• Home
  • Berita
  • 8+ Cara Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

8+ Cara Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Oleh Ayoni Sulthon
No ratings yet.

Setiap orang yang mengelola website harus mengetahui cara mencari kata kunci untuk bisa menaikkan pengunjung situsnya. Oleh sebab itu Anda harus memahami cara mencari kata kunci dengan baik dan benar.

Apabila Anda tidak memahami cara meningkatkan pengunjung web, maka website Anda akan tertinggal dari kompetisi website lainnya. Tidak hanya pengelola website saja yang sekarang menggunakan cara riset kata kunci.

Bahkan para marketing juga berlomba untuk mengetahui cara mencari kata kunci SEO yang paling jitu dan akurat. Untuk meningkatkan penjualan bisnis mereka.

Sampai saat ini sangat sedikit penulis konten yang mengetahui cara mencari kata kunci yang baik dan benar. Bukannya tidak mungkin kalau mereka hanya mengisi website dengan konten yang mereka suka tanpa mencantumkan keyword. Jika website yang mereka miliki bukan website yang terkenal bisa dipastikan website mereka dipastikan akan sepi pengunjung.

Jika sudah sepi pengunjung dan tetap tidak paham pentingnya cara mencari kata kunci, bisa-bisa bisnis online yang dijalankan kurang laku. Jika kamu sudah mengerti betapa pentingnya peranan cara mencari kata kunci, maka kamu perlu mempelajari lebih mendalam tentang search engine optimization (SEO).

SEO tersebut tidak selamanya konstan sama dan tetap mengalami perubahan, terutama dalam kurun waktu 10 tahun. SEO akan memberikan hasil kemampuan meraih ranking berdasarkan sistematika tertentu yang saat ini disebut google dengan sebutan Rank brain . Pastinya perlu penelitian untuk bisa menentukan kata kunci SEO yang tepat. Berkat tingkat kerumitan yang tinggi, ada banyak orang yang hanya mencoba untuk menyewa jasa SEO.

Cara Mencari kata kunci

Beberapa hal yang sering diperhatikan dalam cara mencari kata kunci adalah popularitas dari suatu kata, search volume, dan juga general intent, setiap kata kunci memiliki tingkat persaingan yang berbeda-beda, oleh sebab itu Anda perlu mengetahui tingkat persaingan.

Setiap kegiatan yang berhubungan dengan bisnis sudah pasti perlu penelitian, termasuk menentukan SEO suatu konten.  Salah satu cara mencari kata kunci yang paling tepat adalah melalui penelitian yang mendalam. Hanya untuk menentukan kata kunci ini, orang yang ahli hanya perlu beberapa menit saja.

Sedangkan orang yang masih pemula biasanya bisa mencapai 5 – 10 menit dalam menentukan kata kunci. Biasanya dalam mencari kata kunci digunakan keyword checker yang tersedia dalam banyak brand, gratis, dan berbayar. Kamu bisa pilih dari cara mencari kata kunci yang paling sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan dana.

Keyword checker yang lengkap biasanya menawarkan fitur dan informasi analisa yang lebih lengkap. Platform seperti itu biasanya ditawarkan berbayar kepada konsumennya. Jadi prinsip ekonomi tetap berlaku di sana dimana ada harga ada barang. Apabila kamu baru coba-coba dalam membuat website, maka tidak ada salahnya menggunakan keyword checker gratis.

Alat Tools Mencari Kata Kunci Berbayar

Kamu ingin mengembangkan website secara serius dan memang menyiapkan dana sendiri untuk hal itu, mengapa tidak mencoba berlangganan keyword checker berbayar. Cara mencari kata kunci yang akurasi tinggi biasanya menggunakan keyword checker berbayar. Beberapa daftar keyword checker terbaik dan berbayar bisa kamu lihat berikut.

  1. Google Keyword Planner

Mesin pencarian yang paling banyak dipakai masyarakat saat ini adalah Google. Tidak heran bila kamu berusaha memahami cara mencari kata kunci, maka akan diarahkan menuju ke Google Keyword Planner. Mesin pencari kata kunci ini juga masuk dalam bagian Google Adwords. Jika kamu ingin mendapatkan hasil analisa kata kunci SEO terbaik dan berbayar sudah pasti jawabannya adalah Google Keyword Planner.

cara mencari kata kunci

Cara mencari keyword dengan google keyword planner

  • Login google ads
  • Pilih tujuan Google ads
  • pilih Discover new keyword
  • Get search Volume And Forecast
  • Pilih filter kata kunci
  • Ambil kata kunci kompetitor
  • Pilih kata kunci paling potensial

Kamu akan bisa melihat data pencarian terhadap suatu keyword bulanan. Bahkan kamu bisa mengetahui seberapa besar kompetisi iklan SEM dan juga saran maksimal cost per klik. Bagi kamu yang sudah membayar, maka bisa mendapatkan akses untuk mencari tahu data dari kata kunci yang ingin dipakai untuk membuat konten. Google Keyword Planner benar-benar bisa menjadi senjata mutakhir sebagai cara mencari kata kunci.

  1. io

Keyword checker yang satu ini juga bisa diandalkan saat kamu bertanya tentang bagaimana cara mencari kata kunci sebelum membuat suatu konten. Kamu yang tidak ingin terlalu peduli dengan volume keyword suatu kata kunci bisa menggunakan Keywordtool.io.

Seluruh data yang dipakai oleh mesin pencari kata kunci ini berasal dari Yahoo, Bing, Apple App Store, dan Gmail. Jika yang kamu utamakan adalah hasil yang terbaik dan kenyamanan, maka beralih saja ke versi berbayarnya.

  1. SEMRush Premium

Ada mesin pencari kata kunci lainnya yang bisa kamu pakai dengan berbayar yakni SEMRush Premium. Jika kamu menggunakan versi premium SEMRush ini, maka bisa dengan mudah mengetahui tingkat persaingan dari kata kunci yang diketik. Kamu harus memahami bahwa tingkat persaingan dari hari ke hari semakin tinggi. Apalagi di masa pandemi seperti ini dimana hampir sebagian besar pengusaha berusaha mengalihkan penjualan secara online.

Pahamilah bahwa kata kunci biasanya ada yang mirip antara satu dengan lainnya. Ini membuat kamu lebih sulit dalam memetakan posisi lawan. Apakah kata kunci yang kamu pakai lebih unggul atau tidak dari kompetitor. Cara mencari kata kunci dengan mesin pencari kata kunci yang satu ini sangat worthed untuk dicoba.

  1. Ahrefs Keyword Explorer

Kamu ingin pakai tools lainnya yang juga bisa diandalkan dalam mencari keyword, maka bisa menggunakan Ahrefs Keyword Explorer. Setidaknya ada data dalam jumlah sampai 5 milyar yang dikumpulkan dari 200 negara. Konsumen akan dihujani dengan banyak data yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan mendapatkan kata kunci yang tinggi.

Mimpi untuk meningkatkan peringkat website menjadi di halaman depan Google semakin nyata dengan berlangganan Ahrefs Keyword Explorer. Kamu juga bisa mendapatkan informasi dari website kompetitor yang dipakai oleh kompetitor dalam 10 halaman teratas. Tool ini masuk dalam daftar yang masuk dalam sugesti Google’s autocomplete.

Tools Alat Mencari Kata Kunci Gratis

Kamu masih belum ingin mengeluarkan banyak dana dengan berlangganan keyword tracker berbayar. Tidak ada salahnya untuk coba menggunakan versi gratisnya, seperti KWFinder maupun WordTracker. Kamu yang lebih tertarik untuk mengetahui cara mencari kata kunci yang gratis bisa cek informasi di bawah ini.

  1. KWFinder

Salah satu tool mencari kata kunci yang gratis adalah KWFinder. Kamu hanya perlu berbekal menebak kata kunci apa yang setidaknya memberikan ranking tinggi di mesin pencarian. Dengan bekal tersebut, maka kamu bisa mengetahui kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi atau rendah.

Menggunakan tools ini sangat mudah yang mana kamu hanya perlu memasukkan kata kunci, lokasi negara yang menjadi target, dan juga bahasa. Sisanya hasilnya akan diberikan oleh KWFinder. Bahkan kamu bisa mengetahui bagaimana perkembangan trend terhadap suatu kata kunci dalam 1 tahun. Beberapa informasi lain yang juga diberikan oleh keyword tracker ini adalah volume pencarian, rate CPC, maupun PPC.

  1. Google

Cara gratis yang bisa langsung diterapkan oleh semua orang tanpa perlu susah payah menimba ilmu cara mencari kata kunci adalah dengan memanfaatkan Google. Setiap kali kamu mengetikkan sesuatu di bagian bar pencarian, maka kamu akan melihat ada banyak kumpulan kata yang senada tepat di bawah bar tersebut.

Yups, informasi tersebutlah yang bisa kamu pakai untuk menentukan sebuah keyword setiap kali membuat suatu konten. Bahkan, Google bisa membantu kamu dalam mencari long tail keyword yang cukup jitu. Hal itu dikarenakan setiap data kata yang sering diketik dan dicari pengunjung akan disimpan karena berpengaruh terhadap riwayat pencarian. Jadi kamu yang baru mau buat website bisa sekali memanfaatkan Google setiap kali tidak ingin ribet dalam mempelajari cara mencari kata kunci.

  1. LSI Keyword

Cara mencari kata kunci gratis yang terakhir adalah dengan memanfaatkan LSI Keyword. Tidak selamanya kata kunci yang dipakai hanya berkaitan dengan keyword dan long tail keyword. Algoritma Google juga mempertimbangkan dalam cara mencari kata kunci yang berhubungan dengan topik. Intinya sih harus masuk di konten.

Sekarang kamu sudah mengetahui cara mencari kata kunci yang baik bukan, baik berbayar maupun gratis. Apabila kamu ingin mendapatkan konten yang lebih update bisa terus rutin baca di DomaiNesia.

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!