kreatifnya.

Jadi buat kamu yang memiliki ide kreatif tentu bisa menjadi konten kreator di TikTok dan mendapatkan uang dari konten TikTok yang kamu buat.

Jual Beli Website

Selanjutnya adalah jual beli website. Buat kamu yang hobbi dan berkeahlian dalam membuat website, kamu bisa menjual website yang telah kamu buat ke platform jual beli website seperti Flippa, BuySellWebsite, WebsiteBroker, dan Ads.id.

Dalam membuat website sebelum dijual, pastinya kamu akan membutuhkan domain, hosting, dan juga SSL.

Untuk itu kamu harus beli domain murah, beli hosting Indonesia DomaiNesia atau bisa juga VPS server murah, serta SSL agar website yang kamu jual terkesan no abal-abal.

Nah buat kamu yang baru banget di bidang pembuatan website, kamu bisa menggunakan WordPress Hosting. Banyak fitur dan plugin yang memudahkan kamu untuk membuat website WordPress sebelum dijual ke platform jual beli website.

Beli Hosting Murah

Affiliate Marketter

Xara mendapatkan uang dari internet selanjutnya adalah melalui Affilliate marketer sedikit lebih berbeda dari yang kami jelaskan  diatas, Sebab untuk menjadi affiliate marketing kamu harus menguasai beberapa bidang pemasaran.

Affiliate marketing yaitu kamu membantu menjual produk situs lain dengan cara pembeli membeli produk melalui link yang kamu bagikan, kemapuan untuk menjadi affiliate marketing salah satunya adalah kamu harus ahli di bidang SEO(search engin optimation) yaitu bagaimana mendatangkan orang untuk datang ke website kamu melalui mesin pencari.

Jika kamu memiliki website, kamu bisa memasang banner afiliasi VPS murah DomaiNesia di website kamu. jika pengunjungnya banyak, maka akan semakin banyak peluang orang untuk mendapatkan komisi afiliasi dari DomaiNesia

Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat di halaman afiliasi terbaik Indonesia.

Penulis Lepas (Freelance Writer)

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Penulis lepas adalah pekerjaan jasa tulis menulis yang di tawarkan melalui media online. Pekerjaan ini adalah pekerjaan yang banyak dilakukan orang, namun juga harus memiliki kemampuan untuk menyusun kata-kata.

Dengan menulis berdasarkan permintaan klien kamu sudah bisa mendapatkan sejumlah uang. menjadi penulis lepas memiliki peluang yang sangat banyak, karena setiap harinya banyak sekali website-website baru yang terdaftar di Internet.

Karena setiap saat banyak sekali website baru yang di daftarkan, tentu jasa penulis lepas ini, sangat menjanjikan penghasilan yang besar. Alasan lain yang membuat penulis lepas menjadi kesukaan banyak orang karena pekerjaan yang satu ini sangatlah mudah.

Bahkan bagi kamu yang masih pemula yang belum pernah menulis artikel, kamu masih bisa mempelajari teknik penulisannya lewat ribuan contoh artikel yang tersebar di Internet. itulah Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan menjadi penulis lepas

Web Desainer User interface Dan User Experience

Web desainer adalah pekerjaan yang sangat banyak dicari saat ini.

Sebagai seorang web desainer tugas kamu adalah membuat sebuah website menjadi menarik, nyaman untuk dilihat, serta memudahkan orang yang mengaksesnya.

Setiap harinya tentu banyak bermunculan website-website baru dan dipastikan semakin banyak orang yang mencari web desainer untuk membuat website mereka. web designer

Pekerjaan sebagai web desainer bisa kamu lakukan secara fleksibel, dimanapun, kapanpun. Penghasilan web desainer pun cukup menarik, penghasilan para web desainer saat ini sudah diatas rata-rata dari pekerjaan biasa.

Beruntunglah kamu jika dibekali skill menjadi seorang web desainer dan kamu mau menjalani pekerjaan ini.

Freelancer

Jika kamu suka memakai sosial media, kamu wajib memiliki akun Linkedin. Mengapa harus linkedin?

Sebab saat ini waktunya kamu membangun relasi dengan para profesional di bidang masing-masing. di platform ini kamu bisa membuat profile profesional guna mempromosikan kemampuan yang kamu miliki di LinkedIn.

Bukan hal yang mustahil jika ada orang yang tertarik untuk merekrut kamu sebagai freelance yang kerja di rumah hanya bermodal laptop dan koneksi internet.

