• Home
  • Tips
  • Apa itu Internal Link? Cara Cepat Meningkatkan Traffic!

Apa itu Internal Link? Cara Cepat Meningkatkan Traffic!

Oleh Hiqbal Fauzi
No ratings yet.

Dalam menulis konten yang ditampilkan pada website, pastinya kamu memerlukan ide dalam menentukan topik apa yang akan kamu bahas. Jika sudah menemukan sebuah topik, langkah selanjutnya kamu harus melakukan riset agar apa yang kamu tulis bukan informasi hoax atau informasi palsu. 

Memang, saat ini banyak informasi hoax atau palsu demi mendapatkan traffic yang tinggi karena pembaca merasa penasaran apakah benar informasi yang tertulis pada judul dapat dibuktikan atau tidak. Namun, dengan menuliskan informasi yang valid, kamu juga memiliki cara lain agar pembaca bisa tetap membaca website kamu bahkan terpancing oleh konten-konten lain yang pernah kamu tulis di website kamu. Apakah kamu pernah mendengar internal link? Internal link adalah sebuah teknik yang bisa membantu kamu dalam meningkatkan traffic berdasarkan kunjungan dari konten-konten dari domain kamu. Namun, tentu saja kamu membutuhkan strategi yang tepat agar internal link dapat berdampak pada traffic website kamu. Yuk kita cari tahu apa itu internal link, fungsi internal link dan segala sesuatu yang berkaitan dengan internal link. 

Apa itu Internal Link : Definisi

Apa itu internal link? Internal link adalah sebuah tautan yang dapat mengarahkan pembaca dari satu halaman ke halaman lain pada domain website yang sama. Jadi, internal link akan membantu pembaca dalam mendapatkan informasi tambahan yang masih memiliki keterkaitan dari halaman lain di dalam satu domain yang sama. Jika kamu memiliki banyak topik dalam satu domain, pastikan kamu telah menetapkan topik-topik yang memiliki keterkaitan yang sama atau bidang yang sama agar lebih mudah menyambungkan dari satu halaman ke halaman lain.

Berikut merupakan salah satu contoh penerapan internal link yang digunakan pada website DomaiNesia:

internal link

Pada gambar diatas, dapat terlihat bahwa tulisan dengan warna biru muda adalah contoh internal link yang akan membawa pembaca ke halaman lain pada domain domainesia. Tujuan Internal link adalah agar memudahkan pembaca untuk mendapatkan informasi tambahan terkait beberapa kata kunci yang belum diketahuinya dengan cara memberikan link pada tautan kata kunci terkait.

Teknik internal link ini sering digunakan oleh SEO Specialist dalam membantu meningkatkan traffic pada sebuah website. Namun, terkadang teknik ini bisa tidak efektif dilakukan, mengapa hal tersebut dapat terjadi? Setelah kamu memahami apa itu internal link, yuk kita pelajari lebih dalam fungsi internal link dan bagaimana cara menerapkan internal link agar lebih efektif.

apa itu internal link
Sumber: Envato

Apa itu Internal Link : Fungsi Internal Link

Setelah memahami apa itu internal link pada penjelasan di atas, banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan internal link untuk mendapatkan dampak yang signifikan pada website kamu. Tentu saja dengan membuat strategi di awal dalam melakukan navigasi dari satu halaman ke halaman. Berikut merupakan fungsi internal link yang harus kamu ketahui

1. Menjadi Penambah Informasi dari Suatu Topik

Internal link dapat dijadikan sebagai penambah informasi dari suatu topik yang telah ditulis. Misalnya, saat kamu membuat website dari satu domain yang sama dengan topik yang serupa yaitu dengan topik Cloud Computing. Kamu dapat membuat beberapa artikel yang berkaitan dengan cloud computing mulai dari pengertian dasar, hingga pengetahuan yang lebih dalam dari cloud computing sendiri. Dalam artikel yang kamu buat, tanpa harus menulis ulang kamu dapat memberikan referensi dengan cara menyematkan tautan pada kata kunci tersebut.

Contoh:

Jika kamu ingin membuat sebuah website menggunakan teknologi cloud computing yang terbaru, kamu bisa gunakan hosting murah DomaiNesia tanpa ribet dan mahal!

2. Memudahkan Navigasi para Pembaca

Fungsi internal link selanjutnya adalah dapat memudahkan navigasi dari para pembaca. Internal link memudahkan sebuah search engine dalam menjelajahi berbagai halaman dan konten dengan satu domain. Pembaca juga akan lebih mudah mengetahui artikel-artikel apa saja yang kamu miliki, karena mereka tidak perlu lagi mencari informasi tersebut secara manual, melainkan hanya dengan membaca sebuah artikel yang memuat kata kunci yang berisikan sebuah tautan berkaitan dengan halaman lain pada domain kamu.

3. Optimasi Kata Kunci

Fungsi internal link selanjutnya adalah dapat mengoptimasi kata kunci. Tautan yang relevan dapat membantu search engine dalam memahami topik atau fokus utama halaman yang diarahkan oleh tautan tersebut. Dengan memberikan internal link dari satu halaman ke halaman lain, maka search engine akan lebih mengetahui bahwa kata kunci yang akan sering dicari pada halaman tersebut adalah kata kunci yang kita sematkan pada artikel lain dan hal ini akan berdampak pada rekomendasi artikel-artikel yang relevan.

4. Menjadi Link Juice bagi Halaman ke Halaman Lain

Fungsi internal link selanjutnya adalah dapat menjadi link juice bagi halaman ke halaman lainnya. Jadi, internal link juga berperan dalam distribusi otoritas atau “link juice” di antara halaman-halaman situs web. Link juice adalah value yang diberikan dari satu website ke website lainnya. Hal ini dapat membantu halaman yang lebih penting atau relevan mendapatkan rekomendasi lebih besar daripada lainnya.

5. Mengoptimasi Traffic pada Sebuah Halaman

Fungsi internal link berikutnya adalah dapat mengoptimasi traffic pada sebuah website atau halaman. Dengan merekomendasi satu halaman ke halaman lain melalui traffic, pembaca akan lebih mudah mengunjunginya daripada harus mencari informasi secara manual. Dengan strategi yang tepat, jika kamu memiliki halaman yang trafficnya belum setinggi halaman lain, maka cobalah untuk menempatkan kata kunci yang berkaitan ke halaman-halaman lain agar dapat mengangkat traffic halaman tersebut.

apa itu internal link
Sumber: Envato

Apa itu Internal Link : Jadi, Apakah Penting Menggunakan Internal Link?

Tentu saja! Setelah kamu memahami apa itu internal link, pasti kamu sadar bahwa penggunaan internal link adalah hal yang penting dari sebuah website, melalui penggunaan yang tepat. Penggunaan internal link memiliki banyak manfaat pada website kamu. Internal link akan memudahkan pembaca dalam melakukan eksplorasi halaman apa saja yang ada pada domain kamu tanpa harus memaksa pembaca membuka halaman-halaman tersebut. 

Walaupun hal-hal tersebut tidak sepenuhnya kamu bisa kontrol, karena kemauan pembaca dalam membuka link tersebut tidak selalu terjadi. Maka, hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggiring pembaca agar penasaran dengan informasi tersebut dan ingin mencari tahu lebih lanjut menggunakan kata-kata yang membuat rasa ingin tahu mereka meningkat. 

internal link
Sumber: Envato

Beli Domain Murah

Apa itu Internal Link : Jika Menggunakan Internal Link, Apakah Traffic Langsung Naik?

Hmm, belum tentu! Mengapa? Karena ada beberapa aspek yang harus kamu perhatikan seperti keterkaitan antar artikel, kata-kata yang dapat menggiring pembaca, kapasitas internal link pada satu artikel, dan sebagainya. Aspek-aspek tersebut harus kamu perhatikan pada saat tahap perencanaan, karena pembaca harus memiliki kenyamanan dan tingkat rasa ingin tahu yang cukup tinggi agar dapat membuka halaman lain melalui internal link tersebut. 

Optimalkan struktur konten dan tata bahasa dalam sebuah halaman kemudian tempatkan internal link di kata kunci yang tepat dan relevan dengan tautan halaman yang ditautkan. Berikan kalimat singkat yang memberikan informasi dari halaman yang ditautkan agar pembaca dapat membacanya lebih lanjut langsung di halaman yang ditautkan.

Bagaimana? Apakah kamu sudah memahami apa itu internal link? Terapkan internal link pada website yang kamu miliki agar dapat meningkatkan traffic pada website tersebut dengan struktur konten yang nyaman dibaca oleh pembaca. Semoga dengan artikel ini kamu bisa lebih memahami terkait apa itu internal link dan siap untuk menerapkannya!

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at DomaiNesia with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds