• Home
  • Berita
  • Mau Jadi Programmer? Framework adalah Hal yang Perlu Kamu Pelajari

Mau Jadi Programmer? Framework adalah Hal yang Perlu Kamu Pelajari

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Framework adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari seorang programmer. Dan ketika kita membicarakan teknologi tentu tidak dapat dipisahkan dengan yang namanya bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman adalah suatu hal yang paling penting dalam membangun sebuah sistem atau aplikasi. Memilih bahasa pemrograman yang tepat tentu bukanlah hal mudah karena hal tersebut bisa berdampak bukan hanya pada kecepatan aplikasi atau program tapi juga berpengaruh pada waktu pengembangannya.

Framework adalah
Sumber: Freepik

Jika kamu masih bingung untuk memilih, kami akan memberikan beberapa rekomendasi bahasa pemrograman dan framework yang penting untuk kamu pelajari di tahun 2020 ini. Jika bahasa pemrograman sudah sangat familiar di kalangan umum lalu apa itu framework? Yuk, simak penjelasannya.

Framework adalah Sebuah Software

Framework adalah sebuah software yang berfungsi untuk memudahkan kinerja para programmer untuk membuat suatu aplikasi website yang didalamnya terdapat berbagai macam fungsi diantaranya plugin. Dengan menggunakan framework bukan berarti kamu akan terbebas dari kode-kode pemrograman.

Karena untuk menggunakan framework tentu kamu harus memahami variable-variabel yang terdapat di dalam framework yang kamu gunakan. Framework adalah sebuah software yang terbagi menjadi 2 yaitu framework PHP dan framework CSS.

Macam-macam Bahasa Pemrograman dan Framework

Berikut beberapa bahasa pemrograman dan framework yang bisa kamu pelajari untuk membangun sistem aplikasi atau website:

Java — Spring Framework

Jika kamu mengira Spring Framework adalah bagian dari java framework, maka jawaban kamu sangat tepat. Spring Framework adalah salah satu dari open source Java Framework yang bisa dibilang cukup populer.

Hal ini ditujukan untuk memudahkan para developer dan menyediakan framework yang fleksibel. Dengan menggunakan Spring Framework kamu bisa dengan mudah menemukan ekstensi, resources dan dokumentasi yang cukup banyak di internet.

Hal itu sangat memudahkan para developer dalam menemukan dan menambahkan hal-hal yang diperlukan untuk berintegrasi dengan berbagai jenis aplikasi. Beberapa produk dari Spring Framework yang paling populer diantaranya:

  • Spring Boot
  • Spring Cloud
  • Spring Cloud Data FlowFramework adalah

Golang (GO)

Golang atau yang disingkat dengan GO merupakan bahasa pemrograman yang dibuat di platform Google. Hal yang membuatnya mudah digunakan untuk membangun software yang sederhana, handal dan efisien adalah karena sintaksnya yang mudah dipahami oleh para pemula.

Golang tidak hanya mendukung multi-threading tapi juga didukung oleh concurrency kelas satu. Ukuran file biner untuk Golang jauh lebih kecil dari file spring jar.

Python — Django Framework

Framework lainnya hadir dari Phyton yakni Django Framework. Django Framework adalah sebuah software yang digadang-gadang sebagai framework terbaik dari Python dalam mebangun aplikasi website. Django merupakan aplikasi open source dan juga bisa digunakan secara gratis.

Django Framework menawarkan stabilitas, dokumentasi yang baik dan juga memiliki dukungan dari komunitas yang kuat. Biasanya Django Framework banyak digunakan dalam membangun CRM, CMS, Booking Engines dan hampir semua jenis aplikasi website.

Django Framework adalah sebuah software yang juga menawarkan solusi lainnya seperti analisis data, perhitungan yang rumit, dan machine learning.

Angular — Web Framework

Angular pernah menjadi framework terbaik pada zamannya. Angular sendiri merupakan aplikasi open source berbasis TypeScript yang dibangun juga oleh Google.

Angular bisa dibilang versi terbaru dari AngularJS yang dibentuk oleh tim yang sama di Google. Angular hadir lebih kuat, modern dan tentunya didukung oleh komunitas.

Angular juga didukung oleh berbagai platform website, desktop bahkan selular. Salah satu alasan mengapa kamu harus mempelajari framework ini karena Angular memiliki ekosistem yang cukup besar dan juga berkembang.

Vue.js

Vue merupakan framework JavaScript yang sangat populer dan juga berkembang sangat pesat selama beberapa tahun terakhir. Vue adalah frameworks yang cukup progresif untuk membangun frontend.

Salah satu yang menjadi keunggulan adalah Vue mengambil banyak bahan dari para kompetitornya seperti Angular dan React lalu menambahkan elemen-elemen lain ke dalamnya.

Vue juga memiliki fleksibilitas yang cukup bagus. Namun karena Vue adalah framework yang terbilang baru maka komunitasnya masih kecil dan mayoritas developernya bukan berbahasa Inggris.

Framework adalah
Sumber: Pixabay

Itulah beberapa bahasa pemrograman yang kami rekomendasikan untuk kamu pelajari di pertengahan tahun 2020 ini. Untuk penggunaaan bahasa pemrograman dan framework tentu kembali kepada kamu.

Sebaiknya pilihlah yang memang bisa mengakomodir kebutuhan kamu. Karena bahasa pemrograman sangat penting untuk penggunaan jangka panjang dan tentunya menunjang kinerja kamu sebagai programmer.

Ratna Patria


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!