• Home
  • Tips
  • Intip 8+ Rekomendasi Aplikasi Ujian Online Terbaik!

Intip 8+ Rekomendasi Aplikasi Ujian Online Terbaik!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Ujian Online sudah mulai diterapkan di Indonesia sejak tahun 2015 dan dikenal dengan istilah CBT (Computer Based Test). Dari sejak itu, ujian online semakin banyak digunakan di berbagai instansi pendidikan.

Terutama pada tahun-tahun pandemi 2 tahun belakangan ini yang membuat segala aktivitas dilakukan secara online terutama dalam hal pembelajaran.

Apabila menggunakan aplikasi ujian online ini biasanya waktu yang diberikan dalam pengerjaan soal juga lebih singkat jika dibandingkan dengan ujian offline karena mengingat peserta ujian hanya klik jawaban dan mengetik jawaban.

Semakin meningkatnya kebutuhan akan aplikasi ujian online, saat ini sudah banyak bermunculan aplikasi ujian online gratis yang bisa dimanfaatkan.

Kira-kira apa saja ya aplikasi ujian online berbasis web yang gratis dan bisa digunakan? Tenang, DomaiNesia akan menjelaskan 15 rekomendasi aplikasi ujian online gratis.

Sebelum membahas rekomendasi tersebut, yuk cari tahu kelebihan dan kekurangan ujian online terlebih dahulu!

Mengapa Harus Ujian Online?

Berikut ini beberapa alasan mengapa harus melaksanakan ujian secara online, antara lain :

Menghemat penggunaan kertas

Kelebihan dari ujian online yang pertama yaitu mengemat penggunaan kertas.

Biasanya dalam ujian tulis satu siswa bisa mendapat 3 hingga 7 lembar kertas.

Itu hanya 1 orang saja, bagaimana jika 30 bahkan ribuan siswa di seluruh Indonesia? Ujian online ini tidak membutuhkan kertas lagi karena semua soal dan jawaban sudah berada pada komputer.

Distribusi soal lebih mudah

Dalam pelaksanaan ujian nasional, maka soal akan didistribusikan ke banyak daerah di Indonesia tanpa terkecuali.

Jika masih menggunakan ujian di kertas maka akan susah dalam pendistribusian soal terutama pada wilayah yang terpencil. Jika menggunakan ujian online, soal bisa dikirimkan melalui internet saja.

Proses pengerjaan soal lebih cepat

Kamu sudah pernah kan melakukan ujian di kertas? Jika melakukan ujian di kertas kamu harus melingkari dengan rapi jawaban dan identitas yang kamu isikan. Dengan demikian akan memperlama proses ujian.

Sumber : envato

Jika menggunakan aplikasi ujian online kamu tinggal klik dan mengetik saja.

Menghemat biaya pengeluaran 

Memang jika memanfaatkan aplikasi ujian online dibutuhkan perangkat yang mumpuni seperti komputer dan internet.

Tapi jika menggunakan ujian online, maka biaya yang biasanya dikeluarkan untuk pencetakan soal, distribusi soal, dan perangkat untuk scanning jawaban bisa dialihkan untuk biaya operasional ujian online yang justru lebih hemat.

Proses penilaian lebih efisien

Dalam ujian tulis, kamu harus mengisi jawaban satu persatu kan? Otomatis dalam pemeriksaan dan penilaian jawaban juga dilakukan satu-persatu menggunakan alat scan atau bahkan secara manual.

Berbeda jika memanfaatkan aplikasi ujian karena pengajar tinggal memasukkan kunci jawaban saja dan otomatis jawaban dari peserta akan diperiksa oleh sistem tanpa harus melakukan pengecekan lagi. Selain efisien, hasilnya juga lebih akurat.

aplikasi ujian online
Sumber : envato

8+ Rekomendasi Aplikasi Ujian Online

Sekarang sudah banyak aplikasi ujian online yang tersebar baik yang gratis maupun berbayar. Penasaran apa saja aplikasi ujian online tersebut? Simak sampai akhir ya!

Google Form

Siapa yang tidak kenal dengan Google Form? Banyak orang yang memanfaatkannya untuk melakukan beberapa kegiatan seperti kuesioner, melengkapi data, hingga dimanfaatkan untuk pelaksanaan ujian online juga.

Tidak sedikit institusi pendidikan yang memanfaatkan aplikasi ujian online berbasis web ini untuk melaksanakan ujian online harian.

Pengajar bisa dengan mudah menyesuaikan tipe soal yang akan ditampilkan baik itu pilihan ganda maupun essay sekalipun.

Google Form ini juga terhubung dengan aplikasi pembelajaran milik Google juga yaitu Google Classroom dan kamu bisa memanfaatkannya secara gratis.

Testmoz

Aplikasi ujian online gratis ini bisa digunakan oleh 50 peserta sekaligus loh. Dilengkapi dengan desain aplikasi yang sederhana dan mudah dalam penggunaannya.

Testmoz menyediakan banyak pilihan soal yang bisa kamu pilih mulai dari pilihan ganda, soal benar salah, essay, hingga soal dengan mencocokkan jawaban.

Selain memiliki banyak pilihan soal, Testmoz juga menyajikan berbagai fitur andalannya seperti upload file, upload gambar, menyisipkan video, drag and drop dalam melakukan manajemen soal, dan juga memiliki bank soal yang lengkap.

Aplikasi ujian online berbasis web ini memiliki bandwith yang rendah sehingga cocok untuk pengguna mobile maupun desktop. 

QuizStar

QuizStar adalah aplikasi ujian online berbasis web yang lebih disarankan untuk diakses menggunakan desktop karena apabila mengakses menggunakan smartphone maka tampilan yang disediakan menjadi kurang nyaman.

QuizStar menjadi aplikasi ujian online gratis yang cukup direkomendasikan karena memiliki beragam fitur yang mendukung seperti penilaian yang bisa dilakukan secara otomatis, pembuatan soal, administrasi untuk siswa, dan juga soal yang disajikan berupa multimedia.

ProProfs

ProProfs adalah aplikasi ujian online gratis yang hanya bisa digunakan oleh 10 peserta saja.

Nah apabila kamu ingin menambah jumlah kapasitasnya maka kamu harus upgrade ke versi yang berbayar.

Menariknya dari aplikasi ujian online ini peserta bisa mendapatkan sertifikat yang berisi nilai secara otomatis apabila peserta selesai mengerjakan soal.

ThatQuiz

Menjadi salah satu aplikasi ujian online yang berbasis Android, aplikasi ujian online ini memiliki tampilan yang sederhana dan cukup ringan.

Apabila kamu mencari aplikasi android untuk ujian online,  maka ThatQuiz bisa menjadi salah satu opsinya.

Namun sayangnya aplikasi ini hanya memiliki topik yang terbatas, dalam pembelajaran matematika hanya bisa menyajikan aljabar dan geometri, dalam pembelajaran geografi yang menyajikan macam-macam wilayah dan samudera, dan bahasa yang hanya menyediakan bahasa Inggris, Jerman, Spanyol, dan Perancis.

Untuk tipe soal yang disediakan berupa pilihan ganda dan juga essay.

Quizizz

Berbeda dengan aplikasi ujian yang lain, Quizizz menyajikan aplikasi ujian online berbasis web dengan tampilan warna yang eye catching dan juga animasi yang dapat membuat peserta lebih nyaman berlama-lama.

Selain itu, kamu juga bisa loh menambahkan musik yang dijadikan sebagai backsound yang bisa mengurangi ketegangan dalam ujian.

Quizizz memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh semua aplikasi ujian yaitu bank soal yang memang tersedia dari pengguna yang lain.

Jadi jika kamu belum menyediakan soal ujian, maka kamu bisa memanfaatkan fitur ini.

Selain itu, aplikasi ujian online berbasis web ini bisa menjalankan ujian online secara real time yang dilengkapi dengan pengaturan waktu yang membuat ujian akan tertutup otomatis apabila waktu ujian telah berakhir. 

Quia Web

Belajar merupakan hal yang membosankan apabila dilakukan dengan kegiatan yang sewajarnya.

Betul begitu DomaiNesians? Jika kamu mencoba menggunakan Quia Web maka persepsi tersebut akan salah.

Quia Web menyajikan ujian yang lain daripada yang lain karena dikemas dalam bentuk permainan yang pastinya tidak membosankan.

Selain itu, aplikasi ujian online berbasis web ini juga memiliki bank soal yang bisa kamu jadikan solusi apabila belum menyiapkan soal.

Tinggal pilih saja jenis soal yang kamu inginkan maka Quia Web siap untuk memenuhi kebutuhan kamu.

VirtualX

VirtualX merupakan aplikasi ujian yang berbeda dari berbagai pilihan di atas karena berbayar.

Namun aplikasi ini cocok digunakan untuk pengerjaan tugas dan juga ujian online juga.

Dengan 3 langkah mudah untuk menggunakannya yaitu registrasi, setting, dan kamu sudah siap dengan soal ujian di tanganmu. 

Zoho Challenge

Rekomendasi aplikasi ujian online  yang terakhir yaitu Zoho Challenge.

Aplikasi ujian ini sangat interaktif karena kamu bisa menambahkan berbagai media mulai dari gambar, audio, hingga video.

Menyediakan berbagai bentuk soal juga yang membuat kamu bebas dalam memilih bentuk soal.

Butuh pilihan ganda? fill the blank? essay? Semuanya bisa diatasi dengan  Zoho Challenge. Menarik bukan?

Pilih Mana nih yang Cocok Buat Kamu?

Ujian online sudah mulai digunakan sejak tahun 2015 dan kini seperti menjadi kebutuhan yang harus dilaksanakan.

Oleh sebab itu mulai banyak bermunculan aplikasi ujian online berbasis web maupun berbasis mobile.

Memang ada banyak kelebihan yang bisa kamu rasakan apabila menggunakan sistem ujian online mulai dari mempermudah dalam distribusi soal, pengerjaan, hingga penilaian.

Ada banyak pilihan rekomendasi aplikasi ujian online yang bisa kamu coba dan sesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari yang gratis hingga berbayar dan juga tampilan yang formal atau interaktif. 

Buat kamu yang ingin membuat aplikasi ujian online sendiri juga bisa loh. Salah satunya melalui Moodle. Untuk membangun Moodle kamu cukup memiliki domain, hosting, dan SSL saja.

Banyak ekstensi domain yang dapat kamu gunakan, salah satunya domain .xyz. Domain .xyz sebagai alternatif lain yang ketersediaannya mulai menipis.

Jadi kamu tidak perlu susah- susah untuk mencari nama domain, karena domain .xyz masih banyak ketersediaannya.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah