10+ Cara membuat stiker di wa Mudah

Oleh Mutiara Auliya
4.46/5 (50)

Hi DomaiNesians! Kamu pengguna Whatsapp kan? Di jaman sekarang, siapa yang tidak menggunakan Whatsapp. Dari mulai ibu rumah tangga, anak SD, pelajar hingga para pekerja kantoran menggunakan Whatsapp sebagai sarana berkomunikasi. Dikutip dari Wikipedia.

Whatsapp adalah aplikasi pesan untuk lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet. WhatsApp Messenger lebih populer disebut dengan Whatsapp atau WA. Sudah tahu belum kalau sekarang kamu bisa gunakan stiker yang tersedia di aplikasi Whatsapp secara mudah dan gratis? Yap, beberapa bulan yang lalu Whatsapp merilis fitur stiker terbarunya.

Jadi, kamu bisa menggunakan berbagai stiker menarik ketika melakukan aktivitas chatting. Selain itu, cara membuat stiker di WA juga cukup mudah.

Kehadiran fitur stiker di Whatsapp, membuat aplikasi ini semakin digemari. Ada beragam jenis stiker yang dapat kamu pilih. Bahkan sekarang ada juga stiker dengan gambar wajah kamu atau orang lain yang bisa kamu buat sendiri lho! Apa sih yang harus dilakukan ketika ingin menikmati fitur stiker di whatsapp? Apa perbedaan stiker di WA dengan stiker di beberapa aplikasi chatting lainnya? Bagaimana cara membuat stiker di wa dengan foto sendiri? Yuk cari tahu, agar kamu lebih paham!

Oktober 2018, Muncul Stiker di Whatsapp

Dikutip dari Phone Arena, Whatsapp memang sedang gencar-gencarnya untuk melakukan update fitur seperti video call banyak user, durasi menghapus pesan serta fitur stiker. Fitur stiker ini dapat dinikmati oleh pengguna Android dan iOS agar aktivitas chatting semakin seru. Untuk menikmati fitur terbaru dari Whatsapp ini, kamu harus melakukan update WhatsApp ke versi 2.18.329 di Google Play Store untuk pengguna  Android. Sedangkan untuk pengguna iOS, silakan untuk memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi 2.18.100. Ada beberapa stiker lucu dan menarik yang bisa kamu gunakan secara gratis. Kamu juga bisa membuat stiker sendiri dengan berbagai ekspresi foto orang lain. Cara membuat stiker di WA juga cukup mudah. Banyak tutorial di internet yang bisa kamu temukan. Whatsapp Messenger memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan aplikasi chatting lainnya.

Keunggulan WhatsApp

Dikutip dari Whatsapp dan Wikipedia, adapun beberapa fitur unggulan dari Whatsapp Messenger misalnya:
1. Pesan reliable dan sederhana
2. Kirim pesan ke teman dan keluarga menggunakan koneksi internet telepom
3. Memiliki fitur chat grup hingga 256 orang sekaligus
4. Berbicara dengan gratis menggunakan panggilan suara dan video Whatsapp
5. Terdapat fitur Whatsapp Web dan desktop
6. Keamanan terjamin karena menggunakan enkripsi end-to-end
7. Membagikan momen yang penting secara realtime dengan kamera bawaan WA
8. Foto dan video akan dikirim dengan cepat meskipun Anda sedang berada dalam koneksi yang lambat
9. Terdapat fitur voice note

10. Membagikan dokumen dengan mudah hingga 100 MB
11. Memiliki fitur untuk mengirim lokasi GPS. Bukan hanya berupa link, tetapi dapat langsung ditampilkan
12. Terintegrasi ke dalam sistem
13. Memiliki status pesan tertentu. Misalnya jam merah ketika loading, tanda centang ketika terkirim ke jaringan, tanda centang ganda jika pesan telah terkirim ke teman chat serta silang merah apabila pesan gagal
14. Memiliki fitur broadcasts ke personal ataupun group chat
15. menghapus pesan atau menarik kembali pesan yang telah terkirim
16. Simpel dan ringan
17. Terdapat fitur Whatsapp for Business

Stiker Whatsapp vs Stiker Line

Persaingan aplikasi Line dan Whatsapp memang cukup berat. Dulu walaupun memakan RAM yang cukup banyak, Line lebih digemari masyarakat karena memiliki banyak stiker yang bisa diunduh secara gratis. Berbeda dengan Whatsapp yang bertahan dengan tampilan simpel, minimalis yang tetap berfokus pada keperluan chatting. Namun sekarang, Whatsapp telah merilis fitur stiker yang dapat dinikmati banyak orang. Bahkan ada juga stiker yang bisa kamu buat sendiri. Cara membuat stiker di WA juga mudah. Stiker dengan foto orang lain atau foto diri sendiri.

Dikutip dari CNN Indonesia, berikut ini keunggulan stiker WA dengan stiker Line:

Gratis

Di WA, ada beberapa stiker lucu yang bisa kamu gunakan dengan gratis seperti, Cuppy by Minseung Song, Salty by Alisa Kryzhanovska, Komo by Sanat Rath, Bibimbap Friends by Pete Ellison, Unchi & Rollie by nu1t, Shiba Inu by Aiko Kuninoi, The Maladroits by Cole Ott, Koko by Hanasake Picture Inc., Fearless and Fabulous by Ann Shen, Banana by Jayde Fish, Biscuit by Ghostbot dan Hatch by Hatch.
Jika di Line, ada beberapa stiker gratis dan berbayar. Untuk stiker dengan berbagai macam bentuk dan fitur hanya dapat kamu dapatkan dengan membeli didalam toko Line. Namun untuk stiker yang bisa bergerak dan stiker yang mengeluarkan suara sendiri, belum tersedia di Whatsapp.

Membuat Stiker Sendiri di WA

Di Whatsapp, kamu tidak perlu membeli stiker yang dibuat orang lain seperti halnya Aplikasi Line. Kamu bisa dapatkan berbagai stiker secara gratis atau buat stiker sendiri sesuai keinginan. Cara membuat stiker sendiri di wa sangatlah mudah. Yang kamu perlukan hanyalah beberapa aplikasi pendukung seperti aplikasi editing foto serta aplikasi pengunggah stiker. Pertama, aplikasi editing foto digunakan untuk untuk menghapus latar belakang foto, menambahkan kreasi lain, menambahkan kata-kata, dan sebagainya. Kamu bisa install aplikasi Background Eraser, PicsArt ataupun aplikasi editing foto lain yang biasa digunakan.

cara membuat stiker di wa
Sumber: Google Play Store

Kedua, untuk cara membuat stiker di wa kamu bisa melakukan instalasi Aplikasi Personal Sticker for Whatsapp. Aplikasi ini bertujuan untuk memasukkan foto yang telah kamu edit sebelumnya. Foto yang telah diedit, dapat diunggah langsung ke Whatsapp melalui aplikasi ini. Kamu harus menyediakan minimal 3 foto agar paket stiker dapat diunggah ke WhatsApp.

Melakukan Salin Stiker WhatsApp

Selain gratis, stiker di Whatsapp juga dapat disalin/ dicopy pengguna lain lho! Kamu dapat dengan mudah menyalin stiker milik orang lain jika dirasa lucu atau harus disimpan. Bagaimana caranya? Jika kamu melihat stiker lucu milik temanmu atau pengguna lain, silakan beri tanda bintang pada stiker yang dipilih. Nah, nanti stiker tersebut akan muncul di daftar koleksi stiker milikmu dan dapat digunakan ulang. Cara membuat stiker di WA dan salin stiker adalah kelebihan yang dimiliki Whatsapp. Berbeda dengan Line dimana kamu harus membeli stiker yang kamu mau.

