• Home
  • Berita
  • Bot adalah Sistem yang Membantu Manusia. Kenalan Lebih Jauh yuk!

Bot adalah Sistem yang Membantu Manusia. Kenalan Lebih Jauh yuk!

Oleh Ratna Patria

Apakah kamu pernah mendengar istilah bot? Mungkin bagi kamu pemburu flash sale e-commerce sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Atau bahkan kamu yang bekerja di perusahaan juga sudah tidak asing dengan bot. Kehadiran bot ini menjadi pertanda bahwa teknologi sudah semakin canggih. Apa itu bot?

Bot adalah singkatan dari robot yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Bot ini bisa kamu gunakan untuk kehidupan sehari-hari loh. Nah, pada artikel kali ini DomaiNesia akan mengajak kamu untuk membahas apa itu bot dan mengenal bot lebih dekat lagi. Simak artikel ini sampai akhir ya agar kamu mendapatkan informasi yang penting ini!

bot adalah
Sumber: Envato

Apa itu Bot?

Bot adalah kependekan dari robot. Bot ini diciptakan jelas untuk membantu dan mempercepat kegiatan manusia. Bot adalah program perangkat lunak yang memang dirancang untuk menggantikan tugas manusia dan menggunakan teknologi tinggi sehingga bisa bekerja secara otomatis.

Dengan bekerja otomatis berarti mereka dapat beroperasi sesuai dengan instruksi tanpa harus dioperasikan oleh manusia secara manual. Bot bahkan bisa bekerja lebih cepat dari manusia loh! Apakah kamu pernah bertanya bagaimana cara pembuatan bot? Coding adalah jawaban dari pertanyaan tersebut. Bot adalah perangkat lunak yang disusun melalui coding.

Bagaimana bot bisa bekerja? Jadi, bot bekerja melalui jaringan. Bot biasanya bekerja menggunakan internet yang biasanya disebut dengan internet bot atau komputer bot. Beberapa bot yang bermanfaat, seperti search engine bot atau bot mesin pencari yang mengindeks konten untuk pencarian atau service bot atau bot layanan pelanggan yang membantu pengguna.

Namun ada juga loh bot yang berbahaya dan diprogram untuk masuk ke akun pengguna, memindai website untuk informasi kontak untuk mengirim spam, atau melakukan kegiatan berbahaya lainnya. Untuk lebih lengkapnya akan kita bahas di artikel ini juga ya! Tetap ikuti sampai akhir!

Manfaat menggunakan Bot adalah

Apa itu bot? Bot adalah robot yang membantu pekerjaan manusia. Dalam penggunaannya, bot memiliki berbagai manfaat. Apa saja manfaatnya?

1. Menekan biaya pengeluaran

Pertama, manfaat bot adalah menekan biaya pengeluaran. Kok bisa? Bukannya jika kita menggunakan bot berarti kita mengeluarkan biaya besar ya? Benar, jika menggunakan bot, kamu membutuhkan biaya besar di awal untuk membeli dan merawat bot. Namun, perlu kamu tahu bahwa jika menggunakan bot justru malah akan menekan biaya operasional loh. Alasannya karena kamu bisa memanfaatkan bot untuk mengerjakan berbagai pekerjaan jadi kamu bisa menghemat pengeluaran untuk biaya pembayaran karyawan tersebut. 

2. Menghemat waktu

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa bot adalah sebuah robot yang kinerjanya lebih cepat jika dibandingkan dengan manusia biasa. Selain itu bot juga bisa bekerja secara otomatis sehingga kamu tidak perlu mengatur waktu kapan bot tersebut akan bekerja secara manual. Jadi hal itu dapat membuat pekerjaan menjadi lebih cepat selesai dan efektif.

3. Menyediakan layanan yang lebih baik

Bot bisa bekerja selama 24 jam non stop sehingga pelayanan pasti akan menjadi lebih baik. Bisa dikatakan demikian karena apabila ada perusahaan yang membutuhkan pelayanan 24 jam non stop maka dengan kehadiran bot ini bisa membantu dan yang pasti akan memberikan pelayanan yang baik.

bot adalah
Sumber: Envato

4. Menjangkau audiens lebih banyak

Bot digunakan di internet seperti media sosial untuk terhubung dengan lebih banyak orang dan meningkatkan engagement. Saat ini postingan media sosial pun dapat diotomatisasi dengan menggunakan bot loh supaya kamu bisa menjangkau audiens lebih luas lagi.

5. Mempercepat pekerjaan

Bot adalah perangkat lunak yang bisa dikembangkan dan di program secara otomatis. Dengan begitu kamu bisa menentukan kapan bot akan bekerja, pekerjaan apa yang akan dilakukan oleh bot, dan masih banyak hal lainnya. Nah setelah kamu melakukan pengaturan hingga selesai berarti kamu sudah bisa menggunakan bot secara otomatis maka pekerjaan akan lebih cepat selesai. 

Jenis-Jenis Bot

Kamu sudah tahu kan apa itu bot? Jika sudah maka kamu harus tau juga jenis-jenis bot yang ada saat ini. Bot terbagi menjadi 4 jenis. 

1. Chatbot

Chatbot mungkin menjadi salah satu jenis bot yang sudah umum kamu temukan. Chatbot adalah sebuah program yang diciptakan untuk menyimulasikan percakapan manusia dengan memberikan respon melalui sistem yang sudah terprogram. Kamu dapat mengajukan pertanyaan apa pun yang sedang dikeluhkan.

Chatbot dapat kamu jadikan sebagai alternatif layanan komunikasi secara otomatis. Kamu dapat bertanya tentang suatu layanan ataupun produk tertentu. Chatbot akan memberikan jawaban atau respon sesuai dengan program yang telah diatur sebelumnya. Bot jenis ini dapat memberikan tanggapan sesuai dengan pertanyaan yang kamu ajukan. Jenis bot ini biasa digunakan untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan atau komunikasi tingkat satu tentang layanan atau produk. 

2. Crawler Bot

Bisa dibilang, web crawler ini seperti seseorang yang membaca semua buku di perpustakaan yang tidak beraturan. Kemudian orang tersebut menata buku-buku sesuai dengan atau topiknya ke dalam katalog-katalog terpisah. Namun, untuk dapat membuat katalog per topik itu, orang ini harus membaca buku dari judul, sinopsis, hingga isi buku. Nantinya, pengunjung lain yang ingin mencari buku dapat dengan cepat menemukan buku dengan topik yang diinginkan karena sudah ada dalam katalog. 

Nah dalam pengaplikasiannya, saat kamu mengetikkan “bot adalah”, maka Google akan menampilkan hasil pencarian berupa daftar website dengan konten yang membahas topik yang dicari. Google dapat merekomendasikan website dengan konten yang yang kamu inginkan karena crawler telah menyaring banyak situs untuk mempelajari situs mana yang membahas tentang topik yang dicari. Jadi bisa disimpulkan bahwa crawler bot adalah jenis bot yang digunakan untuk menjelajah internet dengan cepat dengan cara mengindeks konten yang dicari. 

3. Social Bot

Social bot atau bisa disebut dengan bot media sosial adalah jenis bot yang digunakan khusus untuk media sosial. Apa itu bot media sosial? Jadi bot adalah bot yang mengirimkan pesan otomatis yang biasanya kamu baca pada media sosial, bot yang bisa digunakan untuk mengajukan ide, atau bahkan dapat digunakan untuk membuat akun palsu. Akun palsu ini biasanya digunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan dengan memiliki banyak pengikut.

4. Malicious bot

Malicious bot adalah bot yang sangat bahaya dan biasanya dimanfaatkan untuk cyber crime. Bot ini melakukan tindakan ilegal seperti mencuri data dan pengambil alihan akun pengguna. Bot ini masuk ke dalam bot yang merugikan pengguna, terkadang serangan-serangan ini dapat dilakukan secara sengaja. Serangan dari malicious bot bisa berupa Denial-of-Service (DoS) atau Distributed Denial-of-Service (DDoS), Click Fraud, Spam, Credential Stuffing, dan Brute Force Password Cracking.

bot adalah
Sumber: Envato

Contoh Penggunaan Bot

Ada beberapa contoh penggunaan bot yang ada saat ini. Apa saja?

  1. Pertama, contoh penggunaan bot adalah aplikasi pesan dan panggilan seperti WhatsApp, Facebook Messenger, dan Slack. 
  2. Chatbot seperti Siri, Google Assistant, dan Alexa.
  3. National Geographics memanfaatkan aplikasi seperti yang dimiliki oleh Albert Einstein untuk mempromosikan produknya. 
  4. Spotify yang mengizinkan penggunanya untuk mencari berbagai trek lagu dari Facebook Messenger.
  5. Aplikasi berita Wall Street Journal yang menampilkan berita utama.
  6. Mastercard yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemeriksaan transaksi pada akun penggunanya menggunakan bot pada Facebook Messenger.

Hal yang Harus Kamu Perhatikan Apabila Menggunakan Bot

Saat nanti kamu sudah menggunakan bot maka ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Berikut adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan saat menggunakan bot.

1. Butuh waktu saat pengimplementasian

Bot adalah robot yang memang didesain untuk mempercepat pekerjaan. Namun harus kamu ingat ya bahwa dalam pengimplementasiannya, bot membutuhkan waktu karena bot harus dipersiapkan untuk mempelajari banyak hal yang diperlukan dalam pengimplementasian nantinya.

2. Harus dilakukan pemeliharaan

Bot juga perlu dilakukan pemeliharaan, pembaruan, dan pengoptimalan secara rutin karena bot harus disesuaikan dengan kebutuhan. Pembaruan dan pemeliharaannya bisa berupa data baru yang perlu dipelajari oleh bot dalam merespon pengguna.

3. Bot bukan manusia

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa bot adalah sebuah sistem. Jadi tidak semua kejadian atau permasalahan dapat dikerjakan dengan bot. Bot juga memiliki keterbatasan loh! Nah untuk itu, cara untuk memperbaiki permasalahan ini dapat dengan mengimplementasikan kecerdasan buatan atau artificial intelligence. Dengan menerapkan AI, mungkin bot dapat memiliki kepribadian dan dapat belajar dari suatu interaksi dengan pengguna.

bot adalah
Sumber: Envato

Jadi, Apa itu Bot?

Apa itu bot? Kamu sudah bisa menjawab kan DomaiNesian! Jadi bot adalah sebuah sistem yang memang dibuat dan dikembangkan untuk mengerjakan pekerjaan manusia. Apa manfaat dari bot? Tentu ada banyak manfaat dari bot yang bisa kamu rasakan seperti meringankan pekerjaan, membuat pekerjaan lebih efektif, hingga menghemat biaya pengeluaran perusahaan.

Namun untuk penerapannya, kamu harus memperhatikan beberapa hal seperti bot juga butuh pemeliharaan, bot membutuhkan waktu untuk menyesuaikan, dan juga bot adalah sebuah sistem bukan manusia. Bagaimana? Apakah kamu tertarik menggunakan bot untuk meringankan pekerjaanmu?

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah