• Home
  • Berita
  • 6 Elemen Penting dalam Desain Website Supaya User Friendly

6 Elemen Penting dalam Desain Website Supaya User Friendly

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Website merupakan sesuatu yang sangat penting untuk menunjang bisnis yang sedang kamu kelola. Bisa diibaratkan sebuah website sama seperti sebuah toko dalam bentuk virtual.

Di dalam website tersebut kamu bebas melakukan kegiatan jual beli seperti menampilkan produk, berkomunikasi dengan pelanggan, sampai melakukan transaksi jual beli bisa di lakukan di dalam website. Memiliki website tidak bedanya dengan memiliki toko secara fisik.

Membuat Desain Website yang Menarik dan User Friendly

Untuk membuat website yang ideal tentu kamu harus memikirkan banyak hal, salah satu hal yang terpentingnya adalah design website. Buatlah design website yang bisa membuat para pelanggan dan calon pelanggan kamu betah berlama-lama berada di website kamu.

desain web
Sumber: Freepik

Website yang ideal biasanya memiliki desain yang menarik namun simple sehingga bisa mengakomodir kebutuhan pengunjung yang tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Lalu bagaimana membuat design website yang ramah bagi pengunjung?

Untuk membuat desain website yang menarik dan user friendly kamu perlu mengetahui beberapa elemen penting yang bisa membuat website kamu menjadi user friendly sehingga bisnis kamu bisa berkembang dengan baik. Yuk, simak beberapa elemen penting yang harus kamu perhatikan dalam membangun design website.

Layout

Layout adalah elemen paling penting dalam membangun desain website. Mengapa demikian? Karena letak penyusunan elemen-elemen desain website yang user friendly akan memudahkan pengunjung mencari informasi yang mereka butuhkan.

Buatlah susunan template berdasarkan skala prioritas dari mulai paling penting, penting dan kurang penting. Selain itu kamu juga harus memperhatikan keseimbangan susunan semua elemen desain yang dibutuhkan. Kamu juga bisa menggunakan susunan template paling umum yakni atas–bawah-kiri-kanan.

Dalam membuat sebuah website salah satu hal penting yang harus kamu pastikan adalah keamanan pengguna. Kamu perlu menyederhanakan fitur navigasi sehingga pengunjung bisa lebih leluasa dan betah berlama-lama di website kamu.

Pastikan juga kamu memiliki navigasi yang jelas dan sederhana sehingga mudah digunakan oleh pengunjung. Gunakanlah kata-kata yang biasa digunakan agar mudah dimengerti seperti: Home, About, Support, Contact Us, dan lain sebagainya.

White Space

Mungkin sebagian dari kamu masih bingung dengan istilah White Space. White Space bisa diartikan dengan ruang kosong yang berada antara satu elemen dengan elemen lainnya. White Space ini sebenarnya berfungsi untuk membantu penglihatan para pengunjung dalam mengorganisasi data.

Agar informasi yang kamu sampaikan di website tersebut dapat diolah dengan baik oleh penglihatan para pengguna. Dengan kata lain White Space disebut dengan jeda.

desain web
Sumber: Freepik

Jenis Huruf

Elemen lainnya yang tidak kalah penting adalah jenis huruf atau font. Perlu kamu ketahui jika memilih huruf untuk website tidak sama dengan memilih huruf untuk kebutuhan tulisan seperti artikel, buku, brosur dan lain sebagainya.

Kamu harus menyesuaikan karena mata akan mudah lelah jika menatap layar terlalu lama daripada membaca buku atau sejenisnya. Ada beberapa jenis font yang bisa kamu lakukan, namun yang paling baik digunakan untuk layer adalah font Sans Serif.

Karena jenis font ini memiliki tingkat readability lebih tinggi dibanding yang lainnya untuk di dalam layar. Kamu juga bisa menggunakan lebih dari satu jenis font. Namun harus tetap disesuaikan.

Tombol “Search”

Bagaimana rasanya jika kamu berkunjung ke sebuah situs yang tidak memiliki tombol search. Tentu rasanya sangat menyebalkan bukan. Kita tidak akan tahu apa yang ingin dicari oleh para pengguna ketika mereka datang ke sebuah website.

Menyediakan tombol search ibarat kita memberikan keleluasaan dan kemudahan untuk para pengunjung dalam mencari informasi yang mereka butuhkan.

Karena kita tidak akan pernah tahu berapa banyak waktu yang mereka punya untuk mengeksplor website kamu. Pastikan juga kamu meletakan tombol search pada tempat yang mudah dilihat.

Laman “About Me/Us”

Laman About Me/Us sangat dimanfaatkan oleh pemilik website untuk memperkenalkan dirinya atau usahanya. Laman About Me/Us bukan hanya dimanfaatkan oleh website-website milik perusahaan besar. Namun kamu sebagai pemilik bisnis pemula juga bisa menggunakan laman ini untuk memperkenalkan bisnis kamu.

Laman About Me/Us memiliki juga memiliki fungsi lain seperti menjelaskan secara lebih spesifik mengenai bidang yang kamu geluti atau memperkenalkan jasa atau produk yang kamu miliki. Laman About Me/Us juga bisa berfungsi dalam membangun engagement dengan pembaca.

desain web
Sumber: Freepik

Pilih Desain yang Sesuai Dengan Konsep Bisnis

Kamu bisa menggunakan template atau desain apapun untuk website kamu. Kuncinya pilihlah design yang sesuai dengan konsep bisnis kamu. Membuat desain website yang menarik dan user friendly akan membuat persepsi orang terhadap bisnis kamu berubah.

Para pengguna akan menganggap jika bisnis kamu adalah bisnis yang profesional. Perlu diketahui jika untuk membuat desain website yang menarik tidak perlu jago mendesain website. Karena elemen-elemen tersebut biasanya telah tersedia pada template bawaan. Selamat mencoba!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Yunis5171
September 26, 2020

Jangan lupa subcribe chanell aku ya "Yunis 5171"

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!