• Home
  • Berita
  • Programmer adalah Profesi yang Menjanjikan, Apa saja Tugasnya?

Programmer adalah Profesi yang Menjanjikan, Apa saja Tugasnya?

Oleh Ratna Patria

Di era digital seperti saat ini, banyak startup dan perusahaan berlomba untuk menciptakan sebuah teknologi. Dengan permintaan profesi programmer semakin meningkat. Pasti kamu sudah tidak asing lagi kan dengan istilah programmer? Programmer adalah salah satu profesi yang memiliki prospek menjanjikan untuk kedepannya.

Bagi kebanyakan orang, programmer dilabeli sebagai profesi yang keren dan memiliki gaji yang menggiurkan. Tak heran, kaum milenial saat ini banyak yang mengidam-idamkan profesi yang satu ini. Apakah kamu diantaranya? Namun sebelum itu, kamu harus tau apa itu programmer, tugas, hingga skill yang harus dimiliki. Simak artikel ini hingga akhir untuk menemukan jawabannya!

programmer adalah
Sumber: Envato

Apa itu Programmer?

Sebelum kita membahas programmer lebih jauh, kamu harus tau dulu apa itu programmer. Jadi, programmer adalah profesi atau pekerjaan yang memiliki tujuan untuk membuat dan mengembangkan sebuah aplikasi atau sistem menggunakan bahasa pemrograman. Programmer memiliki tanggung jawab mulai dari proses menyusun rancangan, mengembangkan perangkat, hingga nantinya melakukan perawatan terhadap perangkat.

Biasanya programmer bekerja di dalam tim kok jadi tidak perlu khawatir! Programmer tidak terlepas dengan kegiatan coding dan bahasa pemrograman. Kenapa demikian? Karena coding adalah kegiatan menyusun code menggunakan bahasa pemrograman untuk menghasilkan sebuah sistem dan hal itu menjadi tugas dari programmer.

Bahasa pemrograman yang dimaksud bisa menggunakan PHP, C#, Java, Javascript, Phyton, dan masih banyak lagi. By the way, dalam berkegiatan sehari-hari, pasti kamu tidak bisa lepas kan dari sebuah aplikasi, website, dan sistem operasi kan? Nah itu semua disusun menggunakan bahasa pemrograman oleh seorang programmer. Keren banget ya!

Jenis Programmer

Programmer identik dengan komputer dan juga segala kegiatan mengenai perkomputeran. Namun pada kenyataannya programmer masih terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan tanggung jawab dan tugas yang dimiliki. Setelah kita membahas apa itu programmer maka kali ini DomaiNesia akan menjelaskan beberapa jenis programmer yang bisa kamu pilih jika kamu berminat dengan profesi satu ini.

1. Programmer Web

Programmer web menjadi jenis programmer yang umum ditemukan karena banyak perusahaan dan startup yang membutuhkan profesi ini untuk mengembangkan produk atau bahkan membangun website perusahaan. Tidak sembarang orang loh yang bisa membangun dan mengelola website, jadi dibutuhkan tenaga ahli yaitu programmer website. Untuk menjadi programmer website kamu harus tahu tugasnya. Tugas programmer adalah mengembangkan situs internet dan website, seperti pembuatan website toko online, sosmed, layanan service, dll. Programmer web masih dibagi lagi menjadi 3 jenis.

Merancang tampilan pada suatu website adalah tugas utama front end developer, seperti mempercantik tampilan website, membuat tampilan website yang dinamis, menarik, dan interaktif, dan juga mengintegrasikannya dengan API (Application Programming Interface)

Back end developer bekerja mengembangkan sistem yang bekerja dari balik layar suatu website. Tugas utama back end developer adalah memastikan fungsi dan sistem dalam sebuah website dapat berjalan dengan baik.

Full stack developer memiliki skill Front End Developer atau Back End Developer. Tugas Full Stack Developer atau Web Developer adalah merancang, mengembangkan, hingga mendesain tampilan suatu website.

