• Home
  • Tips
  • Hosting untuk Ujian Online Bisa Bebas Hambatan? Perhatikan ini!

Hosting untuk Ujian Online Bisa Bebas Hambatan? Perhatikan ini!

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Apakah kamu saat menjalani sekolah atau kuliah sering melaksanakan ujian online? Tentu saja! Apalagi pada masa pandemi tahun ini yang mengharuskan tetap berada di rumah dan bahkan sekolah dilakukan secara online. Biasanya ujian online menggunakan website, maka dari itu hosting yang dipilih harus mumpuni agar tidak down saat melakukan ujian. Banyak kendala teknis yang bisa kamu dapatkan apabila menggunakan hosting yang tidak mumpuni mulai dari error saat memuat soal, mengumpulkan jawaban, atau bahkan server yang down. Jika belum tahu tentang hosting, berikut penjelasan apa itu hosting.

Artikel ini sangat cocok untuk kamu yang ingin membangun website sekolah yang dilengkapi dengan e-learning, institusi pendidikan yang ingin melaksanakan (CBT) Computer Based Test, perusahaan yang melakukan perekrutan pegawai berbasis online, dan sebagainya. Jika kamu merasa menjadi salah satu dari yang DomaiNesia sebutkan, maka artikel ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengetahui hosting untuk ujian online yang cocok. Sudah siap?

hosting untuk ujian online
Sumber: Envato

Apa itu CBT?

CBT atau tes berbasis komputer adalah pengerjaan soal yang memanfaatkan komputer dan internet untuk pengerjaan nya. CBT pertama kali diterapkan sudah dari 2015. Bagi kamu yang sudah pernah melaksanakan CBT mungkin merasa bahwa soal satu orang dengan orang yang lain berbeda. Hal itu karena soal pada CBT terpusat dan terkomputerisasi sehingga ada banyak paket soal yang berbeda. Bagaimana cara kerja CBT? Penggunanya hanya menggeser kursor dan memilih jawaban, setelah semua sudah terisi maka pengguna bisa mengumpulkan jawaban tersebut dengan klik submit atau simpan. CBT memiliki berbagai kelebihan, berikut kelebihannya. 

  • Menghemat ketersediaan kertas.
  • Mengurangi terjadinya interaksi dan mencontek bagi peserta ujian karena satu dengan yang lainnya memiliki jenis soal yang berbeda.
  • Menghemat waktu pengecekan dan penilaian karena dilakukan langsung oleh sistem.
  • Mengurangi human error dalam penilaian ujian.

Bisa kita simpulkan bahwa CBT adalah ujian online yang dapat mempermudah dari segala aspek dan memiliki tingkat efisiensi yang tinggi. Supaya bisa merasakan kemudahan itu, CBT harus didukung server hosting ujian online yang handal. Jangan salah memilih hosting untuk ujian online ya! Mengapa server hosting ujian online harus memiliki kualitas dan mumpuni? Mari kita bahas!

Mengapa Memilih Hosting untuk Ujian Online itu Penting?

Seperti namanya kita sudah tahu bahwa ujian ini dilaksanakan secara online yang berarti hanya mengandalkan kinerja server saja. Tanpa server hosting ujian online yang baik maka kan muncul banyak permasalahan yang ditimbulkan, bahkan hingga server down. Contoh kasusnya pernah terjadi pada tahun 2018 saat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMP.

Server mengalami down diakibatkan jumlah pengguna melebihi kemampuan server atau overload. Bahkan permasalahan ini terjadi kurang lebih 30 menit. Tentu kamu tidak ingin permasalahan server seperti itu terjadi lagi. Maka dari itu, kamu harus tau bagaimana tips memilih hosting untuk ujian online. Simak pada poin berikutnya!

hosting untuk ujian online
Sumber: Envato

Hosting Seperti Apa yang Cocok untuk Ujian Online?

Server hosting untuk ujian online memang sangat penting dan vital keberadaannya. Lalu spesifikasi seperti apa yang harus dipilih? 

1. Performa yang stabil dan cepat

Performa hosting untuk ujian online harus memiliki kecepatan yang tinggi dan juga stabil. Hal itu diperlukan agar proses ujian bisa berjalan dengan cepat. Misalnya saja saat pengguna melakukan login, mengerjakan soal, dan juga mengupload jawaban.

2. Tingkat keamanan tinggi

Keamanan server hosting ujian online juga sangat penting. Alasannya karena banyak data-data sensitif pada server ujian seperti identitas. Dengan memperketat cyber security maka peluang untuk terjadi cyber crime tentu semakin mengecil.

3. Server yang handal

Spesifikasi server hosting untuk ujian online harus tinggi dan memiliki sumber daya yang besar. Seperti memiliki disk space yang besar agar dapat menampung trafik pengunjung yang tinggi agar tidak terjadi overload yang dapat menyebabkan server down. 

4. Pengelolaan yang mudah

Supaya server hosting ujian online bisa diperbaiki dan dikembangkan lagi maka harus kamu pastikan bahwa pengelolaannya mudah. Seperti mendukung banyak php versi, bisa menginstall beragam CMS, cPanel yang komplit, dan banyak lagi.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia Bisa Kamu Jadikan Solusinya 

Berbicara mengenai ujian online yang mengharuskan server memiliki spesifikasi yang tinggi, DomaiNesia memberikan solusi untuk kamu dalam memilih web hosting untuk ujian online yaitu dengan layanan Cloud Hosting. Yuk kita bahas singkat mengenai Cloud Hosting. 

Apa itu Cloud Hosting?

Cloud Hosting adalah hosting website dimana data akan tersimpan ke dalam beberapa server yang saling terhubung satu sama lain untuk menjaga kerja server lebih stabil dan seimbang. Data yang dimaksud bisa berupa gambar, video, teks, dokumen, dan lain sebagainya. Teknologi ini merupakan pengembangan dari hosting konvensional yang masih menggunakan hardware pada pusat penyimpanan datanya.

Dari tahun 1960 ide cloud computing ini sudah ditemukan oleh John McCharty sebagai pakar kecerdasan buatan dan juga komputasi. Lalu pada tahun 1990-an ide tersebut diangkat oleh pendiri Oracle dan kemudian mulai digunakan oleh beberapa perusahaan seperti Google dengan Google App dan juga Amazon melalui E2C.

hosting untuk ujian online
Sumber: Envato

Mengapa menggunakan Cloud Hosting? 

Cloud hosting merupakan layanan hosting yang menyediakan infrastruktur teknologi informasi melalui internet, sehingga dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengadakan ujian online dengan lancar. Berikut adalah alasan mengapa kamu harus memilih Cloud Hosting sebagai pilihan hosting untuk ujian online.

  • Efisien dalam pengeluaran biaya karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya pemeliharaan dan juga biaya operasional.
  • Alasan pemilihan Cloud Hosting untuk ujian online adalah kamu dapat dengan mudah melakukan akses data karena dapat diakses kapan saja dan dimana saja server.
  • Proses monitoring juga akan lebih mudah dilakukan karena akan terkoneksi langsung dengan website. Jadi kamu hanya perlu cek melalui dashboard saja. Selain itu kamu juga disediakan tools untuk mempermudah proses instalasi software dan aktivitas lainnya.
  • Pemilihan Cloud Hosting untuk ujian online karena apabila salah satu server mengalami down maka website akan tetap berfungsi secara normal. 
  • Cloud Hosting memiliki kapasitas yang lebih besar sehingga dapat menampung trafik yang tinggi secara bersamaan sehingga cocok menjadi pilihan hosting untuk ujian online.

Keuntungan Penggunaan Cloud Hosting DomaiNesia

Dengan kelebihan Cloud Hosting tersebut, kamu bisa memilih menggunakan layanan dari DomaiNesia karena banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, seperti.

  • Fleksibel dalam hal pemilihan paket. Kamu dapat memilih ukuran Cloud yang sesuai kebutuhan dengan beragam paket yang ditawarkan dan juga tersedia layanan untuk resize kapanpun kamu membutuhkannya. Jadi kamu tidak mengeluarkan biaya lebih untuk resource yang tidak dibutuhkan. 
  • Mendukung banyak bahasa pemrograman sehingga memudahkan developer dalam pengembannya seperti PHP, Python, Ruby, Java, Golang, dan Rust. Selain itu, Cloud Hosting DomaiNesia juga sudah mendukung beragam framework Javascript modern seperti Nuxt Js, Node Js, Headless CMS, Static Site, dan lainnya.
  • Layanan 24/7 dari IT Support yang bisa dilakukan melalui chat, telepon, Whatsapp, dan juga tiket.
  • Memiliki keamanan yang ketat sehingga dapat meminimalisir cyber crime. 
  • Jaminan kecepatan kilat yang cocok sebagai hosting untuk ujian online.
  • Tidak perlu pusing lagi memikirkan pengelolaan server sebab tim professional DomaiNesia akan membantumu untuk melakukan pengelolaan tersebut. Sehingga kamu sudah tidak perlu memikirkan pemeliharaan server untuk kedepannya.
  • Kecepatan akses website yang tidak perlu diragukan lagi karena sudah dilengkapi dengan Web Accelerator, seperti WordPress Accelerator, PageSpeed Plugin, GFonts Accelerator, Nginx Cache, Redis, dan Memcached.
  • Control Panel menggunakan cPanel sehingga kamu bisa lebih mudah untuk mengoperasikan sebab dilengkapi dengan fitur yang lengkap dan juga tersedia panduan untuk menghemat waktu. 
  • Auto backup yang dilakukan secara teratur jadi kamu tidak perlu bingung lagi untuk kehilangan data.

    hosting untuk ujian online
    Sumber: Envato

Jangan Salah Pilih Hosting untuk Ujian Online ya!

Untuk melaksanakan dan mengadakan ujian online maka kamu harus memiliki server hosting ujian online yang mumpuni. Untuk itu, kamu tidak boleh sembarangan dalam memilih. Banyak permasalahan yang bisa ditimbulkan salah satunya yaitu server down. Jika server sudah down berarti ujian online juga tidak dapat dilaksanakan. Karena itu, kamu harus memilih hosting untuk ujian online dengan menggunakan Cloud Hosting dari DomaiNesia.

Dengan Cloud Hosting ini kamu akan mendapatkan server yang handal, stabil, aman, dan terpercaya. Segudang manfaat bisa kamu rasakan seperti harga yang terjangkau, layanan 24/7, tersedia berbagai pilihan paket yang bisa disesuaikan kapan saja, dan masih banyak lagi. Bahkan mulai dari harga Rp 60.000 per bulannya, kamu sudah bisa menikmati layanan Cloud Hosting terbaik loh! Tunggu apa lagi? Yuk gunakan server hosting ujian online yang handal dengan layanan Cloud Hosting DomaiNesia!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah