• Home
  • Tips
  • Yuk Ciptakan Website Interaktif dengan Memanfaatkan React Js!

Yuk Ciptakan Website Interaktif dengan Memanfaatkan React Js!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

React Js – Semakin maraknya website dan aplikasi yang menjadi kebutuhan manusia maka kebutuhan akan orang yang ahli di bidang coding juga semakin meningkat.

Coding adalah kegiatan yang dilakukan oleh developer untuk membuat aplikasi atau website dengan menyusun kode dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

Bagi kamu yang ingin terjun atau yang bahkan sudah terjun ke dunia pemrograman dan pengembangan website pasti pernah bertemu dengan istilah React JS.

Bahkan React JS adalah salah satu library Javascript yang dapat membantu para pengembang website untuk menciptakan User Interface yang menarik dan tidak membosankan.

Apakah kamu sudah kenal dengan library ini? Sangat tepat jika kamu menemukan artikel ini karena jika ingin belajar coding dan mendalami profesi Frontend Web kamu harus mengenal React JS.

Yuk belajar library ini bersama mulai dari apa itu React JS, fungsi React JS, dan juga bagaimana cara installnya Penasaran? Mulai dari penjelasan yang pertama ya!

React JS Adalah….

React JS adalah library javascript yang diperuntukkan untuk membangun tampilan website yang menarik. Library buatan Facebook ini bisa dikatakan sebagai kumpulan dari fungsi-fungsi Javascript yang sudah tertulis agar kamu lebih mudah dalam menggunakan fungsi javascript tersebut dalam pengaplikasian website.

Tunggu sebentar, kamu sudah tahu apa itu javascript? Javascript adalah sebuah kode yang diperuntukkan untuk membuat komponen dan tampilan website lebih interaktif seperti dalam pembuatan slideshow, animasi, form, dan beberapa konten dinamis yang ditampilkan dalam website.

Bisa dibilang bahwa javascript adalah kode yang bisa meningkatkan fungsionalitas pada sebuah website seperti untuk behavior dan aktivitas yang dilakukan oleh pengguna.

Balik lagi ke topik pembahasan yaitu library react yang ternyata bersifat open source atau semua orang bisa mengembangkan library ini secara bebas dan gratis.

React JS adalah library javascript yang sangat mumpuni jika digunakan untuk mengembangkan website dengan skala kecil dan website perusahaan besar sekalipun.

react js

Banyak perusahaan top global seperti Netflix, Yahoo.com, AirBNB, Paypal, DropBox, dan perusahaan lain yang mempercayakan library ini untuk pengembangan website mereka.

Dari sini bisa kita ambil kesimpulan bahwa fungsi library ini yaitu untuk memudahkan developer terutama frontend web developer dalam membangun tampilan UI yang interaktif.

Apakah kamu sudah mulai tertarik dengan library javascript satu ini? Lebih baik kamu membaca poin selanjutnya agar kamu lebih yakin lagi dalam menggunakannya. 

Apa Kelebihan dari React JS?

Tidak heran bahwa React JS adalah library yang banyak digunakan oleh perusahaan top global karena memiliki beberapa kelebihan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari React JS yang bisa kamu pahami, antara lain : 

Ramah terhadap SEO

Pertama, kelebihan dari React JS adalah ramah terhadap SEO. Dalam pengembangan website, SEO adalah hal wajib yang harus diperhatikan apabila kamu ingin website milikmu berada pada peringkat teratas pada mesin pencarian.

Lalu kenapa library react ini ramah terhadap SEO? Karena semua proses yang ada pada library tersebut berada pada sisi server kemudian akan dikembalikan dalam bentuk virtual DOM yang nantinya akan menjadi laman website yang biasa kamu lihat.

Nah proses inilah yang mengurangi kegagalan render dan menjadikan library ini bisa diakses oleh beragam mesin pencarian meskipun javascript dikenal memiliki ukuran yang cukup berat. 

Mendukung untuk reusable component

Pengguna React JS pasti sudah merasakan kemudahan yang dihadirkan oleh library ini. Yups kemudahan react js adalah mendukung untuk reusable component.

