• Home
  • Tips
  • PositiveSSL: SSL Murah Untuk Keamanan Website

PositiveSSL: SSL Murah Untuk Keamanan Website

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

PositiveSSL – Alasan mengapa tidak banyak orang yang menggunakan SSL adalah dikarenakan mahalnya harga SSL. Padahal sebenarnya SSL sangat dibutuhkan demi keamanan website. Tidak hanya itu, website yang menggunakan SSL akan terlihat professional sehingga dapat meningkatkan kepercayaan terhadap pengunjung yang mengaksesnya. Lalu, apakah kamu tahu berapa lama masa kadaluwarsa SSL? Masa kadaluwarsa SSL adalah selama 1 tahun. Jadi SSL akan melindungi websitemu dari orang- orang yang tidak bertanggung jawab selama 1 tahun.

Harga SSL pun beragam, ada yang murah dan ada juga yang mahal. Tapi perlu diingat, perbedaan harga juga akan mempengaruhi kualitas tingkat keamanan bukan Nah, buat kamu yang baru ingin membuat website jangan ragu untuk memasang SSL. PositiveSSL cocok dipasang untuk keamanan websitemu, cukup mengeluarkan uang sebesar 99 ribu saja dalam setahun.

Produk SSL di DomaiNesia

Selain domain, hosting, Cloud VPS, dan Web Apps, DomaiNesia juga menyediakan berbagai jenis SSL yang dapat membantu kamu dalam melindungi website dari serangan orang- orang tidak bertanggung jawab. Produk SSL yang Kami tawarkan bisa kamu lihat dengan cara mengakses https://www.domainesia.com/ssl/. Di halaman tersebut kamu bisa melihat rincian secua produk SSL yang ada. Mulai dari garansi SSL, tipe SSL, tingkat keamanan, hingga segel SSL.

Apabila kamu bingung dengan banyaknya produk SSL, kamu bisa baca Tips Memilih SSL Murah DomaiNesia terlebih dahulu. Sebenarnya Kami telah memberikan rekomendasi produk SSL untuk websitemu. Terdapat 3 rekomendasi SSL yang Kami berikan meliputi PositiveSSL, PositiveSSL Wildcard, dan Geotrust True BussinessID EV.

Untuk kamu sebagai seorang pemula, akan lebih cocok dengan menggunakan PositiveSSL. Selain harga yang murah hanya 99 ribu setahun, instalasinya pun cepat.

“Bisakah suatu saat nanti saya ingin mengubah SSL dengan tingkat keamanan yang lebih tinggi?”

Bisa saja! Caranya pun mudah, kamu cukup order kembali produk SSL yang lain. Dan lakukan instalasi sesuai panduan yang diberikan.

Apa itu PositiveSSL

PositiveSSL merupakan salah satu produk Secure Socket Layer (SSL) bersifat Single Domain SSL yang dikeluarkan oleh Sectigo (dulunya Comodo). Single Domain SSL berarti bahwa tipe SSL ini hanya bisa digunakan untuk 1 nama domain saja. Misalnya kamu memiliki nama domain creatifity.com, maka tipe SSL ini hanya akan melindungi untuk nama domain tersebut. Mengapa begitu? Hal ini karena, kode CSR (Certificate Signing Request) yang dimiliki tipe SSL ini hanya untuk 1 nama domain saja (domain utama).

“Lalu, apakah PositiveSSL dapat melindungi website dengan baik?”

Tentu! Walaupun bersifat Single Domain SSL, jangan khawatir dengan tingkat keamanan websitemu. Ada banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan dari Single Domain SSL ini, salah satunya adalah Enkripsi 256-bit. Enkripsi 256-bit merupakan enkripsi dengan level tinggi dan biasa digunakan untuk SSL. Enkripsi 256-bit ini berarti bahwa terdapat 2256 kemungkinan kombinasi yang akan dicoba oleh hacker untuk memecahkan enkripsi. Apabila dilakukan perhitungan antara bit dengan waktu, kemungkinan hacker bisa memecahkan enkripsi 256-bit dalam jangka waktu puluhan tahun. Tidak hanya itu, Single Domain SSL juga akan memberikan kesan aman dan professional untuk websitemu dengan adanya ikon gembok. Ikon gembok terletak di sebelah kiri nama domain saat pengunjung mengakses nama domain.

Baca Juga : Free SSL VS Paid SSL : Apa Perbedaaanya?

Kelebihan Menggunakan PositiveSSL

PositiveSSL merupakan produk SSL dengan tipe Single Domain SSL, adapun kelebihan dari PositiveSSL sendiri yaitu :

  • Tipe SSL yang sederhana. Validasi dan manajemennya mudah dilakukan. Cocok untuk pengguna pemula website yang ingin memasang SSL pada websitenya.
  • Proses enkripsi sebesar 256-bit. Enkripsi 256-bit merupakan enkripsi dengan level tinggi dan biasa digunakan untuk SSL.
  • Penerbitan sertifikat cepat.
  • Mendapatkan ikon gembok yang menyatakan bahwa nama domain telah aman di sebelah kiri nama domain saat pengunjung mengakses nama domain.

Perbedaan PositiveSSL dan PositiveSSL Wildcard

Pada halaman produk SSL DomaiNesia, terdapat produk PositiveSSL Wildcard. Apa perbedaan antara PositiveSSL dan PositiveSSL Wildcard? Dari sifatnya, kedua SSL itu sebenarnya sudah berbeda. PositiveSSL bersifat Single Domain SSL. Sedangkan PositiveSSL Wildcard bersifat Wildcard. Sifat Wildcard ini maksudnya adalah SSL tipe Wildcard akan melindungi domain utama dan semua subdomain yang ada pada website. Wildcard sendiri berasal dari karakter bintang (*) yang ada pada domain. Tanda bintang pada domain berarti bahwa nama sub domain (host) yang berkaitan dengan domain utama (*.namadomain.com). Dengan menggunakan SSL tipe Wildcard, semua subdomain akan terlindungi dan aman.

Cara Order PositiveSSL di DomaiNesia

Peran SSL sangat berguna untuk website bukan?Oke, sekarang saatnya kamu order SSL di DomaiNesia. Kamu bisa mengikuti step by step berikut ini :

1. Mengakses Website DomaiNesia

Langkah pertama, kamu bisa mengakses www.domainesia.com. Kemudian scroll ke bagian bawah lalu klik Sertifikat SSL. Atau bisa juga mengakses domainesia.com/ssl/.

2. Memilih PositiveSSL

DomaiNesia menyediakan produk SSL dengan berbagai macam harga dan kegunaan. Kami juga memberikan rekomendasi SSL yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah PositiveSSL. Dengan harga 81 ribu setahun, siklus 3 tahun untuk 1 domain. Silakan klik Beli pada bagian PositiveSSL.

Jika kamu memiliki subdomain yang lumayan banyak, kami sarankan untuk menggunakan PositiveSSL Wildcard

3. Melakukan Pemesanan

Setelah itu, kamu bisa menulis nama domain yang ingin dilakukan instalasi SSL. DomaiNesia menyediakan jasa untuk instalasi SSL. Apabila kamu ingin Kami bantu dalam melakukan instalasi SSL, silahkan beri tanda “centang” pada tulisan Ya. SSL yang dipesan akan kami install secara otomatis di website. Jadi, kamu tidak perlu ribet dalam melakukan instalasi. Setelah selesai melakukan pemesanan, silahkan klik Masukkan Trolli. Agar dapat segera melunasi Proforma Invoice, kamu harus login dan mengisikan email terlebih dahulu.

4. Melunasi Proforma Invoice

Yey! Proses order sudah hampir selesai. Kamu bisa selesaikan pembayaran sesuai nominal yang ada pada Total di Proforma Invoice. Asing dengan istilah Proforma Invoice? Yuk, intip artikel Proforma Invoice : Definisi, Fungsi, Bentuk, Hingga Perbedaan dengan Invoice!

“Ketika selesai order, lalu apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan?”

Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan SSL melalui halaman MyDomaiNesia. Proses aktivasi SSL ini bertujuan agar kamu bisa mendapatkan kode CSR (Certificate Signing Request), Private Key, CRT, dan CABUNDLE. Nantinya kode-kode tersebut akan digunakan saat instalasi di hosting. Kamu bisa ikuti artikel Cara Mengaktifkan SSL (Mendapatkan CSR, Private Key, CRT dan CABUNDLE) untuk mengaktifkan SSL.

Cara Install PositiveSSL di Hosting

Terdapat 2 tipe orang yang berkaitan dengan proses instalasi yaitu tipe ngoprek dan tipe terima jadi. Tipe ngoprek merupakan tipe orang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap proses instalasi dan hal teknis lainnya. Sedangkan tipe terima jadi merupakan tipe orang yang tidak ingin ribet dalam proses instalasi atau teknis.

Sumber : Elements Envato

Nah, kalau kamu tipe terima jadi, kamu bisa serahkan proses instalasi SSL kepada Tim DomaiNesia.

Centang Ya pada kolom Instalasi SSL pada saat melakukan pemesanan SSL untuk mengguanaka jasa instalasi dari Tim DomaiNesia.

Kamu tidak perlu melakukan instalasi. Cukup menunggu saja, nantinya secara otomatis SSL terinstall di hosting.Tapi kalau kamu tipe ngoprek, maka kamu bisa mengikuti semua langkah yang ada pada panduan Cara Install SSL di Hosting.

Sebenarnya proses instalasi SSL di hosting cukup mudah dan cepat dilakukan. Untuk itu, segera lakukan instalasi SSL pada websitemu agar website segera terlindungi dari serangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Kesimpulan

Ibarat rumah yang memerlukan pagar sebagai keamanan, website juga memerlukan SSL sebagai keamanan. Mulai sekarang jangan ragu lagi ya untuk memutuskan apakah website harus dipasang SSL atau tidak. Ada banyak jenis SSL yang bisa kamu gunakan. Mulai dari yang murah hingga mahal. PositiveSSL cocok untuk kamu sebagai pemula yang ingin membuat website. Dengan harga 99 ribu setahun, maka websitemu akan terlindungi.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!