About Me Harus Menarik, Ini Cara Rahasianya!4 min read

No ratings yet.

About Me Harus Menarik

Pernahkah kamu mengamati website hingga detail pada semua fitur yang ada didalamnya? Pengunjung website umumnya tak pernah mencoba untuk mengamati dan mencari tahu apa saja yang ada di dalam website. Banyak dari user hanya mencari sesuai hal yang ia perlukan dengan menggunakan fitur search yang ada di dalam website.

Halaman About Me Pada Website

Kalau kamu mau memperhatikan, pada setiap website pasti terdapat halaman about us atau About Me. Halaman ini ternyata memiliki peran yang cukup penting dalam sebuah website. Mengapa? Disadari atau tidak, pengunjung website mencari halaman About Me untuk memastikan apalah halaman benar-benar kredibel.

Latar belakang dan identitas website bisa di screening oleh user sebagai informasi dan identifikasi awal mereka terhadap website. Jika kamu menggunakan website pada usahamu, maka akan banyak user yang melihat bagaimana reputasi perusahaan mu lewat halaman About Me ini. Mereka harus tahu gambaran umum website kamu sebagai impresi awal tentang perusahaanmu.

Tips Membuat About Me Menarik

Lantas bagaimana cara membuat impresi awal yang baik terhadap website kamu oleh user? Ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu coba untuk membangun halaman About Me, apa saja?

halaman about me

Sumber: Pixabay

  1. Terlihat Mengundang

Kamu membutuhkan atensi dari user mu agar mereka mau mampir di website mu. Untuk itu kamu harus membuat konten yang mengundang user mu untuk membaca. Kamu bisa memulai menulis hal-hal pengantar yang lucu, aneh atau tidak biasa.

Kamu bisa membuatnya dalam bentuk headline untuk memperjelas dan mempertegas. Dalam menulis halaman About Me kamu harus paham bahwa ada beberapa hal yang harus kamu ingat, hal-hal itu adalah: Siapa kamu? (who you are), Apa yang kamu kerjakan (What you do), Mengapa kamu lakukan (Why you do it).

  1. Jadilah Informatif

Bagaimana menjadi dikenal kalau kamu tidak mengenalkan diri dengan deskripsi yang jelas dan mudah dipahami. User ingin mengenalmu, jadi buatlah website mu untuk dipahami oleh mereka dengan menyajikan informasi yang informatif mengenai website mu atau perusahaan mu.

Halaman About Me harus bisa membuat user mengerti seberapa besar value yang kamu tawarkan, seberapa besar passion yang kamu tampilkan sehingga membuat mereka senang untuk berkunjung ke website mu. Tulislah hal-hal yang penting dan pastikan kamu membuat sejelas mungkin dan tidak terlalu panjang.

  1. Kamu Otentik

Jadilah dirimu sendiri, halaman About Me haruslah menceritakan dirimu sendiri atau perusahaan yang kamu lakukan. Bahasa yang kamu pakai dibuat senyaman mungkin agar user merasa nyaman dan mudah mengerti. Tak perlu menulis hal-hal besar yang justru membuat user mu merasa kamu mengada-ada. Beri mereka kesempatan untuk menikmati bahasa yang kamu sajikan.

  1. Jujur (Truthful)

Menjadi apa adanya adalah hal yang bisa kamu lakukan. Penting untuk tetap memberikan informasi sesuai apa yang kamu sajikan tanpa dilebih-lebihkan. Informasi yang bisa dipercaya, enak dibaca dan sesuai dengan konsep dari website mu membuat user memiliki pemikiran terhadap websitemu.

halaman about me

Sumber: Pixabay

  1. Make It Simple

Kamu memang harus menulis informasi terkait website mu secara sederhana, namun bukan berarti kamu menulis semua hal dan panjang lebar. Kamu tidak harus menceritakan cerita dibalik perjalanan mu atau perusahaan mu dari awal hingga akhir pada halaman About Me. Kamu bisa menulis hal-hal yang memiliki makna paling berkesan, kejadian penting yang sangat mengubahmu, atau hal penting yang mengubah hidupmu. Pastikan tulisanmu singkat dan nyaman dibaca.

  1. Rutin Diperbarui

Banyak hal yang berubah dari kamu atau perusahaanmu, maka kamu perlu melakukan pembaruan terhadap halaman About Me. Tak perlu mengubah pembaruan secara total, kamu bisa memperbarui informasi-informasi ringan bisa terkait proyek yang sedang kamu lakukan, atau produk yang sedang naik daun dari perusahaanmu. Hal ini akan membuat user yang membaca memiliki pandangan bahwa website mu selalu aktif dan terpelihara.

  1. You Can Help Them

Kamu bisa membantu user mu untuk menemukan apa yang mereka butuhkan dari service yang kamu miliki. Kamu bisa menjadi seseorang yang memberikan solusi atas kebutuhan yang mereka perlukan. Kamu bisa juga menampilkan testimoni pada halaman About Me untuk membuat usermu tahu seberapa besar impact mu kepada user yang pernah kamu lakukan.

  1. It’s Not Only About You

User yang membaca halaman About Me yang kamu miliki berasumsi seperti apa kamu bisa membantu mereka. Oleh karena itu, penting jika kamu bisa membangun rasa empati user mu agar mereka mengerti, seberapa penting kamu dan bagaimana kamu membantu menyelesaikan masalah mereka.

  1. Jalin Hubungan

Buat usermu untuk terhubung dan berkomunikasi lebih lanjut dengan mencantumkan kontak yang bisa mereka hubungi. Bisa kontak telepon, email atau media sosial yang bisa diakses. Kamu bisa juga menggunakan kata-kata yang menggugah untuk melakukan seperti, hubungi kami, perlu bantuan? Mari lebih dekat! dan lain-lain.

halaman about me

Sumber: Pixabay

Kreatif dan Jujur adalah Kuncinya

Tidak ada aturan baku untuk menulis seberapa panjang halaman About Me yang harus kamu tulis. Cukup hanya perlu mengerti apa yang akan kamu sampaikan, bagaimana kamu akan menyampaikan pada usermu, dan seberapa penting isi tersebut untuk disampaikan. Pastikan juga hal-hal tersebut tertulis dengan jelas, padat, dan menarik. Jadilah kreatif sesuai dirimu sendiri, jadilah jujur dan terbuka pada usermu.

Demikian ulasan mengenai About Me Harus Menarik semoga membantumu dalam membangun halaman About Me pada website dengan lebih menarik lagi. Kamu juga bisa melihat daftar artikel menarik yang lain dibawah ini!

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar