• Home
  • Tips
  • Cara Riset Keyword Youtube Paling Jitu!

Cara Riset Keyword Youtube Paling Jitu!

Oleh Argadahana
4.72/5 (61)

DomaiNesians, perkembangan media yang satu ini bisa dibilang cukup pesat beberapa waktu belakangan. Jangan sampai ketinggalan, ini dia cara riset keyword Youtube paling jitu.

Cara Riset Keyword Youtube dengan Aplikasi

Banyak sekali kesalahan yang dilakukan orang, yaitu tidak mencari kata kunci sebelum membuat konten baik konten website maupun Youtube. Permasalahan yang akan timbul adalah, kamu tidak akan mendapatkan banyak viewers ketika tidak ada yang mencari kata kunci. Sehingga akan sangat susah untuk mendapatkan traffic yang organic dari media ini.

Mari kita kesampingkan dulu channel milik Atta Halilintar, Deddy Corbuzier, atau Ria Ricis. Karena mereka bisa dibilang sudah memiliki branded search untuk kata kunci nama mereka sendiri.

Baca Juga: Cara Menambah Subscriber YouTube 2019

Kata kunci adalah modal utama agar video milik DomaiNesians agar mudah ditemukan, sebelum nantinya komunitas penonton sudah terbentuk. Dan kamu telah memiliki traffic yang memang langsung mencari nama channel yang kamu miliki. Nah, untuk mencari kata kunci yang dapat mendatangkan banyak viewers kamu bisa menggunakan aplikasi riset keyword berikut ini.

Aplikasi Riset Keyword Youtube Gratis

  • SEMrush

Jika kamu merupakan pemain baru yang sedang mencari kata kunci, ada baiknya untuk memulai menganalisa kompetisi dengan menggunakan tool seperti SEMrush ini. Meskipun alat ini menyediakan informasi berdasarkan search volume Google, namun setidaknya akan memberikan kamu insight topik apa yang banyak dicari oleh orang. Ketika telah mendapatkan informasi ini, selanjutnya yang perlu dicari dengan SEMrush adalah skor kesulitan kata kunci tersebut.

Kesampingkan hasil pencarian yang tinggi di Google, dan tetap gunakan kata kunci itu sebagai konten YouTube. Karena pada beberapa kasus, konten dengan kata kunci tinggi belum tersedia di YouTube.

  • Keywords Everywhere

Keywords Everywhere adalah plugin Mozilla Firefox dan juga tersedia sebagai ekstensi di Google Chrome. Keywords Everywhere memungkinkan kamu untuk mengetahui search volume, CPC, dan kompetisi AdWords untuk kata kunci yang ingin kamu gunakan. Tidak hanya dapat digunakan di Google saja, namun juga dapat digunakan di YouTube.

Cara penggunaanya juga cukup mudah, kamu tinggal memasang plugin ini pada browser yang kamu gunakan. Dan tinggal mencari kata kunci yang kamu inginkan pada kolom pencarian Google ataupun YouTube. Kemudian secara otomatis data yang telah disebutkan sebelumnya akan muncul dibawah kolom pencarian. DomaiNesians bisa menggunakan data ini sebagai insight untuk membuat konten YouTube.

  • Keywordtool.io

Nggak perlu diragukan lagi, aplikasi yang satu ini telah terbukti kuat untuk bisa membantu kamu dalam riset kata kunci. Tidak hanya di Google, namun juga Bing, Amazon, eBay, App Store, dan tentu saja YouTube. Aplikasi ini tersedia dalam versi berbayar, namun juga dapat digunakan secara gratis.

keywordtool io

Namun kelemahan ketika menggunakan versi gratisnya adalah, kamu tidak dapat melihat search volume, trend, CPC, dan competition. Dan saran kata kunci terkait kata kunci milikmu pun dibatasi. Hanya saja, kamu tetap bisa menggunakan daftar masukan untuk kata kunci yang ingin kamu gunakan, dan membandingkannya dengan tool yang telah dibahas sebelumnya, Keyword Everywhere.

  • Google Trends

Google Trends juga dapat digunakan untuk mencari ide dalam membuat konten YouTube. Bisa dibilang, metode untuk riset keyword YouTube terbaik adalah dengan menggunakan Google Trends. Tidak hanya kuat dan akurat untuk mencari tren apa yang sedang banyak dibicarakan dan dicari orang di dunia maya. Namun juga karena alat ini gratis.

  • VidIQ

VidIQ adalah satu dari sekian aplikasi yang memiliki fungsi untuk riset kata kunci di YouTube. DomaiNesians bahkan bisa melengkapi data pencarian berdasarkan negara tertentu untuk setiap kata kunci yang diinginkan. Aplikasi ini merupakan aplikasi premium dengan hasil analisis yang lebih mendalam. Namun untuk mendapatkan ide saja, kamu sudah bisa menggunakan versi gratisnya.

Baca Juga: Tren Marketing Media Sosial 2019

Cara Riset Keyword YouTube Manual

Selain menggunakan aplikasi yang telah dijelaskan sebelumnya, DomaiNesians juga bisa menggunakan cara lain untuk memperoleh ide kata kunci YouTube. Dan yang paling sederhana adalah menggunakan fitur auto correction yang terdapat pada kolom pencarian YouTube.

cara riset keyword youtube

Misalnya, DomaiNeisians ingin mendapatkan ide kata kunci untuk “domain”. Maka, DomaiNesians cukup mengetikkan kata “domain” pada kolom pencarian dan tambahkan spasi, kemudian mulai mencari kata baru dengan mengetik satu huruf lagi. Sebagai contoh: Domain (spasi) m, maka yang keluar pada kolom dibawah adalah domain model class diagram, domain movie, domain music, domain murah dan seterusnya. Mudah bukan?

Bagikan Channel YouTube Kamu Di Sini!

Nah, setelah mengikuti tutorial cara riset keyword YouTube diatas, sekarang adalah waktunya show off YouTube milik kalian. Yuk komen di bawah nama channel kalian, agar bisa saling berbagi dengan yang lainnya. Oiya, jangan lupa juga tonton dan subscribe channel milik DomaiNesia untuk mendapatkan informasi produk dan diskon terbaru, dan tips terbaru soal dunia domain, hosting, internet marketing dan masih banyak lagi lainnya!

Argadahana

Mass communication enthusiast, currently finishing MBA @UGM. Got critics, suggestions, or want to discuss this topic more? Feel free to hit me on my social accounts. :D

Artikel

Lainnya


boga petualang
March 28, 2020

Terimakasih atas informasinya min,sangat-sangat bermanfaat sekali... Nitip nyimpen channnel min https://youtube.com/c/bogacreative

amino komputer
March 22, 2020

wahhh yang sy cari ketemu juga disini... makasih infonya min. nitip channel saya min. siapa tau ada saran untuk isi contennya https://www.youtube.com/channel/UCMRnw53NrhjCk6sJ9ZejzxQ/videos

Layly
February 12, 2020

Jangan lupa subscribe aku min Layly Hikmah

SDK Film
January 18, 2020

tutorialnya sangat membantu

amin
November 21, 2019

https://www.youtube.com/watch?v=EmDuKsWr3j0

Rawarontek Official
November 18, 2019

Silahkan dinikmati gan... guyonan jawa yang ringan untuk di tonton oleh semua kalangan jangan lupa like, komen, subscribe and share ya https://youtu.be/RoQoV8yOI4M

BN Chanel
October 18, 2019

Silahkan Mampir min dan kawan2 http://youtube.com/channel/UCYld9DGCgJdmL-WB9OuUCAw?view_as=subscriber

andy hann
October 16, 2019

youtube.com/andyhanngs nitip link supaya saling kenal sekalian jangan lupa mampir & kepoin

Saran muslim
October 13, 2019

Terima kasih min Infonya, sangat bermanfaat sundul Channel yang sangat baru saya ya min https://www.youtube.com/channel/UCAJR_rpNDkZ-h0bZtlx2UQw?view_as=subscriber

Cara Ampuh Optimasi SEO Youtube Step by Step - padukata.com
October 13, 2019

[…] Baca Selengkapnya: Cara Riset Keyword YouTube. […]

Arga
October 10, 2019

siaaap

Mrvituspolikarpus
September 26, 2019

Artikelnya bermanfaat, layak untuk dicoba, dipraktekkan sebagai alternatif google keyword keyword planner Oh ya nama channel saya Mrvituspolikarpus,... jika teman-teman ada waktu luang silahkan berkunjung ya. Terima kasih.

Arga
September 8, 2019

terimakasih, sukses channelnya

Arga
September 8, 2019

mantaaap, semoga sukses channelnya

ngeluyur tv
August 19, 2019

Sangat membantu nih iden ya ...sukses trus ya .... Semoga ada ya aku komen di sini ada yg subscribe channel aku amin

Arga
July 24, 2019

wah mantap nih, semoga sukses Nasru :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah