• Home
  • Tips
  • Apa itu WordPress ? Pengertian WordPress Yang Harus Anda Tahu.

Apa itu WordPress ? Pengertian WordPress Yang Harus Anda Tahu.

Oleh Ayoni Sulthon
apa itu wordpress

Apa itu WordPress? tentu Anda sedang bertanya-tanya tentang platform untuk membuat website yang paling banyak dipakai oleh bloger di seluruh dunia.

Perlu Anda ketahui, Wordpess merupakan CMS (Content Management Sistem) yang sangat flexibel untuk membuat sebuah website, karena WordPress juga open source sehingga sangat mudah untuk mendapatkan update, dan menginstall banyak plugin atau tema di platform ini.

Dengan platform WordPress, Anda akan dengan mudah membuat website seperti company profile, website toko online, website marketplace dan masih banyak lagi. Dengan hanya menginstall tema yang sesuai dengan kebutuhan Anda, selanjutnya tinggal menyesuaikan tampilan tema dengan menginstall plugin sesui kebutuhan Anda.

apa itu wordpress
apa itu wordpress

Apa Itu WordPress dan sejarahnya

Dari mana sejarah wordpress berawal ? Pertama perlu Anda ketahui, bahwa wordpress pertama kali di bangun tahun 2003 oleh team Matt Mullenweg dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.

Awal mula penggunaan WordPress adalah untuk pembuatan cafeblog yang berfokus pada pembuatan blog pribadi seperti friendster. Seiring perkembangannya wordpress berubah fungsi menjadi CMS (Content Management Sistem) untuk CRUD (Create atau membuat, Read atau membaca, Update atau mengupdate, Delete untuk menghapus data di website yang sedang Anda bangun)

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Blog Pribadi Bagi Pemula

WordPress.com platform Website GRATIS

Tak hanya CMS saja, wordpress juga memiliki platform membuat website gratis dengan mudah, dengan membuat website di www.wordpress.com . Dengan platform wordpress Anda bisa membuat website dengan mudah dan gratis. Dengan wordpress.com Anda tidak perlu membeli hosting dan domain, karena semua sudah disediakan oleh platform ini, namun website Anda akan berakhiran wordpress.com. Contohnya adalah webnnda.wordpress.com

Namun jika Anda ingin membuat website profesional dengan berakhiran .com seperti websiteanda.com, Anda bisa membeli domain di DomaiNesia dan menghostingkan di Promo Hosting DomaiNesia. Hosting bulanan mulai Rp. 8.000,-

Kenapa Harus WordPress

Saat ini sudh banyak sekali CMS yang ada di Internet, Namun kenapa Anda harus memakai CMS wordpress? Jawaban adalah wordpress adalah CMS yang paling mudah digunakan untuk orang awam sekalipun.

Ada ribuan plugin yang bisa Anda install dengan mudah dan gratis di wordpress, hal ini merupakan fitur paling menarik yang dimiliki oleh wordpress. Nama wordpress sendiri sudah sangat terkenal di kalangan programmer, sehingga jika Anda memiliki kebingungan, Anda bisa menanyakan di forum dengan sangat mudah.

WordPress Self Hosted / Memakai WordPress di Hosting Pribadi

Tip Membuat Addon Domains
Sumber : unsplash

Bagi Anda yang ingin membuat blog dengan domain dan hosting sendiri, Anda bisa menginstall WordPress. Cara ini disebut dengan nama WordPress Self-Hosted (sebab Anda memakai hosting sendiri). Cara adalah dengan membeli hosting dan domain sendiri di DomaiNesia lalu install WordPress di cpanel, lalu masuk ke dashboard wordpress dengan mengetikan namadomain.com/wp-admin dan Anda bisa mulai untuk menginstall themes dan plugin yang Anda butuhkan.

Install Tema Gratis Yang SEO Friendly dan Responsive

Tema dapat membuat tampilan website Anda menjadi tampilan website profesional. Sedangkan plugin berguna untuk menambahkan fungsi-fungsi khusus yang dibutuhkan oleh sebuah website.

Salah satu contoh plugin paling populer adalah SEO YOAST, plugin ini berfungsi untuk membantu website Anda berada di halaman 1 google.

Tema dan plugin yang menjadikan blog WordPress Anda menjadi Dinamis, sehingga bisa membuat website toko online, company profile, atau website berita dengan mudah dan tanpa perlu Anda mempelajari Coding PHP yang sangat rumit.

Bagi para programer worpress, mereka bsia men-submit karya-karyanya berupa themes dan plugin yang jumlahnya ribuan, tema dan plugin ini ada yang gratis dan ada juga yang berbayar, kebanyakan tema-tema dan plugin wordpress ini gratis.

Cara Kerja WordPress

WordPress merupakan hasil dari pemrograman PHP. Ketika pengunjung mengakses web Anda, kode program PHP akan di generate oleh web browser sehingga menampilkan bentuk website yang Anda buat.

Untuk penyimpanan data seperti username, artikel, gambar dll, wordpress memakai sistem database yang bernama MySQL untuk menyimpan seluruh data website Anda. Untuk mengakses database di self hosting, Anda bisa membukanya di cpanel.

Jadi intinya untuk membuat website dengan wordpress, Anda memiliki dua pilihan.

Pilihan pertama mendaftar di www.wordpress.com, lalu Anda akan memiliki situs website gratis, namun dengan alamat website : websiteanda.wordpress.com. Cara ini gratis namun memiliki beberapa batasan. Salah satunya adalah Anda tidak bisa memakai tema yang sudah disediakan.

Pilihan kedua adalah membuat website dengan membeli domain dan web hosting. Dengan cara ini Anda dapat mengakses semua fitur di wordpress. Untuk memilik nama domain / situs, Anda harus membeli melalui situs penyedia domain murah seperti DomaiNesia. Sedangkan untuk meletakkan data dan file yang juda disebut hardisk internet, Anda harus menyewa platform bernama hosting.

 

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.

Artikel

Lainnya


M. Septa Dwi Miarsa
October 31, 2019

Terimakasih atas bantuannya

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!