Contohnya saat kamu sudah membuat komponen tabel, dengan begitu kamu bisa menggunakan komponen tersebut pada berbagai halaman yang memiliki kebutuhan komponen yang sama.

Selain itu, jika dibutuhkan perubahan maka kamu tidak perlu mengubah di banyak file saja cukup pada reusable component tersebut. Dengan begitu maka dapat menghemat waktu dan penyimpanan kan? 

Dilengkapi dengan virtual DOM

Sempat disinggung di atas perihal virtual DOM. Virtual DOM berguna untuk merender komponen yang berubah tanpa merender semua halaman.

Adanya virtual DOM ini jelas akan membuat performa website semakin cepat sebab tidak semua halaman yang dirender ulang.

Contohnya saja saat kamu melakukan klik pada tombol maka yang akan dirender hanya tombol itu saja bukan semua halaman website. 

Developer tools yang bisa memudahkan developer

Developer tools ini sangat berguna loh bagi developer sebab kamu akan dimudahkan dalam pencarian kesalahan pengolahan data atau render halaman. Developer tools adalah fitur yang digunakan untuk debugging yang disediakan oleh browser maupun ekstensi.  

Sumber : envato

Open source

Library yang dikembangkan oleh Facebook ini bersifat open source jadi library ini bisa terus berkembang dan siapapun boleh berpartisipasi di dalamnya.

Jika terjadi error atau bug maka bisa cepat dibenahi karena banyaknya orang yang berpartisipasi.

React js adalah library javascript populer yang menjadikannya didukung oleh banyak komunitas, forum diskusi aktif, dan juga dokumentasi yang cukup lengkap. 

Mudah dalam pembuatan komponen

React Js didukung dengan JSX jadi dalam pembuatan komponen dijamin lebih mudah. JSX adalah sebuah fitur yang digunakan untuk memodifikasi DOM atau Document Object Model yang mendukung kode HTML di dalamnya.

Meskipun terlihat seperti HTML namun JSX tetaplah javascript yang berarti dapat membantu kamu dalam membuat komponen yang dinamis dengan support dari browser modern seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome.

Mudah dalam proses pengujian

Mudah dalam pengujian menjadi kelebihan dari React Js berikutnya.

Sebab React telah dilengkapi dengan React Views yang berfungsi sebagai state, jadi kamu bisa memanipulasinya agar bisa melihat beberapa functions, event, data, dan juga trigger dari action.

Sumber : envato

Mendukung pengembangan aplikasi mobile

Sudah tahu bahwa React juga bisa digunakan dalam pengembangan aplikasi mobile? Yup, library tersebut dikenal dengan React Native.

React Native adalah library javascript yang di compile menjadi native code yang digunakan di dalam Android maupun iOs. Library React Native banyak digunakan oleh perusahaan karena satu aplikasi yang dikembangkan bisa digunakan pada Android dan juga iOs sekaligus.

Wah keren ya! Dengan kepopulerannya, React Native juga sudah didukung oleh banyak komunitas yang memudahkan kamu jika mengalami masalah. Selain itu, banyak template yang sudah siap digunakan oleh developer agar pengerjaan lebih cepat dan efisien.

Code yang terjamin kestabilannya

Seperti yang kita tahu bahwa React Js adalah library yang menggunakan satu aliran data saja atau Single way data flow.

Maksudnya data akan dikirim dari parent ke child. Apabila terjadi perubahan pada child maka perubahan tersebut tidak berpengaruh ke parent. Itulah yang menjadikan code yang dimiliki React Js lebih stabil.  

Cara Mudah Install React Js

Install React Js ini ternyata cukup mudah loh! Kamu hanya perlu menyiapkan komputer atau laptop, jaringan internet, dan yang terpenting adalah niat. Jika itu semua sudah siap maka kamu sudah siap untuk mengikuti langkah mudah install React Js berikut ini.

Siapkan Node Js

Langkah pertama dalam install React Js yaitu menyiapkan Node Js. Untuk itu buka halaman resmi Node Js lalu disana akan memunculkan banyak versi dan juga sistem operasi yang ada.

