• Home
  • Tips
  • Panduan Belajar SEO untuk Pemula, Blogger Wajib Tau Ini!

Panduan Belajar SEO untuk Pemula, Blogger Wajib Tau Ini!

Oleh Ratna Patria

Dalam dunia marketing online, peringkat teratas pada mesin pencarian dengan cara organik adalah salah satu tujuan utama. Mengapa demikian? Karena dengan berada pada peringkat teratas dalam mesin pencari maka akan berbanding lurus dengan semakin banyaknya pengunjung website. Untuk itu dibutuhkan SEO atau search engine optimization yang baik. Saat ini ilmu SEO bisa kamu pelajari dengan mudah loh! 

Jika kamu memang tertarik untuk mulai belajar SEO, maka kamu sudah menemukan artikel yang tepat. Disini DomaiNesia akan menjelaskan bagaimana belajar SEO dasar untuk pemula. By the way, belajar SEO gratis dari DomaiNesia ini bisa kamu terapkan di website kamu ya! Untuk itu simak penjelasan belajar seo gratis dari DomaiNesia hingga akhir ya! 

1. Konsep Dasar SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah strategi yang digunakan untuk meningkatkan traffic atau kunjungan website melalui mesin pencari dari pencarian organik tanpa iklan. SEO menjadi salah satu strategi marketing digital yang paling murah, sehingga sebagian besar orang berlomba-lomba untuk mengembangkan dan menggunakan strategi ini. 

Selain itu, algoritma dari mesin pencari juga sering berubah-ubah sehingga kamu harus terus mengupdate dan belajar SEO lebih dalam lagi agar website milikmu tidak kalah saing dengan kompetitor. Dengan memanfaatkan SEO yang baik maka websitemu berpotensi mendapat kunjungan yang banyak juga.

belajar seo
Sumber: Envato

Apakah kamu pernah bertanya-tanya, sebenarnya bagaimana cara kerja SEO? Oke DomaiNesia jelaskan dulu ya! Cara kerja SEO sebenarnya cukup sederhana. Google atau mesin pencarian mempunyai algoritma tertentu untuk menentukan konten yang layak mendapatkan ranking tinggi. 

Nantinya, mesin pencari atau yang sering juga disebut dengan crawler akan menelusuri internet untuk mencari konten dan website yang memenuhi algoritma yang sudah ditentukan. Sayangnya, hingga saat ini Google tidak pernah mengumumkan secara publik mengenai faktor apa saja yang mempengaruhi proses perangkingan sebuah website. 

Namun jangan panik ya! Karena kamu bisa belajar SEO dasar mulai dari faktor yang mempengaruhi seperti kecepatan website, kualitas dari konten, keyword yang dipilih, SEO on page, SEO off page, dan masih banyak lagi. Nah semua faktor tersebut akan kita bahas disini sehingga kamu bisa belajar SEO gratis! Yuk simak penjelasan berikutnya!

Baca juga: Apa itu SEO? 9 Cara Optimasi SEO Terlengkap

2. Riset Keyword yang Akurat

Keyword atau kata kunci yang baik adalah salah satu faktor agar website milikmu bisa mendapatkan peringkat teratas dan mendapatkan performa yang baik. Maka dari itu jika kamu ingin belajar seo dasar kamu harus melakukan riset terlebih dahulu agar mengetahui keyword yang sering digunakan oleh pengguna. 

Misalnya saja kamu sudah menemukan kata kunci populer yang rencananya akan kamu gunakan, namun sebelum itu kamu juga harus mengetahui peta persaingan dari keyword tersebut agar kamu mengetahui tingkat kesulitan agar target kamu bisa tercapai. 

Menurut penelitian 75 persen orang akan lebih memilih artikel pada halaman pertama saja loh dalam mesin pencarian! Nah detailnya seperti ini, jika artikel yang berada pada ranking pertama akan mendapatkan 30 persen klik sedangkan ranking kedua akan mendapatkan 15 persen klik. Wah cukup banyak ya pasti traffic yang akan didapatkan! 

Untuk membantu kamu riset keyword, kamu bisa menggunakan beberapa tools ini seperti Ubersuggest, Google Trends, KWFinder, MOZ, SEMrush, Answer The Public, Soovle, Google Related Search, dan Keyword Shitter. 

DomaiNesia akan memberikan beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam melakukan riset password agar belajar SEO dasar kamu lebih dalam lagi, berikut penjelasannya.

  • Volume pencarian

Volume pencarian adalah angka yang menunjukkan berapa banyak kata kunci dicari pada sebuah mesin pencari dalam kurun waktu tertentu. Biasanya jika kamu menggunakan keyword tools maka akan muncul banyak keyword yang digunakan pada satu bulan terakhir. 

Contohnya seperti ini, pada search engine tools menuliskan ada angka 150.000, artinya keyword tersebut sudah dicari sebanyak 150.000 kali dalam kurun waktu satu bulan.  

  • Tingkat kesulitan keyword

Tingkat kesulitan keyword mengartikan bahwa seberapa sulit keyword tersebut untuk menembus halaman pertama dalam mesin pencari. Jika kamu menggunakan keyword tools maka angka tersebut biasanya digambarkan dalam skala 0-100. Semakin besar angka yang kamu dapatkan maka semakin sulit keyword tersebut untuk bersaing. 

Nah tingkat kesulitan keyword ini biasanya juga memperlihatkan berapa backlink yang kamu butuhkan agar performa websitemu bisa meningkat dan menduduki peringkat atas. Semakin tinggi tingkat kesulitan keyword maka semakin banyak backlink yang dibutuhkan.

  • Saran keyword

Saran keyword atau keyword suggestion adalah kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci yang sedang kamu cari. Misalnya saja kamu mencari “belajar seo” maka saat kamu menggunakan keyword tools maka kamu akan mendapatkan keyword suggestion “belajar seo gratis”, “belajar seo pemula”, atau “belajar seo dasar”. 

Nah suggestion ini biasanya long tail keyword. Apa itu? Long tail keyword adalah kata kunci yang terdiri dari tiga kata atau lebih. Dengan memanfaatkan keyword tools maka kamu akan mendapatkan berbagai long tail keyword yang cocok untuk website mu. Melalui sebuah penelitian menunjukkan bahwa 70 persen pencarian terdiri dari long tail keyword.

  • Search engine result page (SERP)

SERP ini menunjukkan laman teratas dalam keyword yang kamu cari. Fungsinya jelas untuk melihat kualitas laman-laman yang menduduki peringkat teratas hasil pencarian Google.

belajar seo
Sumber: Envato

3. Membuat Konten SEO Friendly

Membuat konten adalah tahapan paling penting dalam belajar seo pemula. Untuk menghasilkan konten yang SEO friendly dan berkualitas kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Gunakan kata kunci sewajarnya saja, dalam penulisan artikel kamu harus menggunakan kata kunci namun penggunaannya jangan berlebihan dan terkesan kaku ya!
  • Konten yang relevan dengan kebutuhan pengunjung karena dengan kamu menyajikan artikel yang relevan maka otomatis akan banyak pengunjung yang membaca artikelmu.
  • Menjelaskan hal yang terpercaya, tujuannya tidak lain yaitu agar meningkatkan kepercayaan pengunjung sehingga mereka mau mengunjungi websitemu lagi untuk membaca artikel lain.
  • Memiliki panjang artikel yang sesuai, panjang artikel ternyata juga menentukan loh! Panjang artikel yang sesuai yaitu sekitar 1000 hingga 2500 kata. Alasannya yaitu agar pengunjung bisa mendapatkan informasi yang lengkap. Selain itu artikel yang SEO friendly cenderung memiliki banyak heading, link, gambar, atau video yang disisipi dengan kata kunci.

4. On-Page SEO

Untuk belajar seo dasar, kamu harus memahami On Page SEO. Apa itu On Page SEO? On Page SEO adalah optimasi yang berfokus pada faktor internal sebuah website yang meliputi pemeliharaan konten, optimasi kata kunci, hingga perbaikan struktur HTML. On Page SEO tidak mudah loh DomaiNesian, untuk itu kamu harus memperhatikan beberapa hal seperti.

  • Memanfaatkan heading dan subheading yang tepat

Heading dan subheading ini berfungsi untuk memecah artikel kamu menjadi beberapa bagian. Untuk membuat pengunjung berlama-lama di websitemu maka kamu harus memanfaatkan subheading dan heading yang tepat agar konten yang kamu suguhkan memiliki struktur yang jelas dan mudah dibaca. 

  • Meta description yang harus diisi

Meta description adalah kolom deskripsi di bawah title tags yang memberikan ringkasan singkat tentang konten tersebut. Optimalkan kata kunci dan pastikan ringkasan tersebut tidak melebihi 160 karakter. 

  • Menggunakan permalink yang sederhana

Google lebih menyukai website dan konten yang mempunyai struktur link yang straight-forward tanpa banyak sub-folders. Dengan permalink yang sederhana ini akan memudahkan mesin pencari untuk mengenali topik apa yang kamu bahas pada konten tersebut. Misalnya kamu memiliki kata kunci belajar seo pemula maka permalink yang cocok untuk konten tersebut yaitu  www.alamatwebsite.com/belajar-seo-pemula.

  • Menambahkan gambar atau video

Jika kamu membaca artikel penuh dengan teks saja pasti kamu akan bosan dan jenuh kan? Nah pasti kamu tidak ingin pengunjung mu merasakan hal yang sama, untuk itu tambahkan beberapa gambar atau video agar website mu tidak membosankan.

  • Buat Judul menarik

Judul menjadi fokus utama saat memilih website. Maka kamu harus membuat judul yang menarik dan menjual agar pengunjung tertarik dengan websitemu. Usahakan pilih judul yang tidak melebihi 65 karakter agar judul kamu tidak terpotong.

Baca juga: Begini Cara Membuat Dan Contoh URL Blog Untuk Menaikkan Peringkat SEO

5. Off-Page SEO

Sesuai dengan namanya, off page SEO adalah langkah optimasi yang berfokus pada faktor eksternal sebuah website. Off page SEO juga menjadi hal yang harus kamu perhatikan saat belajar seo pemula. Tujuannya adalah untuk mendapatkan backlink atau link dasar yang menjadi salah satu faktor utama peringkat Google. Ada beberapa cara yang harus kamu perhatikan.

  • Social Signal Boost

Social Signal Boost merupakan penilaian sebuah website melalui seberapa sering website tersebut dibagikan ke sosial media. Kamu perlu sering-sering membagikan website ke berbagai social media. Selain itu, kamu juga bisa membeli jasa social buzzer yang akan membagikan konten dan website kamu ke sosial media dan meningkatkan social signal website tersebut.

  • Guest Post & Outreach

Outreach link building mengharuskan Anda untuk menghubungi web owner dengan niche yang relevan dan bekerja sama untuk saling memberikan backlink ke website keduanya. Sedangkan guest post link building pada dasarnya adalah menulis konten untuk blog orang lain. Nantinya Anda bisa memberikan backlink ke website Anda melalui konten tersebut.

Baca juga : apa saja yang dilakukan Jasa SEO ?

belajar seo
Sumber: Envato

6. Optimasi Kecepatan Website

Setelah melakukan berbagai optimasi, dalam belajar SEO dasar kamu tidak boleh melupakan satu hal ini yaitu optimasi kecepatan website. Mengapa demikian? Alasannya karena kecepatan sebuah website juga menjadi salah satu penentu websitemu bisa menduduki peringkat atas. 

Kamu harus melakukan pengecekkan dengan bantuan tools agar hasilnya akurat seperti Google PageSpeed Insights atau GTMetrix. Lakukanlah optimasi sesuai hasil yang sudah kamu dapatkan. Segera perbaiki jika terjadi kesalahan script, selalu aktifkan kompresi seperti Gzip atau Brotli, dan jika terjadi masalah server maka segera pastikan server dan hosting terbaik dan optimal

7. Faktor Pengaruh Peringkat Google

Persaingan untuk mendapatkan peringkat teratas memang sangat ketat. Wajar saja ada beberapa faktor yang harus dipenuhi untuk itu. Google sendiri tidak pernah memberitahu kepada publik mengenai faktor apa saja yang dapat mempengaruhi peringkat. Dalam belajar seo pemula kamu harus memahami beberapa faktor. Untuk itu ada beberapa faktor yang DomaiNesia rangkum untuk kamu belajar seo pemula.

  • Kualitas konten

Dalam sebuah penilaian, konten pasti menjadi hal utama yang diperhatikan. Website dengan konten yang berkualitas pasti akan mendapatkan peringkat yang baik dalam pencarian. Untuk menjaga kualitas konten maka kamu harus selalu mengupdate konten milikmu agar selalu update dan membuat pengunjung percaya terhadap kontenmu. Selain itu kamu juga harus memperhatikan kelengkapan konten yang kamu sajikan.

  • Kecepatan website

Google pasti paham betul bahwa setiap pengunjung pasti membutuhkan informasi yang cepat dan tidak mau menunggu lama hanya untuk membuka konten yang diinginkan.Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa kecepatan website juga menjadi penilaian oleh Google. 

  • Mobile friendly

Faktor ini juga menjadi algoritma Google. Website yang memiliki performa yang berat dan juga tampilan yang berantakan dipastikan akan terjun bebas peringkatnya dari pencarian Google. Alasannya karena tidak semua orang mengakses website melalui laptop dan hampir semua pengunjung pasti membuka lewat smartphone miliknya.

  • Keamanan website

Sejak tahun 2014 keamanan website juga menjadi algoritma Google. Jelas bahwa keamanan sangat penting dalam berinternet terutama website karena cyber crime semakin mengintai kita semua jika melalaikan hal ini.

  • User experience

Memiliki UX yang buruk membuat website tidak diprioritaskan lagi oleh Google karena website tersebut bisa membuat pengunjung kesulitan dalam mengakses informasi dan bahkan menimbulkan frustasi. Nah Google sendiri menilainya dengan 3 faktor yaitu click through rate, bounce rate, dan dwell time.

  • Domain Authority

Domain Authority adalah cara Google untuk menilai reputasi suatu website mengenai topik yang dibahas. Semakin tinggi nilainya maka berbanding lurus dengan peringkatnya. Untuk melihat domain authority website mu kamu bisa memanfaatkan tools seperti Ahrefs.

Baca juga: Memaksimalkan Traffic Dengan Local SEO

belajar seo
Sumber: Envato

Yuk Mulai Belajar SEO Dasar untuk Meningkatkan Performa Websitemu!

Bagaimana DomaiNesian apakah sulit untuk belajar SEO dasar? Tentu saja tidak ya! Karena kamu bisa belajar SEO gratis dengan membaca artikel ini. Belajar SEO dasar ini bisa kamu terapkan pada website kamu ya agar memiliki peringkat teratas dan pasti traffic yang tinggi. 

Dengan berbagai tahapan yaitu memahami konsep dasar SEO, melakukan riset keyword, membuat konten SEO friendly, memperhatikan pakar SEO on page, SEO off page, melakukan optimasi kecepatan website, dan juga memperhatikan beberapa faktor penilaian dari Google

Meskipun dalam belajar SEO dasar ini kamu harus memahami berbagai macam hal, namun yang terpenting dalam belajar SEO dasar yaitu kamu tidak boleh berhenti dan mau terus belajar. Nah tunggu apa lagi, yuk mulai terapkan dan selamat mencoba!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah