Cara Membuat Google Form, Tidak Sampai 5 Menit !

Banyak dari Anda sudah terbiasa dengan platform Google yang bernama Google Form. Selanjutnya DomaiNesia akan jelaskan tentang cara membuat google form dengan mudah tidak sampai 5 menit, Bagi Anda yang belum mengetahui platform ini, berikut penjelasnnya. Google Form adalah inovasi dari Google Docs untuk membuat pertanyaan berupa kuisoner ataupun formulir pendaftaran sebuah acara secara online melalui Google. Platform Google doc ini tidak dipungut biaya sepeserpun lalu bagaimana cara membuat Google Form Tidak Sampai 5 Menit?

Untuk membuat google form, Anda bisa klik disini Google Form

Banyak orang menggunakan Form Online Google untuk membuat tugas quesioner dalam hal perkuliahan, dan tak sedikit yang menggunakan platform ini untuk pendaftaran sebuah acara atau seminar. Beberapa orang memakainya untuk mendapatkan data yang nantinya dimuat dalam jurnal ilmiah atau skripsi mereka.

Kelebihan dari platform milik Google ini adalah pengelolaan data yang sudah terinput nantinya bisa dikelola menjadi sebuah diagram. Sehingga pemilik form bisa mengelola hasil data yang sudah diperoleh dengan sangat mudah.

Tips Cara Membuat Google Form Dengan Mudah, Tidak Sampai 5 Menit

Bagi Anda yang masih awam dalam pembuatan form online dari Googe form, DomaiNesia akan menjelaskan dengan sangat terperinci sehingga Anda akan mudah untuk mengikuti step by step yang akan kami jelaskan. Pertama-tama tentukan keperluan membuat Google Form

Untuk memulai membuat form online, pertama-tama Anda harus menentukan terlebih dahulu , untuk apa form online yang akan Anda buat nantinya? Disini ada banyak kegunaan yang bisa Anda pakai, diantaranya

1. Form untuk mendapatkan informasi kontak

cara Membuat Google Form

Form informasi kontak ini bisa Anda gunakan untuk mendapatkan informasi audiance dengan data nama, email, nomer handphone, alamat rumah dan lain lain. Hasil dari data bisa Anda gunakan untuk audiance Anda atau bisa Anda follow up untuk mendapatkan informasi yang lebihd detail

2. Form untuk menentukan waktu

Membuat Google Form

Form ini bisa Anda pakai untuk mendapatkan data quisioner waktu yang ditujukan untuk mendata audiance yang bisa datang di waktu tertentu. Sehingga Anda bisa menentukan jumlah orang yang akan datang di hari dan waktu yang Anda sudah tentukan.

3. Form untuk RSVP Acara

Form RSVP acara adalah form mendata siapa saja yang akan hadir dalam sebuah acara dan siapa saja nama orang yang akan hadir dalam acara tersebut. Dengan form ini Anda akan lebih mudah mendata jumlah kursi atau jumlah konsumsi yang nantinya disediakan dalam acara.

4. Form untuk undangan pesta

Form Undang pesta ini berfungsi untuk memudahkan Anda menentukan jumlah orang yang akan hadir dalam sebuah pesta, dan siapa saja yang tidak bisa hadir dalam acara. Bagi Anda yang akan mengadakan sebuah pesta, Anda bisa membuat form ini untuk mendata orang-orang yang mungkin akan hadir dalam pesta Anda.

5. Form pendaftaran untuk mendapatkan kaos

Bagi Anda yang ingin mendata ukuran kaos atau ukuran pakaian untuk nantinya dipesan di bagian produksi, Anda bisa menggunakan google form ini, sehingga nantinya tidak ada orang yang complain dengan ukuran baju yang kekecilan atau terlalu besar.

6. Form untuk pendaftaran sebuah acara

Form pendaftaran sebuah acara ini hampir sama dengan form yang sudah kita jelaskan diatas, namun dengan form ini Anda bisa mengetahui siapa saja orang yang akan mendaftar di acara yang akan Anda laksanakan.

7. Form untuk lamaran kerja

Form ini sangat berguna bagi Anda yang berprofesi sebagai HRD atau pemilik perusahaan guna mendapatkan data pelamar yang akan bekerja di perusahaan Anda.

8. Form untuk masukan pelanggan

Bagi Anda yang memiliki produk atau jasa, Form ini sangat bermanfaat untuk mendapatkan data masukan dari pelanggan, guna mendapat feed back dari pelanggan guna memperbaiki produk dan jasa Anda.

9. Form untuk evaluasi sebuah acara atau perkuliahan

Form ini bermanfaat untuk Anda yang ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan dari perkuliahan, atau pembelajaran dalam suatu kelas. Sehingga Anda bisa mengetahui mana yang harus di tingkatkan dan mana yang harus di pertahankan.

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Tentang Google Form

Berikut ini adalah pertanyaan yang sering diajukan tentang google form

Q: Apakah Bisa Mendata Orang Yang Sudah Membayar Produk Via Google Forms?
A: Meskipun Anda bisa memakai Google form untuk mendata orang-orang yang sudah membayar produk atau layanan Anda, Anda tidak bisa mengotomatiskan proses pembayaran langsung dalam Formulir.

Q: Apakah Formulir Bisa Dikirim Tanpa Memberikan Nama atau Data Diri?
A: Jawabannya adalah bisa, pendaftar formulir bisa mengisi formulir dengan nama anonim atau tanpa merahasiakan nama dan data dirinya.

Q: Apakah Responden Butuh Akun Google Untuk Mengirimkan Tanggapan Mereka?
A: Demikian pula untuk pertanyaan terakhir, jawabannya adalah ya dan tidak.

Itulah penjelasan cara membuat Google Form dengan mudah, hanya dalam waktu 5 menit Anda sudah bisa membuat quisioner dengan sangat mudah.

Baca juga : harga hosting murah mulai Rp.8.000

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!