• Home
  • Tips
  • Cara Riset Keyword Youtube Paling Jitu!

Cara Riset Keyword Youtube Paling Jitu!

Oleh Argadahana
4.68/5 (38)
Cara Riset Keyword Paling Jitu

Cara Riset Keyword Paling Jitu

DomaiNesians, perkembangan media yang satu ini bisa dibilang cukup pesat beberapa waktu belakangan. Jangan sampai ketinggalan, ini dia cara riset keyword Youtube paling jitu.

Cara Riset Keyword Youtube dengan Aplikasi

Banyak sekali kesalahan yang dilakukan orang, yaitu tidak mencari kata kunci sebelum membuat konten baik konten website maupun Youtube. Permasalahan yang akan timbul adalah, kamu tidak akan mendapatkan banyak viewers ketika tidak ada yang mencari kata kunci. Sehingga akan sangat susah untuk mendapatkan traffic yang organic dari media ini.

Mari kita kesampingkan dulu channel milik Atta Halilintar, Deddy Corbuzier, atau Ria Ricis. Karena mereka bisa dibilang sudah memiliki branded search untuk kata kunci nama mereka sendiri.

Baca Juga: Cara Menambah Subscriber YouTube 2019

Kata kunci adalah modal utama agar video milik DomaiNesians agar mudah ditemukan, sebelum nantinya komunitas penonton sudah terbentuk. Dan kamu telah memiliki traffic yang memang langsung mencari nama channel yang kamu miliki. Nah, untuk mencari kata kunci yang dapat mendatangkan banyak viewers kamu bisa menggunakan aplikasi riset keyword berikut ini.

Aplikasi Riset Keyword Youtube Gratis

  • SEMrush

Jika kamu merupakan pemain baru yang sedang mencari kata kunci, ada baiknya untuk memulai menganalisa kompetisi dengan menggunakan tool seperti SEMrush ini. Meskipun alat ini menyediakan informasi berdasarkan search volume Google, namun setidaknya akan memberikan kamu insight topik apa yang banyak dicari oleh orang. Ketika telah mendapatkan informasi ini, selanjutnya yang perlu dicari dengan SEMrush adalah skor kesulitan kata kunci tersebut.

Kesampingkan hasil pencarian yang tinggi di Google, dan tetap gunakan kata kunci itu sebagai konten YouTube. Karena pada beberapa kasus, konten dengan kata kunci tinggi belum tersedia di YouTube.

  • Keywords Everywhere

Keywords Everywhere adalah plugin Mozilla Firefox dan juga tersedia sebagai ekstensi di Google Chrome. Keywords Everywhere memungkinkan kamu untuk mengetahui search volume, CPC, dan kompetisi AdWords untuk kata kunci yang ingin kamu gunakan. Tidak hanya dapat digunakan di Google saja, namun juga dapat digunakan di YouTube.

Cara penggunaanya juga cukup mudah, kamu tinggal memasang plugin ini pada browser yang kamu gunakan. Dan tinggal mencari kata kunci yang kamu inginkan pada kolom pencarian Google ataupun YouTube. Kemudian secara otomatis data yang telah disebutkan sebelumnya akan muncul dibawah kolom pencarian. DomaiNesians bisa menggunakan data ini sebagai insight untuk membuat konten YouTube.

  • Keywordtool.io

Nggak perlu diragukan lagi, aplikasi yang satu ini telah terbukti kuat untuk bisa membantu kamu dalam riset kata kunci. Tidak hanya di Google, namun juga Bing, Amazon, eBay, App Store, dan tentu saja YouTube. Aplikasi ini tersedia dalam versi berbayar, namun juga dapat digunakan secara gratis.

keywordtool io

Namun kelemahan ketika menggunakan versi gratisnya adalah, kamu tidak dapat melihat search volume, trend, CPC, dan competition. Dan saran kata kunci terkait kata kunci milikmu pun dibatasi. Hanya saja, kamu tetap bisa menggunakan daftar masukan untuk kata kunci yang ingin kamu gunakan, dan membandingkannya dengan tool yang telah dibahas sebelumnya, Keyword Everywhere.

  • Google Trends

Google Trends juga dapat digunakan untuk mencari ide dalam membuat konten YouTube. Bisa dibilang, metode untuk riset keyword YouTube terbaik adalah dengan menggunakan Google Trends. Tidak hanya kuat dan akurat untuk mencari tren apa yang sedang banyak dibicarakan dan dicari orang di dunia maya. Namun juga karena alat ini gratis.

  • VidIQ

VidIQ adalah satu dari sekian aplikasi yang memiliki fungsi untuk riset kata kunci di YouTube. DomaiNesians bahkan bisa melengkapi data pencarian berdasarkan negara tertentu untuk setiap kata kunci yang diinginkan. Aplikasi ini merupakan aplikasi premium dengan hasil analisis yang lebih mendalam. Namun untuk mendapatkan ide saja, kamu sudah bisa menggunakan versi gratisnya.

Baca Juga: Tren Marketing Media Sosial 2019

Cara Riset Keyword YouTube Manual

Selain menggunakan aplikasi yang telah dijelaskan sebelumnya, DomaiNesians juga bisa menggunakan cara lain untuk memperoleh ide kata kunci YouTube. Dan yang paling sederhana adalah menggunakan fitur auto correction yang terdapat pada kolom pencarian YouTube.

cara riset keyword youtube

Misalnya, DomaiNeisians ingin mendapatkan ide kata kunci untuk “domain”. Maka, DomaiNesians cukup mengetikkan kata “domain” pada kolom pencarian dan tambahkan spasi, kemudian mulai mencari kata baru dengan mengetik satu huruf lagi. Sebagai contoh: Domain (spasi) m, maka yang keluar pada kolom dibawah adalah domain model class diagram, domain movie, domain music, domain murah dan seterusnya. Mudah bukan?

Bagikan Channel YouTube Kamu Di Sini!

Nah, setelah mengikuti tutorial cara riset keyword YouTube diatas, sekarang adalah waktunya show off YouTube milik kalian. Yuk komen di bawah nama channel kalian, agar bisa saling berbagi dengan yang lainnya. Oiya, jangan lupa juga tonton dan subscribe channel milik DomaiNesia untuk mendapatkan informasi produk dan diskon terbaru, dan tips terbaru soal dunia domain, hosting, internet marketing dan masih banyak lagi lainnya!

Argadahana

Artikel

Lainnya


Erismant
September 1, 2020

Yg sinyal Wifi nya lemah alias kurang strong untuk Oppo silahkan kunjungi di mari : https://www.youtube.com/watch?v=ia-6RkyE6ug

zulkifli zulkifli
August 26, 2020

mampir di channel anak makassar DAENG BARONGKO

zulkifli
August 26, 2020

mapir juga gan di channel anak makassar "Daeng Barongko"

Kreator Sumba
August 24, 2020

Yang suka tutorial pot bunga dari semen dan cara mudah buat motif sendiri silahkan klik disini https://www.youtube.com/channel/UCnYmLMrhzMaf4UT6XQx_ODQ

Batara channel
August 22, 2020

Saya yotuber pemula saya ingin jadi youtuber yang baik tolong di bantu. https://www.youtube.com/channel/UCc5mm7mOpu0G21sTQY_wouA

M.H. Kamila Official
August 21, 2020

Mampir ke Channel Aku yahh ka. dan Info nya terimakasih . Mau tau Aktivitas aku . dan Jalan jalan aku. yukk mampir. https://www.youtube.com/watch?v=piKNWR3ieZc.

andre
August 21, 2020

silahkan mampir yang suka burung kami komunitas burung kekinian, dan banyak tips merawat burung https://www.youtube.com/channel/UCt7WDuFWkOa0oUitsatc6zA?view_as=subscriber

AndriCR7 Gaming
August 20, 2020

Mampir ke channel YouTube saya tentang mobile legends https://www.youtube.com/channel/UCavhCb_wz2GdHMrbK2DCr5g

CAK HARIS
August 19, 2020

KOPI MERAPI kopi tradional kegemaran milenial di lereng Merapi https://www.youtube.com/watch?v=WckXUebwoUo&t=1s

Rudi napitu
August 18, 2020

Kunjunngi ya sobs vidioku Musik Trdisioeonal dan agu daerah batak, Trims🙏 https://www.youtube.com/c/jumalinetrendrudi7?sub_confirmation=1

Zaskya
August 18, 2020

Yang suka sama animasi silahkan hadir di sini : Zasky Official saskymaulia@gmail.com

Sunarto
August 18, 2020

Ayo sahabat semua, yang menginginkan video pembelajaran matemastika smp lengkap, silakan hadir ya di sini: https://www.youtube.com/c/faiznabil

Derry
August 15, 2020

Yang suka dan penasaran dengan metafisika dan hal- hal irasional merapat di sini. https://www.youtube.com/channel/UC5soYztBQbyIhMAs-uF7yqQ

bertus
August 13, 2020

Yang pengen pinter komputer disini https://www.youtube.com/channel/UCdKsB2RMckODCEu7MHhV7cw

Oka
August 11, 2020

Ayo yang ingin buat rasa boring tonton video komedi di https://www.youtube.com/c/CatatanSiBro

arif tasrikin
August 10, 2020

sekedar share ke temen2 yuk bagi yg suka burung kicauan mampir di sini https://www.youtube.com/channel/UCCn8yb8py2i-0WQ62gzmI0Q