• Home
  • Berita
  • Cyber Security adalah Cara Mengamankan Data, Ayo Pahami Lebih Dalam

Cyber Security adalah Cara Mengamankan Data, Ayo Pahami Lebih Dalam

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Semakin maraknya digitalisasi di berbagai cakupan seperti penggunaan sosial media, IOT, dan bahkan penyimpanan data-data penting di server, hal itu berbanding lurus dengan ancaman yang bisa ditimbulkan. 

Bukan berarti jika kamu menyimpan data secara online maka kamu tidak akan mengalami kehilangan data. Kamu tidak ingin kan data milikmu hilang? Nah untuk menghindari itu cyber security adalah solusinya. 

Beberapa tahun terakhir ini kita sering mendengar atau membaca istilah cyber security karena ancaman ini semakin marak terjadi. Cyber security adalah perlindungan yang dibutuhkan oleh setiap lapisan baik perorangan, perusahaan, hingga institusi pemerintahan sekalipun. 

Untuk menghindari ancaman cyber maka kamu harus memahami apa itu cyber security dan bagaimana cara untuk mencegah terjadinnya ancaman cyber.

Cyber security
Sumber: Envato

Apa Itu Cyber Security?

Cyber security adalah proses yang dilakukan untuk melindungi sistem, jaringan, data, maupun program aplikasi dari ancaman digital. Proses perlindungan tersebut bisa berupa  alat, peraturan, dan kebijakan yang diterapkan oleh perusahaan. 

Singkatnya, cyber security adalah sebuah usaha yang dilakukan untuk melindungi data dan sistem dari kehilangan data. 

Cyber crime biasanya dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang memiliki tujuan tertentu seperti untuk meretas sistem, mengambil informasi sensitif, dan bahkan merusak data. 

Cyber security adalah suatu hal yang perlu dipahami oleh semua orang yang menggunakan internet karena kamu harus memastikan bahwa aktivitas yang kamu lakukan seperti transfer data, mencari informasi, berkomunikasi, dan menyimpan data pada beberapa perangkat tetap aman serta terjaga dari ancaman berbahaya. 

Contoh cyber security ini seperti pemasangan firewall, keamanan authentication yang berlapis, dan juga backup data. 

Meskipun cyber security berkembang secara pesat dan terus berubah-ubah sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada, namun kamu tetap harus memperhatikan hal itu.

Baca juga: SSL adalah dan Apa itu SSL? Penjelasan Lengkap

Mengenal Konsep Cyber Security

Cyber security adalah usaha perlindungan sistem yang terdiri dari tiga konsep yang disebut dengan CIA Triad. Apa saja yang menjadi konsep itu? Simak penjelasannya.

Confidentiality (Kerahasiaan)

Pertama, konsep dari cyber security adalah confidentiality yang berarti bahwa usaha yang digunakan untuk mengontrol akses data dengan menyimpan dan merahasiakan data agar tidak terjadi kebocoran data. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan memberikan batasan akses kepada seseorang bergantung pada bidang yang mereka tekuni. 

Seperti contohnya tim Frontend yang tidak diberi akses ke Database dan hanya tim Backend saja yang bisa mengakses Database. 

Confidentiality juga bisa dilakukan dengan mengaktifkan keamanan berlapis yaitu 2FA atau two factor authentication. 

Dengan keamanan ini maka yang pertama akan memasukkan password terlebih dahulu dan jika sudah berhasil maka akan diminta untuk memasukkan kode OTP yang sudah dikirimkan pada perangkat tertentu. 

Hal ini bisa menjaga keamanan data milikmu karena meskipun ada hacker yang berhasil memasukkan passwordmu tapi dia tetap gagal karena tidak memiliki kode OTP tersebut.

Integrity (Integritas)

Konsep selanjutnya yaitu integritas. Integritas merupakan upaya untuk memberikan data yang bersifat konsisten, akurat, dan terpercaya. 

Dalam sebuah database pelanggan, keamanan menjadi faktor utama dan jangan sampai terjadi kebocoran data yang bisa merugikan mereka. 

Keamanan tersebut bisa dilakukan dengan mengenkripsi data seperti tanda tangan dan juga certificate authority (CA). 

Tunggu dulu, kamu tahu apa itu enkripsi? Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan mengkonversinya ke dalam kode tertentu dan dalam proses membacanya diperlukan alat bantuan khusus. 

Penggunaan CA diigital bisa dilakukan dengan pemasangan sertifikat SSL/ TLS untuk verifikasi identitas pengguna website.

Availability (Ketersediaan)

Konsep terakhir dari cyber security adalah availability yang memiliki arti yaitu mengacu kepada ketersedian data. 

Ketersediaan yang dimaksud disini yaitu dalam bisnis kamu harus siap dengan ketersediaan sistem, aplikasi, dan resource karena sudah menjadi hal wajib yang harus kamu perhatikan. Memang kenapa? 

