• Home
  • Berita
  • Cara Install Laravel di Ubuntu Dengan Mudah Melalui Composer

Cara Install Laravel di Ubuntu Dengan Mudah Melalui Composer

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Cara Install Laravel di Ubuntu bisa dilakukan dengan mudah dengan composer. Composer merupakan tools yang digunakan untuk mengelola dependensi PHP yang mempermudah developer atau programmer dalam menambahkan depedensi PHP dalam membangun sebuah website. Hanya dengan mencari dan memilih di dalam composer, maka secara otomatis composer akan melakukan instalasi depedensi yang dipilih. Nah pastikan kamu telah memiliki Cloud VPS terbaik ya DomaiNesians. Dan jangan lupa untuk melakukan instalasi Ubuntu pada Cloud VPS terlebih dahulu. Sebelum mengetahui cara install Laravel di Ubuntu, ada baiknya jika kamu kenalan terlebih dahulu dengan apa itu Laravel, fitur Laravel, hingga kelebihan dan kelemahan Laravel.

Tentang Laravel

Laravel adalah salah satu framework PHP yang menerapkan MVC (Model-View-Controller) dan banyak digunakan oleh programmer dalam membangun website. Menurut Insight Stackoverflow, lebih dari 50% orang di dunia menggunakan Laravel pada tahun 2020. Tidak hanya itu, Laravel termasuk framework PHP yang paling disenangi dan populer. Banyak developer menggunakan Laravel baik untuk project website skala kecil hingga skala besar. Beberapa keunggulan Laravel antara lain Laravel menyediakan fitur untuk mengetahui semua route dengan satu perintah. Sehingga proses routing sangat mudah untuk dilakukan. Kemudian Laravel sangat memperhatikan keamanan. Hanya melakukan update maka semua celah yang ada di framework akan tertutup. Selain itu dokumentasi Laravel mudah dipelajari, apabila terdapat kendala kamu bisa mempelajari lewat dokumentasi Laravel.

Fitur- Fitur Laravel

Sebelum mengetahui cara install Laravel di Ubuntu, kenali terlebih dahulu fitur- fitur yang bisa kamu dapatkan dari Laravel. Terdapat 11 fitur yang menjadi unggulan Laravel dari framework PHP lainnya. Salah satunya adalah Modularity. Dengan Laravel, kamu bisa membangun website secara bertahap. Misalnya kamu ingin membuat marketplace dengan 3 halaman yang berbeda. Kamu bisa membuatnya satu per satu terlebih dahulu. Setelah selesai semua, kamu bisa menggabungkan ketiga halaman menjadi satu kesatuan website yang lengkap. Untuk fitur Laravel lainnya, kamu bisa baca Laravel, Framework Terpopuler Saat Ini.

Laravel VS Codeigniter : Pilih Mana?

Laravel sering dibanding-bandingkan dengan Codeigniter. Codeigniter juga merupakan salah satu framework PHP yang banyak digunakan pada kalangan programmer. Namun, untuk menentukan mana yang terbaik antara Laravel dan Codeigniter tidak bisa dilakukan secara sepihak. Karena pilihan merupakan suuatu hal yang relatif. Itu artinya apakah kamu tim Laravel atau tim Codeiginiter tergantung oleh penggunanya. Ada beberapa developer yang lebih nyaman dan merasa mudah ketika menggunakan Laravel. Namun ada juga developer yang memilih menggunakan Codeigniter. Jadi semua dikembalikan kepada selera masing-masing. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mengetahui kelebihan dan kelemahan antara Laravel dan Codeigniter sebagai referensi. Kamu bisa membaca artikel Mending Mana Laravel VS Codeigniter? Siapa yang terbaik? untuk mengetahui kelebihan dan kelamahan Laravel VS Codeigniter.

Cara Install Laravel di Ubuntu

Langkah pertama pada cara install Laravel di Ubuntu adalah melakukan install Apache sebagai web server. Apache adalah salah satu web server yang paling populer di dunia yang digunakan sejak tahun 1995. Menurut Wikipedia, pada bulan Mei tahun 1999 Apache digunakan hampir 57% sebagai web server di dunia. Sebagai web server, Apache yang dapat berjalan di berbagai jenis sistem operasi seperti Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows, dan Novell Netware serta platform lainnya. Apache web server berfungsi untuk melayani dan memfungsikan situs web. Apache bersifat open source dan gratis, itulah mengapa banyak kalangan yang memilih Apache sebagai web server. Tidak hanya itu, Apache juga memiliki performa yang bagus dan stabil.

Baca Juga : Mulai Sekarang, Pilih Web Server Yang Tepat!

Step pada cara install Laravel di Ubuntu yang kedua adalah melakukan instalasi PHP dan database. PHP merupakan singkatan dari Hypertext Preprocessor. PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang biasanya digunakan pada sisi server. Menurut Wikipedia, PHP biasanya digunakan oleh programmer untuk membangun dan mengembangkan sebuah website. PHP memang salah satu bahasa pemrograman web yang banyak digunakan oleh programmer karena memiliki beberapa keunggulan. Keunggulan PHP antara lain, PHP dapat digabungkan dengan HTML, beberapa template website, web management system, CMS (Content Management System) maupun web frameworks. Karena banyak digunakan, PHP menjadi salah satu hal yang wajib untuk diinstal di server. Jika server tidak terdapat PHP, maka kamu tidak bisa menjalankan beberapa file website di server atau Cloud VPS. Selain PHP kamu juga harus melakukan instalasi database untuk Laravel, apa jadinya jika website tanpa database? Pastinya website tidak akan bisa menyimpan data.

cara install laravel di ubuntu
Sumber : Freepik

Cara install Laravel di Ubuntu yang terakhir yaitu instalasi Laravel melalui composer. Composer adalah tools yang digunakan untuk mengelola dependensi PHP. Dengan adanya composer ini, developer tidak perlu melakukan download library dan dependensi secara satu persatu. Cukup menuliskan saja library apa yang kamu inginkan di composer. Secara otomasti composer akan mencari library apa yang sesuai dengan versi PHP dan melakukan instalasi secara otomatis juga.

Kesimpulan

Cara install Laravel di Ubuntu (Cloud VPS) sangatlah mudah dilakukan. Aplagi jika menggunakan composer. Dengan composer library apapun yang kamu butuhkan akan secara otomatis terinstall. Laravel banyak digunakan dan populer dikalangan programmer karena performa frameword Laravel lebih mudah dan kompatibel.

Baca Juga : 10 Tips Menggunakan Cloud VPS Untuk Pemula

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!