2. Programmer Aplikasi

Jenis programmer berikutnya yaitu programmer aplikasi. Jenis programmer adalah programmer pembuat aplikasi pada komputer maupun smartphone. Contohnya aplikasi yang terinstal di komputer mu seperti antivirus, browser, dll. Ada juga di smartphone yang kamu gunakan, seperti aplikasi (Android/ iOS), game, sosial media yang biasa kamu unduh di Playstore maupun Appstore. Jenis programmer yang satu ini cukup menjanjikan, pasalnya hampir semua orang mempunyai smartphone.

programmer adalah
Sumber: Envato

3. Programmer System

Jenis programmer ini bertugas untuk memasang, menyesuaikan dan memastikan sebuah sistem operasi berjalan dengan baik. Programmer ini juga yang akan melakukan upgrade terhadap OS yang ditanganinya. Terdapat 3 jenis programmer system yaitu programmer kernel, programmer driver dan programmer compiler.

4. Information Security Analyst

Seiring berkembangnya teknologi dan cyber crime, profesi ini marak dibutuhkan perusahaan untuk mengembangkan sistem keamanan jaringan dan sistem perusahaan. Seorang Information Security Analyst harus mengikuti perkembangan yang terjadi dan menciptakan berbagai metode antisipasi.

5. Tester Programmer

Tester programmer adalah profesi yang bertanggung jawab untuk melakukan pengecekan dan pengujian terhadap kinerja software dengan mencari bug, error, serta beberapa masalah.

6. Database Programmer

Database developer adalah pengembang perangkat lunak yang berspesialisasi dalam desain dan implementasi basis data komputer. Bahasa pemrograman yang biasa digunakan adalah C, PHP, dan Ruby untuk membangun dan mengelola database. Beberapa tugas seorang database programmer adalah merancang sistem database, membuat dan memperbarui dokumentasi database, memodifikasi dan mendokumentasikan kode program untuk perbaikan kesalahan, dan tugas-tugas lainnya.

Tugas Programmer adalah

1. Menganalisis kebutuhan

Sebelum merancang sebuah sistem, programmer harus mampu menganalisis apa saja yang akan dibutuhkan dalam pengembangan sistem. Maka dari itu, untuk pertama tugas programmer adalah mampu menganalisis kebutuhan mulai dari database yang akan digunakan, bahasa pemrograman yang akan diterapkan, dll agar menciptakan sistem yang sesuai.

2. Merancang flowchart

Jika ditempatkan sebagai pengguna aplikasi atau website, pasti kamu menginginkan aplikasi yang praktis kan? Hal itu tidak terlepas dari tugas seorang programmer. Untuk itu, selanjutnya tugas programmer adalah merancang flowchart untuk alur sistem yang akan dibuat. Flowchart adalah diagram yang menggambarkan algoritma, alur kerja, atau proses dari suatu program. Alur program ini biasanya dirancang dalam bentuk flowchart, UML (Unified Modelling Language), dan juga ERD (Entity Relationship Diagram). 

Misalnya saja pada aplikasi kursus online, maka flowchart dimulai dari pengguna melakukan login atau sign in, memilih kelas, sampai melakukan pembayaran. Rancangan alur ini memudahkan Programmer untuk menuliskan kode program dan membuat aplikasi yang mudah dinavigasi oleh pengguna.

programmer adalah
Sumber: Envato

3. Menulis kode program

Setelah berhasil merancang flowchart, maka selanjutnya tugas programmer adalah menulis kode program atau bisa disebut dengan coding. Coding menjadi tugas inti dari seorang programmer loh! Saat menulis dan menyusun kode program, programmer harus bisa berpikir logis dan terstruktur sesuai bahasa pemrograman yang digunakan agar terhindar dari error dan kesalahan kode.

4. Debugging

Setelah melakukan coding maka tugas programmer adalah melakukan debugging yang termasuk bagian dari internal testing sistem. Debugging adalah proses menemukan dan menghapus bug atau error untuk memungkinkan program dibuat sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan. Hal ini bisa dilakukan beberapa kali sampai semua bug atau error berhasil diperbaiki.

5. Memperbarui kode program

Setelah sistem sudah selesai di internal testing oleh programmer dan sudah diserahkan kepada Quality Assurance. Maka sistem tersebut akan dicek dan diuji untuk mengetahui apakah sistem yang dibuat sudah sesuai dengan kebutuhan bisnis dan berjalan semestinya. Jika masih terdapat hal yang kurang sesuai maka selanjutnya tugas programmer adalah memperbarui kode program atau biasa disebut dengan bug fixing. 

Skill Apa yang Harus Dimiliki Programmer?

Sebagai seorang programmer, kamu harus memiliki skill yang mumpuni. Apa saja itu?

1. Menguasai bahasa pemrograman

Skill pertama dan wajib dimiliki oleh programmer adalah menguasai bahasa pemrograman. Untuk itu kamu harus menguasai bahasa pemrograman. Eits, tenang nggak harus semua bahasa pemrograman kok! Untuk itu, kamu harus tau jenis programmer apa yang ingin kamu geluti agar dapat menentukan bahasa pemrograman yang akan kamu pelajari. Misalnya kamu ingin menjadi seorang front end web developer, berarti kamu harus menguasai setidaknya bahasa pemrograman HTML, CSS, dan Javascript. 

2. Problem-solving

Dalam menulis dan menyusun kode program, kamu pasti akan bertemu dengan error dan masalah. Untuk menjadi seorang programmer maka skill yang harus kamu miliki yaitu kemampuan menyelesaikan masalah tersebut.

3. Menguasai Bahasa Inggris

Menguasai Bahasa Inggris juga diperlukan ketika menjadi seorang programmer karena kebanyakan dokumentasi dan forum diskusi menggunakan Bahasa Inggris. Tidak hanya itu, kode pemrograman juga menggunakan Bahasa Inggris loh seperti if, else, try, catch, this, dll.

4. Detail dan Teliti

Setiap hari, programmer menuliskan ratusan bahkan ribuan kode untuk membuat suatu sistem. Ketelitian sangat diperlukan untuk menghindari kesalahan penulisan kode sehingga pekerjaan dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

5. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik

Programmer memang lebih banyak bekerja di depan komputer. Tapi dalam beberapa situasi seorang programmer juga harus berkomunikasi dengan programmer lainnya, tim desain, atau anggota lain, terutama dalam project besar.

6. Membaca dokumentasi

Dokumentasi menjadi salah satu penyelamat programmer karena dengan membaca dokumentasi kamu jadi mengetahui teknologi yang sedang digunakan, bagaimana cara mengatasi masalah, dll. Maka dari itu, untuk menjadi programmer kamu harus memiliki skill membaca dokumentasi juga!

programmer adalah
Sumber: Envato

Berapa Gaji Programmer?

Gaji programmer yang tergolong besar menjadi iming-iming tersendiri. Namun gaji yang akan diberikan perusahaan pasti berbanding lurus dengan skill, kemampuan, dan pengalaman yang kamu miliki. Untuk itu gaji programmer juga beragam. Gaji programmer junior sendiri berada di angka 4-8 juta. Sedangkan untuk programmer senior bisa mencapai 8-20 juta. 

Semakin Tertarik Menjadi Programmer?

Apa itu programmer? Programmer adalah profesi dengan prospek baik untuk kedepannya dan memiliki gaji yang bisa dibilang cukup tinggi. Tugas programmer adalah membangun dan mengembanngkan sebuah sistem. Namun, untuk menjadi programmer kamu harus memiliki beberapa skill yang mumpuni seperti kemampuan berbahasa Inggris, mampu berkomunikasi dengan baik, memiliki skill problem solving, hingga menguasai bahasa pemrograman. Mengapa skill itu diperlukan? Pastinya untuk menunjang tugas dan tanggung jawab menjadi seorang programmer. Jenis programmer apa yang akan kamu tekuni?

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah