• Home
  • Tips
  • Menulis Meta Description untuk Tingkatkan Traffic, Begini Caranya

Menulis Meta Description untuk Tingkatkan Traffic, Begini Caranya

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Semua orang yang memiliki website tentunya ingin jika websitenya dibanjiri pengunjung setiap harinya. Sebuah website atau toko online membutuhkan traffic yang tinggi karena dengan memiliki traffic yang tinggi bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Dengan meningkatnya traffic, itu berarti banyak orang yang kemungkinan besar akan membeli produk kamu. Keuntungan lainnya yang tidak kalah menarik adalah kamu bisa bekerja sama untuk pemasangan iklan di blog atau website kamu.

Bagian Kecil dalam SEO

Pasti semua pemilik website hampir pernah melakukan berbagai cara untuk meningkatkan traffic website mereka. Dari mulai memasang iklan di platform-platform digital, membuat konten menarik, promosi di media sosial, menggunakan SEO dan lain sebagainya. Namun hasilnya masih belum seperti yang kamu harapkan.

Tapi jangan putus asa dulu. Mungkin cara satu ini dapat membantu kamu untuk meningkatkan traffic website. Caranya adalah dengan menggunakan meta description. Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa harus meta description? Mungkin juga sebagian dari kamu akan berpikir jika hal ini akan sia-sia, padahal kamu tidak akan pernah menyangka jika memasang meta description bisa membantu meningkatkan SEO website kamu.

Menulis Meta Description
Sumber: Pixabay

Tips Menulis Meta Description

Meta Description bisa diartikan sebagai informasi yang ditampilkan pada hasil pencarian. Faktanya metode ini sangat berperan penting dalam menentukan pengunjung akan melihat konten kamu atau tidak. Tulisan yang menarik dan unik serta singkat akan menarik para pengunjung untuk membuka website kamu.

Sebelum kamu menggunakan metode ini kamu harus memperhatikan beberapa hal. Kita akan membahas beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat meta description yang dapat meningkatkan traffic sebuah website.

  • Bahasa yang Menarik

Tujuan dari metode ini adalah membuat website kamu dibanjiri pengunjung. Disinilah kemampuan menulis dan berpikir kamu harus dikeluarkan. kamu harus menggunakan kata-kata yang menarik. Sebaiknya kamu memulainya dengan kata kerja untuk membuat orang lebih penasaran. Sebagai contoh kamu bisa memulainya dengan kata-kata “cek disini”, “Temukan disini” dan lain sebagainya.

  • Buatlah Tulisan Efektif dan Jelas

Membuat meta description sebaiknya harus jelas dan efektif. Hal ini agar kalimat yang terdapat pada meta description tersebut dapat terbaca dan tidak terpotong. Itu sebabnya dianjurkan untuk menulis meta description sebaiknya tidak lebih dari 155 karakter. Untuk mengecek panjang serta jumlah karakter kamu bisa menggunakan tools tertentu. Serta awali menulis dengan huruf kapital.

Menulis Meta Description
Sumber: Pixabay
  • Fokus pada Pelanggan

Salah satu tips menulis meta description agar traffic web kamu meningkat adalah dengan memfokuskan tulisan kamu pada pelanggan. Deskripsi untuk halaman produk bisa kamu fokuskan jika produk kamu memiliki kualitas yang baik serta alasan mengapa pelanggan harus menggunakan produk kamu. Buatlah tulisan yang relevan dengan para calon konsumen kamu dan tentu saja lebih spesifik.

  • Hindari Spam Keyword

Salah satu teknik yang paling penting dalam menulis meta description adalah menghindari spam keyword. Jangan biarkan pengunjung website kamu mengklik tombol “ back” hanya karna isi konten kamu yang tidak menarik. Meta description berhubungan dengan SEO sehingga jangan sampai kamu memasukan spam keyword dalam meta description website kamu.

Hal ini dilakukan agar kamu bisa memastikan pengunjung bisa berlama-lama di dalam website kamu. kamu bisa menggunakan kata kunci yang ditargetkan dan jangan menggunakannya secara berulang–ulang. Kebanyakan orang berfikir dengan memasukan kata kunci yang berulang akan meningkatkan SEO website, padahal hal ini akan berdampak buruk pada website kamu di search engine.

  • Gunakan Simbol dan Angka

Untuk membuat tulisan atau konten yang menarik tentu kamu harus melakukan berbagai macam cara. Sebagai rekomendasi kamu bisa menggunakan angka dan simbol untuk membuat tulisan meta description yang menarik. Hal ini tentu saja untuk menarik pada pengunjung. Misalkan memberikan informasi promo.

Menulis Meta Description
Sumber: Pixabay

Meta Description Do Matter

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menulis meta description. Sebagai pemilik website tentunya kamu harus memaksimalkan segala cara untuk memastikan website kamu terus berada di first page pada search engine. Dengan begitu website kamu tidak akan pernah kehabisan pengunjung. Selamat Mencoba, DomaiNesians!

Ratna Patria


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!