• Home
  • Tips
  • 10 Tips Menambah Viewers YouTube Channel

10 Tips Menambah Viewers YouTube Channel

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Ketika membuat sebuah konten YouTube, kamu tentu ingin mendapatkan jumlah penonton atau viewers yang banyak, bukan? Agar bisa mencapai hal tersebut, berikut ini beberapa cara mendapatkan viewers YouTube yang paling jitu.

Cara Mendapatkan Viewers YouTube  

Sebelum masuk pada pembahasan tentang cara menambah viewer YouTube, perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa pemutaran video dan menonton setidaknya selama 30 detik, itu dianggap sebagai viewers

Jadi, apabila kamu memutar konten video selama 30 detik, itu akan dihitung sebagai viewers YouTube. Dengan jumlah viewers YouTube yang banyak kamu juga bisa menghasilkan uang.

Viewers youtube
Sumber: Envato

Dan bagi kamu yang ingin tahu bagaimana cara mendapatkan viewers YouTube, simak beberapa hal berikut ini: 

1. Pastikan Sudah Mengisi Seluruh Aturan Basic Pada Akun YouTube 

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah pastikan mengisi seluruh aturan basic pada akun YouTube. Selain bisa mendukung kualitas akun milikmu, viewers YouTube pun juga akan percaya dengan konten-konten yang dibagikan. 

Berikut ini beberapa aturan basic yang wajib dilengkapi pada akun YouTube, seperti: 

Pastikan Memiliki Identitas Visual yang Konsisten

Maksud dari identitas visual akun YouTube adalah ikon channel atau channel art milikmu ada dan konsisten. 

Lengkapi Bagian About Pada Akun 

Selanjutnya, tuliskan secara jelas dan informatif bagian about pada channel YouTube milikmu, kecuali jika kamu seorang public figure terkenal mungkin tidak terlalu membutuhkan ini. 

Informasi Kontak Paling Update

Adanya informasi kontak paling terbaru tentang akun YouTube milikmu juga masuk dalam aturan basic YouTube yang harus dilengkapi. 

Tujuannya agar semua viewers, pelanggan potensial dan brand tertentu dapat menghubungi dengan mudah jika ingin melakukan kerja sama. 

2. Lakukan Riset dan Tingkatkan Peringkat Pencarian Video 

Walaupun YouTube memang salah satu platform media sosial, namun juga termasuk dalam faktor pendukung paling baik agar bisa mendapatkan peringkat di mesin pencari seperti Google. 

Salah satu strategi paling baik untuk bisa mendapatkan viewers dan peringkat teratas di mesin pencarian yaitu memaksimalkan SEO YouTube

Dengan kata lain, saat memaksimalkan SEO YouTube, ini akan membantu videomu berada di peringkat paling atas dalam daftar hasil YouTube ketika viewers memasukkan beberapa keyword tertentu. 

Oleh karena itu, kamu sangat membutuhkan riset untuk dapat mengetahui konten seperti apa yang dicari audiens, apakah masuk dalam kategori tutorial, inspirasi, hiburan atau bahkan yang lainnya. 

Agar dapat melakukan riset tersebut, kamu bisa gunakan Google Ads untuk menemukan inspirasi video berdasarkan apa yang paling banyak dicari orang. 

Tak hanya itu saja, melalui Google Ads kamu juga lebih mudah menentukan kata kunci yang relevan untuk digunakan di judul video, tag, teks deskripsi, subtitle

3. Gunakan Metadata Untuk Mendapatkan Rekomendasi Video Populer

Apabila tujuanmu untuk mendapatkan lebih banyak viewers YouTube, gunakan petunjuk dari video paling populer di niche milikmu.

Mulailah dengan melihat video kompetitor yang sedang menjadi tren atau paling populer. Kamu bisa buka bagian video library dan urutkan berdasarkan most popular.

Tujuan utama YouTube adalah mempertahankan viewers agar menonton konten-konten video di channel milikmu. Dengan demikian, tugas algoritma adalah memberikan rekomendasi video yang menarik kepada viewers .

Lalu, bagaimana YouTube bisa mengetahui apa yang disukai oleh viewers? Algoritma mempertimbangkan hal-hal berikut:

  • Video yang sering ditonton. 
  • Video yang telah ditonton oleh viewer di masa lalu. 
  • Video terkait topik tertentu. 

Satu-satunya poin yang bisa kamu atur atau kendalikan adalah bagian ketiga. Di mana kamu dapat menggunakan keyword atau kata kunci sesuai topik. 

Kemudian jelaskan juga kategori keseluruhannya dengan memasukkan kata-kata lain yang mungkin digunakan seseorang untuk menelusuri topik tersebut. 

4. Ajak Viewers YouTube untuk Subscribe Channel 

Salah satu cara termudah untuk mendapatkan lebih banyak viewers YouTube dengan mendorong mereka untuk subscribe

Hal ini akan sangat menguntungkan karena mampu meningkatkan jumlah viewers YouTube pada setiap video baru yang di upload. Lalu, bagaimana cara membuat viewers ingin subscribe akun YouTube milikmu?

Cara terbaik adalah dengan memberikan kalimat-kalimat ajakan di bagian awal dan akhir setiap video yang kamu upload

Tidak hanya sekadar mengajak viewers YouTube untuk subscribe channel saja, tetapi juga pastikan mereka mengaktifkan lonceng notifikasinya. 

5. Buat Daftar Playlist Untuk Para Viewers YouTube

Mengatur dan membuat playlist video di YouTube adalah cara terbaik untuk meminimalkan kemungkinan viewer beralih ke channel lain setelah mereka menonton dan menikmati konten milikmu.

Dengan adanya playlist ini, secara otomatis viewers YouTube bisa menikmati konten video berikutnya sesuai kategori yang telah ditentukan. 

Cara termudah untuk membuat playlist YouTube adalah dengan menavigasi ke setiap video yang ingin kamu tambahkan dan klik ikon ‘+’ di bawah video.

Viewers youtube
Sumber: Envato

6. Buat Judul yang Menarik di Setiap Konten Video

Cara memasarkan channel YouTube paling baik adalah dengan mempresentasikannya secara menarik pada setiap unggahan video. Judul adalah penentu performa video. 

Kunci untuk membuat judul menarik viewers YouTube adalah dengan menggunakan kata yang menghibur dan membuat penasaran tanpa harus ada headline clickbait

7. Upload Konten Video yang Diinginkan Audiens

Telah dijelaskan sebelumnya untuk melakukan riset sebelum membuat konten video. Hal itu dilakukan untuk mengetahui apa yang sedang banyak dicari oleh viewers YouTube. 

Dengan semua jenis konten yang dihasilkan, pastikan bahwa video-video tersebut selaras dengan apa yang diinginkan audiens. 

Baik sedang menulis posting blog atau membuat video, mulailah dengan mengenal audiens dan jenis konten apa yang ingin mereka lihat dari.

Jika baru mulai mempromosikan channel YouTube, sebaiknya cari tahu tentang kompetitor atau content creator lain di industri tersebut. Lihat video mana yang mendapatkan viewers YouTube dan keterlibatan paling banyak. Ini akan memberi gambaran tentang topik apa yang ingin dipelajari audiens dan gaya video apa yang mereka sukai.

Solusi lain adalah dengan melihat YouTube Analytics jika sudah mengunggah video. YouTube akan memberi informasi detail tentang demografi viewer, lokasi, engagement, dan statistik lainnya. Jika mengetahui data-data tersebut kamu akan lebih mudah menentukan strategi kedepannya.

8. Bergabung Dengan Komunitas YouTube

Perlu kamu ketahui juga bahwa YouTube tidak semata-mata sebagai jaringan sosial saja, tetapi juga mewakili komunitas tertentu di mana pengguna dapat terlibat melalui konten dengan memberikan like dan comment

Seperti disebutkan sebelumnya, segala jenis interaksi dengan viewers akan dianggap sebagai sinyal positif bagi YouTube. 

Terlibat dengan viewers YouTube dapat membantu mengembangkan hubungan yang lebih kuat dengan audiens. 

Memberikan like dan comment hanya membutuhkan beberapa detik, seperti halnya menyematkan komentar teratas sebagai catatan pribadi untuk viewers.

9. Sesuaikan Gambar Thumbnails Pada Channel YouTube

Salah satu taktik paling sederhana namun efektif untuk mempromosikan channel YouTube  adalah membuat gambar thumbnails secara khusus. Pikirkan judul dan gambar thumbnails sebagai cara untuk menarik perhatian viewers YouTube.

Secara default, YouTube mengambil tangkapan layar dari video apa pun dan menggunakannya untuk gambar thumbnails

Sayangnya, terkadang gambar yang diambilnya memiliki resolusi yang rendah sehingga tampilannya buram saat menyesuaikan kamera atau transisi.

Dengan adanya gambar thumbnails sendiri tidak hanya membuat video milikmu terlihat lebih menarik secara sekilas, tetapi juga menandakan rasa profesionalisme tertentu.

Dalam membuat gambar thumbnails ini sendiri, kamu bisa menggunakan template dengan font dan gaya tertentu agar lebih konsisten. Ini menjadi sangat mudah dengan bantuan tools  pembuatan gambar seperti Canva.

10. Mengadakan Giveaway

Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu hal yang disukai oleh viewers YouTube saat ini yaitu program giveaway

Di mana dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana, mereka bisa mendapatkan hadiah dengan nilai yang terbilang fantastis. 

Mengadakan program giveaway ini tentu untuk mendorong viewers YouTube untuk subscribe atau berlangganan di channel milikmu. 

Sederhananya, kamu bisa pastikan agar viewers YouTube memberikan like pada video, meninggalkan comment, dan subscribe channel sebagai syarat mengikuti giveaway

Dalam melakukan program giveaway ini, sebaiknya ikuti juga beberapa aturan dasar di YouTube:

  • Pastikan mengikuti kebijakan YouTube.
  • Berikan hadiah yang terkait dengan merek atau brand yang bekerja sama dengan channel milikmu. 
  • Jadilah kreatif dengan membuat User Generated Content (UGC) dan masukkan beberapa persyaratan lainnya.

Namun, berhati-hatilah ketika sering mengadakan giveaway YouTube. Pastikan bahwa viewers juga bisa bertahan dan menyukai konten-kontenmu, sehingga tidak akan membuang-buang waktu, uang, dan tenaga yang telah kamu keluarkan. 

Setelah melakukan satu program giveaway, tunggu beberapa saat dan lihat tingkat drop-off viewers serta jumlah engagement.

Viewers youtube
Sumber: Envato

Coba Tips-tips di Atas Yuk!

Jadi, itulah beberapa cara menambah viewer YouTube yang  paling jitu. Jadi, tidak hanya memproduksi konten-konten yang berkualitas tetapi juga memaksimalkan beberapa fitur pada YouTube dan hal lainnya. 

Ada banyak cara agar viewers YouTube banyak, bisa dengan mengoptimalkan SEO, mengikuti seluruh aturan basic YouTube, membuat thumbnail khusus pada channel, mengajak audiens untuk subscribe, dan masih banyak lagi.

Pastikan kamu tetap konsisten dalam mengunggah video juga ya DomaiNesians. Siap mencoba tips-tips di atas? Kamu juga bisa mendapatkan banyak informasi di kanal YouTube DomaiNesia loh, mampir yuk!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!