• Home
  • Tips
  • 7 Cara Meningkatkan User Experience Dengan Progressive Web Apps

7 Cara Meningkatkan User Experience Dengan Progressive Web Apps

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Saat ini banyak sekali platform yang bisa digunakan untuk meningkatkan bisnis yang kamu miliki. Kamu bisa menggunakan website sebagai platform bisnis atau kamu bisa menggunakan aplikasi. Bahkan saat ini ada juga Progressive Web Apps (WPA) yang semakin populer karena mereka dapat memberikan pengalaman menarik seperti memiliki aplikasi tetapi tetap dalam browser.

Kelebihan Progressive Web Apps

Kemandirian platform Progressive Web Apps (WPA) membuat mereka sangat diminati dikalangan pengembang karena dapat menghemat waktu dan biaya jika menggunakan platform ini.

Selain itu para pengguna juga sangat diuntungkan karena untuk menggunakan Progressive Web Apps (WPA) pengguna tidak perlu mendownload atau menginstal aplikasi tersebut yang tentu saja akan mengurangi kapasitas storage di smartphone mereka.

Progressive Web Apps
Sumber: Pixabay

Pengalaman pengguna atau biasa disebut dengan User Experience (UX) ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas sebuah website. Para web developer dan pemilik bisnis berlomba-lomba mengupgrade website yang mereka gunakan hanya untuk memenuhi ekspektasi UX.

7 Cara Meningkatkan User Experience

Lalu bagaimana cara agar para pengguna internet mendapatkan pengalaman yang sesuai dengan ekspektasi mereka dalam mengakses dan mengeksplorasi sebuah situs.

Buat Ikon Menarik

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan UX adalah dengan memanjakan kebutuhan visual mereka. Untuk itu kamu bisa membuat ikon-ikon yang menarik yang tentunya mengikuti pedoman-pedoman dari aplikasi tersebut. Kamu bisa bermain warna atau gambar yang sesuai dengan konsep yang kamu miliki.

Load Times

Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah Loading time. Jika kamu memposisikan diri sebagai pengguna tentu kamu tidak ingin menunggu terlalu lama untuk sampai ke halaman utama bukan. Setelah pengguna membuka Progressive Web Apps (WPA) buatlah para pengguna tersebut memiliki rasa seolah mereka tidak sedang menggunakan situs web.

Namun sebaliknya buatlah para pengguna tersebut seperti menggunakan aplikasi sungguhan yang berjalan secara alami. Masalah utamanya biasanya terjadi pada jaringan yang lambat, namun kau bisa memperbaikinya dengan pendekatan cache.

Memprioritaskan Kecepatan

Salah satu yang harus kamu pikirkan jika membicarakan UX adalah kecepatan. Hal ini bukan hanya tentang server dan jaringan. Kamu harus memikirkan tentang desain aplikasi yang ramah dan menarik untuk para pengguna.

Mulailah dengan mengoptimalkan beberapa informasi yang ditampilkan pada halaman, gambar, rincian login bila diperlukan, dan lain sebagainya. Lalu kamu juga dapat menguji aplikasi tersebut guna mengetahui loading time. Buatlah loading time 2-3 detik jika mengharuskan lebih dari itu kamu bisa memberikan beberapa hiburan sementara agar para pengguna tidak merasa bosan.

Progressive Web Apps
Sumber: Pixabay

Membuat Konten Responsif

Dengan membuat konten yang responsive hal ini menjadi pelajaran penting bagaimana Progressive Web Apps (WPA) bisa menawarkan UX terbaik untuk para penggunanya.

Membangun Komunikasi

Salah satu hal yang membuat pengguna merasa UX nya terpenuhi karena sikap responsif dan komunikatif dari website tersebut. Mau tidak mau kita harus menerima jika teknologi saat ini telah mengubah cara orang berinteraksi.

Para pengguna tentu ingin umpan balik yang cepat. Jadi jangan biarkan mereka menunggu feedback terlalu lama dan jangan memberikan penjelasan yang membingungkan jika kamu tidak ingin kehilangan pengguna website kamu. Salah satu caranya kamu bisa menghidupkan notifikasi jika ada pesan yang masuk .

Hindari Font Fancy

Masih dalam hal visual, jika kamu berpikir bahwa memilih font pada Progressive Web Apps (WPA) merupakan suatu yang juga penting. Sebaiknya font disesuaikan dengan preferensi asli dari sistem operasi.
Usahakan untuk menghindari font yang terlalu fancy. Sebaliknya gunakanlah font yang simple dan enak dipandang sehingga hal tersebut bisa membuat pengguna merasa nyaman selama berselancar dan berinteraksi.

Jangan Mengikuti Design Website

Jika kamu ingin memulai membuat Progressive Web Apps (WPA) maka kamu bisa memulainya dengan design yang sesimple mungkin. Jika pada design website asli kamu menggunakan background kamu bisa mengesampingkan hal tersebut dan mulailah dengan design yang lebih minimalis. Kamu juga bisa menyingkirkan semua tentang meta-informasi. Serta gunakanlah tautan dan tombol yang simple dan dinamis. Kamu bisa menggunakan design dasar yang dimiliki oleh Google.

Progressive Web Apps
Sumber: Pixabay

Mengapa User Experience ini sangat penting untuk dipikirkan karena dengan memenuhi kebutuhan dasar dari apa yang pengguna butuhkan pada setiap situs dan aplikasi dapat membuat pengunjung website kamu meningkat dan bukan hanya itu progress dari bisnis kamu juga akan meningkat, Semoga beberapa cara yang kami berikan dapat membantu kamu untuk meningkatkan User Experience dengan Progressive Web Apps (WPA).

Ratna Patria


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!