Nah kamu harus memilih versi dan juga sistem operasi sesuai kebutuhan. Jika sudah berhasil mengunduh maka pasang Node Js seperti aplikasi pada umumnya. 

Apabila sudah terinstall kamu harus melakukan pengecekan ya apakah Node Js memang sudah terpasang di perangkat milikmu. Dengan perintah node -v yang kamu jalankan pada terminal. Apabila sudah muncul versi node maka kamu sudah siap untuk melangkah ke step install React Js berikutnya. 

Install React Js

Masih di terminal, install librsry ini cukup mudah dengan menjalankan perintah npm install -g create-react-app.

Perintah ini berfungsi untuk menginstall react secara global. Jika sudah berhasil maka jangan lupa untuk selalu memeriksa apakah react sudah berhasil terpasang atau belum.

Cara ceknya dengan menjalankan perintahcreate-react-app -v. Apabila sudah terinstall maka kamu sudah siap untuk membuat proyek baru. 

Mulai membuat proyek

Jika kamu sudah sampai pada langkah ini berarti kamu sudah berhasil untuk install React Js.

Nah selanjutnya kamu harus mulai membuat proyek dengan menjalankan perintah create-react-app my-react pada direktori yang akan kamu gunakan.

Pada perintah terakhir dituliskan my-react, nah kamu bisa mengubah perintah tersebut dengan nama proyek yang ingin kamu buat. Misalnya kamu ingin membuat proyek dengan nama star-project maka perintahnya sebagai berikut.

Siap untuk digunakan

Proyek kamu sudah berhasil ditambahkan maka langkah terakhir dalam install React Js yaitu dengan membuka proyek pada Visual Studio Code.

Lalu buka terminal pada aplikasi tersebut dan jalankan perintah npm start untuk menjalankan proyek tersebut.

Jika proses compile sudah selesai maka akan terbuka halaman http://localhost:3000/ pada perangkat milikmu.

Dimana Kamu Bisa Belajar React Js?

Buat kamu yang ingin belajar React Js, tenang saja ada beberapa situs yang bisa menjadi referensi kamu saat belajar React Js.

Build with Angga

Bagi para developer, situs belajar Build with Angga atau biasa dikenal dengan BWA pasti sudah tidak asing lagi. Banyak pilihan kelas mulai dari pemula hingga expert sekalipun.

Udemy

Udemy menyediakan berbagai pilihan paket yang bisa kamu gunakan untuk belajar React Js dan juga belajar Javascript yang bisa kamu sesuaikan dengan budget yang kamu punya. Disana kamu akan belajar mulai dari pengenalan hingga cara upload ke hosting. Tertarik untuk mencobanya?

Free React Bootcamp 

Jika kamu mencoba menggunakan situs ini maka kamu akan menemukan rekaman bootcamp gratis untuk kamu yang ingin belajar react js dan yang pasti rekaman tersebut mudah untuk dipahami dan dipelajari oleh pemula sekalipun.

Codecademy: React 101 

Berbeda dengan kelas yang lain, Codecademy menyediakan tempat belajar react js secara gratis untuk kamu yang masih pemula.

Sudah Siap Membangun Website Dinamis dengan React Js?

React Js adalah library Javascript buatan Facebook yang memudahkan developer dalam menggunakan fungsi Javascript karena sudah dikemas sedemikian rupa namun tetap memiliki fungsi yang keren.

Ada banyak keunggulan yang bisa kamu dapatkan apabila menggunakan library ini seperti mudah dalam pengujian, bersifat open source, ramah terhadap SEO, tersedia fitur developer tools, dan masih banyak lagi kelebihan yang lain.

React Js sebagai solusi bagi frontend web developer yang memang ingin mengembangkan website yang interaktif dan bisa membuat penjungung nyaman karena visual yang diciptakan sangat berkelas.

Bagaimana? Apakah kamu ingin menerapkan React Js untuk websitemu agar menarik banyak pengunjung? Tenang cara install React Js ini juga mudah dan bisa dilakukan oleh orang awam juga. Selamat mencoba!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah