Contoh Website yang Menarik Pengunjung5 min read

Contoh Website yang menarik pengunjung

Website adalah sebuah kumpulan halaman web yang terdapat media didalamnya. Umumnya terdapat nama domain dan terkait pada minimum satu webserver. Meski jumlah website didunia ini berjumlah lebih dari jutaan alamat, namun tidak banyak yang memiliki pengunjung. Nah, bagaimana contoh website yang menarik pengunjung?

Banyak sekali tujuan orang dalam membuat website, misalnya membuat sebuah toko online untuk menunjang pemasaran produknya. Atau membuat sebuah website portofolio untuk memasarkan dirinya atau mengenalkan dirinya pada khalayak. Ada juga yang membuat sebuah website pribadi untuk menulis ide-ide kreatifnya.

Namun ada juga yang memang membuat sebuah blog untuk menarik pengunjung yang banyak sehingga mendatangkan para pemasang iklan. Sehingga jumlah pengunjung begitu berarti sebagai data agar pemasang iklan mau beriklan di websitenya. Sebenarnya apa yang membuat pengunjung betah berlama-lama di sebuah website, baik itu website portofolio, blog pribadi atau sebuah toko online?

Relevansi adalah Kunci Website Digemari Oleh Pengunjung

Relevansi atau keakuratan isi sebuah website adalah kunci seorang akan betah berlama-lama di website kamu. Misalnya sebagai contoh website cara memasak, tentunya akan berisi konten cara memasak dan tips-tips lain seputar dunia memasak. Namun jika sebuah website dengan kata kunci dan tema utama mengenai tips memasak diisi konten berisikan tips memperbaiki komputer, misalnya, maka pengunjung akan otomatis pergi.

Baca Juga: Cara Agar Website Menjadi Peringkat Atas di Google

cara jadi halaman satu google

sumber: pexels

Relevansi jugalah yang membuat website kita menjadi mudah diberi peringkat yang tinggi oleh Google. Contoh website yang baik dan diberi peringkat tinggi adalah website yang optimal dari segi SEO. Selain itu juga contoh website yang baik adalah website yang fokus terhadap pengerjaan satu tema. Lalu, bagaimana pengaplikasian pada setiap jenis website yang menarik?

Contoh Website Portofolio

Jika jaman dahulu portofolio atau CV ditulis secara sederhana dan dicetak pada selembar kertas. Atau sebuah album foto fisik dan kaset yang berisikan video hasil pekerjaan. Sekarang dengan menggunakan website kamu sudah bisa memiliki portofolio yang lebih simpel dan ringkas.

Ada banyak sekali contoh website portofolio yang bisa digunakan sebagai template. Berbagai tema pun bisa didownload dan diaplikasikan secara gratis. Tema yang paling mudah digunakan adalah tema untuk CMS WordPress.

Baca Juga: Cara Membuat Situs Dengan WordPress

Contoh Website Toko Online

Memiliki toko online adalah salah satu kegiatan bisnis online yang banyak dimiliki orang sekarang ini. Banyak sekali yang menggunakan website sebagai jalan untuk memasarkan produk mereka, selain menggunakan media sosial. Hal ini cenderung dilakukan para pebisnis online karena menggunakan website cenderung lebih bebas dan bisa di custom sesuai keinginan pembuatnya.

contoh website toko online

sumber: pexels

Beberapa contoh website toko online yang kerap digunakan adalah dengan menggunakan wordpress, prestashop, atau shopify. Tidak hanya itu juga namun banyak sekarang vendor yang telah menyediakan paket lengkap website toko online dengan menggunakan CMS buatan mereka sendiri. Namun, khusus untuk CMS wordpress, biasanya menggunakan plugin tambahan bernama woocommerce.

Baca Juga: Buat Toko Online Pertamamu Dengan Woocommerce

Contoh Website Bisnis

Sama seperti sebuah website portofolio, website bisnis bertujuan untuk menyampaikan informasi mengenai sebuah bidang usaha yang dikerjakan oleh perusahaan. Nggak cuma informasi, namun juga penawaran dan daftar harga yang biasanya disertakan pada sebuah website bisnis. Salah satu contoh website bisnis adalah website milik Apple Inc. Selain sebagai sebuah portofolio juga berguna untuk menyampaikan program dan informasi kepada customernya.

