• Home
  • Berita
  • Yuk, Mengenal PHP 7.4 Dan Fitur-Fitur Barunya!

Yuk, Mengenal PHP 7.4 Dan Fitur-Fitur Barunya!

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Buat kalian yang berkecimpung di dunia pemrograman tentu sudah tahu perihal PHP 7.4. Kabar baik datang dari bahasa pemrograman PHP yakni dengan hadirnya PHP versi terbaru yaitu PHP 7.4 yang telah diluncurkan pada November tahun lalu. Tentu saja dibandingkan dengan para pendahulunya bahasa pemrograman ini akan membuat website kamu lebih powerfull dan aman.

Sebelum kita mengulik lebih jauh tentang fitur-fitur yang dimiliki oleh versi baru dari php ini dan apa aja kelebihannya. Sebenarnya apa sih PHP itu? Mungkin untuk kamu yang bekerja di industri pemrograman sudah sangat familiar. Tapi pasti masih banyak orang yang tidak mengerti apa itu PHP.

Apa itu PHP ?

PHP adalah sebuah bahasa pemrograman yang beroperasi di sisi server atau sering disisipkan ke dalam HTML PHP menggunakan sistem server-side. Artinya script/program tersebut akan dijalankan atau diproses oleh server.

Bahasa pemrograman PHP ini juga dapat membantu kamu mengembangkan aplikasi berbasis web yang cukup kompleks dan cepat. Hal tersebut tergantung dari jenis bisnis, kebutuhan aplikasi, penggunaan hosting dan pengembangan timeframe.

PHP 7.4
Sumber: Pixabay

Jika kamu ingin menggunakan PHP akan lebih baik menggunakan yang versi terbaru sehingga jika PHP rilis versi terbaru kamu bisa langsung dapat menyesuaikan dengan sistem yang kamu gunakan. Nah, Membicarakan versi terbaru dari bahasa pemrograman PHP , sebenarnya apa sih keunggulan dari PHP 7.4.

Fitur Baru PHP 7.4

Pembaharuan yang terdapat pada bahasa pemrograman ini mungkin tidak terlalu signifikan dari pendahulunya versi 7. Namun sudah pasti varian baru dari PHP ini menawarkan performa yang lebih baik. Berikut beberapa keunggulan dari PHP 7.4 :

  1. Preloading

Sistem pemrograman yang menggunakan framework mengharuskan kamu mengunggah dan menghubungkan masing-masing file ke dalam setiap request. Berterima kasihlah pada fitur preloading berkat fitur ini kamu dapat mengunggah framework dan library ke dalam OPCache yang memungkinkan menyimpan file PHP dalam server.

  1. WeakReference

Fitur ini dapat membantu kamu untuk mempertahankan reference dari sebuah project. Fitur ini sangat berguna dalam penerapan struktur yang menyerupai Chace.

PHP 7.4
Sumber: Pixabay
  1. Contravariant Parameter dan Covariant Return

Perlu kamu ketahui jika saat ini PHP menggunakan parameter invarian dan return. Ini berarti bahwa jika metode memiliki invarian parameter dan return jenis T maka subtype invarian parameter dan return juga harus T. Menariknya PHP 7.4 menyajikan covariant (spesifik ke umum) dan contravariant (umum ke spesifik) parameter dan return. Tentu hal ini akan lebih memudahkan kinerja kamu.

  1. Typed Properties 2.0

Fitur Typed Properties 2.0 sebenarnya telah tersedia jejak PHP versi 5. Akan tetapi dalam versi 7.4 kemampuan dari versi ini ditingkatkan sehingga lebih powerfull. Argument type declaration atau type hint dapat memungkinkan untuk meneruskan tipe variabel yang ingin diteruskan ke sebuah function atau class method.

Fitur ini mendukung semua tipe variabel termasuk bool, float, int, array, object,iterable, parent, self , string, dna nullable type. Menarik bukan?

Namun void dan callable tidak didukung oleh typed properties karena memiliki semantik yang masih kurang begitu jelas.

  1. Arrow Functions 2.0

Anonymous function dalam PHP umumnya terdiri dari kode- kode yang panjang, bahkan hanya untuk pengoperasian yang sederhana. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diciptakanlah arrow function.

PHP 7.4
Sumber: Pixabay

Demikianlah beberapa fitur-fitur yang dihadirkan oleh PHP versi 7.4 yang tentunya beberapa fitur mungkin sudah ada di PHP versi terdahulu dan tentu saja dengan versi yang lebih powerfull. Selain fitur-fitur yang disebutkan diatas tentu ada fitur-fitur lain yang dihadirkan pada PHP versi terbaru. Fitur-fitur tersebut tentu saja dihadirkan untuk menyempurnakan sistem pemrograman yang ada agar lebih mudah pengaplikasiannya.

Ratna Patria

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!