Cara Membuat Stiker di WA (Whatsapp)

 

Masih penasaran dengan cara membuat stiker di wa? Tenang saja! Kali ini DomaiNesia akan memberikan tips dan trik cara membuat stiker di wa dengan mudah. Bahkan pemula pun bisa lho! Dikutip dari Kompas, berikut step by stepnya,

  • Persiapkan Foto Yang Ingin Dibuat Stiker

Nah saatnya membuat stiker di Whatsapp. Kamu harus mempersiapkan beberapa foto yang ingin dibuat stiker. Bisa foto teman kamu, saudara, pacara ataupun bahkan musuh kamu. Pilih 3 foto atau lebih ya, karena Whatsapp mewajibkan minimal 3 stiker yang dapat ditambahkan ke aplikasi.

  • Menghapus Background Foto

Sekarang saatnya hapus background foto dengan menggunakan aplikasi editing foto yang tadi telah dijelaskan. Kamu bisa unduh dan lakukan instalasi aplikasi Background Eraser yang ada di Play Store. Jika telah berhasil diinstal, silakan load images dengan memilih ikon Eraser lalu pilih foto yang ingin dihapus backgroundnya. Silakan hapus background sesuka hati kamu. Kamu bisa memotong foto terlebih dahulu baru menghapusnya dengan fitur auto atau magic yang dimiliki. Atau jika ingin menghapus manual juga bisa. Setelah itu, klik Save untuk menyimpan hasil editing foto.

  • Mempersiapkan Foto Yang Ingin Diupload

Nah, silakan hapus background untuk minimal 3 foto. Karena paket stiker yang dapat ditambahkan ke Whatsapp minimal 3 foto. Pastikan foto memiliki ekstensi .PNG ya

  • Mengunggah Stiker Foto Pilihan Kamu

Nah saatnya mengunggah foto yang ingin kamu buat menjadi stiker. Silakan melakukan instalasi Aplikasi Personal Sticker for WhatsApp yang ada di Play Store.

Setelah itu, buka Whatsapp dan lalu pilih opsi menambah emoji yang terletak di sebelah kiri kolom untuk ketik pesan. Kemudian pilih ikon “Stickers” lalu akan muncul tampilan stiker. Nah untuk menambahkan foto yang kamu buat, pilih tanda tambah (+) di pojok kanan atas. Silakan scroll kebawah lalu klik “Get more stickers”, pilih opsi tersebut untuk menambah foto yang kamu buat tadi.

Secara otomatis, aplikasi Personal Sticker for WhatsApp akan terbuka. Kemudian pilih foto-foto yang telah kamu edit tadi. Kemudian klik Add. Foto-foto tadi akan dikemas dalam bentuk paket stiker dan dapat segera digunakan untuk menemani keseruan chatting kamu.

  • Cara Membuat Stiker di WA, Selesai!

Yeay! Kamu sekarang kamu telah berhasil membuat stiker di WA sendiri. Untuk menggunakan stiker yang telah dibuat, silakan klik tombol sticker lalu pilih foto sesuai dengan ekspresi yang kamu mau.

Kesimpulan

Ada berbagai keunggulan stiker WhatsApp dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Selain gratis, kamu bisa membuat stiker sendiri dan menyalin stiker yang kamu mau. Cara membuat stiker di WA juga mudah. Rasakan keseruan chatting menggunakan stiker buatan sendiri dengan aplikasi WhatsApp. Jika ada kendala terkait layanan hosting murah DomaiNesia, kamu bisa hubungi Tim Support via WhatsApp. Salam DomaiNesia!

Mutiara Auliya

Hi! I am Data Analyst and Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Artikel

Lainnya


syukron nuryadi
February 8, 2021

mampir gan dichanel ku https://www.youtube.com/channel/UCViHxWo-qAyonxogK7kaEvw

Syifah
August 13, 2020

Aku gk ngerti

hime
July 30, 2020

adsfadsagd makasih banyak kak

Surya
December 1, 2019

Bagai mana donlow ya

amaterasu blog
August 20, 2019

Mantap....

Ahmad Basuki
May 10, 2019

Terima kasih

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!