• Home
  • Tips
  • Tingkatkan Traffic Website dengan 4 Teknik SEO Berikut Ini

Tingkatkan Traffic Website dengan 4 Teknik SEO Berikut Ini

Oleh Ratna Patria

Hai DomaiNesians! Bagaimana kabar website kamu? Apakah sudah berada di posisi teratas mesin pencari? Memiliki website yang berada di peringkat teratas pada search engine adalah idaman setiap pemilik website. Agar website kamu berada di peringkat teratas mesin pencari seperti Google, Firefox, dan mesin pencari lainnya kamu perlu menggunakan 1 cara yang tidak boleh terlewatkan.

Cara tersebut adalah SEO. SEO merupakan singkatan Search Engine Optimizer yang merupakan salah satu strategi marketing yang dapat digunakan untuk membuat website berada di peringkat teratas atau halaman pertama search engine. Dengan begitu akan ada banyak pengunjung yang nantinya masuk ke website kamu dan tentunya akan meningkatkan visitor website. Jika website digunakan sebagai toko online, peluang untuk mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan sudah pasti bisa meningkat.

Mengapa SEO WordPress?

Menjamurnya bisnis online dan majunya era digital yang sangat pesat ini membuat platform-platform digital banyak bermunculan. Saat ini banyak sekali platform-platform website website builder. Tapi jika kamu memiliki website dengan menggunakan platform CMS WordPress, itu berarti kamu telah memilih langkah yang tepat. Mengapa? Karena WordPress memiliki beberapa fitur yang cocok untuk meningkatkan SEO website.

SEO WordPress
Sumber: Pixabay

Platform WordPress juga sangat mudah digunakan. Sehingga kamu yang tidak memiliki latar belakang web programmer pun dapat mengelolanya dengan mudah. Dan juga SEO WordPress benar-benar hal yang bisa kamu pelajari tanpa perlu adanya basic marketing.

Kali ini DomaiNesia akan membahas beberapa teknik yang bisa digunakan untuk meningkatkan SEO untuk platform WordPress website kamu. Simak terus ya!

  1. Install Plugin SEO Yoast

Salah satu cara meningkatkan SEO WordPress adalah dengan mulai menata setiap postingan pada website dengan benar. Kamu dapat menggunakan plugin SEO Yoast yang bisa digunakan secara gratis. Kenapa Yoast ? Plugin ini tidak hanya dapat membantu kamu menambahkan meta description saja, Yoast juga menyediakan banyak fitur untuk membantu menata struktur SEO dengan mudah.

Dengan menginstall Plugin SEO Yoast, kamu bisa mengerti bagaimana menulis artikel yang readable, artikel yang SEO nya bagus, dan cara mengoptimasi setiap artikel yang akan kamu terbitkan.

seo wordpress
Sumber: Pixabay
  1. Tingkatkan Kecepatan Akses Website

Kecepatan adalah salah satu aspek yang dapat mempengaruhi posisi website kamu pada search engine. Pengunjung atau calon pengunjung akan langsung berpindah ke website lainnya jika loading page pada website kamu sangat lambat.

Hal tersebut sangat mempengaruhi reputasi website dan membuat trafik website tentunya menurun. Untuk itu kamu harus meningkatkan kecepatan website. Kamu dapat mengatasi hal tersebut dengan memperbaharui versi WordPress, menghapus plugin yang tidak perlu, mengoptimasi database, memilih tema yang tepat, dan memilih penyedia layanan hosting yang tepat.

Backlink juga dapat membantu kamu dalam meningkatkan SEO website. Semakin banyak halaman website yang direkomendasikan oleh blogger atau pemilik website lain maka website kamu akan semakin dikenal. Popularitas inilah yang nantinya menjadi tolok ukur google untuk meletakan website kamu pada posisi atas di search engine.

Untuk mendapatkan backlink berkualitas dari website lain hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat konsep website yang bagus dan menarik yang dapat memberikan manfaat kepada banyak orang. Misalnya seperti menulis konten yang berkualitas.

  1. Gunakan SSL di Website

Adanya fasilitas seperti SSL/HTTPS akan meningkatkan aspek keamanan website. Selain itu SEO WordPress juga akan semakin optimal. Semua bentuk transaksi yang dilakukan pada website termasuk data konsumen lebih terjamin dengan SSL/HTTPS. fasilitas SSL ini juga sangat disukai oleh search engine paling popular zaman ini yaitu Google.

Google lebih memprioritaskan website-website ber SSL untuk tampil di halaman pertama. Karena browser saat ini bisanya secara aktif akan menampilkan pesan peringatan kepada pengguna yang mencoba mengunjungi website yang tidak menggunakan SSL/HTTPS. Hal tersebut tentu saja akan berdampak pada trafik website.

SEO WordPress
Sumber: Pixabay

SEO WordPress Meningkatkan Pengunjung

SEO WordPress memang tujuan utamanya untuk mengenalkan website ke mesin pencari. Tentu saja performa SEO WordPress bisa dilakukan dengan banyak cara. Beberapa cara yang sudah disebutkan hanyalah sebagian kecil dari optimasi SEO WordPress yang bisa dilakukan.

Akan tetapi cara-cara di atas adalah cara yang paling banyak digunakan oleh para pengguna WordPress. Ada banyak sekali teknik SEO WordPress yang bisa kamu pelajari di luar sana. Untuk itu, sebagai permulaan kamu bisa mencoba teknik-teknik di atas, atau jika kamu punya teknik SEO versi kamu. Silahkan berbagi di kolom komentar ya!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


RateWord
June 14, 2020

Banyak juga caranya

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!