• Home
  • Berita
  • Berkenalan dengan Meta Tag, Alat Bantu Optimasi SEO!

Berkenalan dengan Meta Tag, Alat Bantu Optimasi SEO!

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Perlu kamu tahu, bahwa beberapa website besar dan ternama menggunakan meta tag untuk membantu website mereka terlihat di mesin pencarian. Meta tag adalah alat bantu yang ditempatkan pada website untuk menyaring kata kunci yang dituliskan oleh pengguna sehingga jika kata kuncinya sama, maka website akan muncul pada halaman pencarian. Salah satu portal berita besar di Indonesia juga menggunakan meta tag karena fungsinya yang cukup penting.

Meta tag adalah alat bantu yang secara penampakan tidak begitu terlihat di laman website, namun perannya cukup penting. Oleh karena itu meta tag biasanya ditempatkan di sekitar konten pada website yang tidak mengganggu. Apakah kamu tahu dimana dan apa itu meta tag? Simak pembahasan artikel kali ini.

Arti Meta Tag

Dikenal dengan meta tag, adalah sebutan untuk sebuah kode yang disisipi dengan format pemrograman HTML/XHTML. Tujuannya untuk memberi informasi mengenai halaman website dan berfungsi untuk memberi keterangan sebuah website.

meta tag adalah
Sumber: Pixabay

Jenis dan Fungsi Meta Tag

Meta tag terbagi menjadi lima jenis yang masing-masing jenisnya memiliki fungsi yang berbeda. Ada lima (5) meta tag itu lebih lengkapnya yaitu:

  1. Title Tag (Meta Tag Judul)

Berfungsi memberi judul di halaman web, ketika kamu klik maka kamu akan dibawa ke halaman situs. Tag judul ini berguna untuk memberi tahu pengguna bahwa judul bisa di klik dan diakses. Meta tag judul digunakan pada bagian dan bermanfaat untuk memberitahu user sebelum melakukan klik situs mengenai gagasan secara jelas apa isi halaman tersebut. Tag judul biasanya tertulis tidak terlalu panjang, berkisar antara dua hingga tiga kata.

  1. Description Tag (Meta Tag Deskripsi)

Berisi deskripsi singkat atau ringkasan mengenai halaman website kamu. Meta tag ini disusun dari beberapa kalimat hingga paragraf pendek yang berisi ringkasan konten halaman agar dikenal oleh Google atau mesin pencari. Karena berbentuk deskripsi yang agak panjang, meta tag adalah alat bantu yang bisa memberi informasi sedikit atau cuplikan konten dalam laman Google.

  1. Keyword Tag (Meta Tag Kata Kunci)

Berisi informasi kata kunci sebuah website, meta tag ini umumnya dipisah dengan menggunakan tanda koma. Meta tag jenis ini memiliki fungsi unik yang membuat Google tidak perlu lagi membutuhkan keyword untuk melakukan penjelajahan pada website kamu. Jika kamu memiliki website baru, maka meta tag keyword ini harus diisi agar artikel mu yang berisi SEO bisa terdeteksi oleh Google dalam proses identifikasi.

meta tag adalah
Sumber: Pixabay
  1. Robot Meta Tag

Meta tag adalah alat bantu yang memiliki support berupa bot dan berfungsi menyelesaikan masalah pengindeksan mesin pencari. Meta tag bot bisa dimanfaatkan untuk mengatur halaman tertentu sehingga tidak ditampilkan di mesin pencari. Robot meta tag memiliki 4 tolok ukur yang biasa digunakan:

  • Index – Menampilkan halaman di mesin pencari
  • Follow – Mengikuti link yang ada di halaman
  • Noindex – Tidak menampilkan halaman di mesin pencari
  • Nofollow – Tidak mengikuti link yang ada di halaman

Penggunaan meta tag robot ini lebih baik digunakan pada halaman yang memiliki konten yang minim untuk menghindari masalah thin-content dalam sebuah situs

  1. Canonical Tag

Canonical tidak menggunakan tag melainkan link sehingga sebenarnya tidak masuk ke dalam meta tag namun tetap memiliki peran untuk mesin pencari. Canonical tag lebih bekerja pada penentuan prioritas url sebuah halaman website. Contohnya

Cara Menggunakan Meta Tag

Setiap meta tag yang ada bisa diaplikasikan di dalam website kamu dan ini langkah yang bisa kamu lakukan untuk menggunakan meta tag secara benar:

  1. Judul unik selalu diperlukan agar dapat menjelaskan konten yang ada di halaman tentunya diatur agar penulisannya ringkas, menarik dan akurat.
  2. Pilih karakter untuk menulis judul sekitar 50-60 karakter agar tidak terpotong pada SERP.
  3. Input atau tuliskan kata kunci penting secara alami. Kata kunci alami ini umumnya ditulis pengunjung di mesin pencari sesuai topik pada halaman kamu.
  4. Maksimalkan brand website yang kamu miliki untuk ada di dalam judul.
  5. Buatlah agar meta deskripsi bisa mencerminkan keunikan dan mewakili isi konten halaman website kamu dengan jelas.
  6. Gunakan teks sekitar 150-160 karakter untuk tampil pada cuplikan Google secara lebih maksimal.
  7. Masukkan kata kunci yang paling signifikan yang kamu miliki namun jangan berlebihan.
  8. Judul bisa kamu beri ajakan atau kata call to action. Contoh berupa penawaran atau petunjuk, seperti ‘belajar optimasi SEO,’’Beli hosting murah,’ dan lain-lain.

Seberapa Penting Meta Tag

Meta tag adalah alat bantu yang tidak memberi pengaruh terhadap peringkat website kamu, hal ini disampaikan oleh Google tahun 2009. Meta tag adalah sebuah cara membantu website mu memiliki kata kunci, bukan untuk membuat website mu menjadi yang teratas di halaman pencarian. Mengapa? Karena tag yang kamu pakai pada website mu belum tentu sama dengan kata kunci yang diketik oleh user mu. Sehingga belum tentu membantu websitemu untuk terlihat di peringkat teratas. Meta tag membantu website mu untuk lebih mudah di index oleh Google. Tentu saja SEO dalam website mu memiliki peranan penting.

meta tag adalah
Sumber: Pixabay

Jika kamu fokus untuk membuat website mu muncul pada halaman awal Google maka, selain meta tag kamu memerlukan kemampuan SEO yang baik. SEO secara signifikan membantu meningkatkan keterlihatan websitemu di Google. Tapi jangan senang dulu, karena sistem yang dimiliki Google sekarang telah berkembang dan semakin canggih dengan membaca dan menafsirkan data.

Google atau mesin pencari lain banyak melakukan evaluasi pada konten halaman secara menyeluruh dan kontekstual. Namun tetap, meta tag judul atau meta tag deskripsi penting untuk disertakan agar halaman website mengarah ke pembaca.

Ratna Patria


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!