• Home
  • Berita
  • Mengenal Lebih Jauh Mengenai Komputer Generasi Kelima

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Komputer Generasi Kelima

Oleh Ayoni Sulthon
No ratings yet.
Komputer Generasi Kelima

Komputer merupakan salah satu perangkat elektronik yang paling banyak digunakan di dunia ini, lantaran fungsinya yang dapat memudahkan aktivitas manusia, seperti berkomunikasi lebih cepat, mengakses sumber literatur tanpa mengenal batasan tempat, dan lain sebagainya.

Bisa dibilang, komputer terus berkembang seiring meningkatnya kebutuhan dan keinginan manusia, yang menurut berbagai sumber — dewasa ini generasi komputer sudah mencapai lima generasi.

Mulai dari komputer generasi pertama dengan tabung hampanya, komputer generasi kedua dengan transistornya, komputer generasi ketiga dengan IC (Integrated Circuit), komputer generasi keempat dengan mikroprosesor VLSI (Very Large Scale Integration), hingga komputer generasi kelima dengan mikroprosesor ULSI (Ultra Large Scale Integration). Artikel kali ini akan membahas lebih jauh mengenai komputer generasi terbaru.

Apa Itu Komputer Generasi Kelima?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, komputer generasi kelima merupakan komputer-komputer yang menggunakan ULSI sebagai mikroprosesornya. Komputer generasi ini dilahirkan pada tahun 1980, dan kehidupannya berlangsung hingga kini. Di samping itu, komputer ini juga memanfaatkan parallel processing dan Artificial Intelligence secara penuh.komputer generasi ke lima

Apa itu parallel processing? Parallel processing atau pemrosesan secara paralel adalah kemampuan komputer dalam menyelesaikan banyak pekerjaan dalam waktu yang sesingkat mungkin. Hal ini disebabkan dari sejumlah mikroprosesor yang terpasang dalam internal komputer — mampu bekerja secara bersama-sama dan paralel.

Sedangkan Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan merupakan salah satu komponen komputer yang mampu memudahkan berbagai pekerjaan komputer secara otomatis. Di mana proses memudahkan pekerjaan ini didapat dari pengalaman mesin dalam mengolah beragam input data sebelumnya menjadi segala sesuatu yang dapat membantu aktivitas manusia. Contohnya adalah penyesuaian informasi yang Anda inginkan di mesin pencarian Google.

Kembali lagi ke komputer generasi ke 5. Dari segi bentuk, komputer generasi ini menyerupai komputer generasi keempat, keduanya sama-sama memiliki perangkat komputer seperti layar laptop, CPU (Central Processing Unit), keyboard, dan mouse. Hanya saja, komputer generasi ke 5 memiliki bentuk fisik yang lebih kecil dengan bobot yang lebih ringan ketimbang komputer generasi keempat.

Belum lagi membahas soal kecanggihan. Komputer generasi kelima tentu lebih canggih ketimbang komputer generasi keempat, sebagai wujud dari tuntutan zaman terhadap perkembangan generasi komputer.

Baca juga : Hosting murah diskon Selamanya

Contoh mudahnya pun dapat dilihat dari bagaimana komputer bisa dioperasikan dengan menyentuh jemari di layar laptop, tidak harus menggunakan mouse ataupun keyboard sebagaimana pada komputer generasi keempat.

Selain masalah fisik, komputer generasi kelima lebih unggul dari sisi bahasa pemrograman. Bahasa-bahasa pemrograman pada komputer generasi kelima diketahui lebih praktis dan lebih mudah digunakan oleh manusia, meskipun belum sepenuhnya bisa menampik fakta bahwa masih banyak bahasa pemrograman tingkat tinggi.

Dari segi performa, komputer generasi kelima tentunya jauh lebih bagus ketimbang komputer-komputer pada generasi sebelumnya. Lantaran, komputer generasi ini memiliki teknologi superkonduktor, sehingga ia mampu mengirimkan informasi elektronik dengan kecepatan begitu tinggi tanpa mengalami hambatan sama sekali.

Tambah lagi, kualitas grafis pada komputer generasi ke 5 semakin menakjubkan. Kapasitas penyimpanannya pun semakin perkasa, bisa menyimpan berbagai file, program, ataupun aplikasi hingga  mencapai ukuran terabyte. Kapasitas RAM juga tidak kalah unggulnya, fungsinya diketahui mampu membuat komputer bekerja semakin optimal.

Apa Saja Komponen Dari Komputer Generasi Kelima?

Dari uraian di atas, setidaknya Anda dapat mengetahui apa saja komponen dari komputer generasi kelima, mulai dari segi kecanggihan,fisik, performa, hingga kualitas grafis. Maka itu, berikut beberapa komponen utama dari komputer generasi kelima.

  • Teknologi ULSI, salah satu komponen komputer yang memungkinkan pemadatan 100 ribu hingga 1 juta komponen elektronik di dalam sebuah mikroprosesor.
  • Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan. Pada mulanya, komputer generasi kelima ini memanfaatkan AI dalam tingkat rendah. Namun, penggunaan AI ini terus berkembang seiring dengan perkembangan komputer.
  • Parallel Processing, penggunaan berbagai mikroprosesor di waktu yang bersamaan secara paralel.
  • Teknologi Superkonduktor, salah satu komponen komputer generasi kelima yang mampu mempercepat dan memudahkan pengiriman informasi.
  • Interface yang user friendly, Anda dapat melihatnya dari mouse yang dapat dioperasikan secara optik atau sensorik, tidak perlu lagi menggunakan kabel panjang. Layar komputer pun dapat Anda sentuh untuk memasukkan data input ke dalam komputer.
  • Bentuk fisik dari komputer generasi kelima jauh lebih kecil, ringan, compact, canggih, dan tentunya lebih murah ketimbang komputer generasi sebelumnya.
  • Perkembangan komputer generasi kelima hingga masa kini memungkinkan untuk berkembangnya natural language understanding, yaitu perkembangan komputer dengan bahasa yang bisa dimengerti oleh manusia.

Baca juga : apa itu NVME ? penting untuk bisnis

Tip-Tipe Komputer Generasi Kelima

Terdapat beberapa tipe dalam komputer generasi kelima, di antaranya ada komputer desktop, Laptop, ChromeBook, NoteBook, dan UltraBook. Pada umumnya, komputer generasi ke 5 memanfaatkan penggunaan mikroprosesor mikro x86, namun komputer-komputer ini memiliki perbedaan yang ditunjukkan sebagai berikut.

Laptop

Laptop merupakan komputer yang umumnya digunakan di atas pangkuan Anda. Biasanya, komputer satu ini berukuran kecil dengan beratnya mencapai 1-6 kg, dilengkapi pula dengan baterai sebagai sumber tenaganya. Lantaran fisiknya ini, istilah laptop kerap kali tertukar dengan Notebook.

Notebook

Sering tertukar dengan laptop, namun bedanya adalah komputer satu ini memiliki hampir seluruh komponen komputer pada internalnya. Notebook juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik lainnya, seperti CD/DVD/Blu-Ray Drive, HDMI, USB Port, VGA Port. card reader, dan Touchpad.

Saking lengkapnya fitur Notebook, bahkan melebihi laptop, banyak yang yang menjulukinya sebagai “Laptop yang sebenarnya”, terlebih dengan ukuran kecilnya yang hanya mencapai 12-18 inci.

Netbook

Berikutnya ada Netbook atau yang sering dikenal sebagai “Laptop Mini”, lantaran ukurannya yang hanya berkisar 9-12 inci. Tampaknya, ukuran kecil dari Netbook didukung pula dari spesifikasinya yang lebih rendah dari Notebook ataupun Laptop. Buktinya, komputer ini tidak dilengkapi dengan CD/DVD/Blu-Ray Drive dan berbagai komponen Notebook lainnya.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena harga Netbook pun setara dengan ukuran dan kelengkapan fiturnya. Di Indonesia, harganya hanya dibanderol sekitar Rp 2 juta – Rp 4 juta saja. Netbook cocok sekali digunakan oleh Anda yang hanya ingin mengetik, menonton, ataupun mendengarkan lagu.

Baca juga : web hosting DomaiNesia uptime 99.9%

Ultrabook

Ultrabook merupakan salah satu komputer generasi kelima yang lahir belum lama ini. Produk ini berukuran 11-15 inci dan tidak memiliki fitur bawaan CD/DVD/Blu-Ray Drive selayaknya pada Notebook. Akan tetapi, Ultrabook diketahui memiliki spesifikasi yang sama bahkan lebih tinggi daripada Notebook.

Salah satu ciri khas yang menonjol dari Ultrabook adalah SSD (Solid State Drive), yang diketahui mempunyai performa jauh lebih baik ketimbang dengan HDD (Hard Disk Drive). Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan masih ada Ultrabook yang menggunakan HDD, di mana ini disesuaikan dengan bentuk bodi ataupun kesesuaian drive dengan komponen-komponen lainnya.

Chromebook

Komputer generasi kelima satu ini memiliki ukuran yang sama dengan Ultrabook, yaitu berkisar 11-15 inci. Hanya saja, keduanya jauh berbeda dari segi spesifikasi maupun sistem operasi. Untuk spesifikasi, misalnya, Chromebook dikabarkan mempunyai spesifikasi minim. Kendati demikian, dengan sistem operasi ChromeOS, Chromebook tetap mampu bekerja secara baik dengan spesifikasi yang minim.