Misalnya saja kamu sudah dikejar waktu untuk membayar suatu tagihan namun tiba-tiba aplikasi yang kamu butuhkan untuk membayar tagihan tersebut down dan tidak dapat digunakan untuk bertransaksi. 

Hal itu lama kelamaan bisa menurunkan kepercayaan pelanggan terhadap penyedia aplikasi tersebut.  

Baca juga: 10 Tips Ampuh Meningkatkan Keamanan Server VPS – DomaiNesia

Cyber security
Sumber: Envato

Tipe Ancaman Cyber Security

Cyber security memiliki beberapa tipe ancaman. Beberapa tipe ancaman cyber security adalah sebagai berikut:

Malware

Malware adalah perangkat lunak yang dibuat dengan tujuan untuk memasuki sistem komputer, jaringan, atau server. 

Hanya orang-orang yang berpengalaman yang bisa membuat malware. Malware biasanya digunakan oleh penjahat dunia maya yang memiliki tujuan untuk mencuri data seperti data pribadi, pin atm, password, dan masih banyak lagi. 

Malware masih terbagi menjadi beberapa jenis yaitu:

  • Virus, virus adalah perangkat lunak berbahaya yang menempel pada sebuah file. Ketika kamu sudah mengunduh file tersebut, virus tidak langsung aktif melainkan akan menunggu hingga file tersebut akan kamu buka dan jalankan. Virus dirancang untuk merusak sistem informasi yang selanjutnya akan menyebabkan kehilangan data.
  • Worm, worm dapat menginfeksi jaringan dan juga sistem komputer. Berbeda dengan virus, setelah diunduh worm dapat langsung menggandakan dirinya dan menyebar ke seluruh jaringan melalui koneksi internet.
  • Trojan, trojan biasanya akan menyamar seperti aplikasi yang aman dan tidak berbahaya. Jika kamu sudah mengunduhnya maka otomatis trojan akan memata-matai semua kegiatan yang kamu lakukan.

Ransomware

Salah satu ancaman cyber security adalah ransomware. Ransomware juga serangan dalam bentuk software namun lebih berbahaya daripada hanya penyebaran virus saja. 

Biasanya ada hacker di balik itu semua yang akan mengunci akses dalam membuka komputermu sendiri. 

Lalu mereka mengancam dengan membayar sejumlah tebusan agar kamu bisa mengakses komputermu kembali.

Phishing

Phishing adalah ancaman cyber yang biasanya dalam bentuk email. Biasanya korbannya akan memerima email seperti email resmi dari perusahaan yang meminta mencantumkan data pribadi kamu seperti KTP, kartu keluarga, kartu kredit, dan juga password.

Injeksi SQL

Injeksi SQL adalah teknik penyalahgunaan dalam memanfaatkan celah keamanan pada database. 

Injeksi SQL dilakukan dengan memodifikasi perintah SQL pada form input aplikasi, menyebabkan hacker bisa mengirimkan sintaks ke database aplikasi. 

Sehingga mereka bisa melihat data yang tidak semestinya dilihat dan juga bisa menghapus dan memodifikasi data sehingga menyebabkan perubahan sistem.

Brute force attack

Terakhir, ancaman cyber security adalah brute force attack. Secara singkat Brute force attack adalah jenis kejahatan dengan melakukan penebakan username dan password secara paksa pada sebuah sistem atau jaringan. 

Dalam melancarkan serangannya tadi, pelaku akan trial and error dengan mencoba beberapa kombinasi yang sudah mereka buat. Kejahatan ini memiliki nilai keberhasilan yang lumayan tinnggi juga.

Elemen Cyber Security

Elemen ini berguna untuk memastikan kemanan yang kamu punya sudah aman. Apa saja elemen di dalamnya? 

  1. Application security
  2. Information security
  3. Network security
  4. Disaster recovery/business continuity planning
  5. Operational security
  6. End-user education

Keenam elemen ini sangat berguna sebagai tolak ukur apakah sistem yang kamu punya sudah aman atau belum meskipun dari ancaman yang sangat kecil.

Baca juga: Cara Kerja SSL Dalam Melindungi Sebuah Website

Cyber security
Sumber: Envato

Jenis Ancaman Cyber Security

Setelah kamu mengetahui apa itu cyber security, cyber security adalah hal yang sangat kamu perlukan sebagai pengguna internet. Nah sekarang kamu harus memahami beberapa ancaman dari cyber security yang bisa mengintai kamu. Berikut jenis ancamannya. 

Cyber crime

Cyber security adalah suatu usaha untuk mengamankan sistem atau data, namun kemanan tersebut bisa terancam oleh ancaman yang pertama yaitu cyber crime. 

Apa itu? Cyber crime adalah semua bentuk akses ilegal terhadap suatu transmisi data, yang artinya semua bentuk kegiatan yang tidak sah dalam suatu sistem komputer termasuk dalam suatu tindak kejahatan. Contoh ancaman ini yaitu:

  • Memalsukan akun sosial media sesorang

Ini biasa terjadi pada akun sosial media public figure. Sesorang yang tidak bertanggung jawab akan mengkloning akun tersebut dan memanfaatkannya untuk menipu dan meminta transfer uang.

  • Doxing dan Cyberbullying

Ancaman ini berupa pencurian data pribadi yang disebarluaskan melalui internet. Tujuannya beragam bisa sebagai bahan bullying, ancaman, gertakan, hingga pemerasan. 

  • Catfishing di Dating App dan Media Sosial

Berbeda dengan mengkloning akun sosial media, catfishing yaitu menggunakan foto seseorang namun menggunakan identitas palsu. Ini biasa terjadi pada aplikasi dating app yang bisa merugikan secara materi dan juga psikologi.

Cyber attack

Cyber attack adalah upaya untuk mendapatkan akses tidak sah dari jaringan atau sistem komputasi yang menyebakan kerusakan yang biasanya melibatkan kepentingan politik dan organisasi. 

Tujuan dari ancaman ini yaitu untuk mengumpulkan informasi rahasia dari organisasi, mendapatkan dan mencuri data penting, dan juga meretas sistem organisasi.

Cyber terrorism

Sama seperti cyber attack, cyber terrorism merupakan ancaman yang menargetkan organisasi untuk dilakukan tindakan intimidasi atau hanya sebagai tindakan provokasi yang dilakukan oknum-oknum dan juga sekelompok jaringan teroris yang memanfaatkan sistem komputer. 

Tujuan dari kejahatan ini yaitu untuk menimbulkan kepanikan dan ketakutan agar pelaku dengan mudah dapat mendapatkan data yang mereka inginkan.

Manfaat Cyber Security

Dengan menerapkan cyber security banyak hal yang bisa kamu rasakan baik dalam konteks individu maupun perusahaan. Berikut manfaatnya.

  1. Cyber security adalah solusi yang bisa melindungi data sensitif dengan aman seperti data pribadi dan perusahaan dari ancaman identity theft.
  2. Bisa bekerja lebih produktif karena jika kamu sudah menerapkan cyber security berarti kamu bisa melakukan browsing dan semua aktivitas yang menggunakan internet dengan aman sehingga pekerjaanmu akan cepat selesai.
  3. Manfaat terakhir dari cyber security adalah untuk membangun kepercayaan konsumen karena dengan sistem keamanan yang kuat customer tidak akan ragu lagi dalam menggunakan produk atau layanan kamu.

Cara Menghindari Cyber Crime

Untuk menghindari cyber crime ini, terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Berikut tips dari DomaiNesia untuk mengindari cyber crime.

  1. Tips menghindari cyber crime adalah dengan melakukan update software secara rutin karena dengan software terbaru dilengkapi dengan keamanan yang lebih baik dari versi sebelumnya. 
  2. Menggunakan password unik merupakan contoh cyber security yang bisa kamu terapkan mulai dari saat ini. Penggunaan password unik yang tidak bisa ditebak seperti kombinasi antara huruf, angka, dan juga special character. Hal itu menjadi salah satu cara untuk menghindari ancaman kehilangan data.
  3. Mengabaikan email atau notifikasi yang dinilai mencurigakan. Saat ini banyak email yang mengatasnamakan perusahaan atau instasi untuk menipu. Sebaiknya kamu segera menghapus email atau notifikasi yang dianggap mencurigakan.
  4. Jika kamu ingin membangun website, maka pilihlah hosting yang aman dan berkuliatas. Hosting yang aman adalah conBiasanya hosting tersebut dilengkapi dengan proteksi khusus untuk menghindari malware.
  5. Mengurangi penggunaan akses internet gratis di tempat umum. Siapa sih yang tidak senang jika di tempat umum terdapat koneksi wifi gratis, tapi kamu harus tetap waspada ya! Karena hal itu bisa dimanfaatkan oleh hacker untuk mmelakukan peretasan. 
  6. Menggunakan antivirus untuk mencegah hal-hal aneh masuk ke sistem operasi yang kamu gunakan merupakan salah satu contoh cyber security yang harus kamu perhatikan saat menggunakan komputer atau laptop.

Baca juga: PositiveSSL: SSL Murah Untuk Keamanan Website

Sumber: Envato

Mulai Terapkan Cyber Security Sekarang

Apa itu cyber security? Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa cyber security adalah upaya dan proses yang dilakukan untuk mengamankan sebuah data, aplikasi, server, dan juga jaringan. 

Cyber security adalah hal yang harus diperhatikan saat kamu membangun  bisnis secara online. Kamu harus memperhatikan betul apa itu cyber security karena kamu akan melakukan penyimpanan data dan pengolahan data yang dilakukan pada internet. 

Dengan memberikan proteksi keamanan seperti pemasangan keamanan berlapis, selalu mengupdate software yang digunakan untuk meningkatkan keamanan, dan juga memberikan batasan akses, kamu bisa meminimlisir cyber crime yang mengintai. 

Untuk itu mulai pahami tentang cyber security dan aplikasikan pada website atau aplikasi yang sedang kamu kembangkan. Selamat mencoba!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!