Salah satu jasa freelance yang bisa kamu lakukan adalah menjadi jasa pembuatan website, menjadi graphic desainer atau penulis yang menjual per artikel.

Influencer

Nah, jika kamu saat ini memiliki banyak follower di akun sosial media. ternyata kamu bisa Mendapatkan Uang dari Internet hanya dengan bermodal handphone. kamu bisa mendapatkan uang dengan menerima endorsement produk di akun sosial media milikmu, dipastikan kamu akan bisa menghasilkan uang dari internet.

Aplikasi micro-tasking

Beberapa aplikasi di handphone saat ini banyak yang menawarkan layanan micro-tasking dengan reward berupa uang tunai. Hanya dengan melakukan beberapa hal yang harus kamu lakukan di aplikasi itu, kamu dapat menghasilkan uang.

Salah satu contoh aplikasinya adalah Snapcart. Di Aplikasi ini akan memberi kamu cashback dari struk belanjaan yang kamu foto, atau Cashtree yang memberikan kamu pulsa jika kamu sering membukan smartphone.

Jual stock foto

Jika kamu memiliki kemampuan fotografi yang baik dan memiliki smartphone yang mendukung kualitas HD, kamu wajib mencoba hal yang satu ini. kamu dapat menjual stock foto dari hasil smartphone.

Menjual stock foto adalah salah satu cara  mendapatkan uang dari internet dengan mudah. kamu hanya dituntut untuk rajin hunting foto di alam atau lingkungan sekitar, selanjutnya upload foto milikmu ke situs penyedia stock foto, salah satunya adalah shutter stock.

Jika fotomu bagus, bukan tidak mungkin jika ada yang akan memakai foto kamu untuk keperluan bisnis, Dan tentu mereka harus membayar hak cipta kepada kamu.

Membuat pelatihan online

Di masa pandemi saat ini, membuat pembelajaran atau course online adalah pilihan tepat untuk menghasilkan uang secara online, apalagi jika passion kamu adalah mengajar dan ingin bermanfaat bagi orang lain.

Banyak sekali pelatihan online yang terjual dengan harga jutaan per kepala, diantaranya adalah motivator, digital marketing, pelatihan SEO, pelatihan akuntansi dan perpajakan, pelatihan mendidik anak.

Dari beberapa kasus, banyak sekali penghasilan yang di dapatkan dengan membuat pelatihan secara online, bagi kamu yang ingin mencoba membuat pelatihan online dan mendapatkan uang dari internet, kamu bisa mulai dengan passion atau sesuai yang kamu sukai.

Menjadi virtual asistant

Virtual Assistant merupakan pekerjaan dengan memberikan manfaat pada bisnis dari jarak jauh. 

sistem kerja assistant virtual yaitu menawarkan layanan bisnis kepada nasabah atau pembeli setiap harinya. Layanan disini sangat luas, bisa membuat artikel, membuat kontent sosial media, bisa juga membuat blog dan masih banyak lagi

Hanya bermodalkan internet kamu bisa menjadi menjadi asisten secara dan memperoleh penghasilan dengan mudah. Tidak perlu lagi bermacet-macetan di jalan untuk berangkat ke kantor, kamu bisa menjalankan pekerjaan dimanapun kamu berada.

Sudah banyak perusahaan yang membutuhkan assistant virtual untuk menghemat biaya, dan memajukan perusahaan tanpa perlu datang ke kantor. 

Ada beberapa contoh pekerjaan virtual asistant antara lain:

  • Asisten Virtual Umum/Administrasi
  • Asisten Virtual Pemasaran Digital
  • Pemrograman Asisten Virtual
  • Desain Asisten Virtua

Menjual tema / plugin wordpress

Apakah kamu memiliki kemampuan coding bahasa pemrograman web? kamu bisa menghasilkan uang melalui WordPress dengan cara membuat theme dan plugin secara manual. 

Saat ini permintaan pasar sangatlah banyak untuk menjadi pengembang theme wordpress, karena hampir 70% website di dunia ini adalah wordpress.

Untuk bisa menjual theme dengan jumlah banyak, kamu bisa mendaftar di situs themeforest.com

Kamu mendapatkan pendapatan yang tidak sedikit, karena harga tema wordpress bisa dijual dengan harga $60 atau sekitar 700 ribu per tema, bayangkan jika kamu bisa menjual 10 tema dalam sebulan. Jika kamu pengguna wordpress, bisa menggunakan hosting wordpress dari DomaiNesia

tema wordpress adalah tampilan depan dari sebuah website, banyak jenis website yang ada di dunia ini, oleh sebab itu berbeda juga tema yang diperlukan. contohnya adalah website company profile, tentu berbeda dengan website berita. Oleh sebab itu peluang membuat tema itu sangatlah besar dan masih terbuka luas.

Beli WordPress Hosting

Cara Mendapatkan Uang dari Internet
Foto Unsplash

Saat ini sudah banyak anak muda yang berumur belasan tahun sudah bisa mendapatkan uang ratusan juga hanya dengan bermodalkan facebook dan instagram. Dan banyak sekali anak muda yang sukses meskipun mereka masih duduk di bangku kuliah. Jika mereka bisa, tentu kamu juga pasti bisa.

Di era perkembangan teknologi yang sangat cepat ini, untuk mewujudkan impian tersebut bukanlah hal yang mustahil. Tidak ada yang bisa menyangkal bawah internet kini menjadi salah satu tempat yang mudah untuk menghasilkan banyak uang dari internet.

Internet memberikan banyak sekali peluang bagi orang-orang yang kreatif dan berfikiran terbuka. Dan uniknya, ketika kamu berbisnis di Internet, hasil yang kamu dapatkan bisa berlipat-lipat jika dibandingkan dengan bekerja di offline atau bekerja di sebuah perusahaan.

Dalam hal risiko pun, bisnis internet memiliki resiko yang lebih kecil dibandingkan dengan bisnis offline. Sebab, modal yang dikeluarkan lebih minim, dan kamu bisa menumpang di platform orang lain seperti Facebook, Instagram dan Youtube.

Hanya saja, masih sangat banyak orang yang belum mengetahui peluang besar ini dan belum mengerti betul bagaimana cara mendapatkan uang dari internet. Apakah hal ini bisa menjadi peluang karena sedikitnya persaingan? Semuanya tergantung kamu.

Baca Juga: Pelajari Pengertian, Contoh, Keuntungan, dan 10 Skill Untuk Menjadi Virtual Assistant!

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Dengan Modal Yang Minim

Tentu tidak semua orang memiliki modal yang banyak, maka dari itu beberapa orang mencari cara untuk menghasilkan uang dengan modal seminimal mungkin.

Namun, apakah bisa menghasilkan uang di internet tanpa modal sepeserpun? Dalam hal ini, tentu tidak kamu saja yang menanyakan pertanyaan serupa. Dan jawabannya adalah bisa dalam beberapa kasus.

Jika kamu mengamati orang-orang yang sukses dari Internet, banyak sekali peluang atau celah yang bisa kamu lakukan. Seperti contohnya akhir-akhir ini marak ibu-ibu rumah tangga yang bisa menjalankan toko online hanya dengan bermodalkan handphone blackberry saja.

Para ibu-ibu rumah tangga ini pun bisa menjaga anak dan membantu perekonomian rumah tangga sekaligus, tak jarang juga ada yang bisa menghasilkan uang sampai puluhan juta rupiah perbulan hanya bermodalkan smartphone.

Menurut data dari Google, setiap hari banyak sekali orang yang mencari informasi tentang bagaimana cara mendapatkan uang di internet tanpa modal sepeserpun. Sebab cara bisnis online memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan cara bisnis offline. karena dengan bisnis berbasis online, kamu tidak terpaut dengan tempat dan waktu. kamu bisa melakukan pekerjaan bisnis ini di mana pun dan kapan pun tanpa mengikat tempat maupun waktu.

Baca juga: Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Blog Bagi Pemula

Kesimpulan

Saat ini adalah eranya generasi tanpa kantor, dimana kamu bisa menghasilkan uang kapanpun dan dimanapun hanya dengan bermodalkan laptop,smartphone dan internet. Dengan peralatan yang simpel tentunya sudah kamu miliki, kini kamu sudah bisa menghasilkan banyak uang dengan cara-cara yang sudah dijelaskan diatas. Mungkin diawal memang sedikit berat, namun percayalah jika kamu sungguh-sungguh melakukan salah satu cara diatas, kamu akan menghasilkan uang dari internet dengan sangat banyak.

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.


Ayoni Sulthon
April 20, 2020

Makasih infonya min, sangat bermanfaat

Siti hasanah
October 29, 2019

Blognya menarik banget kak

agus juhantoro
October 17, 2019

sedikit yg bisa di pahami

Ilham muhammad
June 16, 2019

Boleh asalkan itu tidak ada yg di rugikan.

Ilham muhammad
June 16, 2019

Kurang di mengerti

£¥
May 23, 2019

Maukah anda bekerja sama dengan saya

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds