• Home
  • Tips
  • Apa itu Pakar SEO Terbaik ? Bagaimana Cara kerjanya

Apa itu Pakar SEO Terbaik ? Bagaimana Cara kerjanya

Oleh Ayoni Sulthon
apa itu pakar seo terbaik

Digital marketing saat ini sangat dibutuhkan oleh semua perusahaan, mulai dari perusahaan yang menyediakan jasa skala lokal hingga perusahaan yang menyediakan jasa dan layanan skala internasional. 

Salah satu digital marketing yang saat ini sedang berkembang adalah SEO, SEO merupakan Search Engine Optimizer, Pentingnya pakar SEO di sebuah perusahaan akan sangat menentukan bagaimana website perusahaan mendapatkan pengunjung dari mesin pencari Google.

Dalam memilih pakar SEO yang profesional merupakan keharusan, karena akan sangat berdampak pada ranking website perusahaan di mesin pencari google, Jika Anda memilih pakar SEO asal-asalan itu sangat berbahaya untuk situs bisnis Anda. apa yang pakar SEO kerjakan?

Pakar SEO Black Hat

Apa itu Pakar SEO black hat? makna black hat cenderung identik dengan hacker, atau seseorang yang memiliki tujuan untuk mengakali dan memanipulasi mesin pencari agar mendapatkan posisi pencarian puncak, namun dengan metode SEO black hat posisi puncak google tidak akan berlangsung lama, malah akan berdampak buruk untuk situs bisnis Anda untuk jangka panjang. Pakar SEO black hat

Apa yang Pakar SEO Black Hat lakukan?

  • Spam backlink 

Spam backlink adalah tautan balik ke situs Anda dari situs lain, namun situs tersebut memiliki index spam tinggi, tautan link keluar terlalu banyak, backlink dari komentar juga termasuk spam backlink yang tidak disukai algoritma google. Dan yang paling sering saya temui adalah backlink dari redirect, backlink redirect adalah link situs lain ketika di klik akan mengarah langsung 301 / 302 ke situs utama Anda.

  • Spam kata kunci

Banyak pakar SEO blackhat yang membuat spam kata kunci di landing page(halaman money site) mereka menyembunyikan kata kunci, membuat banyak kata kunci dan kata kunci turunan di halaman dengan menumpuk-numpuk kata kunci atau mengulang-ulang kata kunci. 

  • Cloaking Cloacking

Cloaking hampir sama dengan backlink redirect, namun biasanya dari backlink dari situs yang sudah tidak aktif (expired domain). Jika situs diaktifkan dan di redirect 301/302 ke situs utama, maka backlink dari situs tersebut akan berpindah ke situs utama Anda. (hal ini juga kadang dilakukan oleh ahli SEO, namun cara ini tidak bisa 100% berdampak positif) 

  • PBN (Private Blog Network)

Sudah pernah mendengar kata PBN? atau sudah sering ? atau saat ini Anda memakai PBN? Waspadalah-waspadalah itu kata bang napi, hehehee.
Saat ini banyak sekali jasa PBN, saya tidak mempermasalahkan jasa PBN tersebut, namun sebagai pembeli kadang tidak tahu bagaimana kualitas PBN-PBN tersebut, kadang kala hanya menilai dari PA DA yang tinggi Anda sudah bisa memutuskan jika PBN itu bagus? 

Tapi setelah membeli PBN alih-alih peringkat naik, malah yang didapatkan peringkat situs turun dan jumlah spam score malah meningkat. 

PBN juga dapat meningkatkan ranking website, namun Anda membutuhkan Pakar SEO yang mengerti tentang kualitas website.

  • GSA / Snuke Tools backlink

Berhati-hati jika Anda disarankan memakai tools tautan otomatis seperti GSA atau SNUKE, sebab tools ini adalah tools yang digunakan untuk mendapatkan ribuan backlink secara instan dan cepat, namun memiliki resiko yang tinggi.

  • Blog Zombie blog zombie pakar seo

Bagi Anda pakar SEO yang sudah memulai debut SEO di tahun 2016, tentu akan mengenal backlink dari blog zombie, apa itu blog zombie adalah blog-blog dari situs .blogspot yang sudah tidak aktif, selanjutnya dengan tools khusus untuk meng-grab (mengambil situs yang sudah tidak aktif) akan ditemukan banyak sekali situs-situs yang memiliki banyak backlink namun status situs .blogspot tersebut tidak aktif. Jadi tinggal mengaktifkan situs tersebut dan mengarahkan ke website utama maka website utama seolah-olah mendapatkan backlink berkualitas.
Namun sayangnya algoritma google terakhir saat ini sudah memahami situs-situs blog zombie dan malah akan memberi penalti / penurunan ranking jika menggunakan cara seperti itu.

  • Backlink Tier 

Backlink jenis ini dahulu sangat terkenal dan sangat digemari oleh pakar SEO profesional, mungkin saat ini masih bisa dipakai dan berefek positif (untuk saat ini) namun untuk jangka panjang akan membuat kerepotan bagi pemilik situs, karena jika ada algoritma yang mengenali backlink ini, situs anda alih-alih ingin mendapatkan ranking, malah bisa saja di de Index oleh Google (di hapus dari pencarian google). Tak hanya itu saja, backlink jenis tier ini sekarang sudah dipersulit dengan indexing Google yang lama, ketika anda membeli backlink ini, entah mungkin 6 bulan sampai satu tahun backlink tersebut baru akan di index google.

Backlink Tier adalah Backlink yang dibuat oleh Pakar SEO black hat dengan membuat sistem piramida, dimana situs utama adalah bagian paling atas piramida, dan backlink-backlink dibuat sedemikian rupa saling terhubung di bagian bawah situs utama. dimana tier 1 adalah backlink berkualitas, tier 2 adalah backlink penyokong tier 1, dan tier 3 adalah backlink penyokong tier 2.

Namun cara ini semakin sulit dilakukan karena indexing backlink tier 2 dan tier 3 yang sangat lama. 

  • AGC (auto generate content)

Algoritma mei 2022 ini memukul keras para pengguna AGC, khususnya situs yang memiliki artikel yang hampir mirip-mirip, atau situs yang membuat content asal-asalan, atau situs yang mengejar kata kunci lokasi khusus dengan membuat banyak artikel di setiap lokasi. Dari pengalaman saya, banyak situs terkena penalty google karena kata kunci situs mereka saling memakan satu sama lain (canibalisme keyword).

Sebaiknya Anda menghindari pakar SEO yang menggunakan cara-cara Blackhat diatas, sebab selain berbahaya untuk situs Anda, cara-cara diatas dapat menyebabkan situs Anda di no Index oleh Google.

Pakar SEO White Hat

Saat ini banyak pakar SEO white hat sudah dipekerjakan di perusahaan perusahaan besar, karena banyak perusahaan tidak mau ambil pusing dengan masalah jangka panjang yang terkait dengan algoritma Google.  Pakar SEO white hat

Karena kita ketahui, mindset Pakar SEO Black hat bekerja untuk mengakali algoritma google dengan berbagai cara yang tujuanya untuk menghemat pengeluaran SEO. 

Sehingga dampaknya adalah kredibel situs utama dipertaruhkan saat ada perubahan algoritma Google, Bisa jadi terkena hukuman dari google ketika ada update algoritma terbaru.

Namun berbeda mindset Pakar SEO White hat, Mindset dari white hat SEO adalah bagaimana agar situs bisa bertahan jangka panjang meskipun ada perubahan algoritma yang berubah-ubah kedepannya. Keamanan situs adalah hal utama, dan penyusunan backlink sudah ditentukan di awal kriteria-kriteria mana saja yang dipakai.

Berikut ini adalah contoh-contoh apa saja yang dikerjakan SEO White Hat

Apa yang Pakar SEO White Hat Lakukan?

Berbeda dengan black hat, SEO white hat memiliki mindset keamanan situs utama adalah yang paling utama, dan kenaikan ranking website adalah hasil dari reward (hadiah) dari  algoritma google. 

apa saja yang pakar SEO white hat lakukan? 

– Content is King content is king

Alih-alih membuat banyak konten spam, para SEO white hat lebih memilih membuat konten yang memiliki nilai tambah dan bermutu bagi pembaca, di setiap konten yang dibuat harus menekankan value dan isi. Tidak hanya tulisan yang bertele-tele, konten writer harus memiliki wawasan mendalam tentang konten yang akan dibuat.

– Struktur website lebih penting dari backlink

website yang bagus adalah website yang memiliki struktur yang baik, lalu bagaimana membuat struktur website? struktur website

pembuatan struktur website dimulai dari pemilihan heading 1, heading 2 dan heading 3 dengan kata kunci yang sesuai dan di dalam website haruslah memiliki hal-hal yang dibutuhkan google. 

– Kecepatan website adalah prioritas utama

Algoritma google terbaru memungkinkan website memiliki hal-hal yang dapat diukur terkait kecepatan loading website. Diantaranya adalah CLS, LCP FID TTfB, INP. Jika ingin tahu lebih dalam, Anda bisa cek disini cara mempercepat loading web.

– Backlink

Backlink adalah tautan balik yaitu situs lain yang memberikan link aktif ke situs Anda, meskipun bukan prioritas utama, backlink adalah hal yang mempengaruhi posisi website Anda di mesin pencari Google. Meskipun nilainya sekian %, pemilihan backlink harus hati-hati sebab backlink bisa menjadi pisau bermata dua untuk situs Anda.

Pakar SEO white hat sangat selektif saat memilih backlink yang akan di tautkan ke situs perusahaan, sebab jika salah memilih backlink alih-alih website perusahaan naik posisinya, malah bisa jadi SERP (search engine ranking page) nya bisa turun drastis.

Untuk itu pemilihan backlink dilakukan dengan beberapa tools SEO, jika memiliki tools ini maka Anda akan tahu apakah backlink ini bagus atau buruk. 

Tools SEO

Tools adalah alat, para mastah SEO tentu memiliki banyak tools rahasia yang digunakan untuk mengoptimasi website, berikut ini adalah tools wajib yang dipakai oleh para pakar SEO.

– Ahrefs

Ahrefs adalah tools berbayar yang tidak murah, namun sebanding dengan apa yang akan Anda dapatkan. Tools ini berbayar bulanan, harga sewa perbulan nya adalah paling murah $99. Dengan Ahrefs Anda bisa melihat kualitas dari backlink kompetitor, kualitas backlink website Anda sendiri. 

Dengan memiliki tools ini kamu bisa melihat backlink spam di website perusahaan Anda, selain itu juga bisa melihat keyword(kata kunci) kompetitor, jadi untuk melakukan reset kata kunci dengan tools ini akan lebih mudah dan hasilnya lebih lengkap dan detail.

– Semrush

Semrush adalah tools kompetitor dari Ahrefs, fitur yang hampir sama namun ada beberapa perbedaan, di semrush Anda bisa melihat spam backlink dan duplikat konten dengan lebih mudah, selain itu riset keyword kompetitor bisa lebih beragam hasilnya dengan tools semrush ini. Namun harga berlangganan paling murah adalah $120 perbulan.

– MOZ

Tools berlanggan selanjutnya adalah MOZ, moz adalah tools yang dipakai para pakar SEO senior, karena memulai analisa website dengan PA dan DA, yaitu page autority dan domain Domain autority. 

MOZ adalah tools gratisan paling lama, sehingga hampir semua pakar SEO menggunakan MOZ, sehingga bahasa bawaan MOZ sering dipakai untuk komunikasi bagi para SEO specialist di luar sana. Seperti PA DA masih sering digunakan untuk menilai kualitas backlink. Karena saking lamanya tools ini gratis menjadikan tools ini sebagai tools dasar bagi orang-orang SEO.

Sampai saat ini PA dan DA dari MOZ menjadi patokan dasar apakah backlink itu berkualitas atau tidak berkualitas. Padahal belum tentu juga backlink dengan PA tinggi maka website tersebut berkualitas. Bisa jadi PA DA tinggi sebanding lurus dengan spam score. Jadi semakin tinggi PA DA, semakin tinggi pula spam score sebuah website.

MOZ ini juga berbayar bulanan yaitu sebesar $99 perbulan.

Harga Jasa Pakar SEO

Banyak sekali penawaran harga jasa pakar SEO yang mahal namun tidak menjanjikan imbal balik atau kepastian posisi website, itu biasanya penyedia jasa SEO tersebut tidak berani bersaing dengan kata kunci sulit, sehingga tidak memberikan garansi kepastian.

Namun saat ini banyak tipe jasa SEO yang ada di Indonesia mematok harga dari seberapa panjang keyword yang dikejar, contohnya seperti keyword dengan 3 kata seperti “Jasa SEO Murah” di patok dengan harga 5 juta perbulan.

dan Jika kata kunci yang di targetkan 2 kosa kata, seperti “JASA SEO” bisa di patok dengan harga 8 juta sebulan.

WAW angka yang fantastis bukan?

Namun itu bukan pilihan tepat menurut saya, sebab biasanya mematok keyword tertentu akan menggunakan Backlink yang dipakai oleh SEO blackhat.

Lalu bagaimana pilihan yang tepat saat memilih Pakar SEO?

1. Tentukan Budget

murah atau mahal itu sangat relatif saat memilih jasa SEO, murah atau mahal harga jasa SEO sangat tergantung dari seberapa besar penghasilan bisnis Anda dan seberapa sulit persaingan kata kuncinya. 

2. Tools apa saja yang dipakai oleh penyedia jasa?

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, jika tools SEO itu tidak murah, minimal berlangganan 1 bulan saja sudah merogoh kocek 1,4 juta perbulan. Namun sebagai Pakar SEO tentu saja memiliki tools berbayar adalah nilai tambah. 

3. Pengalaman

Pelaut yang handal tidak dibentuk dari air yang tenang, itu kata pepatah, Pakar SEO handal juga dibentuk dari keyword-keyword sulit yang pernah ditaklukkan. Semakin berat persaingan keyword yang pernah dimenangkan, maka semakin kompeten pakar SEO tersebut.  

Dari pengalaman penulis, untuk kata kunci mudah hingga menengah beberapa jasa SEO menawarkan harga 3 juta perbulan, harga ini sebanding seperti Anda meng hire seorang SEO specialist. 

Sedangkan untuk persaingan sedang ke sulit biasanya jasa SEO menawarkan harga minimal 5 juta perbulan dengan garansi.

Kesimpulan

Itulah kiat-kiat mencari pakar SEO yang kompeten, dan apa saja yang akan dikerjakan oleh master SEO. Jika Anda ingin hendak meng hire seorang Pakar SEO, anda bisa berdiskusi dengan saya melalui info penulis. 

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!