• Home
  • Berita
  • Apa itu CSS? Mengenal CSS, Cara kerja dan Kegunaannya

Apa itu CSS? Mengenal CSS, Cara kerja dan Kegunaannya

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Apa itu CSS? Kamu membutuhkan CSS untuk membuat website kamu terlihat lebih menarik lagi. CSS adalah salah satu bahasa pemrograman yang bisa mengatur seluruh tampilan website sehingga kamu bisa menyesuaikan website tersebut seperti yang diinginkan user.

Saat ini perkembangan teknologi terjadi disemua sektor tidak terkecuali pada pengembangan website. Untuk para website developer sudah pasti mengetahui mengenai tools yang memiliki banyak kegunaan dalam pengembangan website apalagi kalau bukan CSS. Mengembangkan website dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML dan PHP tentu saja belum cukup.

Itulah mengapa penting untuk menggunakan CSS karena hampir semua website menggunakan CSS sebagai tools untuk mengatur berbagai tampilan di dalam website. Kami akan mengulas sedikit mengenai apa itu CSS, bagaimana cara kerja dan kegunaan dari tools ini.

apa itu CSS
Sumber: Pixabay

Apa itu css?

Sebenarnya apa itu css? untuk kamu yang bukan web developer mungkin masih bertanya-tanya mengenai tentang tools yang memiliki banyak kegunaan ini. CSS atau Cascading Style Sheet adalah salah satu bahasa pemrograman yang mampu mengontrol format tampilan sebuah halaman website yang ditulis dengan menggunakan penanda atau yang biasa disebut markup language.

Umumnya CSS digunakan untuk mendesain sebuah halaman HTML dan juga XHTML namun CSS terus dikembangkan sehingga saat ini CSS dapat diaplikasikan juga pada semua dokumen XML. Termasuk juga di dalamnya SVG dan XUL bahkan bisa digunakan pada sistem operasi android.

Pada dasarnya CSS dan HTML memiliki keterkaitan yang erat sehingga kinerja keduanya akan saling berhubungan. HTML merupakan bahasa markup dan CSS memperbaiki stylenya. Kedua bahasa pemrograman ini ini harus bekerja beriringan. Karna sebagai pemilik website tentu saja kamu tidak menginginkan tampilan artikel tanpa modifikasi apapun.

Fungsi CSS

Lalu apa benar CSS memiliki banyak fungsi untuk membuat tampilan website lebih menarik ? CSS memiliki fungsi utama yaitu mendesain, merancang, membentuk dan merubah halaman pada website ataupun blog dan isi dari halaman website itu ialah tag-tag HTML.

Sederhananya CSS itu bisa digunakan untuk mengubah tag-tag html yang sederhana menjadi lebih fungsional dan lebih menarik. Kamu bisa sangat mudah membedakan website yang menggunakan CSS atau tidak.

Jika kamu menemukan sebuah website yang ketika website tersebut loading hanya menampilkan layar putih maka bisa dipastikan website tersebut tidak menggunakan CSS atau hanya menggunakan HTML saja.

apa itu CSS
Sumber: Pixabay

Kamu tentu pernah mencoba mengembangkan website dengan menggunakan HTML atau PHP, Kamu pasti merasakan agak kesulitan untuk mendesain bagian tampilannya. Apalagi jika kamu harus membuat tampilan yang lumayan komplek untuk sebuah proyek website yang besar.

Karena HTML memang tidak dikembangkan untuk mendesign tampilan depan website. Salah satu solusi untuk hal tersebut adalah dengan menggunakan CSS.

Cara Kerja CSS

Setelah kita membahas tentang apa itu CSS dan fungsinya, lalu bagaimana cara kerja dari bahasa pemrograman ini?

Secara default bahasa pemrograman ini menggunakan bahasa inggris sederhana berbasis syntax. Lalu CSS didukung dengan berbagai macam rules yang mengaturnya. Logikanya keberadaan HTML pada dasarnya dirancang untuk mendeskripsikan konten yang kemudian dibantu dengan keberadaan CSS untuk memberikan sedikit sentuhan modifikasi.

Jika kamu menggunakan keduanya kamu bisa membuat tampilan website seperti yang kamu inginkan. CSS memiliki struktur yang bisa dibilang cukup sederhana sehingga cara mengaplikasikanya juga cukup mudah. CSS terdiri dari selector dan declaration block. Dalam hal ini kamu bisa memilih elemen yang kamu inginkan lalu kamu dapat melakukan deklarasi terhadap elemen tersebut.

Selector bekerja untuk mengarahkan elemen ke halaman HTML. Perlu kamu ketahui jika setiap deklarasi menyertakan nama dan value dari properti CSS yang dipisahkan dengan tanda koma. Pada umumnya deklarasi pada CSS diakhiri dengan tanda titik koma sedangkan declaration block dikelilingi oleh tanda kurung kurawal.

apa itu CSS
Sumber: Pixabay

Penutup

Perlu diingat jika segala sesuatu tidak ada yang sempurna begitu juga dengan CSS. Meskipun demikian, dengan berbagai macam kegunaan CSS, bahasa pemrograman ini juga memiliki kelebihan. Salah satunya adalah tampilan pada browser.

Karena tidak semua browser sama dalam mengartikan CSS sehingga memungkinkan terjadinya tampilan yang berbeda antara satu browser dengan browser yang lainnya. Itulah sedikit informasi dari kami tentang apa itu CSS. Semoga bermanfaat!

Ratna Patria


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!