Contoh Website Blog Pribadi

Dari sekian contoh website yang telah kita bahas sebelumnya, jenis website pribadi bisa dibilang adalah yang paling fleksibel dan multifungsi. Banyak sekali para internet merketer yang membuat website blog pribadi untuk mendapatkan pemasukan dari adsense atau jalan lainnya. Website yang dibuat pun bisa dari dasar wordpress maupun blogger. Untuk kedua CMS ini biasanya para internet membeli domain agar bisa melepaskan embel-embel subdomain dari wordpress maupun blogger.

cara membuat website

sumber: pexels

Baca Juga: Beli Domain Murah Untuk Meningkatkan Kredibilitas

Website yang Baik Itu Seperti Apa?

Membuat website jadi semakin mudah dengan kehadiran banyak sekali CMS yang semakin ramah pada penggunanya. Kehadiran ini juga semakin memperluas peluang berbisnis secara online. Meski banyak yang masih kebingungan soal contoh website yang menarik pengunjung itu seperti apa.  Secara sederhana, ada sebuah ceklist yang harus diikuti agar website menjadi menarik untuk pengunjung.

  1. Pesan yang Jelas dan Kuat

Website adalah peluang terakhir untuk menyenangkan audiens yang masuk. Nah, apa yang pertama kali pengunjung lihat ketika mereka datang kesebuah website? Apakah mereka tahu apa tujuan yang ingin disampaikan website tersebut?

Dalam rangka untuk mendapatkan sebuah website yang sukses menarik pengunjung, kita harus memiliki pesan yang jelas hingga semua pengunjung bisa memahaminya. Cara terbaik untuk berkomunikasi dengan pengunjung, adalah melalui homepage. Hal ini juga membantu Google lebih mudah memahami jenis website apa yang sedang mereka crawl.

  1. Navigasi yang Mudah

Hal lain yang penting untuk sebuah website adalah navigasi. Banyak pemilik website yang gagal menampilkan sebuah tatanan halaman yang baik dan jelas untuk navigasi para pengunjung yang datang. Cara terbaik untuk membuat navigasi yang mudah adalah membuat struktur yang logis, sehingga memudahkan pengunjung yang masuk untuk masuk ke halaman berikutnya.

Navigasi biasanya akan lebih mudah terbaca apagila diletakkan pada bagian atas sebuah website. Selain itu juga dengan menambahkan breadcrumb adalah salah satu cara memudahkan navigasi.

  1. Konten dan Konten

Fungsi utama dari website adalah menyampaikan konten yang relevan, seperti yang sudah kita bahas diawal. Konten yang relevan dan memberikan solusi terhadap permasalahan yang mereka hadapi akan membuat pengunjung betah di halaman website yang dimiliki.

cara membuat konten website

sumber: pexels

Gunakan bahasa yang jelas dan minim kesalahan (typo) untuk mendorong pengunjung menggali lebih dalam konten yang sedang mereka nikmati. Jangan lupa untuk membuat sebuah konten, dengan mencantumkan kata kunci yang diinginkan pada bagian judul. Taktik ini salah satu dari sekian search engine optimization (SEO) yang palilng dasar.

  1. Membangun Komunitas

Membangun komunitas untuk bisnis adalah salah satu investasi jangka panjang yang bisa dilakukan. Dan sama seperti halnya dalam membangun komunitas untuk website yang dimiliki. Ada banyak sekali contoh website yang bisa menari pengunjung lebih banyak karena memiliki basis komunitas yang juga loyal.

Kegiatan membangun komunitas ini bisa dilakukan dengan membuat grup facebook atau media sosial lainnya. Menggunakan media sosial sebagai “pendamping” sebuah website cukup terbukti membantu menaikkan traffic. Sekaligus untuk mewadahi para pembaca setia agar tetap ter-engage pada website kita.

Kesimpulan

Membuat website yang dapat menarik pengunjung lebih banyak bisa dibilang cukup sederhana. Dengan memperhatikan konten yang ditampilkan, dan aturan-atuan dalam SEO. Sedangkan untuk tema wordpress gratis bisa banyak sekali didapatkan di internet.

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

2 komentar

  1. Avatar Noonaa berkata:

    Cara yang menarik untuk mendapatkan website yang baik

  2. Avatar Noonaa berkata:

    Cara yang baik untuk mendapatkan website yang bermutu dan berkualiatas bisa KLIK LINK INI

Komentar