• Home
  • Berita
  • Apa Itu SEO YouTube? Bagaimana Caranya dan Apa Saja Manfaatnya?

Apa Itu SEO YouTube? Bagaimana Caranya dan Apa Saja Manfaatnya?

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO. Ini merupakan salah satu cara untuk membuat konten kamu bisa dengan mudah ditemukan saat dicari pada mesin pencari. 

Termasuk ketika kamu membuat konten YouTube. SEO YouTube juga merupakan cara agar video kamu bisa dengan mudah ditemukan. Lalu bagaimana cara belajar SEO YouTube?

Apa Itu SEO YouTube?

untuk kamu yang sudah terbiasa dengan website, mungkin istilah SEO sudah tidak asing lagi. Teknik ini lah yang akan membuat website kamu menjadi mudah untuk ditemukan pada mesin pencari. 

Termasuk ketika kamu membuat konten YouTube. Yang perlu kamu ketahui adalah YouTube, selain sebagai platform berbagi video, YouTube juga merupakan salah satu mesin pencari  terbesar yang ada saat ini.

SEO YouTube
Sumber: Envato

Itulah mengapa belajar SEO YouTube juga merupakan salah satu hal yang perlu kamu lakukan agar video kamu memiliki banyak penonton. Lalu apa sebenarnya SEO YouTube ini?

Sama dengan pada website, SEO YouTube merupakan sebuah cara untuk mengoptimasi video agar mendapatkan posisi yang baik saat dicari menggunakan mesin pencari. 

Tujuannya adalah agar orang lebih mudah untuk menemukan video kamu, dan ujungnya video YouTube kamu akan memiliki banyak penonton.

Ketika kamu belajar SEO YouTube, maka hal pertama yang akan kamu pelajari adalah bagaimana melakukan riset kata kunci atau keywords. Sama seperti pada website, SEO YouTube juga mengandalkan keywords, dan element meta untuk kebutuhan SEO.

Baca juga: Cara Riset Keyword Youtube Paling Jitu!

Langkah Optimasi SEO YouTube

Ada banyak hal yang akan kamu pelajari ketika memulai belajar SEO YouTube. Semua hal tersebut merupakan langkah yang akan kamu lakukan untuk mengoptimasi video kamu. Lalu apa saja langkah melakukan optimasi SEO YouTube?

1. Riset Keyword

hal pertama yang akan kamu lakukan ketika optimasi SEO YouTube adalah mencari kata kunci yang sesuai. Dalam teknik SEO, kata kunci memang memiliki peranan yang cukup penting. 

Kamu perlu memperhatikan penggunaan kata kunci utama, turunan, dan juga penggunaan sinonimnya. Kamu juga perlu memperhatikan masalah kerapatan atau penyebaran dari kata kunci tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika melakukan riset kata kunci. beberapa cara tersebut seperti:

Menemukan Kata Kunci Sesuai Niche

ketika kamu memutuskan untuk membuat channel YouTube, maka hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan niche video kamu. Ada banyak niche yang bisa kamu pilih dan gunakan. Nantinya niche ini juga akan membantu kamu dalam memilih kata kunci yang tepat.

nantinya, untuk menggunakan kata kunci yang sesuai dengan niche, maka kamu bisa menggunakan tools seperti Google Trends. Tools ini akan memberimu gambaran bagaimana persaingan kata kunci tersebut. Selain itu, dengan menggunakan tools ini juga kamu bisa melihat kata kunci apa yang memiliki volume besar namun persaingannya tidak terlalu ketat.

Menganalisis Tren

Pada waktu tertentu, jika ada satu jenis video yang menarik maka akan banyak orang yang membuat hal serupa. Inilah yang akan membuat tren terbentuk. Dalam dunia YouTube, salah satu langkah optimasi SEO YouTube yang kamu perlukan adalah memperhatikan tren ini. 

Langkah yang bisa kamu lakukan ketika belajar SEO YouTube untuk melihat tren ini adalah dengan masuk ke tab trends yang ada pada aplikasi YouTube. Pada tab tersebut kamu akan melihat jenis video seperti apa saja yang sedang banyak orang sukai.

2. Kualitas Video

hal penting lainnya yang juga perlu kamu perhatikan ketika melakukan optimasi SEO YouTube adalah masalah kualitas video. Sebenarnya, kualitas video ini akan berhubungan dengan kenyamanan penonton saat melihat video kamu. 

Ketika kualitas video kamu bagus, maka ini juga merupakan salah satu cara mengoptimasi SEO YouTube kamu. Ketika kamu belajar SEO YouTube, ada beberapa hal yang akan kamu lakukan berkaitan dengan kualitas video, seperti:

Kualitas Editing

Secara umum, kualitas video akan berkaitan dengan kualitas editing. dengan kualitas editing yang baik, maka besar kemungkinan kamu juga akan mendapatkan kualitas video yang baik. akan cukup sulit untuk melakukan optimasi SEO YouTube dengan kualitas editing yang buruk.Kecuali jika konten yang kamu punya benar-benar membuat orang penasaran.

Originalitas 

Hal penting lainnya yang juga perlu kamu perhatikan ketika membuat konten video di YouTube adalah orisinalitas. Menciptakan konten yang original memang sulit, Namun hal ini akan banyak membantu kamu dalam upaya Melakukan optimasi SEO YouTube.

Menciptakan konten yang mengandung unsur plagiat apalagi yang melanggar hak cipta hanya akan membuat video kamu di-take down oleh YouTube. Dalam hal ini, maka kerugian yang kamu dapatkan juga adalah bisa saja channel yang kamu buat tidak bisa kamu monetisasi.

Perhatikan Masalah Durasi

Ketika kamu belajar SEO YouTube maka kamu juga akan memahami jika salah satu faktor penting lain dari optimasi SEO YouTube adalah masalah durasi. YouTube sendiri sebenarnya memiliki aturan minimal durasi video yang bisa dimonetisasi. Namun kamu juga perlu memperhatikan berapa panjang durasi video yang kamu buat.

SEO YouTube
Sumber: Envato

3. Optimasi Metadata

Salah satu langkah penting yang juga perlu kamu perhatikan ketika melakukan optimasi SEO YouTube adalah optimasi metadata. 

Sama dengan SEO pada website, kali ini juga kamu akan berhubungan dengan hal seperti menggunakan kata kunci pada judul, menggunakan meta description yang tepat, menggunakan tag yang sesuai, memberikan hashtag, dan juga menggunakan thumbnail yang menarik.

4. Promosi Video

Setelah belajar SEO YouTube, maka langkah lain yang juga bisa membantu kamu mengoptimasi video yang kamu buat adalah dengan melakukan promosi. Promosi ini menjadi penting untuk lebih memperkenalkan video kamu secara umum ke orang banyak.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan promosi ini. Dari mulai menggunakan media sosial sampai melakukan promosi dengan cara konvensional. Yang jelas, melakukan promosi ini bertujuan untuk memperkenalkan konten yang kamu punya

5. Mengoptimalkan YouTube Analytics

Dari semua langkah optimasi SEO YouTube yang kamu gunakan, maka langkah penting yang juga tidak bisa kamu lupakan adalah melakukan evaluasi. Evaluasi disini dimaksudkan untuk melihat apakah langkah optimasi yang kamu gunakan sudah tepat atau belum.

Dalam hal ini maka kamu bisa menggunakan tools YouTube Analytics. Nantinya kamu akan melihat berapa jumlah penonton video kamu, berapa lama waktu mereka menonton, apakah mereka menonton sampai selesai atau tidak, dan lainnya. 

Langkah evaluasi ini juga cukup penting, terutama jika kamu merasa optimasi yang kamu lakukan belum optimal.

Baca juga: Mengoptimalkan Backlink Untuk Meningkatkan Ranking Channel YouTube

Tools yang Membantu Optimasi SEO YouTube

Untuk melakukan optimasi SEO YouTube kamu menjadi lebih maksimal, maka sebenarnya ada beberapa tools yang bisa kamu manfaatkan. Beberapa tools tersebut antara lain:

1. Google Trends

Untuk kamu yang mau belajar SEO YouTube, maka tools pertama yang bisa kamu gunakan adalah Google Trends. Tools ini akan membantu kamu untuk melihat apa yang sedang ramai orang bicarakan saat ini. Dengan memaksimalkan tools ini maka kamu bisa mencari ide konten apa yang akan kamu buat.

2. Keyword Planner

Tools lainnya yang juga bisa kamu manfaatkan ketika akan melakukan optimasi SEO YouTube adalah Keyword Planner. 

Seperti sudah dijelaskan jika salah satu kunci ketika kamu belajar SEO YouTube adalah mencari kata kunci. Tools inilah yang akan sangat membantu kamu untuk menemukan kata kunci yang tepat.

3. RapidTags

Dalam SEO YouTube, salah satu elemen penting yang juga perlu kamu perhatikan adalah meta tag. tag memiliki peranan yang cukup penting dalam langkah optimasi ini. 

Menentukan tag yang tepat akan sangat membantu langkah SEO YouTube yang kamu buat. dan untuk menemukan tag yang tepat tersebut maka kamu bisa menggunakan tools ini. 

Nantinya, kamu bisa mencari dan mendapatkan tag yang sesuai dengan kata kunci dan konten yang kamu buat.

4. YouTube Analytics

Tools yang tidak kalah penting yang kamu perlukan ketika sedang belajar SEO YouTube adalah YouTube analytics. 

Nantinya dengan menggunakan tools ini maka kamu juga akan mendapatkan laporan yang jelas tentang performa dari konten yang kamu buat. Kamu juga bisa melakukan evaluasi apakah langkah optimasi SEO yang kamu lakukan sudah tepat atau belum.

YouTube Juga Perlu SEO

Itulah beberapa hal yang perlu kamu pahami tentang SEO YouTube. Sama dengan website, penggunaan SEO pada konten video juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan, atau dalam konteks video adalah penonton. 

Semakin banyak jumlah penonton yang akan kamu dapatkan maka semakin besar juga keuntungan yang kamu dapatkan.

SEO YouTube
Sumber: Envato

Itulah salah satu alasan mengapa belajar SEO YouTube menjadi penting. Selain itu, penggunaan SEO yang tepat juga bisa membantu kamu untuk menjangkau penonton yang sesuai dengan apa yang kamu harapkan. 

Hal ini cukup penting, terutama jika materi video yang kamu buat adalah seputar promosi dan bisnis.Cara ini akan menjadi langkah untuk mendapatkan konsumen yang bisa kamu lakukan. Selamat mencoba!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


bolabanteng
June 16, 2022

kak kok gk ada yang tersedia ya domain gratisss nya #bolabanteng

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!