• Home
  • Tips
  • Cara Simpel Anti Ribet Tutorial Facebook Ads untuk Pemula

Cara Simpel Anti Ribet Tutorial Facebook Ads untuk Pemula

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Berbisnis lancar dengan memasang banyak iklan produk atau jasa memang baik, namun kamu harus tahu bahwa penempatan iklan yang baik dan pas akan menghasilkan pekerjaan yang efektif. Penempatan iklan yang efektif bisa kamu lakukan di jaman sekarang yang semua hal ditawarkan dengan mudah. Kamu bisa menggunakan banyak platform media periklanan, terutama media sosial seperti Instagram atau Facebook.

Penggunaan media sosial dinilai lebih efektif dan biaya yang murah daripada media iklan konvensional. Ada banyak tutorial facebook ads untuk pemula yang bisa kamu pelajari untuk bisa menempatkan iklan produk dan jasa mu. Facebook Ads adalah salah satu platform yang bisa kamu pakai. Lantas apakah susah menggunakannya? Berikut adalah tutorial facebook ads untuk pemula yang bisa kamu simak!

Pengenalan Facebook Ads

Sebelum lebih jauh membahas bagaimana Facebook Ads bekerja untuk mempermudah pengiklanan produk atau jasa yang kamu miliki, kamu harus tahu dulu apa itu Facebook Ads. Facebook Ads masuk menjadi salah satu fitur yang ditawarkan oleh media jejaring sosial Facebook untuk menyasar para pelaku bisnis. Fitur yang dimiliki Facebook Ads adalah membantu mengiklankan atau menawarkan produk yang kamu jual. Facebook Ads memberi kelegaan pada pebisnis karena harga yang ditawarkan cukup murah dengan harga promosi mulai dari 10 ribu rupiah per hari.

tutorial facebook ads untuk pemula
Sumber: Pixabay

Tutorial Facebook Ads untuk pemula

Pemasangan iklan melalui Facebook Ads yang bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah berikut:

  1. Login ke Halaman Facebook

Kalau kamu ingin mencoba beriklan di laman Facebook, maka hal yang harus kamu lakukan adalah memiliki fanpage. Fanpage ini untuk menandai bahwa kamu memiliki akun bisnis di Facebook, karena akun pribadi tidak dapat melakukan pengiklanan produk yang kamu posting. Kamu harus tetap memiliki Fanpage meskipun usaha produk mu masih dalam skala kecil sehingga suatu hari nanti ketika sudah berkembang lebih besar kamu langsung bisa beriklan. Jika sudah, masuk ke laman Facebook Ads dengan login menggunakan akun Facebook kamu dan pilih “Buat Iklan”.

  1. Mulai Promosikan Iklan

Masuk ke laman Facebook Ads Manager kamu akan diberikan pilihan terkait menu-menu yang bisa kamu pilih untuk disesuaikan dengan iklan yang akan kamu buat. Kamu bisa klik panel “Promosikan” yang ada pada sebelah kiri atas untuk menampilkan halaman pop-up yang menawarkan beberapa pilihan cara yang kaitannya untuk mengembangkan bisnis.

Beberapa cara tersebut adalah promosi bisnis wilayah lokal, pengaturan penambah jumlah pengunjung website, dan bagaimana mendapatkan prospek baru. Kamu hanya perlu melakukan klik pada tombol “Dapatkan Lebih Banyak Pengunjung Situs Web.”

  1. Pengaturan Materi Iklan

Di halaman pengaturan materi iklan, kamu perlu mengisi informasi terkait halamanmu. Kelengkapan informasi yang kamu miliki akan memperbesar kemungkinan untuk mendapatkan pengunjung website atau jangkauan pada khalayak yang kamu sasar. persiapkan foto produk dengan kualitas terbaik usahakan untuk tidak blur dan memiliki pencahayaan yang baik.

tutorial facebook ads untuk pemula
Sumber: Pixabay

Foto yang akan ditampilkan di facebook memiliki ukuran kecil, jadi jangan gunakan foto yang memiliki detail terlalu kecil. Ketika scroll ke bawah, kamu akan menemukan beberapa detail seperti durasi penayangan iklan. Disini, kamu harus tentukan berapa lama iklan mu ditayangkan. Semakin lama iklan tayang, maka kunjungan di website mu akan semakin meningkat.

  1. Pengaturan Pembayaran

Pemasangan iklan di Facebook tentu membutuhkan biaya. Uniknya, disini kamu harus memiliki deposit saldo sejumlah uang. Kamu harus akses https://business.facebook.com/home/ untuk pengiklanan di Facebook. Lakukan pengisian saldo dengan memencet tombol Business Settings dan kamu akan diarahkan ke “Payment”.

Facebook akan menghitung jumlah tagihan yang perlu kamu bayarkan. Harga yang ditampilkan berbeda-beda karena sesuai dengan informasi dan iklan apa yang ingin kamu tampilkan di halaman Facebook. Jika kamu sudah selesai menentukan informasi dan perkiraan biaya, klik “Promote” untuk menuju ke cara pembayaran.

Ada dua cara pembayaran yang bisa kamu gunakan, yaitu melalui pembayaran debit atau kredit. Pembayaran menggunakan kartu kredit, biasanya kamu akan diminta mengisi data berupa “Billing Country” alias lokasi pembayaran mu, mata uang atau “Currency” dan nomor kartu kredit milik mu.

Tuliskan juga masa aktif kartu kredit yang kamu miliki untuk diverifikasi oleh pihak Facebook Ads. Tidak punya kartu kredit? Tak perlu khawatir karena kamu tetap bisa mengisi saldo untuk iklan dengan transfer bank.

  1. Buat Iklan dan Publish

Langkah terpenting dalam tutorial facebook ads untuk pemula, adalah pembuatan konten yang akan kamu publish. Setelah memencet tombol “Promote” kamu akan melihat tampilan pengaturan untuk judul iklanmu, pengaturan biaya yang akan kamu pakai per hari iklan (daily budget), pengaturan rentang waktu kapan memulai dan mengakhiri iklan, rentang usia yang disasar, wilayah, jenis kelamin, hingga minat dari target sasaran mu.

Segala informasi ini akan dianalisis oleh Facebook, diolah agar kamu bisa mendapatkan “Potential Reach” atau jangkauan dari iklan mu. Kemudian kamu juga mengatur penempatan iklan pada fitur “Placement”. Fitur ini memungkinkan kamu mengatur penayangan iklan, bisa di desktop atau smartphone.

tutorial facebook ads untuk pemula
Sumber: Pixabay

Setelah semua settingan selesai, maka kamu bisa langsung mengajukan iklan yang akan di publish. Pengajuan ini dilakukan agar Facebook melakukan review atas iklan yang kamu buat apakah layak untuk tayang atau tidak. Kamu akan melihat status pengajuan mu apakah masih “Pending Review” atau sudah berganti menjadi “Active”. Ketika sudah berganti menjadi “Active” maka iklanmu sudah bisa ditayangkan dan akan diberikan label “Sponsored”

Apakah kamu sudah paham dengan penjelasan Cara Simpel Anti Ribet Tutorial Facebook Ads untuk Pemula? Facebook Ads membantu kamu yang memiliki bisnis online karena tugasnya adalah menyebarkan konten iklan tentang bisnis yang kamu miliki pada timeline para user Facebook. Semoga bermanfaat!

Ratna Patria

Artikel

Lainnya


Fadila Fitra
February 21, 2020

Terimakasih min tutorial nya

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!