Untuk membeli Chromebook, Anda perlu merogoh gocek sekitar Rp 2 juta – Rp 3 juta, jauh lebih murah ketimbang jenis-jenis komputer generasi kelima lainnya. Bagi Anda yang bekerja kantoran, Chromebook pun menjadi pilihan yang memuaskan, mengingat ia mampu bekerja dengan memanfaatkan aplikasi office secara maksimal.

Berbagai Contoh Komputer Generasi Kelima

Setelah Anda mengetahui komputer generasi kelima, berikutnya Anda akan disuguhkan lebih jauh mengenai komputer generasi kelima dari sisi contohnya. Beberapa contoh dari komputer generasi kelima ini adalah IBM PC 5150, BM 5140 PC, Macintosh 128k, dan Macbook, berikut penjelasannya.

IBM PC 5150

Nama komputer generasi kelima ini merupakan mutasi dari nama penciptanya, yakni IBM itu sendiri. Lantaran, IBM PC 5150, merupakan komputer pribadi pertama yang diproduksi secara maksimal oleh perusahaan tersohor itu, dan diluncurkan pada 1981 silam.

Pada masa produksi massal pertamanya, komputer ini dilengkapi dengan prosesor 16-bit Intel 8088, power supply 63.5 W, memori berukuran 64 KB serta media penyimpanan berupa floppy disk drive berukuran 5.25 inci dengan kapasitas 320 – 360 KB.

Komputer generasi kelima satu ini dikabarkan mempunyai ROM dengan interpreter bahasa Microsoft Cassette BASIC, di mana ini mampu memudahkan pemrograman secara otomatis apabila komputer sedang tidak memuat sistem operasi.

Tambah lagi, IBM PC 5150 juga dianugerahi dengan fungsi POST (Power-on Self Test), suatu fungsi yang dapat membantu komputer dalam melakukan pengecekan terlebih dahulu tatkala sedang booting.

IBM 5140 PC Convertible

Tak mau hanya berhenti di IBM PC 5150, IBM melanjutkan usahanya dalam memopulerkan komputer generasi kelima, yaitu dengan produksi laptop bernama IBM 5140 PC Convertible secara massal pada 1986 silam.

Meskipun dijual dengan dua model, sayangnya produksi komputer generasi ke 5 satu ini tidak berjalan dengan sukses, ia masih kalah saing dengan produk komputer lain yang diketahui mempunyai kapasitas media penyimpanan lebih besar, prosesor lebih cepat serta harga yang lebih murah.

Baca juga : cara bikin website

Macintosh 128k

Produksi komputer generasi kelima tidak hanya dilakukan oleh IBM, Apple pun dikabarkan ikut memopulerken komputer generasi kelima, dengan memproduksi Macintosh 128k pada Januari 1984 silam.

Adapun Macintosh 128k merupakan komputer pertama buatan Apple, dan bersamaan dengan ini, Apple turut memperkenalkan sistem antarmuka dalam tampilan grafis (GUI). Macintosh 128k dilengkapi pula dengan monitor CRT berukuran 9 inci, keyboard, serta mouse.

Berbeda dengan komputer generasi kelima sebelumnya, Macintosh 128k dikabarkan dapat membantu seluruh aspek hardware dan membuat sistem operasinya sendiri secara eksklusif. Ini pun menjadi daya tawar lebih dari komputer keluaran milik Apple, selain dari segi harga, desain, dan spesifikasinya.

MacBook

Tak hanya memproduksi komputer, Apple turut membuat dan meluncurkan laptop buatannya sendiri, yaitu Macbook atau versi komputer jinjing dari Macintosh. Macbook sendiri pertama kali diperkenalkan pada 2006 silam, dengan processor core 2 Duo dan transisi PowerPc ke Intel.

Macbook juga memiliki keunggulan dari sisi fisik. Diketahui ia memiliki casing tipis dan berbobot ringan, namun ini tidak membuatnya memiliki performa di bawah rata-rata. Daya tahan baterai Macbook pun cukup lama, menjadikan komputer generasi kelima ini sebagai pilihan terbaik Anda dalam menyelesaikan berbagai aktivitas.

Komputer generasi kelima membuka lembaran baru di berbagai bidang kehidupan. Kehadirannya dapat mempermudah manusia dalam mengerjakan berbagai jenis aktivitas. Dengan mengetahui fungsi dan spesifikasi dari masing-masing komputer generasi kelima, Anda dapat mengetahui solusi terbaik di kehidupan Anda.

Baca juga : web server adalah

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!