• Home
  • Tips
  • Mengoptimalkan Backlink Untuk Meningkatkan Ranking Channel YouTube

Mengoptimalkan Backlink Untuk Meningkatkan Ranking Channel YouTube

Oleh Argadahana

Saat ini YouTube masih menjadi platform berbasis video nomor 1 di Indonesia. Hampir 90% dari pengguna internet di Indonesia akan menuju platform ini jika ingin melihat video. Menariknya lagi Youtube bisa dijadikan ladang untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Hal tersebut tentu saja karena penghasilan yang didapatkan dari konten yang diupload di YouTube tidak main-main. Seorang content maker bahkan bisa menghasilkan sampai ratusan juta rupiah perbulan hanya dari channel YouTube yang mereka miliki.

Bahkan jumlah penonton pada Platform YouTube diperkirakan akan menyaingi jumlah penonton pada televisi dalam waktu yang tidak lama lagi. Hal tersebut dikarenakan orang lebih banyak mendapatkan tontonan menarik dengan berbagai genre dan berbagai negara pada platform tersebut. 

Semua pemilik channel di YouTube tentu ingin jika channel nya memiliki peringkat yang tinggi. Tentunya untuk membuat video kamu berada di peringkat atas banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan. Kita akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menaikan peringkat YouTube kamu. Salah satunya adalah backlink. 

Apa sih Backlink itu ?

Backlink merupakan istilah untuk menamai sebuah link yang mengarah pada sebuah website. Backlink bisa dimanfaatkan untuk memudahkan pengguna atau sekedar optimasi agar website kamu lebih populer di search engine. Sederhananya backlink adalah sebuah tautan yang mengarah ke website baik website tersebut aktif ataupun tidak aktif.

backlink
source: pixabay

Backlink dibedakan menjadi 2 jenis yaitu dofollow dan nofollow. Kedua jenis tersebut sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Namun, backlink dofollow lebih banyak digunakan dari pada nofollow karena backlink dofollow memiliki nilai tinggi pada search engine dibanding nofollow.

Mengoptimalkan Backlink Untuk Channel Youtube

Biasanya backlink digunakan untuk website atau blog, namun bagaimana memanfaatkan backlink untuk channel YouTube ?  sebenarnya tujuan dari menggunakan backlink ini sama baik di blog, website atau Youtube yakni untuk membangun popularitas. Dengan channel YouTube yang populer kamu bisa mendapatkan pemasukan dari channel YouTube kamu melalui penyetelan monetisasi channel. 

youtube backlink

Untuk membangun backlink pada channel YouTube tidak terlalu sulit. Hal pertama tentu saja kamu harus memiliki channel YouTube. Usahakan buatlah channel YouTube yang profesional. Selanjutnya kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan niche karena hal ini juga bisa dijadikan salah satu point untuk kepopuleran channel YouTube kamu.

Setelah itu kamu bisa melakukan riset keyword, penggunaan keyword ini juga penting untuk meningkatkan peringkat video kamu. Gunakan keyword pada deskripsi video namun pastikan jangan sampai terlihat seperti spamming. Dalam  membangun backlink YouTube kamu juga membutuhkan channel lain untuk mensupport channel YouTube utama kamu. Kalau bisa buatlah beberapa channel lain yang difungsikan untuk mensupport channel utama. Kamu bisa menggunakan nama keywords untuk nama channel tersebut dan keywords nya tentu saja yang mendeskripsikan channel utama kamu. 

Baca Juga : Cara Buat Blog Mudah Tanpa Ribet Bagi Pemula

Kamu bisa menambahkan link channel YouTube utama kamu pada channel-channel lain yang kamu buat untuk mengangkat nama channel utama tersebut. Kamu bisa menambahkan beberapa link ke dalam channel-channel tersebut. Selain itu cantumkan juga link channel YouTube utama kamu pada video-video yang kamu upload di channel-channel lainnya. Hal tersebut berfungsi untuk membantu SEO dari channel YouTube utama kamu. 

Teknik backlink ini banyak digunakan oleh para youtuber baik yang lama ataupun yang baru. Hal ini dilakukan karena aturan baru YouTube yang menerapkan jika syarat pendapatan laba dari iklan hanya untuk channel yang  memiliki setidaknya 1.000 subscriber dan jumlah penayangan 4.000 jam selama 12 bulan terakhir. Itu sebabnya para youtuber berlomba-lomba mengoptimasi channel YouTube miliknya dengan menggunakan backlink. Jika kamu tidak berhasil menggunakan cara ini masih banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan popularitas channel YouTube kamu. Selamat mencoba.

Argadahana

Mass communication enthusiast, currently finishing MBA @UGM. Got critics, suggestions, or want to discuss this topic more? Feel free to hit me on my social accounts. :D


Makmurjaya
October 6, 2020

terimakasih pencerahannya, sangat bermanfaat

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!