• Home
  • Tips
  • 5 Cara Menjadi Food Blogger Sukses

5 Cara Menjadi Food Blogger Sukses

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Pada era teknologi saat ini kebutuhan terhadap sebuah website bukanlah menjadi hal yang aneh. Memiliki website sendiri bukan hanya dibutuhkan oleh seseorang yang memiliki bisnis online. Bagi seseorang yang memang memiliki konsentrasi di dunia tulis-menulis disarankan untuk memiliki website sendiri untuk menampilkan hasil karyanya.

dari website yang kamu punya bahkan bisa dijadikan sumber pemasukan. Sejak awal-awal kemunculan blog, banyak orang beramai-ramai membuat blog. Hampir semua jenis tulisan bisa kamu temui di blog. Membuat blog bukanlah sesuatu yang sulit serta tidak memerlukan biaya banyak. Salah satu jenis tulisan yang paling terkenal dan banyak dicari adalah tentang makanan. Kita biasa menyebut penulisnya sebagai food blogger.

Apa itu Food Blogger?

Food Blogger adalah sebuah profesi yang membuat konten di blog khusus menulis tentang makanan. Biasanya seorang food blogger menulis review makanan atau tempat makan. Selain itu bisanya mereka juga menulis mengenai tips and trik seputar dunia kuliner. Namun ada juga yang mengisi blog nya dengan berbagai macam jenis resep masakan.

food blogger
Sumber: Pixabay

 

Sebagai seorang food blogger tentu saja mereka ingin memberikan informasi dan influence kepada lebih banyak orang melalui tulisan mereka. Sampai disini apakah kamu mulai tertarik? Jika kamu tertarik, kamu bisa memulainya dengan membuat website. Mungkin kamu berpikir untuk apa buat website? Sepertinya cukup dengan hanya menulis di blog.

Dengan membuat website kamu sedang membuka pintu lebih luas lagi agar makin banyak orang yang membaca tulisan kamu. Mungkin kamu tidak pernah menyangka jika blog kamu bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit. Lalu bagaimana membuat website yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah bagi para food blogger? Berikut tips yang bisa kamu coba!

  • Membeli Nama Domain

Tentu saja poin utama dalam membuat website adalah membeli nama domain. kamu bisa menyamakan nama domain kamu dengan nama blog kamu sebelumnya. Buatlah nama domain yang mudah diingat dan unik dan tentunya sesuai dengan konsep blog kamu. Agar orang bisa mudah mengingat nama website kamu dan tertarik untuk mengunjunginya.

food blogger
Sumber: Pixabay

 

  • Gunakan Web Hosting Sesuai Budget

Setelah kamu menentukan nama domain tentunya kamu membutuhkan hosting. Namun kamu harus cermat dalam menentukan hal ini. Walau bagaimanapun salah satu alasan kamu membuat website adalah untuk meraup penghasilan dari website kamu. Jadi jangan sampai rugi di awal.

Temukanlah provider web hosting profesional yang sesuai dengan budget kamu. Saat ini banyak sekali perusahaan yang menyediakan layanan domain dan hosting salah satunya adalah DomaiNesia. Provider ini akan membantu kamu untuk menentukan jenis domain dan hosting apa yang harus kamu gunakan. Menariknya provider ini menyediakan berbagai macam paket hosting dan domain yang bisa kamu pilih dan tentunya terjangkau.

  • Menggunakan CMS WordPress, Tema dan Plugin

Banyak perusahaan web hosting yang akan menyarankan kamu menggunakan cms WordPress. Karena tentu saja platform ini mudah untuk dioperasikan sehingga kamu tidak akan merasa kesulitan sekalipun kamu pemula.

Selain itu, belilah web theme yang sesuai dengan konsep food blog kamu agar desain blog kamu lebih menarik. Dan tidak kalah pentingnya instal lah beberapa plugin untuk menunjang website kamu agar lebih powerfull. Salah satu keuntungan menggunakan wordpress adalah platform ini menyediakan berbagai macam plugin yang bisa kamu gunakan secara gratis.

food blogger
Sumber: Pixabay

 

  • Tingkatkan Kualitas Konten dengan SEO

Search Engine Optimization atau yang sering disebut SEO adalah cara yang paling ampuh untuk mengoptimasi website kamu agar berada pada first page pada search engine. Tujuannya agar website kamu lebih mudah untuk ditemukan oleh orang melalui mesin telusur seperti Google, Mozilla, Opera Mini dan lainnya.

Meningkatkan SEO juga butuh teknik yang tepat. Dengan banyaknya pengunjung website and maka trafik website kamu akan meningkat dan hal tersebut dapat mengundang orang lain untuk bekerja sama dengan kamu seperti melakukan promosi dan sebagainya.

Sudah Membuat Website? Langkah Selanjutnya…

Akhirnya, kamu berhasil membuat website impian. Setelah itu, apa ya yang harus dilakukan untuk bisa menjadi seorang food blogger? cek step by stepnya dibawah ini ya.

  1. Mulai Menulis Artikel

Dengan website yang baru saja kamu buat, cobalah untuk memposting setidaknya seminggu sekali. Terutama di awal-awal, untuk membangun traffic dari mesin pencari ke website kamu. Semakin lama, website kamu akan semakin dikenal banyak orang. Jika sudah memiliki traffic yang banyak, kamu bisa memposting konten-konten yang beragam. Banyak pengunjung pasti akan suka dengan konten online lain seperti video. Kamu juga bisa membuat buletin dengan menggabungkan review yang selama ini kamu buat.

  1. Buatlah Newsletter

Lebih dari sekedar Instagram, Twitter, atau Facebook, newsletter adalah cara terbaik untuk tetap mengingat pengunjung setia. Melalui newsletter, kamu juga bisa memberitahu pengunjung tentang profesi yang kamu geluti, langsung ke inbox email mereka. Semakin banyak pembaca yang kamu miliki, semakin banyak pula pengunjung yang akan kembali ke website kamu. Banyaknya traffic akan menarik banyak pengiklan dan sponsor yang potensial, dan semakin banyak penghasilan yang akan kamu terima.

food blogger
Sumber: Pixabay

 

  1. Belajar Menerapkan SEO Lebih Baik

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, semakin banyak penghasilan yang akan kamu terima. Cara lain untuk menarik lebih banyak pembaca adalah dengan memastikan semua konten dioptimalkan oleh mesin pencari. Plugin dan alat yang paling banyak digunakan untuk SEO adalah Yoast SEO dan Google Trends.

  1. Cari Berbagai Sumber Penghasilan

Satu rahasia blogger dengan penghasilan yang banyak adalah, mereka punya lebih dari satu sumber penghasilan. Ada banyak cara bagi para food blogger di dunia untuk menghasilkan uang. Bisa dengan menawarkan posting yang disponsori, video di YouTube, platform media sosial, dan lain-lain. Kamu bahkan bisa saja ditawari menjadi ambassador produk makanan tertentu dan mendapat uang tambahan dari tautan afiliasi.

  1. Berteman dengan Sesama Blogger

Networking adalah hal yang penting dalams setiap kegiatan marketing. Tidak terkecuali untuk para blogger. Kamu bisa memanfaatkan networking untuk membantu menumbuhkan platform media sosial seperti Instagram dan YouTube. Teman-teman sesama blogger akan merekomendasikan satu sama lain untuk pekerjaan berbayar. Selain keuntungan tersebut, memiliki teman sesama blogger bisa menyemangati kamu karena memiliki profesi yang sama.

food blogger
Sumber: Pixabay

 

Demikianlah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk para food blogger yang ingin memulai membuat website food kamu. Jika kamu melakukannya dengan tepat tentu saja kamu bisa mendapatkan penghasilan yang tidak sedikit dari website tersebut. Namun tidak lupa tentu saja kamu harus melengkapi website kamu dengan konten-konten yang menarik.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!