Ide Jualan Online Buat Kamu yang Mau Nambah Duit4 min read

No ratings yet.

Ide Jualan Online Buat Kamu yang Mau Nambah Duit

Yuk jualan! Apa saja sih yang kamu butuhkan untuk start melakukan jualan online? Handphone penuh kuota, barang ciamik, foto produk kece, akun instagram, rekening khusus toko sampai promo marketing sudah dipersiapkan. Wah, udah bayangin nih bakal banyak yang harus dipersiapkan. Meskipun banyak hal yang harus disiapkan, nyatanya banyak orang yang tetap penasaran mencari ide jualan online.

Menciptakan produk makanan-minuman kekinian, jadi vlogger, jadi blogger hingga jasa cuci-cuci. Mengapa banyak orang ingin mencoba peruntungan untuk jualan online? Salah satu alasannya adalah “internet do your magic”, kamu bahkan tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan tambahan uang.

Mendapatkan uang dari internet sangat bisa kamu lakukan di era yang semua online seperti sekarang ini. Dimana saja, kapan saja, kamu bisa meraup pundi-pundi uang dari hasil berselancar di dunia maya. Apa saja ide jualan online yang bisa kamu pilih? Yuk cek!

  1. Jual Barang melalui Marketplace

Ada banyak hal sekarang ini untuk kamu gunakan menambah pundi-pundi uang tanpa harus keluar rumah. Salah satu ide jualan online yang bisa kamu lakukan adalah menjual barang melalui platform marketplace yang sudah kamu ketahui. Kamu bisa memulai untuk menjual barang-barang yang unik hingga langka yang bisa kamu dapatkan dari lingkungan sekitarmu atau supplier dengan harga yang lebih murah.

  1. Jadi Dropshipper

Kalau kamu nggak mau ribet dengan proses kirim barang, maka menjadi Dropshipper adalah langkah tepat ide jualan online buat kamu lakukan. Sederhananya, menjadi dropshipper mirip seperti menjadi reseller hanya saja, kamu tidak perlu melakukan pengadaan stok barang, dan kamu tidak ikut dalam proses pengiriman barangnya ke konsumen. Tugasmu adalah meneruskan pesanan dari pembeli ke pihak supplier yang telah bekerja sama denganmu. Pihak supplier yang nantinya akan mengirim barang yang telah dipesan ke pihak pembeli atas nama mu.

ide jualan online

Sumber: Pixabay

  1. Jadi Blogger

Kemampuan menulis yang kamu miliki bisa menjadi salah satu peluang ide jualan online dengan membangun blog. Kamu secara bebas menuangkan karya tulisanmu di dalam blog yang sudah kamu atur sedemikian rupa. Pastikan bahwa blog mu cukup unik agar menarik perhatian pembaca dan juga jangan lupa untuk melakukan promosi agar blog mu terlihat dan diakses oleh orang lain. Dengan menjadi blogger, kamu bisa bekerja dimana saja sesuai suasana hatimu.

  1. Microstock

Tren menggunakan microstock mungkin tidak diketahui oleh banyak orang. Namun melalui platform satu ini, kamu bisa menjajal menjual kemampuan yang kamu miliki. Kalau kamu suka dengan dunia fotografi, kamu bisa menempatkan foto-foto hasil jepretan didalam platform microstock untuk dipajang dan dijual. Tak hanya foto, buat kamu yang suka gambar atau bahkan utak-atik audio dan video sangat memiliki peluang untuk kamu pilih sebagai ide jualan online melalui microstock yang rata-rata harga yang ditawarkan menggunakan mata uang dollar.

ide jualan online

Sumber: Pixabay

Afiliasi Marketing

Salah satu aktivitas berselancar nambah duit yang mungkin belum kamu kenal lebih dalam adalah Afiliasi Marketing. Pernahkah kamu mendapatkan kode promo dari teman atau pacar kamu untuk mengakses produk tertentu? Atau menyebarkan referral code untuk mendapatkan diskon atau promo yang sedang ditawarkan? Nah, itu adalah salah satu bentuk afiliasi marketing.

Afiliasi marketing adalah proses kamu mempromosikan produk milik orang lain dan mendapatkan komisi. Jadi dengan kata lain, kamu membuka ide jualan online jasa promosi. Jasa promosi akan dibayar ketika berhasil menjual atau terjadi transaksi produk atau jasa milik merchant (bisa seseorang atau perusahaan). Disini kamu sebagai individu, merchant dan penyedia platform afiliasi marketing berdiri sendiri-sendiri. Ini adalah bentuk kerjasama memperoleh keuntungan dengan menjadi perantara pemasar produk melalui internet.

First Step jadi Afiliasi Marketing

Lantas bagaimana sistem kerjanya? Ribet nggak sih? Berikut step yang bisa kamu lakukan:

  1. Kamu harus mendaftarkan diri ke penyedia platform afiliasi marketing atau perusahaan web afiliasi untuk mendapatkan link.
  2. Kamu akan bekerja dengan mempromosikan link yang ada di web, blog sosial media bahkan forum online.
  3. Siapa saja yang melakukan clicking pada link yang kamu sebar dan melakukan transaksi maka disitulah kamu akan mendapatkan komisi.
  4. Jumlah komisi yang akan kamu dapatkan bervariasi tergantung dari produk yang di jual.

Penyedia produk digital (toko online, perusahaan dengan layanan sistem booking seperti hotel, penginapan, travel, atau perusahaan layanan web hosting) biasanya menawarkan program afiliasi ini. Banyak perusahaan besar di luar negeri maupun Indonesia juga melakukan hal ini seperti, Amazon, Ebay, Bukalapak, BliBli, Tiket.com, hingga Matahari Mall. Salah satu penyedia layanan afiliasi marketing yang bisa kamu coba sebagai ide jualan online adalah DomaiNesia.

ide jualan online

Sumber: Pixabay

Afiliasi DomaiNesia

DomaiNesia mempunya program afiliasi yang bisa bekerja sama dengan kamu sebagai individu. Kamu bisa mendapatkan income tambahan tanpa perlu membayar. Kamu hanya perlu melakukannya di depan komputer atau smartphone tanpa door to door menawarkan produk kepada customer. Afiliasi DomaiNesia bisa mewujudkan ide jualan online dimana saja dan kapan saja.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba beberapa ide jualan online yang sudah dijabarkan? Jangan lupa untuk tetap mencari sumber informasi akurat untuk menambah pengetahuan terkait jualan online yang akan kamu lakukan. Beberapa jenis jualan online bahkan bisa dilakukan tanpa mengeluarkan uang sehingga kamu tidak perlu pusing memikirkan modal. Cukup kemauan untuk mencoba peluang yang ada.

Jika kamu tertarik sebagai afiliasi marketing? Daftarkan diri kamu untuk mengikuti program afiliasi DomaiNesia disini, sekarang!

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar