• Home
  • Berita
  • Laravel, Framework Terpopuler Saat Ini

Laravel, Framework Terpopuler Saat Ini

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Sejak kemunculan perdananya pada Juni 2011, Laravel berkembang menjadi kerangka kerja (Framework) pengembangan website terpopuler yang banyak digunakan saat ini. Para programmer menggunakan Laravel karena kesederhanaan aplikasinya cukup mumpuni untuk menghasilkan web dengan performa yang powerful. Sebelum membahas tentang Laravel lebih jauh, mari berkenalan dengan kerangka kerja (Framework) dalam dunia pemrograman terlebih dahulu.

Apa Itu Framework?

Kata framework dalam dunia pemrograman sudah menjadi bahasa sehari-hari dan tidak asing. Lantas apa itu framework? Dalam dunia IT, framework adalah sebuah perangkat lunak (software) yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan programmer dalam membuat aplikasi website.

Di dalam framework terdapat plugin dan konsep dengan sistem yang terstruktur sehingga kamu bisa bebas dalam hal coding. Framework sendiri dibagi menjadi 2, yaitu framework PHP dan framework CSS yang masing-masing terdiri dari:

laravel adalah
Sumber: Pixabay

Frameworks PHP

  1. Laravel
  2. Yii
  3. Code Igniter
  4. Symfoni
  5. Zend
  6. Cake PHP
  7. Fuel PHP

Framework CSS

  1. Bootstrap
  2. Gumby
  3. Foundation
  4. Less
  5. JQuery UI
  6. Unsemantic
  7. Blue Print CSS

Framework Untuk Mengembangkan Website

Pada bahasan kali ini, jabaran akan lebih menekankan pada Laravel sebagai Frameworks pengembangan website terpopuler saat ini. Laravel adalah framework yang masuk ke dalam kategori framework PHP karena PHP merupakan bahasa pemrograman yang cukup dinamis sehingga performa Laravel menjadi lebih powerful, simpel, update dan cepat.

Laravel adalah framework yang mengusung konsep MVC (model view controller), yang merupakan metode pendekatan pembuatan perangkat lunak yang bisa memisahkan antara data Model, tampilan (View) dan pengaturan (logika, proses atau Controller). Lebih jelas terkait MVC bisa disimak dibawah ini:

  1. Model
    Dalam bahasa di dalam Laravel, Model disini lebih sering disebut Eloquent. Isinya adalah fungsi-fungsi yang bekerja membantu database dalam pengelolaan seperti input data, pembaruan data, penghapusan data dan lain sebagainya.
  2. View
    Tugas view adalah mengatur tampilan di dalam sistem halaman website (antarmuka) dengan pengguna.
  3. Controller
    Pada bagian ini memiliki komando untuk menghubungkan antara model dengan view. Menjembatani dua fungsi agar bisa berjalan sesuai dengan perintah yang sudah ditetapkan.

Laravel adalah framework yang memanjakan penggunanya dengan fokus pada pembangunan bagian end-user. Hal ini nampak pada fungsionalitas dari aplikasinya yang mengedepankan pada kejelasan, kesederhanaan dalam tampilan, dan performa website sebagaimana mestinya. Itulah mengapa Laravel bisa digunakan oleh developer untuk proyek skala kecil hingga skala besar.

Manfaat Laravel

Laravel adalah framework yang menawarkan beberapa manfaat yang bisa membantu kamu lebih mudah memahami bagaimana kelebihan aplikasi ini:

  1. Laravel adalah framework yang membantu pekerjaan programmer dengan membuat website menjadi lebih mudah untuk dikembangkan (Scalable).
  2. Dalam upaya pengembangan website, Laravel memberikan kemampuan framework untuk mengembangkan lebih cepat sehingga menghemat waktu karena adanya kombinasi dengan komponen lain dari framework lain.
  3. Tampilan framework yang mempermudah untuk digunakan dalam organisir dan mengatur sumber daya di dalam website.
  4. Laravel bisa digunakan di hampir semua browser di berbagai perangkat dengan baik sehingga bisa digunakan untuk meningkatkan kunjungan website.
  5. Laravel adalah framework yang memiliki sistem keamanan yang cukup kuat dengan menerapkan mekanisme password menggunakan metode hashed dan salted. Metode ini memungkinkan password akan di enkripsi dalam database dan tidak akan tertembus ancaman SQL Injection.
  6. Laravel melengkapi keunggulannya dengan menyediakan library dan modular lebih banyak dari framework PHP yang lain.

    laravel adalah
    Sumber: Pixabay

Fitur Laravel

Setelah penjabaran manfaat yang cukup mengagumkan dari Laravel, sekarang pembahasan selanjutnya adalah terkait fitur yang Laravel bisa berikan untuk kamu, apa saja?

  1. Blade Template Engine

Laravel menggunakan template engine bernama Blade. Template engine ini adalah cara atau metode (dalam bahasa pemrograman disebut syntax) yang gunanya untuk mempersingkat penulisan koding tertentu yang penulisannya lebih panjang. Kelebihan dari Blade ini adalah tidak membatasi pengembang dalam menggunakan kode PHP sehingga desain tampilan akan lebih konsisten secara struktur maupun desainnya.

  1. Routing

Routing atau membuat rute dianggap mempermudah proses pengembangan website karena hal ini terkait dengan permintaan atau request kepada kontroler yang terkait.

  1. Modularity

Laravel adalah framework yang memiliki kumpulan modul dan saling terkait. Fitur ini digunakan untuk menyempurnakan fungsionalitas, mempermudah dan menyempurnakan proses update.

  1. Testability (bisa di uji)

Framework Laravel memiliki proses pengecekan menggunakan PHPUnit dan file phpunit.xml. File ini dapat disesuaikan sesuai aplikasi web yang sedang dibangun dan menguji website menggunakan sistem pembantu yang nyaman dan ekspresif.

  1. Query Builder and ORM

Fitur dalam Laravel ini bisa digunakan untuk menjalankan berbagai operasi untuk menjalankan website berdasarkan sistem database yang telah dibuat.

  1. Otentikasi

Laravel menjadikan proses otentikasi berjalan secara otomatis dan sederhana. Kamu juga memiliki opsi otentikasi yang terdokumentasikan dan sewaktu-waktu bisa diubah sesuai kebutuhan.

  1. Bagan Pembangunan (Schema Builder)

Laravel memiliki skema atau bagan dan mempunyai API pada seluruh sistem dan berjalan dengan baik pada berbagai tipe database.

laravel adalah
Sumber: Pixabay
  1. Configuration Management Features

Laravel adalah framework yang memiliki direktori untuk menyimpan konfigurasi sehingga setiap opsi dapat didokumentasikan dengan baik tanpa perlu khawatir mengubah setiap konfigurasi.

  1. E-mail Class

Fitur mengirimkan email melalui layanan cloud pun dapat dikoneksikan oleh Laravel. Hal ini karena Laravel menyediakan API library SwiftMailer.

  1. Event and Command Bus

Sebuah metode pengumpulan data yang dibutuhkan oleh aplikasi agar berjalan sesuai dengan perintah yang sederhana dan mudah dipahami.

Itulah tadi penjabaran artikel Berkenalan dengan Laravel, Framework Pengembangan Website Terpopuler Saat Ini, bermanfaat untuk kamu. Kalau ada pertanyaan jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di bawah ini atau tanyakan langsung ke Tim Support DomaiNesia. Tim Support siap membantu kamu 24×7, lho!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Ahmad Fauzan Herman
April 21, 2020

Terimakasih artikelnya. Sangat membantu untuk menambah pengetahuan saya.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!