Peluang Bisnis Rumahan Modal Kecil5 min read

No ratings yet.

peluang bisnis rumahan

Usaha online menjadi peluang bisnis rumahan dengan modal kecil yang bisa dimulai. Selain praktis dan hemat tempat, usaha online rumahan juga berpotensi menghasilkan omset hingga jutaan rupiah setiap bulannya. Peluang bisnis rumahan online pun masih sangat terbuka dan bisa dijalankan sebagai usaha rumahan ibu rumah tangga.

Namun, meski keinginan untuk memulai bisnis online rumahan cukup besar. Bagi sebagian orang masih takut untuk menjalankannya karena minimnya informasi mengenai peluang bisnis online dan cara menjalankannya. Memang ratio pengguna media online lebih banyak berlaku sebagai sebagai pembeli dibandingkan penjual. Padahal sebenarnya, ratio ini membuktikan bahwa peluang usaha online cukup besar bukan?

Panen di Ladang Online

Menjadi seorang yang menggantungkan hidupnya dari bisnis dengan basis online tidaklah sulit di masa sekarang ini. Mengingat hampir setiap orang di Indonesia memiliki modal paling sederhana untuk memulai bisnis online pertamanya, yaitu smartphone. Nggak sekedar punya, tapi juga menggunakannya pun sudah hal yang biasa ditemui. Minimum, kebanyakan orang sekarang sudah paham cara menggunakan media sosial.

potensi bisnis online

sumber: pexels

Untuk mendapatkan hasil yang bisa diandalkan dari dunia online, selain memiliki modal fisik bernama smartphone. Tentunya harus dibantu juga dengan beberapa alat pemasaran. Salah satunya adalah menggunakan website. Keunggulan menggunakan website adalah ketidak-terbatasannya untuk di-setting sesuai keinginan kita. Kita bisa menggunakan website sebagai tempat jualan sekaligus tempat membagikan testimoni dari pembeli kita.

Baca Juga: Pilih Nama Domain Terbaik Untuk Website Kamu

Peluang Bisnis Rumahan Paling Sederhana

Dropshipping bisa dibilang adalah salah satu peluang bisnis rumahan yang paling sederhana. Sistem ini adalah nama lain dari makelaran. Dropshipping mudah dilakukan dengan menggunakan modal paling sederhana yakni smartphone dan tentunya jaringan internet.

Kamu bisa memulai bisnis tanpa modal ini dengan beberapa cara;

  1. Dropship dari E-commerce

Dengan menggunakan fitur “kirim sebagai dropshipper” melalui situs e-commerce seperti Tokopedia, kamu bisa menjual produk orang melalui halamanmu sendiri. Misalnya menjual produk perawatan wanita di toko kamu sendiri di Tokopedia, namun produknya menggunakan produk dari toko lain.

Atau sistim ini juga bisa dilakukan melalui website dan pengiriman serta pembayaran produknya bisa melalui e-commerce yang digunakan. Dropship menggunakan e-commerce ini lebih memudahkan karena pembayaran bisa diperantarai oleh pihak ketiga misalnya tokopedia sebagai rekening bersamanya. Tentunya ini akan memberi rasa aman untuk para calon customer.

  1. Dropship dari store lainnya

Peluang bisnis rumahan selanjutnya adalah dropship dari toko lain. Misalnya ada sebuah store offline atau pedagang melalui instagram yang memiliki stok produk berlimpah, biasanya membuka sistim kerjasama dengan cara ini. Jadi para pelaku bisnis ini secara tidak langsung bisa “berjualan” tidak melalui e-commerce atau webstie mereka sendiri (jika ada). Namun berjualan melalui website yang kamu miliki sendiri.

Dropship tanpa menggunakan situs e-commerce cukup menguntungkan untuk penjual. Karena dana yang masuk bisa segera diputarkan atau bisa segera untuk membayar produk yang dibeli pada awalnya sebelum dijual kembali. Namun, yang perlu diperhatikan adalah membangun kepercayaan pada customer yang membeli melalui jalan yang kamu sediakan.

bisnis ibu rumah tangga

sumber: pexels

Ada Modal Sedikit? Cobalah Menjadi Reseller

Menjadi reseller sebuah produk bisa dilakukan jika kamu memiliki modal yang sedikit lebih banyak. Menjadi reseller cenderung lebih menguntungkan daripada menjadi dropshipper karena harga produk yang didapatkan akan lebih murah. Seorang reseller biasanya mendapatkan potongan harga karena membeli produk secara grosir dari seorang produsen.

Produk hasil pembelian secara grosir ini bahkan bisa dijual setara dengan harga produk pada end user. Untuk memasarkan produk secara reselling pun cenderung mudah karena memiliki produk langsung. Jadi entah dijual melalui e-commerce maupun melalui website pribadi pun bisa. Kelebihan lainnya adalah fast respon ketika ada calon pembeli menanyakan ketersediaan produk atau foto produk secara nyata.

Sudah Punya Produk? Bagus! Mari Membuat Brand yang Juara

Sebuah masalah yang rasanya umum terjadi di Indonesia bahwa, nggak semua pemilik produk bisa menjual produknya. Namun, malah produk tersebut laris ketika dibeli secara grosir oleh orang yang memiliki brand yang sudah banyak orang tahu. Misalnya sebagai contoh, sebuah pabrik kain jilbab printing di Pekalongan yang menjual hasil produksinya pada sebuah brand kenamaan. Harga “produk mentah” ini kemudaian menjadi berlipat ketika diberi label sebuah brand.

Membuat brand menjadi terkenal

sumber: pexels

Apakah kamu salah satu produsen tersebut? Bagus, sekarang saatnya menciptakan brand kamu sendiri!

Menciptakan brand yang terkenal sebenarnya cukup mudah, dan bisa jadi sebuah peluang bisnis rumahan yang menguntungkan. Memiliki brand dapat mendekatkan produk kepada konsumennya secara langsung. Melalui awareness yang timbul terhadap produk dan brand tersebut, konsumen tidak akan berpikir kesekian kalinya untuk membeli produk yang kamu produksi. Untuk menciptakan awareness terhadap produk perlu dilakukan beberapa riset mendasar, untuk mengetahui potensi pasar dan bagaimana menggerakkannya.

Baca Juga: Memulai Bisnis Baru? Riset Dulu Dengan Marketing Model Canvas

Membangun brand milik sendiri adalah jalan terbaik untuk memperoleh keuntungan paling besar dibandingkan dua cara sebelumnya. Hal ini karena dengan memiliki brand untuk produk sendiri akan menghasilkan potensi keuntungan lebih dari 120%. Potensi ini diraih dari margin hasil produksi dengan harga jual pada end user.

Peluang Bisnis Rumahan Lainnya

Nggak cuma berasal dari proses distribusi, menjual kembali, dan memproduksi produk saja yang bisa dilakukan untuk meraih untung dari Internet. Masih banyak cara yang bisa dilakukan selain berdagang. Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis rumahan online yang bisa dilakukan;

  1. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah proses memasarkan sebuah produk (biasanya digital) melalui link khusus yang disebarkan oleh seorang merketer. Seorang marketer bisa memasarkan link affiliasi tersebut melalui media sosial atau juga website. Biasanya seorang marketer yang menggunakan cara ini untuk menghasilkan keuntungan adalah seorang yang juga berlaku sebagai seorang blogger. Namun tidak menutup kemungkinan orang orang yang tidak berprofesi sebagai blogger.

Baca Juga: Menjadi Affiliate Marketing Domainesia

  1. Blogging

Jika kamu seorang yang suka bermain internet dan menulis. Menjadi seorang blogger adalah peluang bisnis rumahan yang bisa dilakukan. Menjadi seorang yang memiliki blog di Internet memiliki peluang unutk menghasilkan pemasukan dari banyak hal. Misalnya bisa berjualan langsung ke pembaca blognya, menjadi seorang affiliate marketing. Atau bahkan mendapatkan pemasukan pasif dari iklan yang dia pasang di blog.

menjadi seorang blogger

sumber: pexels

Syarat utama yang harus dimiliki ketika ingin menjadi seorang blogger tentunya adalah website pribadi. Blog / website ini kemudian bisa diisi sesuka hati, namun akan lebih bernilai jika memiliki tema khusus di setiap kontennya. Sebuah blog yang memiliki konten / artikel yang fokus terhadap hal tertentu lebih berpeluang mendapatkan pangsa pasar yang spesifik dan punya target tertentu. Tema inilah yang kemudian berpeluang mendatangkan pemasang iklan atau produk yang sesuai, untuk memasang iklan pada blog kita.

Baca Juga: Pasang Blog Instant Dengan WordPress

Kesimpulan

Banyak sekali yang bisa dilakukan di dunia internet, pun demikian dengan peluang bisnis rumahan yang bisa dijalankan secara online. Mulai sekarang bisnis online milikkmu, jangan tunggu esok hari karena peluang terbuka masih sangat besar. Siap memulai usaha rumaha online milikmu?

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar