• Home
  • Tips
  • Intip 10+ Cara Menghasilkan Uang dari PlayStore!

Intip 10+ Cara Menghasilkan Uang dari PlayStore!

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Sebagai pengguna Android pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi bawaannya yaitu PlayStore. PlayStore adalah aplikasi resmi yang diciptakan oleh Google yang memang ditujukan khusus untuk pengguna Android. Dahulunya aplikasi PlayStore ini dikenal dengan sebutan Android Market.

Fungsi dari PlayStore ini yang pasti sebagai gudangnya aplikasi yang bisa kamu unduh dan pasang pada smartphone android milikmu. Menariknya, kamu bisa menghasilkan uang dari PlayStore loh DomaiNesian! Penasaran bagaimana cara menghasilkan uang dari PlayStore? Tenang kamu sudah menemukan artikel yang tepat karena DomaiNesia akan mengajak kamu untuk membahas 10 cara  menghasilkan uang dari PlayStore. Yuk simak caranya!

cara menghasilkan uang dari PlayStore
Sumber: Envato

1. Menjadi android developer

Cara menghasilkan uang dari PlayStore yang pertama yaitu menjadi seorang android developer. Tidak sembarang orang yang bisa menjadi pengembang aplikasi karena harus memiliki keahlian khusus dan pengalaman yang sudah mumpuni. Jika kamu sudah memenuhi dua kriteria itu, maka kamu bisa mempertimbangkan menjadi seorang android developer. Alasannya karena sudah banyak pengguna android aktif bahkan hingga miliaran pengguna di seluruh dunia yang menjadikan aktivitas download dan install pada PlayStore cukup tinggi.

Hal itu sangat menjanjikan bagi seorang pengembang aplikasi android. Kamu bisa menciptakan aplikasi gratis atau berbayar. Jika gratis maka kamu bisa memanfaatkan iklan atau menggandeng perusahaan lain untuk mendapatkan uang. Cara mendapatkan uang dari Google PlayStore ini akan DomaiNesia bahas pada poin yang lain. 

2. In-App advertising

In-app advertising adalah cara menghasilkan uang dari PlayStore yang dilakukan oleh pengembang aplikasi. Dengan beberapa iklan yang dipasang pada aplikasinya, maka kamu bisa mendapatkan uang tambahan dengan Google Adsense. Namun harus kamu pastikan bahwa iklan tersebut tidak mengganggu performa dan juga pengguna dalam menjalankan aplikasi ya! Jika iklan yang kamu pasang mengganggu, bukan mendapatkan uang malah kamu akan kehilangan penggunamu. 

3. Menambahkan sistem berlangganan pada aplikasi

Cara menghasilkan uang dari PlayStore selanjutnya yaitu dengan menambahkan sistem langganan pada aplikasi. Contoh sederhananya yaitu dengan aplikasi YouTube premium yang menerAPKan sistem berlangganan ini, kamu bisa menonton video tanpa terganggu iklan, bisa mendengarkan lagu melalui YouTube Music, dan juga kamu bisa mendengarkan lagu atau video pada latar belakang.

Dengan kelebihan yang ditawarkan, maka pengguna YouTube banyak yang beralih ke langganan premium karena memang iklan pada setiap video yang mengganggu. Dengan sistem berlangganan ini bisa kamu jadikan cara mendapatkan uang dari APK (aplikasi)  yang bisa kamu coba!

4. Memanfaatkan aplikasi Freelancer

Cara menghasilkan uang dari PlayStore berikutnya yaitu dengan mendaftarkan diri pada aplikasi freelance yang kerap kamu jumpai seperti Sribulancer, Upwork, Fastwork, dan sebagainya. Aplikasi ini bisa langsung kamu download dan lakukan pendaftaran untuk mencari pekerjaan sampingan yang cocok dengan keahlianmu. Coba kita bahas satu persatu untuk memudahkan kamu dalam memahami setiap aplikasinya.

  • Fastwork

Fastwork adalah aplikasi freelance yang berasal dari negeri tetangga yaitu Thailand, namun kini sudah mulai mengepakkan sayap hingga ke negara kita. Dengan memanfaatkan aplikasi ini kamu bisa menemukan freelance seperti desain grafis, konsultasi, pemrograman, pemasaran, dan masih banyak bidang lain yang bisa kamu coba. Selain melalui aplikasi yang bisa didownload pada PlayStore, kamu juga bisa menggunakan website resminya.  

  • Upwork

Selain Fastwork, kamu juga akan menemukan aplikasi Upwork dan memang aplikasi ini juga cukup terkenal dikalangan freelancer. Cara menghasilkan uang dari PlayStore dengan memanfaatkan aplikasi ini banyak dimanfaatkan oleh banyak orang sejak tahun 2015. Bahkan pada tahun 2017 saja tercatat sudah ada 12 juta freelancer dan juga 5 juta penyedia kerja dari berbagai penjuru dunia. Cara kerjanya hampir sama dengan aplikasi freelance yang lain yaitu dengan mendaftarkan diri, melengkapi profil, dan mencari pekerjaan yang sesuai. Tertarik mencoba cara ini? 

  • Sribulancer

Sribulancer adalah wadah berkumpulnya freelancer profesional dan berpengalaman yang bisa dibilang terbesar di Indonesia. Terdapat 52 bidang pekerjaan yang bisa kamu pilih. Menariknya, jika kamu sudah mendaftar sebagai freelancer maka kamu bisa memasang iklan tanpa dipungut biaya sepeserpun. Bahkan hebatnya lagi kamu bisa mendapatkan upah yang berupa dolar loh!

cara menghasilkan uang dari PlayStore
Sumber: Envato

 

5. Menjadi seorang penulis

Bagi kamu yang gemar menulis dan berimajinasi, kamu bisa mencoba cara menghasilkan uang dari PlayStore kali ini. Yup, dengan menjadi seorang penulis dan memanfaatkan aplikasi yang bisa kamu unduh langsung seperti Wattpad, Storial, Novelme, dan banyak lagi yang lain. Apakah nanti kamu bisa mendapatkan uang dengan memanfaatkan hobi menulis? Jangan salah, dengan memannfaatkan aplikasi seperti Storial.co kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan loh!

Aplikasi ini bekerja sama dengan nulisbuku.com yang nanti akan menerbitkan tulisan kamu dan royalti akan masuk ke dompetmu. Tapi harus kamu ingat bahwa tulisan milikmu harus dikemas dengan menarik dan bisa memikat banyak pembaca ya sebab kamu akan mendapatkan royalti ketika tulisan kamu bisa memikat 500 pembaca.

6. Menambahkan In-App purchase

In-App purchase adalah cara mendapatkan uang dari Google PlayStore dengan cara menjual item produk digital kepada pengguna. Contoh dari cara mendapatkan uang dari APK ini biasanya kita temui pada aplikasi game. Melalui aplikasi tersebut, banyak tambahan yang dijual terpisah seperti senjata, pakaian, hero, level tambahan, dan sebagainya.

Nah itu yang disebut dengan In-App purchase. Besarnya biaya tambahan ini bergantung pada item yang kamu pilih dan semuanya memiliki harga yang berbeda-beda sesuai dengan fungsi dan tingkatannya. Bagi penggemar games pasti diantara kalian ada yang membeli item-item itu kan?

7. Memanfaatkan aplikasi yang menghasilkan

Banyak aplikasi penghasil uang yang bisa kamu coba untuk mendapatkan cuan, maka dari itu cara mendapatkan uang dari APK ini bisa kamu coba. Aplikasi tersebut memang diciptakan untuk menghasilkan uang. Bagaimana caranya? Yang pasti tidak hanya dengan mengunduh aplikasi dan memasangnya saja, kamu harus melakukan berbagai misi untuk mendapatkan poin yang nantinya bisa ditukarkan dengan uang. Apa saja aplikasinya?

  • Helo

Helo adalah aplikasi besutan dari India yang diperuntukkan untuk membagikan konten. Aplikasi ini cukup populer karena sudah diunduh hingga 2,3 juta pengguna. Wah sepertinya cara mendapatkan uang dari APK ini cocok untuk kamu yang tidak bisa jauh dari hp. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan seperti mengundang teman, check in di aplikasi, memposting konten, dan juga aktif menggunakan aplikasi tersebut dalam kurun waktu tertentu. 

  • Cashzine

Cara menghasilkan uang dari PlayStore berikutnya dengan memanfaatkan aplikasi Cashzine. Menurut kalim yang diberikan, pihaknya akan memberikan upah apabila kamu membaca dan membagikan berita dari aplikasi tersebut. Upah ini berupa reward yang bisa kamu tukaran menjadi uang melalui ​​PayPal, DANA, GCash, dan aplikasi e-wallet lain.

  • BuzzBreak

BuzzBreak adalah cara mendapatkan uang dari APK yang bisa kamu coba dengan mudah. Hanya dengan menonton video dan membaca berita yang sudah disediakan, kamu bisa mendapatkan uang dari sana. Aplikasi penghasil uang ini bahkan sudah memiliki lebih dari 500.000 pengguna.

8. Menjual foto yang kamu miliki

Cara menghasilkan uang dari PlayStore berikutnya yaitu dengan menjual koleksi foto yang kamu punya. Bagi kamu yang tertarik dengan dunia fotografi, cara mendapatkan uang dari Google PlayStore ini patut kamu coba. Dimana kamu bisa menjual foto-foto tersebut? Ada banyak aplikasi yang tersedia di PlayStore seperti Shutterstock Contributor, Contributor by Getty Images, dan sebagainya. Pastikan bahwa foto yang kamu hasilkan itu memiliki kualitas yang tinggi dan menarik. Manfaatkan kamera dan jangan lupa untuk mengedit hasil jepretanmu agar terlihat semakin cantik. Tertarik mencoba cara menghasilkan uang dari PlayStore ini?

cara menghasilkan uang dari PlayStore
Sumber: Envato

9. Menggunakan sosial media untuk mencari cuan

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sosial media menjadi cara mendapatkan uang dari Google PlayStore yang menjanjikan bagi penggunanya. Bagaimana tidak, kamu bisa melakukan berbagai cara mulai dari berjualan di toko online melalui Instagram atau Tiktok, menjadi influencer yang akan menerima endorse, menjadi seorang content creator, mengajak teman melalui link referral, membagikan link affiliate, dan sebagainya.

Mana yang sudah kamu lakukan? Banyak aplikasi yang bisa menjadi ladang penghasilan seperti Instagram, Facebook, Tiktok, dan YouTube. Dengan menciptakan konten yang unik dan menarik, cara menghasilkan uang dari PlayStore ini bisa dilakukan oleh siapapun tanpa terkecuali! Tertarik menjadi content creator?

10. Bermain game yang menghasilkan

Cara menghasilkan uang dari PlayStore ini cukup menyenangkan ya! Selain sebagai penghilang kejenuhan, game bisa kamu gunakan untuk mencari tambahan penghasilan. Hal ini sudah bukan menjadi rahasia lagi karena sudah banyak aplikasi game yang menghasilkan uang, bahkan gamers profesional saja mengikuti banyak turnamen yang bahkan menghasilkan uang jutaan rupiah. Kini sudah banyak game yang tersedia di PlayStore yang banyak ditandingkan dalam berbagai turnamen e-sport. Game yang bisa kamu gunakan seperti PUBG, Mobile Legends, Fortnite, RO: Idle Poring, dan masih banyak yang lainnya. Mana yang menjadi game favoritmu? 

11. Mengisi survey online

Cara mendapatkan uang dari APK yang bisa kamu coba yaitu dengan mengisi survei online melalui aplikasi. Cara mendapatkan uang dari APK cocok untuk kamu yang menginginkan penghasilan tambahan dan memiliki waktu luang. Kegiatan ini termasuk simbiosis mutualisme loh karena perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari survei yang kamu kerjakan untuk memajukan bisnisnya sedangkan kamu mendapatkan upah setelah mengisi survei tersebut. Dari mana kamu bisa mengisi survei ini? Nah untuk itu, kamu bisa memanfaatkan Google Opinion Rewards, YouGov, Swagbucks, dan banyak lagi. Tertarik menggunakan salah satunya?

cara menghasilkan uang dari PlayStore
Sumber: Envato

12. Menggandeng sponsor

Bagi pengembang aplikasi atau android developer, kamu bisa menggandeng perusahaan lain yang ingin mengembangkan bisnisnya untuk mendapatkan cuan tambahan! Cara menghasilkan uang dari PlayStore ini bisa kamu lakukan dengan memasang foto, logo, karakter, dan desain grafis lainya yang menggambarkan perusahaan tersebut. Kerja sama ini bisa bilang sebagai bentuk pendanaan dari pihak ketiga untuk pengembangan dan perbaikan aplikasi. Berapa uang yang akan kamu dapatkan? Nah jika berbicara soal uang maka tergantung dengan perjanjian yang sudah disetujui bersama dalam masa kampanye.

Sudah Tau Cara Menghasilkan Uang dari PlayStore?

PlayStore adalah aplikasi bawaan Android yang menjadi gudang aplikasi. Banyak aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang tambahan. Cara mendapatkan uang dari APK yang bisa kamu coba seperti game yang bisa diikuti dalam turnamen, survei online yang dibayar, memasang iklan pada aplikasi yang kamu buat, menjadi android developer, menjual foto hasil jepretan, dan masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan. Jadi cara mendapatkan uang dari Google PlayStore mana yang menarik buat kamu?

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah